Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berawal dari Black Dahlia


Pertama kali saya membaca blog misteri itu blognya Enigma. Awal 2015. Barang kali tergolong baru ya, dibandingkan kalian di sini yang mungkin sudah jauh lebih dulu menjadi pembaca blog-blog misteri.

Artikel pertama yang saya baca itu adalah kasusnya Elizabeth Short alias Black Dahlia. Entah bagaimana waktu itu, apa yang saya searching, sampai nyasar ke blognya Enigma. Mungkin itu hanya kebetulan. Tapi tidak ada yang kebetulan di dunia ini, kan? Saya seperti sudah ditakdirkan untuk nyasar ke sana.

Cukup dengan membaca artikel tentang Elizabeth Short itu saja, sudah membuat saya suka dengan kasus misteri, sampai hari ini. Jadi itulah awalnya. Kisah tentang bagaimana seorang wanita dibunuh secara sadis, dimutilasi dengan begitu rapi (jangan lupakan juga mulutnya yang dirobek hingga telinga), tapi pembunuhnya sama sekali tidak bisa ditemukan. Kasusnya tidak terpecahkan, sampai hari ini.

Sejak saat itulah saya pun mulai membaca tulisan-tulisan Enigma, lalu menjalar ke blog-blog misteri lainnya macam Misteri Dunia, Vahn Saryu, Alam Mengembang Jadi Guru, Sometronom, dan banyak lagi (hormat saya kepada blogger-blogger misteri senior, yang sudah menginspirasi). Petualangan saya menelusuri kasus-kasus misteri sampai juga ke blog dan website luar.

Selama membaca dan menulis berbagai kasus misterius, paling tidak ada dua kasus yang sangat menarik perhatian saya.

Pertama, kasus Dyatlov Pass Incident. Kisah tentang 9 pendaki asal Rusia yang ditemukan tewas di Pegunungan Ural dengan kondisi yang penuh tanda tanya di tahun 1959.

Insiden Dyatlov Pass punya banyak sekali teori. Mungkin misteri Dyatlov lah satu-satunya kasus yang dugaan penyebab kematian sampai menyeret makhluk mitologi macam Yeti sampai konspirasi militer. Update yang terbaru menyatakan kalau penyebab kematian mereka adalah akibat longsoran salju di lereng gunung yang terjadi tiba-tiba sehingga membuat kesembilan orang itu keluar tenda tergesa-gesa. Tapi tentu saja itu belum menyelesaikan misterinya.

Lalu kasus yang kedua adalah pembajakan pesawat oleh DB Cooper. Aksi DB Cooper ini seperti Arsene Lupin versi modern. Tujuan pembajakan pesawat tampaknya bukanlah semata-mata karena uang. Masih ingat nominal yang diminta DB Cooper? $200.000. Sungguh nominal yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan kasus 300 juta yen di Jepang yang terjadi 3 tahun sebelumnya.

Aksi pembajakan itu pastilah sangat-sangat diperhitungkan dengan matang oleh DB Cooper. Bagaimana ia melompat dari ketinggian di atas pesawat dengan menggunakan parasut di tengah malam dengan cuaca yang tidak bersahabat, lalu hilang seperti ditelan angin.

Identitas DB Cooper tidak diketahui. Siapa sebenarnya sosok orang dibalik pria berkacamata dan berpenampilan rapi itu. Padahal dia memesan tiket sama seperti yang lainnya, duduk di kursi penumpang, memesan minuman, dan bahkan berbicara dengan pramugari beberapa kali. Sungguh luar biasa kan?

DB Cooper selamanya akan menjadi legenda. Apakah ia tewas saat terjun dari pesawat di malam itu? Tapi di mana jasadnya? Atau mungkinkah ia berhasil mendarat dengan selamat? Tak ada yang tahu nasib apa yang menemui pria misterius itu.

Barangkali ia hidup sampai usia tua dan meninggal dunia tanpa seorang pun yang tahu kalau dialah satu-satunya pembajak pesawat yang berhasil menipu semua orang dan mencatatkan namanya dalam sejarah.

