Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penginapan


Pria tua itu belum lama meninggal. Sudah beberapa bulan ini ia sakit-sakitan. Tidak ada sanak keluarga, maka pemakamannya rencananya hanya dihadiri oleh beberapa orang saja termasuk pemilik penginapan di mana dia tinggal di hari-hari terakhirnya.

Pria tua itu adalah seorang veteran perang. Tak banyak uang yang didapatnya dari pensiunan. Jadi terkadang ia terlambat membayar sewa, bahkan saat ia meninggal ia masih berhutang. Tampaknya pemilik penginapan tidak mempermasalahkannya. Ia bahkan memesankan peti mati dan membiayai pemakamannya. Jasad pria tua itu lalu dimasukkan ke dalam peti mati dan disegel.

Ketika hari sudah mulai gelap, dua orang pria membuka peti mati dan mengangkat mayat yang ada di dalamnya. Mayat itu lalu diletakkan di bawah sebuah ranjang, sementara peti tadi diisi dengan kulit kayu hingga penuh. Peti mati itu lalu dikuburkan, seolah tak terjadi apa-apa. Tak ada yang menyangka kalau mayat di dalamnya sudah lenyap.

Mayat yang disembunyikan itu lalu dikeluarkan dan dibawa ke sebuah tempat. Kedua pria tadi tampak cemas menjalankan aksinya. Tidak pernah mereka melakukan hal ini sebelumnya.

Begitu sampai di tempat yang mereka tuju, mereka mencari seseorang, tapi seorang pria muda mengarahkan mereka ke tempat lain.

Mereka kemudian bertemu dengan pria itu. Pria kurus tinggi dengan mantel panjang. Rambutnya tampak perlahan mengalami kebotakan, tapi jelas terlihat kecerdasan di raut wajahnya. Setelah berbincang beberapa lama, pria kurus itu lalu memberikan sejumlah uang. Cukup banyak untuk ukuran saat itu, abad ke-19.

Salah satu dari kedua pria itu, pemilik penginapan, tersenyum. Entah apa yang ada di dalam pikirannya. Tapi setelah itu mereka jadi lebih sering lagi menemui pria kurus itu beberapa bulan ke depan. Tapi itu hanya bertahan selama satu tahun.


*Ini adalah cerita teka-teki seperti biasa. Saya ingin kalian menebak kasus apa ini sebenarnya. Artikelnya pendek, karena kalau lebih panjang lagi nanti malah akan terbongkar hehe.. :D

**Kasus ini cukup mudah, saya sudah menyebar banyak petunjuk. Jadi saya hanya memberi waktu SATU HARI!^^ Komentar minimal 10 saja. SEMUA komentar yang masuk akan saya hitung. Batas terakhir besok malam ya, hari Selasa tanggal 16 Februari 2021 pukul 23.30. Jika batas minimal terpenuhi, saya akan membahasnya lengkap di hari Kamis, 18 Februari 2021. Gunakan kemampuan analisis kalian..^^ Selamat menebak!!

Perhatian: Mohon hargai penulis dengan tidak mengambil atau copy paste tulisan di blog ini untuk dijadikan postingan blog/website ataupun konten Youtube. Terima kasih.. ^^

Eya
Eya Mystery and World History Enthusiast

55 comments for "Penginapan"

  1. Hmm,mungkin ini seperti kasus penculikan mayat,lalu digunakan untuk ritual gelap.
    Atau mungkin,bisa jdi kasus laen.
    BTW,ane tunggu kelanjutannya,Min.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan penculikan mayat, Tsubasaki, tapi pembunuhan berantai oleh William Burke dan William Hare, di mana jasad korbannya dijual. Ini sudah pernah dibahas di merinding, tapi sudah lama sekali. Nanti akan dibahas ulang. Tunggu kelanjutannya hehe..^^

      Delete
  2. Replies
    1. Tepat sekali, Leo!^^ Wah, dini hari ini jawabannya. Sepertinya suka begadang :)

      Delete
    2. Iya. Aku Nocturnal (ง︡'-'︠)ง

      Delete
    3. Haha.. Pantes selalu muncul dini hari hehe.. :D

      Delete
  3. Apakah ini kes body snatching William Burke dan Hare yang mencuri mayat dan membunuh untuk dijual kepada ahli anatomi??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bingo!! Betul sekali Nur Effa. Sepertinya kasus ini cukup terkenal ya hehe..^^

