Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kasus Misterius Steven Kubacki




Kasus orang hilang, mungkin adalah salah satu kasus yang cukup sering terjadi. Beberapa di antara orang-orang itu berhasil ditemukan, sementara sisanya tak pernah diketahui nasibnya. Tapi ada satu lagi jenis kasus orang hilang yang tidak biasa. Orang tersebut lenyap begitu saja, pencarian yang dilakukan berbulan-bulan sia-sia sampai akhirnya diduga orang tersebut sudah tewas. Namun nyatanya beberapa waktu kemudian dia muncul dengan membawa cerita yang mencengangkan!

Steven Kubacki hanyalah pria muda seperti kebanyakan. Kuliah di Hope College, Steven yang berusia 23 tahun rencananya akan lulus pada musim semi. Memiliki hobi berpetualang dan menjelajahi alam bebas, Steven memang kerap mengambil beberapa hari waktu liburannya untuk melakukan hobinya itu. 

Steven Kubacki

Suatu hari di bulan Februari 1978, Steven pergi seorang diri untuk perjalanan ski lintas alam di dekat Danau Michigan. Rencananya dia hanya akan pergi selama 1-2 hari saja di akhir pekan itu, tapi ia tidak kembali. Keluarganya yang khawatir segera melaporkan hal ini sehari setelah dia seharusnya kembali dari perjalanan. 

Pihak berwenang kemudian melakukan pencarian. Mereka menemukan alat ski dan tongkat di dekat Danau Michigan dan jejak kaki di atas es yang mengarah ke danau sejauh 200 yard di salju, melewati tepi danau. Jejak kaki itu tampak menuju satu arah saja lalu tidak ada jejak kembali. 

Kemudian pada hari yang sama pula, mereka menemukan ransel Steven di area umum yang sama dengan tempat ski. Tidak ada bukti atau tanda lain dari Steven yang bisa ditemukan. Dia seperti menghilang begitu saja. Tanpa adanya petunjuk lain, para penyelidik menyimpulkan kalau Steven kemungkinan besar telah tenggelam di suatu tempat di bawah lapisan yang tidak terputus.

Usaha pencarian Steven Kubacki menggunakan helikopter di sekitar area Danau Michigan

Pencarian yang dilakukan besar-besaran gagal menemukan Steven. Pihak keluarga yang merasa putus asa akhirnya hanya bisa pasrah dan menganggap kalau pria itu kemungkinan memang telah tewas jatuh tenggelam di bawah permukaan es yang tebal.


Kemunculan Kembali Steven Kubacki

Pada 5 Mei 1979 atau lebih dari 14 bulan setelah menghilang, Steven tiba-tiba muncul di pintu depan rumah bibinya di Great Barrington, sekitar 20 mil dari Pittsfield. Setelah itu ia dipertemukan kembali dengan keluarganya di South Deerfield. 

Steven Kubacki (kiri) berpelukan dengan ayahnya
setelah kembali sejak hilang pada 20 Februari 1978

Menurut kesaksian Steven, dirinya terbangun di sebuah bukit berumput di Pittsfield, Massachusetts, sekitar 700 mil ke arah timur dari lokasi ia dinyatakan menghilang. Saat itu ia mengenakan pakaian yang bukan miliknya dan bersamanya ada tas ransel yang juga tidak dikenalinya.

Di dalam tas ransel itu terdapat peta dan tanda-tanda yang menunjukkan bahwa dia telah bepergian ke beberapa tempat seperti Sacramento, San Fransisco, Utah, Reno, dan Chicago. Bersamanya juga terdapat uang tunai $40, sebuah kacamata, sepatu kets, dan kaos oblong dari marathon di Wisconsin. Kesemua barang-barang itu sama sekali tidak dikenali Steven.

Ia tidak ingat sama sekali apa yang sebenarnya telah terjadi pada dirinya selama 14 bulan sebelumnya Dia mengatakan bahkan dirinya tidak segera menyadari berapa banyak waktu yang berlalu sampai dia membeli koran dan melihat tanggalnya. Dia mengatakan hal terakhir yang dia ingat adalah merasa kedinginan dan tersesat dalam kegelapan yang sangat dingin. 

Wartawan bertanya berulang kali apakah dia mungkin akan menemui ahli untuk mendapatkan jawaban atas apa yang dialaminya. Kubacki mengatakan bahwa dia akan menemui dokter medis untuk pemeriksaan fisik, tetapi dia tidak akan menemui psikiater. Kubacki bersikeras bahwa pikirannya sehat dan ia sama sekali tidak memiliki masalah psikologis. 


Misteri 14 Bulan yang Hilang dari Kehidupan Steven Kubacki

Kasus Steven Kubacki adalah salah satu kasus orang hilang paling aneh di Amerika. Selama beberapa dekade, Steven menolak untuk berbicara tentang kasus hilangnya dirinya pada wartawan. Mantan istrinya pun mengatakan dengan tegas bahwa dia tidak akan membicarakannya.

Kisah Kubacki ini belum mendapat banyak perhatian media, bahkan halaman Wikipedia pun tidak ada. Tapi kisah ini populer di komunitas online mengenai dunia paranormal. Salah satu alasannya adalah lokasi hilangnya Kubacki yaitu dekat dengan batas tenggara dari apa yang disebut "Segitiga Danau Michigan".

Segitiga Michigan

Segitiga Danau Michigan diyakini sebagai Segitiga Bermuda-nya Amerika, menjadi lokasi banyak kecelakaan udara yang tidak dapat dijelaskan, bangkai kapal, serta kasus orang hilang selama berabad-abad. 