Lalu sejak kapan kalian suka dengan kasus-kasus misterius, khususnya membaca blog-blog misteri?Apa kasus atau misteri yang paling kalian suka? Dan bagaimana juga kalian bisa sampai nyasar ke blog Merinding ini? Barangkali semua memang sudah ditakdirkan..


*Loh, teka-tekinya mana? Teka-tekinya minggu depan ya..^^ Minggu ini saya ingin kita sama-sama cerita tentang kasus atau misteri yang paling disukai dan paling menarik bagi kalian masing-masing. Tulis di kolom komentar yaa…  

Eya
Eya Mystery and World History Enthusiast

76 comments for "Berawal dari Black Dahlia"

  1. Saya sangat suka kasus misteri pembunuhan presiden amerika, abraham lincoln maupun jhon kennedy.. Membuat saya makin penasaran apakah ada konspirasi dari pembunuhan mereka :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Konspirasi pembunuhan presiden ya? Memang menarik sekali itu. Kalau diperluas ya kematian ganjil tokoh-tokoh terkenal ya, Nur Rizal. Saya sudah pernah membahas keduanya itu, waktu tahun-tahun awal Merinding..^^

      Delete
    2. Wah kasus Lincoln dan JFK ini termasuk konspirasi terbesar yg pernah saya baca, baca kasus ini cakupannya luas banget butuh beberapa hari utk mengupasnya dari berbagai sumber πŸ‘

      Delete
    3. Iya Harllie.. Kebetulan juga kedua mantan presiden Amerika itu punya banyak kebetulan yang sama..^^

      Delete
    4. Nah itu dia, kebetulannya ada sekitar 16 pula

      Delete
  2. "Barangkali semua sudah ditakdirkan"
    Uuuhh~ kak eya so sweet banget~ menyelebungkan kata tersebut tersamarkan oleh kata kata misteri, buat siapa tuh kak 🀭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat kalian semua, Merrior..^^ Nah, belum dijawab itu Alice, misteri apa yang paling disukai dan bagaimana kamu bisa sampai nyasar ke blog ini hehe.. Dijawab..

      Delete
    2. Kalau ditanya kenapa bisa nyasar kesini, aku lagi cari cara membuat pepes ayam lalu tersesat dan kepeleset ke sini hehe. Ups.. sebenarnya waktu itu aku suka sekali dengan hal hal aneh dan misterius, dulu pertama kali web yang aku kunjungi itu www.anehdidunia.com, pernah mengunjungi blog enigma, cuman hanya sebentar karena kurang cocok sama aku. Lalu aku searching di google.. hmm... apa yah aku lupa lagi nyari apa di pencarian waktu itu udah lama banget jadi lupa, lalu aku ketemu deh sama situs webnya kak eya.

      Dari sekian banyaknya blog, aku lebih suka blognya kak eya, Tulisan kak eya yang apik, ringan serta menarik lalu kompleks membuat aku tertarik dengan blognya kak eya, apalagi sering up to date, blog ini keren pikirku. Aku suka malu sendiri kalau lagi teka teki lalu blank jawabannya, ternyata jawabannya ada di blog kak eya sendiri hehehe. Maklumin aja yah karena lama dan bentrok dengan urusan di luar aku jadi lupa😁. Kalau untuk misteri.. semuanya aku suka tapi yang aku favoritkan itu Mariana web, Dyatlov Pass Incident(kasus diluar akal sehat), segitiga bermuda, area51 masih banyak lagi sih.. Oh satu lagi yang paling aku penasaran... Kak eya. Kak eya mukannya ditutupin bukan karena mulutnya sobek sampai telinga kan yah hehe😁

      Delete
    3. Ditakdirkan bertemu dgn orng2 yg unik, termasuk Alice wkwkwk

      Delete
    4. @Alice, (*seperti biasa diawali dengan komentar ajaibnya^^) Wah situs anehdidunia.com memang artikelnya ringan dan menarik. Situsnya sendiri sudah lumayan lama itu aktifnya dan masih terus update sampai sekarang. Jadi Alice sudah lama jadi pembaca di sini ya hehe..

