Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bukan Fiksi


Denis Loyd berjalan tergesa-gesa menuju sebuah hotel yang berada di ujung jalan. Akhir Desember lalu ia mendapatkan sebuah surat dari seorang pria yang memohon bantuannya. Denis sebelumnya memang pernah melihat wajahnya, tapi ia tak mengenal pria tersebut secara pribadi.

Begitu sampai di depan hotel, Denis segera masuk ke lobinya. Ia memang datang terlambat. Sang pengirim surat mengatakan kalau ia akan menunggu di lobi tersebut. 

Ruangan itu cukup besar dan ada beberapa orang yang tengah duduk di sana. Denis mencari-cari di mana orang yang mengirimkan surat itu berada. Dilihatnya memang ada beberapa orang yang duduk sendirian tampak tengah menunggu.

Dari kejauhan, Denis akhirnya mengenali orang tersebut. Ia duduk seorang diri di pojok sebuah sofa sambil membaca koran. Tapi ada yang aneh dengan caranya membaca. Ia membaca dengan jarak yang sangat dekat dan juga agak miring ke kanan. 

Selain itu penampilannya memang terlihat agak menakutkan. Dengan kumis tebal ditambah sorot mata yang tajam dan tatapan yang mencurigakan, siapa pun pasti mengira pria itu adalah seorang kriminal. Beberapa mungkin akan mengatakan kalau dia psikopat berdarah dingin. Denis pun segera sadar karena alasan itulah ia ingin bertemu.


* Ini adalah cerita teka-teki seperti biasa. Silahkan tebak, kasus apa ini sebenarnya.

** Batas waktu terakhir : Kamis, 15 April 2021 pukul 10.00. Gunakan kemampuan analisis kalian..^^ Selamat menebak!!

P.S.: Apakah ada yang berhasil menebak teka-teki Enigma kemarin?? Tolonglah dishare jawabannya..^^


Eya
Eya Mystery and World History Enthusiast

38 comments for "Bukan Fiksi"

  1. Ini cerita tentang seorang dokter psikopat gila yang membangun hotel atau disebut "kastil pembunuhan" untuk menyiksa, membunuh mereka yang menginap disana dengan cara sadis. Ya orang gila itu bernama Dr. Henry Howard Holmes. Aku benar kan yah kak eya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan Alice hehe.. Ini kasus George Edalji. Belum pernah baca kah?
      Jadi yang terlambat datang ke hotel itu adalah Sir Arthur Conan Doyle. Link artikelnya ada di bawah ya Alice..^^

      Delete
  2. Replies
    1. Ini menebak kasus, Pundit ^^ Link artikelnya ada di bagian bawah ya..

      Delete
  3. Emak ga tau neng kalau Denis Loyd.
    Kalau Dennis Lloyd emak nemu di mbah gugel.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya ampun Mak, beneran dibrowsing dong, Denis Loyd hehe.. Itu cuma nama karangan saja kok Mak..^^
      Tapi ada clue nya di sana. Denis Loyd = D. Loyd plesetan maksudnya Doyle hehe :D
      Artikel link kasusnya ada di bawah ya..

      Delete
    2. Ya ampun diplesetin.
      Emak kalo diplesetin langsung jato neng.

      Emak nyari2 Denis Loyd, adanya yang dobel N sama L
      Selain itu nemu juga Denis cagur 😁

      Delete
    3. Kalau ada cerita teka-teki di sini pasti namanya samaran. Kalau bisa di googling, nanti cepat ketahuan pembaca kalau gitu Mak wkwk.. :D

      Delete
  4. Replies
    1. Komennya tengah malam Suuri..^^
      Link artikelnya di bawah ya..

      Delete
  5. Komentar ditutup. Terima kasih banyak ya sudah membaca dan mencoba menebak..^^

    Sebenarnya ini adalah kasus George Edalji yang terjadi pada awal tahun 1900an. Kasus ini ditangani langsung oleh Sir Arthur Conan Doyle yang merupakan penulis Sherlock Holmes. Ini adalah kasus nyata yang berhasil diungkap oleh sang penulis cerita detektif tersebut.

    Terdorong oleh rasa kemanusiaan, Doyle melakukan investigasi mendalam terhadap kasus Edalji. Benar saja, pria keturunan India itu telah difitnah bahkan dihukum penjara bertahun-tahun atas apa yang tidak pernah dilakukannya.

    Kasus ini sudah pernah saya bahas pada Januari 2018 lalu. Berikut ini link-nya:

    https://www.merinding.com/2018/01/sir-arthur-conan-doyle-dan-kasus-george-edalji.html

    Selamat membaca ^^

    ReplyDelete
  6. batas akhirnya salah tanggal itu kak. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya, Eko hehe..^^ Terima kasih. Sudah diperbaiki..

