Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Misteri Foto Bocah Laki-Laki di Rumah Amityville (Amityville Ghost Boy)


Pada tahun 1976 fotografer Gene Campbell memasang kamera di lantai dua rumah Amityville. Rumah ini tak lain adalah lokasi pembunuhan keluarga DeFeo yang terjadi dua tahun sebelumnya. Banyak gulungan foto yang diekspos, semuanya tidak menampilkan sesuatu yang aneh, kecuali satu foto ini. Apakah ini adalah hantu John Mathew DeFeo, putra bungsu keluarga Defeo yang menjadi salah satu korban pembunuhan?

Foto tersebut diambil di dalam rumah Amityville yang terletak di 112 Ocean Drive, Amityville, New York pada tahun 1976. Foto ini telah menjadi salah satu foto paranormal paling terkenal sepanjang masa. Dalam foto tersebut menampilkan apa yang tampak seperti seorang anak laki-laki dengan mata putih yang mengintip keluar dari ambang pintu.

George Lutz, pria yang membeli rumah tersebut tak lama setelah pembunuhan terjadi mengungkapkan foto ini di acara Merv Griffin pada 1979, tiga tahun setelah foto tersebut diambil.

Sebelum membahas foto tersebut, saya akan mengajak kalian sekilas mengingat kembali peristiwa pembunuhan yang terjadi pada keluarga DeFeo. Meskipun sebagian besar dari kalian pasti sudah mengetahui kasus pembunuhan yang sangat hterkenal dan sudah difilmkan ini.

Ronald DeFeo Jr bersama dengan keempat adiknya yang semuanya dibunuh

Pembunuhan di Rumah Amityville

Pada tanggal 13 November 1974 sekitar pukul 18:30, Ronald DeFeo Jr yang berusia 23 tahun masuk ke Henry’s Bar yang tak jauh dari rumahnya. Di sana dia mengatakan kepada orang-orang kalau orang tuanya ditembak. Tidak lama kemudian Ronald DeFeo dan beberapa pelanggan dari bar tersebut pergi ke rumah DeFeo dan segera menemukan bahwa orang tua Ronald telah tewas.

Salah seorang pria, Joe Yeswit kemudian menghubungi kepolisian Suffolk County, di mana para petugas segera tiba dan melakukan penggeledahan. Mereka menemukan empat anggota keluarga lainnya ditemukan tewas di dalam rumah.

Total ada 6 anggota keluarga DeFeo yang tewas dibunuh. Mereka adalah Ronald DeFeo (43), Louise DeFeo (42), dan anak-anak mereka Dawn (18), Allison (13), Marc (11) dan John (9). Semua terbunuh dengan satu tembakan kecuali orang tuanya yang masing-masing mengalami dua luka tembak. 

Anggota keluarga DeFeo yang tewas ditembak

Mereka semua dihabisi dengan kaliber a.35 ketika tertidur karena tampak semuanya tewas di tempat tidur mereka masing-masing. Ronald DeFeo satu-satunya yang selamat dari pembantaian tersebut.

Pada awalnya Ronald DeFeo yang merupakan anak tertua di keluarga tersebut membuat klaim bahwa pembunuhan itu dilakukan oleh seorang pembunuh bayaran, tetapi segera setelah polisi menunjukkan ketidakkonsistenan dalam ceritanya, Ronald mengakui kesalahannya.

Setahun kemudian Ronald DeFeo diadili, dinyatakan bersalah atas enam kasus pembunuhan tingkat dua dan untuk masing-masing kasus ia menerima hukuman seumur hidup. Dalam persidangan Ronald DeFeo membuat kesaksian yang tidak biasa. 

Menurutnya sebelum dirinya menghabisi nyawa seluruh keluarganya, dia mendengar suara-suara di kepalanya dan mengatakan kalau dia telah dirasuki oleh iblis yang memaksanya untuk melakukan pembunuhan tersebut.


Rumah Amityville Dibeli Keluarga Lutz

Tak lama setelah pembunuhan terjadi, pada tahun 1975 George dan Kathy Lutz membeli rumah DeFeo. Mereka mengatakan bahwa mereka telah mengalami teror hantu ketika berada di rumah tersebut. Mereka kemudian memutuskan untuk pindah setelah 28 hari menempati rumah itu.

Rumah Amityville

Sekitar 22 hari kemudian, pemburu hantu dan penyelidik paranormal Ed dan Lorraine Warren datang ke rumah tersebut. Ed dan Lorraine Warren menyelidiki tempat tinggal Amityville dan temuan mereka menunjukkan adanya kekuatan jahat di balik pengalaman mengerikan yang dialami George, Kathy, dan anak-anak mereka.