      Terima kasih apresiasinya Alice.. :) Tenang aja banyak juga kok yang suka blank dengan teka-tekinya, enjoy aja, yang penting tambah wawasan, banyak juga kok pembaca yang kasih pengetahuan baru di sini yang saya pun tak tahu.. *lirik Nur Effa (orangnya ke mana ini?)

      Banyak fans Dyatlov Pass ternyata di sini ya^^ Serem amat yang terakhir Alice, awas yaa.. wkwk..

      Delete
    5. @Harllie, iya betul. Ditakdirkan bertemu dengan orang yang amat sangat super duper unik sekali seperti Alice. Ini orang asalnya dari mana kali ya??

      Delete
    6. Terima kasih kak harlie, alice orangnya memang unik kok contohnya sarapan pagi aku makan bubur, makannya pakai sendok lho, siangnya aku makan besar karena butuh tenaga (eh malah ngantuk) bahkan aku minum pakai gelas lho kak!😌 sorenya jam 5 aku pulang bahkan aku sempet jahilin temen aku lho, sampai rumah aku mandi... karena mandinya kelamaan aku jadi dimarahi sama ibu aku.. sebenarnya mau balas kemarin cuman ketiduran jam 8 malam hehe

      Delete
    7. Dengan ciri khasnya Alice selalu menggunakan majas klo berkomentar, dibarengi dgn curhatan, memuji, lalu berujung satir wkwkwk

      Btw, klo gk salah bukannya mba eya pernah menampakkan diri di youtube?

      Delete
    8. @Alice lagi curhat..

      @Harllie, Alice itu kalau komentar memang agak aneh, bukan agak tapi sangat wkwk..
      Oh, bukan. Saya tidak akan menampakkan diri di Youtube, Harllie ^^

      Delete
  3. Misteri favorit saya adalah misteri wajah seseorang perempuan yang tak terlihat di perpuastakaan
    Dia menggunakan gimik utk merahasiakan anggota wajahnya dan sampai sekarang masih misterius
    Dengan seeater coklat di sebuah kota kecil di antah berantah
    Saya ingin memecahkan misteri itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha.. Pundit, bisa lucu juga ternyata :)

      Delete
    2. Benar pundit, aku juga lagi menyelidiki kasus yang kamu selidiki ini, dari hasil penyelidikan yang aku ketahui namanya kak eya, lahirnya di Lampung, Indonesia(hebat kan aku😌), foto profilnya entah itu diperpustakaan atau di toko buku, gendernya perempuan, pernah dipanggil om eya~ karena sempat dikira laki-laki (yang komennya kocak yahπŸ˜‚) jangan pancing kemarahannya serem lho.. pintar dalam menyelumbungkan sindiran misteri dalam komen😭, lalu baru awal tahun entah berapa banyak korban dia gantungkan dan php kanπŸ€”πŸ˜­ dan coba lihat dengan teliti foto profilnya deh, kak eya menutup mukanya sambil tersenyum seperti bilang "Supaya kalian penasaran, rasakan nih! Aku tutup wajahku HAHAHA 😈" sekian penyelidikan dari detective alice.

      Delete
    3. Wkwkwk ditunggu2 yg komen sprti ini, muncul jg ternyata 🀭

      Delete
    4. @Alice, Haha.. sebelumnya dipanggil om, mas, abang, bung juga pernah.. Ya ampun, siapa yang php-in? Penyelidikan Detektif Alice ini tidak akurat. Sekian. ^^

      @Harllie menunggu komen yang seperti ini juga ternyata, selain komentar Alice yang selalu ajaib..^^

      Delete
    5. aku kok nyangkanya link dibawah ini ya, yang punya blog ini.
      https://bit.ly/31f8uJO

      Delete
    6. Content creator itu, Eko hehe..^^

      Delete
    7. beda ya sama yang bikin tulisan di blog ini ?

      Delete
    8. Betul pundit.. cerita2 nya bikin penasaran tapi saya lebih penasaran sama yg punya blog nya :D

      Delete
    9. @Eko, iya beda..^^

      @Nur Rizal, akhirnya komentar legendaris ini pun kembali lagi: Penasaran sama yang punya blog.. :D

      Delete
    10. @eya , tapi youtube itu juga termasuk dari jajaran management merinding.com ?

