Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peristiwa di Pagi Hari Bersalju



Kejadian ini sudah lebih dari 50 tahun berlalu. Di musim dingin bersalju.

Seorang pria berseragam polisi berdiri di persimpangan jalan, menggosokkan kedua tangannya berkali-kali mencoba menghangatkan diri melawan udara dingin yang menusuk.

Hari masih pagi. Beberapa kantor dan pertokoan baru saja buka. Di sebuah bank tampak beberapa karyawannya mengemasi uang dan meletakkannya di dalam kotak logam yang cukup besar. Hampir 1 juta dolar isinya. Kotak logam itu lalu dimasukkan ke dalam bagasi sebuah mobil. Setelah semuanya siap, mobil pun meluncur. Rencananya uang akan dibawa ke sebuah perusahaan. Karyawan bank yang berada di dalamnya meminta agar supir berhati-hati karena jalanan cukup licin.

Baru beberapa menit meninggalkan bank, seorang polisi muda yang berdiri di persimpangan jalan memberikan tanda agar mobil berhenti. Tampak terburu-buru menghentikan mobil, wajahnya terlihat sangat cemas.

“Kami mendapatkan laporan kalau mobil ini sudah dipasangi peledak. Baru saja ada kabar rumah kepala cabang diledakkan,” seru polisi itu.

Beberapa karyawan bank yang berada di dalam mobil dan juga sopir terkejut luar biasa. Mereka turun dan bersama polisi mencari-cari di mana peledak itu diletakkan. Seorang karyawan bank mencoba mengecek di bagian bawah mobil saat tiba-tiba kepulan asap dan juga api muncul.

“Semuanya cepat mundur!,” teriak polisi itu sambil memberikan tanda untuk menjauhi mobil.

Mereka semua bergegas lari mundur ke sebuah tembok bangunan yang berdiri beberapa meter dari ruas jalan. Polisi tampak mencoba memeriksa dari mana api dan asap itu berasal. Beberapa orang yang berada di tempat kejadian begitu ketakutan. Petugas itu tampak mempertaruhkan nyawanya dengan berani masuk ke dalam mobil untuk memeriksa. Di saat yang bersamaan asap mengepul kian besar. Pandangan mata menjadi kabur.

Di saat-saat yang menegangkan itu tiba-tiba mesin mobil menyala, lalu hanya dalam hitungan detik kendaraan itu meluncur dan hilang seperti ditelan kabut asap. Seperti sulap. Orang-orang terperangah. Mereka telah ditipu mentah-mentah!

Investigasi dilakukan secara besar-besaran. Pencarian gila-gilaan demi menemukan polisi gadungan itu. Lebih dari 100 ribu orang masuk dalam daftar tersangka. Tapi ia menghilang begitu saja bersama dengan uang yang jumlahnya membuat menganga. Ia lenyap seperti pesulap.

Lebih dari 50 tahun berlalu, tapi sang “pesulap” tidak pernah ditemukan. Ia menghilang bersama dengan kepulan asap di pagi hari yang dingin bersalju.


*Ini adalah cerita teka-teki seperti biasa. Saya ingin kalian menebak kasus apa ini sebenarnya. Clue: Kasus ini benar-benar pernah terjadi. Seperti biasa saya sengaja menyembunyikan identitas para pelakunya supaya kalian tidak bisa googling HaHa.. :D

**Kasus ini cukup mudah sebenarnya. Jadi saya hanya memberi waktu SATU HARI!^^ Komentar minimal 10 saja. SEMUA komentar yang masuk akan saya hitung. Batas terakhir besok malam ya, hari Selasa tanggal 9 Februari 2021 pukul 23.59. Jika batas minimal terpenuhi, maka saya akan mengungkap misterinya di hari Rabu, 10 Februari 2021. Gunakan kemampuan analisis kalian..^^ Selamat menebak!!