      Delete
  7. Januari 1907, Doyle memutuskan untuk bertemu dengan Edalji secara pribadi di sebuah lobi hotel. Rupanya saat itu, Conan Doyle datang terlambat. Dari kejauhan ia melihat Edalji yang menunggu sambil membaca koran dengan jarak yang sangat dekat juga agak miring ke kanan. Saat pertama kali bertatap muka, Doyle rupanya sudah dapat memastikan bahwa Edalji tidak bersalah, ia hanyalah korban fitnah

    itu kutipan artikelnya,maaf ya mba admin jarang komen,...
    semoga dibulan suci romadhon ini kamu tetep semangat cari pahala yah...^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sampai dikutip opening artikelnya, Haidar.. ^^
      Aamiin...

      Delete
  8. coba q request ttg investigasi sir arthur conan doyle, mengenai kasus sekte tug behram di india,...
    apakah admin pernah mengetahuinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, baru tahu ini saya Haidar. Terima kasih ya..^^

      Delete
  9. Pasti ini cerita kasus George Edalji yang terjadi pada awal tahun 1900an :v.. Lanjut ceritanya kak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari mana saja Nur Rizal? Baru muncul nih hehe..
      Lahh.. kan memang sudah dikasih tahu itu di komentar terakhir wkwk.. :D
      Langsung ke link artikelnya aja, sudah pernah dibahas itu ceritanya.

      Delete
  10. Replies
    1. Aih, ada Si Penulis.. Iya nanti update lagi kok. Insya Allah setelah lebaran yaa..^^

      Delete
    2. kirain mau menghilang beberapa hari kayak agatha christie. hehehe...

      Delete
    3. Agatha Christie 11 hari hilangnya hehe.. Oh iya Eko, kebetulan kamu muncul. Coba cek komentar di artikel "Teka-Teki Enigma", yang dari Ambonemia.

      Delete
    4. ya sapa tau kan kakak menghilang selama bulan ramadhan ja. trus comeback dengan sejuta artikel baru. hehehe

      Delete
    5. Sejuta? Ya ampun, alangkah banyaknya.. :D

      Delete
    6. Whoaa... sejuta 😮.. dalam hati kak eya (alamak... satu dua aja aku bingung apa yang mau di posting 😂) ternyata libur sebulan membuat kak eya bertambah prnya wkwkw. Semangat yah kak jangan ambruk yah wkwkw. Alice menyemangatimu~🤭

      Delete
    7. @Alice, nah iyaa.. Kadang banyak yang jadi draft aja, udah ditulis ehh.. kok kayaknya kurang menarik, ganti. Udah separuh jalan tuh artikel, ganti lagi. Begitu aja terus, sampai Merrior lumutan nunggu artikel baru wkwkwk...

      @Eko, coba kasih saran artikel apa aja itu yang dibahas sampai sejuta begitu wkwkwk..

      Delete
    8. mungkin lanjutan sejarah monarki inggris. hehehe
      coba nonton film the man from earth atau 12 angry man, trus lanjut full season the x files. sapa tau bisa dapet materi pembahasan baru. misal sanggahan akan fenomena tertentu. hehehe

      Delete
    9. Waduh Eko, sejarah monarki Inggris part selanjutnya itu panjaaaaaaanggg hehe..
      12 Angry Man keren sangat, saya sampai nonton berulang-ulang-ulang :D

      Delete
    10. nah berarti sejarah monarki bisa jadi beberapa artikel itu. hehehe
      soal monarki inggis aku kadang lihat beberapa info di channel smithsonian.
      12 angry man itu seru. coba dah ada AC pasti mereka g kepanasan. hehehe

      Delete
    11. Smithsonian memang bagus..
      12 Angry Men is a masterpiece. Haha..bisa aja Eko. Tapi justru karena suasana ruangan yang panas dan sumpek itu yang membuat para tokohnya jadi mudah tersulut emosi. Kan sesuai judulnya. Kalau ada AC jadinya malah adem hehe..

      Delete
    12. ya kan sapa tau perang dingin. nonton film itu jadi ikut ikut berkeringat. hehe
      aku kok baru tau ada kasus pembunuhan Suster Catherine Cesnik ya kak. hihihi

      Delete
    13. Iya sama baru tahu juga, *request terselubung..^^

      Delete
  11. Kapan lanjut lagi kisah kelam keluarga inggris bagian 2 nya sama kapan lagi nih buat artikel barunya, nungguin sebulan serasa nungguin setahun, wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Update lagi Insya Allah setelah lebaran ya, Suuri..^^

      Delete
    2. Oh.. kak eya.. tak cuma diriku yang jadi korban tangan dinginmu.. ternyata ada banyak sekali korban berjatuhan karena itu... kau bilang kapan kapan... eh ternyata.. eh ternyata... 17..... agustus 1945 adalah hari proklamasi kemerdekaan indonesia, bayangkanlah betapa lama sekali perjuangan indonesia melawan penjajah untuk merdeka. Sama dengan perjuangan pembaca kasus kita kali ini harus menunggu 17 bulan kemudian..(jangan ditambah yah😁) bukan karena dijajah tapi karena admin nya kelupaan🤭 (ternyata itu adah ciri khasnya kak eya).. (kabur🏃‍♀️)

      Delete
    3. HaHaa.. Muncul aja nih Alice di sini.. :D
      Ya ampun, kata korban berjatuhan itu kesannya jadi seperti pembunuh berdarah dingin aihh..
      Bukan kelupaan kok hehe..

      Delete