      Delete
    11. tapi tetap masih dalam 1 management merinding.com ?

      Delete
    12. tanda :) , seakan senyuman sinis yang membuat makin banyak tanda tanya. wkwkwkw

      Delete
    13. Ayo kak eko keluarkan kartu "as" mu kak, skak mat kan kak eya, aku pendukungmu kak. Ayo kaka~ kak eko~

      Delete
    14. Kan ini klaim nya 2 orang berbeda. Trus yg bikin konten sama script nya siapa? Yg di youtube itu juga bikin artikel di blog ini? Trus yg pegang admin ig sama fanspage itu siapa? Dari awal blog ini memang dibuat 2 orang atau content creator nya itu baru ikut di 2019?
      Dah nyoba cari celah dari kepemilikan domain. ternyata pinter juga, pake whois protection. Coba cek blog versi awal, link profil ngarah ke google plus, sayang google plus dah end.

      Delete
    15. Ya ampun Eko, rentetan pertanyaannya..:)

      Delete
    16. ya kan dah diinfo kalo makin banyak tanda tanya nya. hehe

      Delete
  4. Soal TBDM saya tahunya dari band Amerika dgn nama yg sama, dan tentang AMJG dengan ciri khasnya baru2 ini ada postingan terbaru loh πŸ˜ƒπŸ˜„

    Sejak kapan suka dengan kasus2 misterius?
    - Sejak nonton Discovery Channel waktu sekolah dulu, lagi ramai2nya pada waktu itu tentang UFO/Alien dan saya cari tahu dimana2 mulai buku, berita, kemudian ketemu blog Enigma πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    Kasus atau misteri apa yang paling disuka?
    - Sekarang 3 kasus yg favorit Zodiac Killer, 2 gadis Panama, dan Dyatlov Pass

    Bagaimana bisa sampai nyasar ke blog Merinding ini?
    - Dari sini awalnya, Led Zeppelin πŸ‘πŸ‘πŸ‘
    https://www.merinding.com/2018/01/pesan-misterius-di-balik-lagu-stairway-to-heaven.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, saya baru tahu Harllie kalau ada band Amerika dengan nama The Black Dahlia Murder (TBDM) saya sampai searching loh ini wkwk.. Kalau filmnya saya tahu ada The Black Dahlia (2006). Senang sekali akhirnya AMJG sudah aktif lagi sekarang.

      Jadi berawal dari Discovery Channel ya baru ke blognya Enigma. Ah, Zodiac Killer saya pun suka. Gadis Panama itu maksudnya Kris Kremers dan Lisanne Froon kah? Itu gadis Belanda Harllie hehe.. Sepertinya kasus ini sedang banyak yang mencari deh. Itu sampai bertengger di tiga teratas postingan populer. Dan semua orang sepertinya suka kasus Dyatlov Pass yaa..^^

      Nyasar ke blog Merinding karena mencari Led Zeppelin? Wow..

      Delete
    2. Iya 2 gadis Belanda mksdnya terkadang familiar jg dgn gadis Panama loh mba. Wah tambah 1 watchlist saya lg film The Black Dahlia (2006), tq πŸ‘

      Delete
    3. Wah, kenapa saya jadi banyak kasih watchlist ya hehe.. :)

      Delete
    4. Versesofuniverse a.k.a amjg versi yg sekarang kayanya udh kurang deh bahas soal misteri,mengingat bang E udh vakum dan beralih ke twitter,jadi amjg ngikutin jejaknya bang E

      Delete
  5. waah,, enigma. aku dah punya 2 buku nya juga. follow twitter nya juga. cuma sampai sekarang belum bisa mecahin tekateki di buku nya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eko rupanya penggemar berat Enigma ya, sampai punya bukunya juga..^^ Pertanyaannya belum dijawab itu, misteri atau kasus apa yang paling disukai? Terus bagaimana ceritanya bisa nyasar ke blog merinding ini Eko?

      Delete
    2. Wah ketemu Enigma garis keras jg nih πŸ‘

      Delete
    3. Iya, Eko pembaca setia Enigma nih.. Oh ya, jadi penasaran teka-teki apa ya dalam bukunya? Dishare di sini ya Eko, siapa tahu ada yang bisa pecahin teka-tekinya..