Perhatian: Mohon hargai penulis dengan tidak mengambil atau copy paste tulisan di blog ini untuk dijadikan postingan blog/website ataupun konten Youtube. Terima kasih.. ^^

Eya
Eya Mystery and World History Enthusiast

55 comments for "Peristiwa di Pagi Hari Bersalju"

  1. Replies
    1. Komentar pertama dan tepat sekali!! Congrats Leonz! Kamu begadang? Hehe.. ^^

      Delete
    2. Mantab betul penjawab pertama 👍

      Delete
    3. Iya mantap betul ini Harllie :)

      Delete
  2. Halo kak eya! Lama aku gak surfing jadi ketinggalan satu kasus deh...lagipula kasus jam tangan itu susah kayaknya, aku gak bisa nebak deh haha. Btw kalau gak salah aku pernah baca deh.. Ini kejadiannya di jepang dan bonus uangnya untuk karyawan Toshiba... Lalu pencurinya tidak pernah tertangkap sampai sekarang... Jadi ngiler sama nominal uangnya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Alice! Iya nih ke mana kemarin? Ditungguin padahal. Wah, susah ya? Wkwk.. Betul sekali ini kasus perampokan di Jepang yang tidak terungkap sampai sekarang. Giliran uang aja cepet dia komennya haha.. *canda Alice ^^

      Delete
    2. Hehe kak eya tau aja deh 🤑🤑🤑, omg yang komen diatas, komennya jam setengah dua dini hari... Keren yah..

      Delete
    3. Iya saya aja kaget ternyata ada yang baca tengah malam dan jawabannya benar. Sepertinya lagi lembur juga hehe.. :)

      Delete
    4. Kak eya sakitkah? Kok tumben gak dijelasin rinci kasusnya atau sudah banyak yang nebak benar jadi gak usah dijelasin kali yah.... atau .. biasanya kalau dikasih yang mudah pasti berikutnya... curiga kak eya kayaknya lagi nyari yang susah banget deh... Senin depan mangkir dulu ahh (canda) hehehe

      Delete
    5. Oh iya seharusnya artikelnya memang publish kemarin Alice, tapi karena ada beberapa tambahan jadi harus direvisi. Tapi hari ini publish kok artikelnya. Awas ya kalau mangkir cerita kasus senin besok wkwk.. :D

      Delete
  3. The Baker street Bank Robbery.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perampokannya sudah benar, tapi ini kejadian yang di Jepang hehe.. Terima kasih sudah berkomentar ^^

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Perampokan 300 juta yen bukan ya min ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hey, betul sekali! Saya panggil Eko saja kah? Terima kasih sudah baca ceritanya dan ikut berkomentar. Sering-sering mampir ya.. :)

      Delete
    2. udah sering mampir cuma g koment ja kak :)

      Delete
    3. Next ikutan komen lagi ya Eko.. :)

      Delete
  6. Arigato..ni saya kasi 100 juta Yen buat kamu he he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini bacanya sambil gaya-gaya Jepang gitu ya ^^ Saya kasih buatmu 300 juta yen hehe..

      Delete
  7. keren nih kasusnya, jdi inget film Now You See Me :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Leona! Kasus ini hampir-hampir sama dengan DB Cooper loh. Pelaku tunggal sepertinya dan menghilang. Kasusnya tidak terpecahkan sampai sekarang..

      Delete
  8. Tiada idea untuk teka teki kali ini.. Saya teka saja ya.. Great Train Robbery?? Jalan ceritanya macam sama tapi penyudah dan klu lain berbeza juga..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Robbery-nya sudah benar Nur Effa.. Tapi ini kejadian yang di Jepang hehe..^^ Kasus perampokan 300 juta yen. Terima kasih sudah setia tengok blog merinding.

      Delete
    2. Aduh.. Di Jepun rupanya, di Jepun aktornya lebih diingati hehee.. Terima kasih juga untuk postingnya, stress reliever di waktu pandemik..

      Delete
    3. Sama-sama Nur Effa^^ Kasus Great Train Robbery itu juga terkenal sekali, hanya saja pelakunya berkelompok dan uang rampokannya jauh lebih besar lagi..

