Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Makhluk Misterius di Hook Island (The Sea Monster of Hook Island)



Pada Maret 1965 majalah Everyone menerbitkan artikel tentang seorang fotografer yang berhasil mendapatkan foto makhluk misterius di Pulau Hook. Menurut keterangannya, foto-foto itu didapatnya saat ia dan keluarganya tengah berlibur saat musim panas di pulau tersebut. Pada foto-foto itu terlihat makhluk berbentuk kecebong raksasa tengah berada di bawah air…

Salah satu foto misterius yang ada di dunia cryptozoology barang kali adalah foto ini. Foto makhluk misterius yang diduga kecebong raksasa yang diambil pada tahun 1964. Bagaimana ceritanya?

Pada akhir tahun 1964, fotografer Le Serrec dan keluarganya berlibur di salah satu Kepulauan Whitsunday yang disebut Pulau Hook, yang terletak di lepas pantai negara bagian Queensland, Australia. Bersama mereka juga ikut bergabung teman Le Serrec yang merupakan orang Austraia, Henk de Jong.

Pada 12 Desember 1964, mereka tengah berperahu melintasi Stonehaven Bay, saat istri Le Serrec tiba-tiba melihat sesuatu yang aneh di dasar laguna. Saat diamati, mereka terkejut melihat makhluk seperti kecebong namun dengan ukuran yang sangat besar. Diperkirakan panjangnya tubuhnya sekitar 30 kaki.


Le Serrec kemudian memutuskan untuk mengambil beberapa foto. Ia dan de Jong lalu memberanikan diri untuk mendekatinya di bawah air. Ternyata, makhluk itu lebih besar dari perkiraan mereka, dengan perkiraan panjangnya sekitar 75-80 kaki.

Awalnya kedua pria itu mengira makhluk tersebut mungkin mati karena tidak bergerak. Tetapi ketika Le Serrec mulai mengambil gambar, makhluk itu tiba-tiba membuka mulutnya dan bergerak ke arah mereka. Keduanya segera kembali ke kapal. Tak lama setelah itu makhluk itu telah pindah.

Baca juga: Ekspedisi Carl Bock dan Suku Berekor di Kalimantan

Mereka memperhatikan tanda pucat yang cukup besar di sisi kanan ekor makhluk tersebut. Mereka menduga kalau itu adalah luka yang mungkin disebabkan oleh baling-baling kapal. Karena luka itulah mungkin yang menyebabkan makhluk tersebut beristirahat dan berlindung di teluk yang dangkal.

Selain itu mereka memperhatikan mata makhluk tersebut yang terletak di atas kepalanya memiliki pupil berbentuk celah. Tubuh makhluk itu sebagian besar berwarna hitam dengan garis-garis melintang coklat dan tekstur kulit yang licin dan halus. 

Selain itu akhluk tersebut juga tidak memiliki sirip atau duri dalam bentuk apapun. Selain itu mereka juga tidak melihat makhluk itu memiliki gigi di dalam mulutnya yang putih.

Foto Sea Monster of Hook Island lebih dekat,
terlihat 2 bintik putih di atas kepala yang diklaim sebagai mata makhluk tersebut

Le Serrec pertama kali menceritakan kisahnya ini dalam majalah Everyone edisi Maret 1965. Setelah itu, foto ini diselidiki oleh orang-orang yang sangat tertarik dengan monster, yaitu ahli kriptoologi Belgia Bernard Heuvelmans.

Tiga tahun setelah foto tersebut diangkat ke publik, Heuvelmans pada tahun 1968, mengatakan bahwa Le Serrec adalah orang yang tidak dapat dipercaya. 

Bernard Heuvelmans

Heuvelmans juga curiga dan mencari informasi. Seperti yang dilaporkan dalam bukunya tahun 1968, In the Wake of Sea Serpents , Heuvelmans menemukan bahwa Le Serrec sebenarnya telah memberi tahu teman-temannya di Prancis bahwa dia akan pergi dan menghasilkan banyak uang dari sesuatu yang "melibatkan ular laut".

Menariknya, diketahui juga bahwa Le Serrec awalnya mendekati Media Amerika untuk mendapatkan harga terbaik untuk penawaran gambar makhluk tersebut.

Baca juga: Manusia Kadal dari Scape Ore Swamp

Tidak hanya itu saja, seorang ahli biologi dan cryptozoology, Ivan Sanderson yang telah dihubungi tentang cerita tersebut pada bulan Februari 1965 telah menyimpulkan bahwa foto-foto tersebut tidak menunjukkan seekor binatang, melainkan mungkin adalah kantong plastik.

Ivan Sanderson

Menurutnya kantong itu adalah kantong yang digunakan oleh Angkatan Laut AS untuk eksperimen dalam menarik bensin. balon skyhook yang kempes telah tertutup gulma, atau gulungan kain yang telah diikat di beberapa tempat. Sanderson juga mengatakan jika itu memang adalah hewan, kemungkinan itu adalah synbranchid raksasa atau belut rawa (Monopterus albus).

Belut Rawa

Heuvelmans juga mengatakan tentang Le Serrec:  "dia telah meninggalkan kreditor yang belum dibayar di Perancis dan tampaknya tidak terlalu dapat dipercaya". Pada tahun 2003 ada klaim dari buku Coleman & Huyghe "Lake Monsters, Sea Serpents" dan menuliskan bahwa Le Serrec tengah dicari oleh Interpol.

Referensi:

http://en.wikipedia.org/wiki/Hook_Island
http://coolinterestingstuff.com/unexplained-pictures-the-hook-island-sea-monster https://moderncryptozoology.wordpress.com/2020/07/04/the-fuller-story-of-the-hook-island-tadpole-monster/

Kasih komentar yaa.. Tanpa kalian apalah arti aku menulis. Kalian adalah penyemangat setiap kalimat demi kalimat yang kutulis, setiap artikel yang kuposting.. ;)

Perhatian: Mohon hargai penulis dengan tidak mengambil atau copy paste artikel di blog ini untuk dijadikan postingan blog/website ataupun konten Youtube. Terima kasih.. ^^

Eya
Eya Mystery and World History Enthusiast

9 comments for "Makhluk Misterius di Hook Island (The Sea Monster of Hook Island)"

  1. Ah,ternyata itu hoax toh :v
    Bikin takut saja :v
    BTW,semangat buat konten misteri lg,Min :)

    ReplyDelete
  2. "Bapak kriptozoologi" Bernard Heuvelmans sudah menyimpulkan Le Serrec adalah orang yang tidak dapat dipercaya, apa kabar dgn Le Serrec sekarang ya sudah 60an tahun foto ini 🤔

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harllie, apakah ketemu profil Le Serrec ini? Kok saya tidak ketemu ya, bahkan fotonya juga tidak ada di internet.

      Delete
    2. Sama min sulit kalau mencari profil org yg tidak jelas seperti Robert Le Serrec, mungkin harus kita ambil data dari interpolnya wkwkwk

      Delete
    3. Beneran dikejar interpol doi hehe...

      Delete
  3. wah, saya kira makhluknya itu beneran ada. dah tegang bacanya eh ternyata bukan wkwk. ada-ada aja kerjaan orang dulu wkwk.
    semangat terus nulisnya, Mbak! ^^ ❤

    ReplyDelete
    Replies
    1. Foto ini memang sudah mencurigakan sih sejak awal, Rahmah. Ternyata eh ternyata hehe.. Iya, semangat!! ^^

      Delete