      Delete
    4. aku lebih suka sama manuscript sebenernya. dulu nyasar ke blog ini gara gara cari soal Voynich manuscript. trus berlanjut baca semua artikel di blog ini. hehehe..
      soal teka teki di buku enigma, coba kapan kapan aku share picture nya.

      Delete
    5. @Harllie bukan garis keras. cuma penasaran sama yang punya blog enigma dan jalan pemikirannya. yang pengen punya dan belum kesampaian itu bukunya The X News Files - Hawkson. dulu banget sempet lihat di gramedia, cuman g bisa beli. huhuhu

      Delete
    6. @Eko, teka-tekinya berupa gambar ya? Kirain di buku itu ada kunci jawabannya juga hehe.. Share nanti ya, atau boleh kirim lewat email: merindingblog@gmail.com. Terima kasih Eko.. ^^

      Delete
    7. @eya siap. mohon kesabarannya menunggu ya. hehehe :)

      Delete
    8. Oke.. Kita semua akan menunggu kok.. :)

      Delete
    9. siap kak, makasih. paling aku kirim via email.

      Delete
    10. Maaf ya merepotkan hehe.. Saya yang terima kasih Eko :D

      Delete
  6. Saya mula meminati kisah misteri, lagenda, mitos ini dari majalah Mastika, majalah yang seiiringan dgn Hidayah, Variasari hasil koleksi ibu saya.. Oh ya, detective conan juga, banyak kes yang mengimbas lagenda, mitos dan kisah latar dalam penyelesaian kesnya.. Tidak terkecuali juga slot lagenda Indonesia yang ditayangkan disini sekitar tahun 2009.. Berkobar semangat dari lagunya..
    Rasanya blog ini saya temukan semasa browsing kes sekte sesat berkait Sharon Tate semasa awal mula virus corona.. Dan hingga kini saya terpaut kepada blog merinding ini, juga sama penulisnya.. 😜
    Teruskan penulisannya ya, semoga lebih banyak pengetahuan dan medium perbincangan yang boleh disertai oleh peminat misteri sejarah seperti kami² ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Majalah Mastika saya kurang familiar, Nur Effa, tapi kalau majalah Hidayah lumayan terkenal di sini. Ah.. detektif conan bacaan saya juga sejak smp hehe..
      Oh.. berawal dari artikel kasus pembunuhan Sharon Tate oleh sekte Charles Manson. Berarti artikel itu masuk pencarian google ya..^^ Dan sekarang Nur Effa jadi bagian dari blog ini, memberikan info dan wawasan juga tentang misteri dan sejarah yang saya juga belum tahu..^^

      Delete
    2. Di Malaysia Mastika di Indo ada majalah Misteri namanya, sama2 tutup tahun 2018.
      Conan bacaan saya jg waktu sd/primary school.

      Delete
    3. Oh jadi Mastika ini seperti majalah Misteri tapi yang Malaysia ya.. Sepertinya hampir semua penggemar kasus misteri itu pasti dulunya pembaca conan deh hehe.. Ah, saya juga suka Kindaichi..

      Delete
    4. Ya, betul sama genrenya dengan majalah Misteri dan tutup sekitar 2018.. Ternyata banyak penggemar Conan ya, tapi sekarang lebih mudah Conan dan Kindaichi sudah ada live action dan anime version, cuma komik lebih nostalgia..

      Delete
    5. Saya pun lebih suka membaca komiknya dibandingkan menonton versi animenya. Tergantung selera masing-masing saja. Tapi untuk saya membaca itu jauh lebih menyenangkan, dan ya betul ada rasa nostalgianya..^^