      Delete
  4. Eh!! Aku pernah baca nih kasus ini di blog kak eya, ini William Hare sama William Burke pembunuh berantai terkenal di skotlandia yang kedoknya membuka penginapan segmen bawah hingga tunawisma. Kedua orang ini membunuh mereka yang menginap di penginapan dengan cara dicekcoki wiski lalu dibekap/dicekik lalu mayat korban dijual ke Dr Robert Knox, karena dokter Robert membutuhkannya untuk praktek mahasiswa kedokteran, sayang Dr Robert tidak tahu kalau mereka korban pembunuhan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh iya Alice, pernah baca juga ternyata ya. Itu artikel di blog merinding yang sudah lama sekali. Next dibahas ulang lengkapnya ya. Ternyata sudah lama jadi pembaca merinding rupanya.. ^^

      Delete
  5. Eh!! Aku pernah baca nih kasus ini di blog kak eya, ini William Hare sama William Burke pembunuh berantai terkenal di skotlandia yang kedoknya membuka penginapan segmen bawah hingga tunawisma. Kedua orang ini membunuh mereka yang menginap di penginapan dengan cara dicekcoki wiski lalu dibekap/dicekik lalu mayat korban dijual ke Dr Robert Knox, karena dokter Robert membutuhkannya untuk praktek mahasiswa kedokteran, sayang Dr Robert tidak tahu kalau mereka korban pembunuhan...

    ReplyDelete
  6. ini penjualan mayat untuk keperluan bedah? mr burke dan william hare?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali Momo!! Kasus William Burke dan William Hare. Terima kasih sudah mampir dan meninggalkan komentar ya ^^

      Delete
  7. kasus pencurian mayat oleh William Burke dan William Hare. dijualnya ke Dr Robert Knox. pada akhirnya yang di hukum mati hanya William Burke.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aih, Eko tahu juga ternyata hehe..^^ Penggemar misteri kebanyakan sepertinya tahu deh sama kasus ini. Awalnya pencurian mayat untuk dijual, tapi kemudian berkembang jadi pembunuhan berantai demi mendapatkan uang dari penjualan jasad korban-korban yang mereka bunuh. Serem ya?!

      Delete
    2. lebih serem pembedahan di depan umum dan kulitnya dijadikan sampul buku. untuk g dijadiin sepatu itu kulitnya. hihihihi...

      Delete
    3. Iya ya serem, pembedahan di depan umum. Tapi anehnya rame yang nonton, malahan orang-orang pada rela bayar buat lihat pemadangan serem begitu..

      Delete
    4. mungkin ada yang penasaran soal anatomi tubuh, atau ada juga yang merasa tidak suka jadi ada perasaan puas kalo si pembunuh berantai itu di eksekusi apalagi di bedah kayak gitu.

      Delete
    5. Iya bisa jadi karena marah dan kesal sama pelaku ya, ditambah penasaran juga. Tapi tetap saja lihat yang begitu perlu mental yang kuat juga, salah-salah bisa pingsan.. :D

      Delete
  8. Kisah perdagangan mayat oleh William Burke dan William Hare

    ReplyDelete
  9. Kisah perdagangan mayat oleh William Burke dan William Hare

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Jj!! Iya betul sekali ini kasus William Burke dan William Hare yang awalnya menjual mayat lalu kemudian jadi pembunuh berantai. Next dibahas deh lengkapnya ya..^^

      Delete
  10. Skandal penjualan mayat ilegal untuk studi bedah?

    ReplyDelete
  11. Skandal pencurian mayat yang digunakan untuk studi bedah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap! Ini kasus yang terjadi pada abad ke 19. Pelakunya adalah pemilik penginapan yang awalnya menjual mayat lalu berubah menjadi pembunuh berantai. Terima kasih Patrick sudah mampir. Besok komen lagi ya hehe.. ^^

      Delete
  12. ini yg mayatny dijual bukan min?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali, Rogan. :) Awalnya mayat pertama dijual, tapi kemudian berkembang menjadi pembunuhan. Ternyata tahu juga ya kasusnya. Kisah duo William ini sepertinya lumayan terkenal juga ya, sudah banyak yang tahu..

      Delete
    2. Nanya nya kayak yang lagi jualan deh 😂, ternyata yang nyuri sebenarnya 3, kak eya salah satu orang yang nyuri mayatnya di penginapan, ketingggalan satu nih pak penyelidik 😂

      Delete
    3. Oh iya ya Alice, baru sadar wkwk.. Terlalu fokus sama kata-kata "jual" dan "mayat". Teliti amat sih hehe..^^