      Delete
  9. wahh saya sudah deg degan bacanya ternyata cuma prank. jadi greget sama polisi gadungannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ternyata cuma tipuan untuk merampok ya.. Terima kasih sudah membaca dan ikut berkomentar ^^

      Delete
  10. Kasus pencurian bank di jepang,pada tahun 1968

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali Jj.. Akhirnya dikasih nama sekarang hehe ^^ Yang kasus kemarin benar, ini juga benar lagi. Wahh.. besok kasih yang rada susahan ah kasusnya wkwk.. :D

      Delete
  11. Psti kasus perampokn kan min!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Rogan, tapi jawabannya kurang spesifik nih.. Coba lagi besok ya :)

      Delete
  12. Lanjut min pokonya, penasaran banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan kasus pesulap ini wkwk.. Besok dibahas ya. Terima kasih sudah gabung ikut berkomentar :)

      Delete
  13. Perampokan terbesar di Jepang 300 juta Yen Milik Nippon Trust Bank untuk Gaji pegawai Toshiba, Desember 1968

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, Anggana jawabannya lengkap ^^ Terima kasih sudah mampir.. Ditunggu komentar untuk kasus berikutnya yaa..

      Delete
  14. "Ini adalah kasus Perampokan Terbesar di Jepang yang Masih Misteri sampai saat ini"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali.. Terima kasih komentarnya, besok ikutan jawab lagi yaa.. ^^

      Delete
  15. Cukup mudah ini, kisah perampokan 300 juta yen.
    Yg belum baca mungkin menebak ini perampokan DB.Cooper.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali, Harllie! Sepertinya cukup mudah, rata-rata bisa menebak dengan benar. Pelakunya seorang diri memang mirip DB Cooper, kejadiannya cuma berbeda 3 tahun. Nominal uangnya lebih banyak ini dan bedanya juga di kendaraannya. Next bikin yang susah ahh kasusnya.. wkwk ^^

      Delete
    2. Salut juga sama yg berkomentar, ada yg jawab The Baker street Bank Robbery dan Great Train Robbery, tahun 60-70an lg musim perampokan yg hebat2 ya 😅😁

      Delete
    3. Ternyata setelah ditelusuri tahun-tahun itu memang tahun penuh dengan kasus legendaris loh. Sepertinya bukan cuma perampokan terkenal (DB Cooper, 300 million yen robbery, baker street robbery, great train robbery) Harllie, tapi sampai pembunuhan berantai macam Zodiac killer dan Ted Bundy. Ngeri lah..

      Delete
  16. Komentar ditutup. Terima kasih sudah membaca dan menebak kasusnya ya.. Wah, ternyata banyak dari kalian yang berhasil menjawab teka-teki ceritanya dengan benar. Yeaayy!!! Kasus ini akan saya bahas lengkapnya besok ya.. :)

    ReplyDelete
  17. yahh aku telat komen baru buka blog nya lagi :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mangkanya Nur Rizal (tumben komentarnya bukan "penasaran sama yang punya blog" ^^) wkwk.. *canda Nur. Besok-besok pantengin terus yak :)

      Delete
    2. ahaha yg punya blog sama cerita2nya sama-sama misteri :D, *canda misteri :)

      Delete
  18. maaf mba admin telat kasih komen kemarin sibuk hehe
    semangat yah ..
    jujur kalo sebelum baca komen q agak inget peristiwa perampokan perusahaan toshiba yg sebesar 300yen oleh perampok tunggal yg menyamar menjadi oknum polisi yg pernah q baca di anehdidunia.com
    ini linknya https://www.anehdidunia.com/2019/05/perampokan-bank-terbesar-di-jepang.html?m=1
    ditunggu karya karya berikutnya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, ada yang terlambat lagi nih.. Yang telat push-up! wkwk..^^ Halo Haidar! Wah, sibuk ternyata pantas tidak muncul kemarin.. Ternyata sudah tau juga ya kasus ini. Memang sudah banyak sih yang bahas, termasuk anehdidunia (yang membahas dengan kasus lainnya juga ya) makanya rata-rata pada benar semua tuh nebak kasus ini hehe.. Iya semangat buatmu juga! :)

      Delete
  19. Seru juga pas baca eh ujungnya belum selesai huhuhu
    Btw di indonesia jg bnyk kok yg kasus hilang gitu haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini cerita teka-teki, Izwan. Lengkapnya ada di artikel selanjutnya yaa..^^

      Delete
  20. Oke,waktunya baca story selanjutnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Marathon ya bacanya Tsubasaki, mengejar ketertinggalan hehe..^^

      Delete