      Delete
  7. saya mulai giat membaca misteri melalui blog kamu! thanks for that. saya ingat waktu itu sedang gabut dan pengen nyari bahan bacaan di google dan ketemu sama salah satu tulisan kamu tentang seorang anak yang diklaim sebagai 'anak mereka yang hilang' oleh sebuah keluarga kaya, namun ketika dicek dna-nya di masa sekarang, keturunan dari anak tersebut sama sekali tak cocok dengan dna keluarganya yang sekarang (maaf saya lupa ini kasus apa:") dan mulai dari sana saya takjub dan mulai jelajahin blog kamu. waktu itu tahun 2019, sekarang udah 2021, udah hampir 3 tahun saya jadi penggemar tulisan kamu. waktu kamu sempat hiatus ketika akhir 2020(?) saya sedih banget karena penulis misteri favorit saya ga update lagi, tapi syukurlah kamu masih di sini bahkan menulis dengan lebih baik lagi! konsep tebak-tebakan dsb itu bagus banget. salut untuk kamu!

    saya bukan seorang pecinta misteri, saya lebih suka bahas bahasan sejarah dan juga nonton film horor. namun berkat kamu, saya mulai tertarik untuk membaca kasus misteri.

    menurut saya ada banyak kasus misteri yang sangat menarik, seperti jack the ripper, dance plague, dll. saya tak bisa sebutkan satu-satu karena semuanya luar biasa. anyway, saya akan tunggu pembahasan ipatiev house nya. semangat^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh..akhirnya ada juga yang mulai suka misteri berawal dari blog merinding hehe..^^ Itu kasus Bobby Dunbar, Momo. Sudah lama juga ya jadi pembaca blog ini. Iya waktu itu saya sempat lama vakum, maaf yaa... Saya masih terus belajar teknik penulisan yang bagus sampai sekarang, Momo. Ah, teka-teki ya. Syukurlah banyak yang suka, sering-seringlah ikut menebak ya..^^

      Itulah mengapa blog Merinding itu misteri dan sejarah dunia. Saya suka keduanya. Seringkali saya memang sengaja memilih misteri yang berkaitan dengan sejarah, supaya pembaca bukan hanya mendapat hiburan tetapi wawasan juga.

      Jack the Ripper, Dance Plague semuanya sudah pernah dibahas, Momo. Kalau Ipatiev House memang tidak secara khusus dibahas, tapi ditulis bersamaan dengan tragedi keluarga Romanov. https://www.merinding.com/2018/02/akhir-tragis-keluarga-romanov.html

      Semangat untukmu juga Momo. Terima kasih yaa..^^

      Delete
  8. Awalnya itu aku suka buka Kaskus terus baca2 di forum terus ke hubung ke blog enigma. Itu sekitar tahun 2009 kalau ga salah. Misteri yang pertama aku baca dan sukai yaitu misteri Jack the ripper Thor.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh, ada green-green..^^ Nah, ini berawal dari Kaskus terus lanjut ke Enigma. Dari 2009? Wahh.. sudah lama sekali itu. Jack the Ripper, serial killer legendaris itu sama seperti Zodiac Killer ya. Sering-sering muncul ya green-green, jangan hilang-hilangan hehe..

      Delete
  9. Wah rame, lanjutkan neng Eya.
    Saya pakai anonymous aja lah ya biar misterius kkkkk
    Saya awal mampir ke blog ini akhir tahun 2019, yang saya baca pertama kali Boy in the box.
    Akhir tahun 2020 blog ini jarang update, jadi saya beralih ke Net*lix.
    Akhir2 ini aja baru mampir kesini lagi, tapi aga kecewa sih kemarin yang kisah dr. campbell ga dilanjut jadi saya menyibukkan diri aja dengan membuat kue/cake di rumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yahh.. jangan anonim, namamu siapa?
      Akhir 2019 berarti masih lumayan baru ya. Oh ya, kasus Boy in the Box. Iya betul saya pernah lama vakum, maaf yaa..^^
      Ya ampun Dr. Campbell. Maaf juga karena itu tidak dilanjutkan hehe.. Kesibukan yang enak sekali itu :D

      Delete
    2. Ahaa!!.. Detective alice benar kan haha, bahkan kak eya menikmatinya dan mengakuinya sendiri "Kesibukan yang enak sekali itu :D" kak eya tidak bisa mengelak sekarang hahaha πŸ€”

      Delete
    3. Girang sekali sepertinya Alice..
      Wah, komentar saya sekarang dimata-matai agaknya ya haha.. :D