      Delete
  13. bingung mba admin....pernah baca yg penjualan organ tubuh manusia ke fakultas kedokteran,yg dilakukan 2 pelaku,salah satu pelaku membuat boneka untuk masing2 korban,
    tp baca dimana yah....
    semoga banyak yg komeng....
    jd dibahas sm mba admin....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan bingung Haidar, sudah benar kok jawabannya..^^ Iya ini kasus William Burke dan William Hare. Wah, sampai tahu juga ya tentang boneka kayu misterius di Arthur's Seat. Kalau itu kelajutannya lagi. Di blog Merinding ini sudah pernah dibahas sebenarnya, tapi sudah lama sekali Haidar. Next akan dibahas lagi di artikel selanjutnya yaa..^^

      Delete
    2. oh ya mba admin di situs merinding....ya bener udah lama banget....
      mksh udah diingetin....q tipikal orang yg susah buat inget detail nama n tempat tp kalo masalah rentetan peristiwa bisa q flash back he he lanjut ya mba admin....banyak yg komen khan......

      Delete
    3. https://www.merinding.com/2017/01/kisah-william-burke-dan-william-hare.html?m=1
      ini udah ketemu....ya bener udah lama banget perasaan dulu blog merinding tidak mencantumkan tgl pembutan yah?
      baru thn lalu diperbaharui ada tgl pembuatannya,

      Delete
    4. Ini tulisan yang sudah cukup lama, Haidar. Artikel lawas hehe.. Masih banyak kekurangan yang harus direvisi makanya nanti akan dibahas lagi. Tungguin ya..^^ Tanggal pembuatan yang mana ya??

      Delete
    5. mksdnya dulu setiap artikel tidak dicantumkan tgl penulisan/penerbitannya,kalo sekarang khan ada....

      Delete
    6. Oh, sepertinya itu bawaan dari templatenya Haidar.. ^^

      Delete
  14. sumpah otak gw gk sampe😭😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kasus pembunuhan berantai oleh William Burke dan William Hare ini Leona. Akan dibahas di artikel selanjutnya yaa..^^

      Delete
  15. Replies
    1. Bukan, Suuri. Ini kasus di Skotlandia yang terjadi di abad ke-19. Pembunuhan berantai oleh William Burke dan William Hare. Nanti di artikel selanjutnya akan dibahas lengkapnya ya..^^

      Delete
  16. Komentar ditutup. Terima kasih sudah membaca dan mencoba menebak. Wahh.. ternyata sebagian besar dari kalian sudah tahu ya kisah tentang kasus kali ini. Ya, ini adalah kisah William Burke dan William Hare yang membunuh penghuni penginapan yang mereka kelola untuk dijual. Ternyata kalian semua benar-benar penggemar misteri hehe..^^ Kasus ini akan saya bahas lengkapnya dalam artikel selanjutnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah saya telat, semakin ramai dan hebat para merrior yg berkomentar ya min 😄👍

      Delete
    2. Kalau Nur Rizal abis bertapa, kalau Harllie baru pulang dari jalan-jalan ini makanya pada telat wkwk.. :D Iya nih Merrior pada pinter-pinter. Jadi pengen kasih kasus yang rada susahan, biar menatang gitu hehe..^^

      Delete
    3. Kalau dikasih yang susah penggemar misterinya pada pusing deh hihi😁, tapi menantang, jadi inget deh kasus "Buku Harian Dr Campbell atau kasus William Harrison " berkat penulisan kak eya yang alurnya dibuat menarik dan misterius pembaca dibuat jadi penasaran.. Apalagi kalau kasus misterinya mentok ditengah jalan😄. Kak eya hebat!(tapi tega😄) teruskan yah kak! 👍

      Delete
    4. Tahu aja baru balik jalan2 dari kasus Jepang kemaren wkwkwk😝
      Mau jalan2 di kasus ini tempatnya udah jadi berubah drastis

      Delete
    5. @Alice, Iya ya kasus Dr. Campbell dan William Harrison. Saya berpikir kalau mungkin pembaca bosan karena terlalu panjang ya part-nya hehe.. Makanya sekarang fokus ke satu-satu cerita dulu sambil latihan menebak kasusnya. Pikir-pikir mau buat yang susah seperti kasus arloji, tapi nanti ada yang mangkir lagi wkwk.. *lirik Alice

      Delete
    6. @Harllie, Jalan-jalan teroooss.. Iya pasti banyak berubah, ini kan kasus tahun 1800an. Paling bisa lihat peninggalan kasus ini di Surgeon's Hall, Edinburgh.. ^^

      Delete
  17. Replies
    1. Aih..akhirnya muncul juga Nur Rizal. Baru nongol, abis bertapa kayaknya nih wkwk... :D

      Delete
    2. iya begitulah min hehe next diusahain gaakan telat komen :D

      Delete
    3. Dateng agak pagian ya besok-besok biar gak terlambat hehe..^^ Wiihh.. ada fotonya sekarang :D

      Delete