Ada cerita tentang kapal hantu, pesawat hantu, penampakan UFO, dan kisah yang sangat menakutkan tentang kru kapal layar yang menyaksikan pusaran aneh di air pada malam musim panas yang tenang. Kapal itu melakukan putaran 360 derajat yang sinkron, tanpa dikemudikan sama sekali. Dan itu terjadi hanya beberapa bulan setelah Kubacki menghilang

Penjelasan lain yang mungkin masuk akal adalah bahwa Kubacki menderita kesehatan mental atau masalah emosional, yang menyebabkan dia pergi meninggalkan lingkungannya untuk jangka waktu tertentu dan kemudian kembali. Indikatornya adalah bahwa Kubacki menolak untuk berbicara dengan media tentang insiden tersebut, dengan tegas mengklaim bahwa dia tidak memiliki masalah mental dan bahwa tidak ada hal aneh terjadi.

Seseorang yang berada dalam kondisi mental yang sehat dan menyadari betapa anehnya bagaimana ia menghilang lalu tiba-tiba muncul kembali akan memberikan penjelasan atau berusaha mencari jawaban atas apa yang menimpanya. 

Maka waktu pun berlalu dan kisah ini lambat laun akhirnya melahirkan teori-teori konspirasi mulai dari penculikan alien sampai misteri Segitiga Michigan. 

Segitiga Danau Michigan, kadang-kadang disebut sebagai Segitiga Michigan, membentang dari Manitowoc, Wisconsin, ke Ludington, Michigan, dan selatan ke Pelabuhan Benton. Di wilayah ini telah terjadi banyak peristiwa misterius. Pada tahun 1891, ketika sebuah kapal layar bertiang dua yang dinahkodai Thomas Hume berangkat melintasi Danau Michigan untuk mencari kayu. Hume menghilang bersama dengan tujuh awaknya. Bahkan tidak ada jejak perahu yang pernah ditemukan. 

Jadi apakah hilangnya Steven Kubacki selama lebih dari 14 bulan itu hanya merupakan masalah mental yang dialaminya atau memang ada sesuatu yang benar-benar luar biasa terjadi pada tahun 1978 itu? 

Referensi:

https://99wfmk.com/steven-kubacki-mystery/
http://www.djqfiction.com/the-quantum-biography-of-steven-kubacki
https://coolinterestingstuff.com/the-mysterious-disappearance-of-steven-kubacki-and-his-odd-reappearance-15-months-later
https://ellenkilloran.substack.com/p/the-misappearance-of-steven-kubacki
https://www.strangeoutdoors.com/mysterious-stories-blog/steven-kubacki


Kasih komentar yaa.. Tanpa kalian apalah arti aku menulis. Kalian adalah penyemangat setiap kalimat demi kalimat yang kutulis, setiap artikel yang kuposting.. ;)

Perhatian: Mohon hargai penulis dengan tidak mengambil atau copy paste artikel di blog ini untuk dijadikan postingan blog/website ataupun konten Youtube. Terima kasih.. ^^


Eya
Eya Mystery and World History Enthusiast

13 komentar untuk "Kasus Misterius Steven Kubacki"

  1. Cerita yang menarik eyaa
    Coba ya besok ditambahin analisis pribadinya eya
    Biar web ini mirip kaya legend Enigma hehe
    Pasti lebih menarik dan lebih panjang

    Love you eya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Noted. Terima kasih sarannya Pundit.
      Saya percaya kalau setiap blog punya ciri khasnya masing-masing.

      Hapus
    2. YT nya bikin kayak buzzfeed unsolved donk. wkwkwkw

      Hapus
    3. Boleh boleh.. Eko yang jadi host-nya ya wkwk

      Hapus
    4. Wkwkw.. aku belum selucu dan sekritis mereka.

      Hapus
  2. Dalam kasus ini tren teori konspirasi penculikan alien dan misteri Segitiga Michigan saya rasa sudah mulai pudar, orang-orang sudah mulai berpikir realistis dan kritis, banyak yang mengatakan dia menghilang dengan cara dia sendiri dan masalah mental yang dialami. Setelah kejadian ini dia mendapat gelar psikolog.

    Baru-baru ini di Indonesia juga muncul prank orang hilang bukan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pun berpikir sama, Harllie. Hilangnya Steven Kubacki karena dirinya sendirilah yang ingin mengasingkan diri selama beberapa waktu. Sedikit banyak seperti Agatha Christie, keduanya juga menolak untuk membicarakan tentang hilangnya mereka pada siapa pun. Iya dia kemudian mendapat gelar psikolog. Banyak prank sekarang demi konten ya..

      Hapus
  3. Balasan
    1. Halo, Dino! Iya sudah update lagi..^^

      Hapus
  4. Update lagiii.
    Seseru dan senyaman itu baca di website merinding.com. Cara penyampaiannya singkat, jelas, dan lugas. Baca disini selain buat ngisi waktu luang juga makin bertambah wawasan.
    Sehat selalu untuk kak Eya dan teman-teman yang sedang atau sudah membaca artikel di website ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, Babay!
      Terima kasih sudah baca blog Merinding ya..^^
      Sehat selalu untukmu juga. Sering-sering mampir yaa

      Hapus
  5. Ada yg bilang,orang yg tiba² lenyap tanpa ada bekas atau sisa²,mereka berpindah dimensi yg lain.Jika mereka beruntung,mereka bisa bebas dari dimensi tersebut dan pulang kerumah dengan selamat.Tapi,jika mereka tidak beruntung,maka mereka akan terjebak disana selamanya sampai ajalnya datang.
    Ditunggu kisah selanjutnya,Min :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya kalau kasus Kubacki ini tidak menyangkut berpindah ke dimensi lain deh, Tsubasaki. Sepertinya ini menyangkut masalah mental dan keinginan Kubacki sendiri yang ingin menghilang sementara waktu..

      Hapus