      Delete
  10. hmmm... emang suka sama misteri dan kisah yang tidak terpecahkan sudah lama. cuma masih sebatas baca aja. belum menganalisis. dulu baca diweb lain sama lagi searching-searching aja seputar kapal yang hilang. muncul lah web ini.mulai baca deh hampir semua isi tulisan yang ada di 'merinding'. tapi yang dibaca tetep file kasus yang tak terpecahkan duluan. wkwk. oh klo bisa ditambahkan lagi kasus tak terpecahkan dan misterinya yah. klo ada yang dyatlov pass dibahas lagi. kayaknya masih agak menggantung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Arly! Kasus yang tak terpecahkan sepertinya memang paling banyak pembacanya..^^
      Kalau Dyatlov Pass sudah dua kali dibahas, artikel terakhir itu mengenai kasusnya yang dibuka lagi oleh pemerintah Rusia. Iya memang kasus ini masih belum terpecahkan sepenuhnya, walaupun sudah ada teori yang dipercaya. Tampaknya banyak sekali yang suka kasus ini.. :D

      Delete
  11. oh maaf mksd admin komentarnya harusnya di sini yah....
    ya mau komentar apa yah :D
    pokonya yg berbau serial killer pembunuhan berantai,gt deh...kalo ada kemampuan anakq suruh jd detektif biar dimasa yg akan datang tidak terjadi kesimpang siuran sebuah kasus karena adanya konspirasi/adanya kepentingan dr pihak golongan atau kelompok tertentu
    biarlah sejarah menjadi saksi bisu untuk masa depan yg lebih baik...
    seperti quotes nya Bung Karno
    "Jas Merah,,,Jangan Melupakan Sejarah..."
    Kepada Admin Blog Merinding Pertahankan Eksistensimu!!!
    dan kepada sahabat merior terimaksih sudah meramaikan situs ini ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nahh..baru sadar Haidar :D
      Jangan banyak-banyak baca serial killer, nanti parno sendiri wkwk..
      Wah, tugas yang berat sekali itu..
      Iya, pertahankan juga eksistensimu di blog ini yaa..
      Terima kasih juga untukmu Haidar, sudah aktif dan ikut meramaikan blog ini ^^

      Delete
  12. ck.ck.ck.
    iya ok...
    btw td khan q sindir masalah sejarah coba admin mengeksplor kisah di tanah air,...
    mungkin dr kearifan lokal,kisah misteri/urban legen di masing2 daerah,time slip,cryptid,fenomena ufo/cropcyrcle(walo mungkin minim),sejarah,fenomena misterius dll...
    gm mba admin?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Misteri di Indonesia ya? Sudah pernah beberapa kali dibahas kok Haidar..^^

      Delete
  13. anjay,ternyata anak didik bang E sama pengunjung versesofuniverse,pantas gaya penulisannya hampir mirip sama kedua situs tersebut

    ReplyDelete
  14. nyasar kesini gegara nyari artikel soal golden city of Z sekitaran 2018 akhir

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah lumayan lama juga ternyata ya Suuri..^^

      Delete
  15. Awalnya itu apa ya, agak lupa. Seinget guah sih emang dari awal gua udah demen bgt sama misteri ufo (soalnya pernah liat lgsg) dan ET, lagi brosing brosing eh tiba tiba nemu enigma dah. Kalo soal kasus, gua paling demen itu soal apollo 20 itu gokil bgt. Emang sih itu udah terbukti hoax, tapi anehnya dulu pas kasus itu lagi naik-naiknya, sempet iseng check langsung ke nasa kordinar bulan yang disertain dan tau apa? BENER - BENER ADA gambar kaya pesawat yg nyangkut. Cuman beberapa hari kemudian ilang udah ga ada pas di check. Sama satu lagi itu soal vril society, itu keren sih. BTW, semangat ya thor!! Semoga dengan adanya elu dan tesla, blog misteri bisa naik lagi dan semoga juga bung E iseng iseng lagi gitu balik nge blog.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Vril Society ya, kisah wanita-wanita berambut panjang yang pergi ke Aldebaran. Terima kasih supportnya!^^ Ambonemia, reader blog Tesla juga ternyata.. Enigma pasti kembali lagi..^^

      Delete