Baca juga: Kasus Papin Sisters

Pada salah satu penyelidikan itulah Gene Campbell, seorang fotografer profesional, memasang kameranya di lantai dua yang menghadap ke beberapa kamar tidur yang merupakan tempat pembunuhan terjadi. Kamera diatur untuk mengambil foto secara otomatis dan berkala menggunakan infra merah.

Nah, saat itulah dia mendapatkan gambar seorang anak laki-laki yang tampak mengintip keluar dari pegangan tangga.


Amityville Ghost Photo, Nyata atau Tipuan?

Foto ini tidak diperlihatkan ke publik sampai hampir tiga tahun kemudian. George Lutz di acara Merv Griffin (1979) mengatakan dari semua bidikan di gulungan film, tidak ada yang menunjukkan sesuatu yang aneh kecuali untuk satu foto ini yang menggambarkan apa yang tampak seperti seorang anak laki-laki dengan mata putih mengerikan.

Foto yang diduga menampakkan wajah anak laki-laki mengintip di balik pegangan tangga

Banyak orang mengatakan kalau anak laki-laki di dalam foto itu mirip dengan John Mathew DeFeo, putra bungsu keluarga DeFeo yang baru berusia sembilan tahun ketika dia dibunuh. Meskipun bisa jadi itu adalah anak DeFeo yang terbunuh, perlu diingat bahwa Lutz memiliki dua putra, Daniel dan Christopher.

Keluarga Lutz


Sementara yang lain mengatakan kalau itu mungkin saja adalah salah satu penyelidik yang secara tidak sengaja tertangkap kamera. Mereka percaya kalau orang di foto itu adalah Paul Bartz, seorang penyelidik yang bekerja dengan Warrens pada malam saat foto itu diambil. Mata putih bisa jadi disebabkan oleh film infra merah.

Mungkinkah foto itu diubah dengan cara tertentu? Ada yang mengklaim bahwa rumah Amityville tidak pernah berhantu dan menyatakan bahwa keluarga Lutz sedang dalam kesulitan keuangan dan membutuhkan cara untuk menjual rumah dengan cepat. Selain itu juga pengacara keluarga DeFeo menyatakan bahwa dia, George, dan Kathy telah mengarang cerita itu.

LiveScience setuju bahwa keseluruhan cerita adalah tipuan yang mengutip peneliti Rick Moran yang telah menyusun daftar lebih dari 100 kesalahan dan perbedaan antara kesaksian Lutz dan apa yang sebenarnya terjadi.

Bagaimana menurut kalian? Mungkinkah salah satu dari anggota keluarga DeFeo masih menghantui rumah tersebut? Atau ini hanyalah penipuan yang dilakukan oleh Lutz?

Referensi:

https://en.wikipedia.org/wiki/Ronald_DeFeo_Jr
http://www.theparanormalguide.com/blog/the-amityville-ghost-boy
https://www.historyvshollywood.com/reelfaces/amityville-ghost-boy.php


Kasih komentar yaa.. Tanpa kalian apalah arti aku menulis. Kalian adalah penyemangat setiap kalimat demi kalimat yang kutulis, setiap artikel yang kuposting.. ;)

Perhatian: Mohon hargai penulis dengan tidak mengambil atau copy paste artikel di blog ini untuk dijadikan postingan blog/website ataupun konten Youtube. Terima kasih.. ^^

Eya
Eya Mystery and World History Enthusiast

7 comments for "Misteri Foto Bocah Laki-Laki di Rumah Amityville (Amityville Ghost Boy)"

  1. Yang pasti itu wujud manusia terkena sinar matanya jadi seperti itu. Menurut agama yg saya yakini, makhluk ghaib itu ada tapi khususnya jin/hantu mereka tidak mampu menampakkan diri kedunia nyata, apalagi menggerakkan suatu benda seperti di film2 atau para vloger misteri di youtube. Guru saya pernah berkata mereka akan merasakan kesakitan masuk kedunia kita karena dunia yg ditakdirkan berbeda. Singkatnya penampakan makhluk ghaib itu perwujudan imajinasi kita, gak logika sebuah optik kamera bisa berimajinasi dengan jelas seperi halnya otak kita kan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga berpikir begitu. Mungkin itu anak George Lutz, Daniel/Christopher. Tapi menurut beberapa artikel keluarga itu tidak mau lagi mendatangi rumah tersebut setelah pergi dari sana. Jadi saat gambar diambil keluarga Lutz sudah tidak menetap lagi di rumah tersebut. Jadi kemungkinan kru yang tidak sengaja tertangkap kamera.

      Delete
  2. Duh,ane lg sendirian lg dirumah :v
    Jdi merinding :v

    ReplyDelete