Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Misteri "The Expressionless"


Sebuah cerita menyeramkan beredar di internet. Kisah ini mulai menyebar pada tahun 2012 yang lalu diiringi dengan sebuah foto di mana seorang wanita dengan wajah mengerikan tanpa ekspresi menghadap ke kamera. Dalam foto tersebut tampak dua orang perawat sedang memeganginya, sementara sang wanita yang berpakaian putih berada di atas ranjang dengan wajah datar..

Begini kira-kira cerita lengkap yang banyak beredar di internet:

Pada bulan Juni 1972, seorang wanita muncul di sebuah rumah sakit bernama Cedar Senai. Wanita tersebut datang dengan gaun putih berlumuran darah. 

Pemandangan seperti  ini sebenarnya tidak terlalu aneh karena orang-orang sering mengalami kecelakaan dan datang ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan medis. Tetapi ada hal aneh yang menyebabkan orang-orang di rumah sakit melarikan diri ketakutan saat secara kebetulan melihat wanita ini.

Pertama, wanita ini tampak seperti bukan manusia. Wajah dan tubuhnya lebih mirip dengan manekin, tetapi anehnya anggota tubuhnya bergerak seperti manusia normal. Seluruh bagian wajah dan tubuhnya sempurna (selain ia tidak memiliki alis) seperti boneka yang terpajang di toko.

Masih menurut cerita yang beredar, ada seekor anak kucing yang terjepit di rahangnya (entah bagaimana). Wanita itu kemudian menariknya keluar dari mulutnya dan melemparkannya ke samping.

Wanita itu kemudian dibawa ke dalam kamar perawatan. Tubunya dibersihkan dan gaun penuh darah yang dikenakannya tadi diganti dengan pakaian rumah sakit yang putih bersih. Perawat kemudian menyiapkan obat penenang untuknya. Setelah diberi obat penenang, wanita itu tampak sangat tenang bahkan benar-benar tanpa ekspresi di wajahnya sama sekali.

Baca juga: Misteri Foto Keluarga Cooper Terpecahkan

Pihak rumah sakit memutuskan untuk menahannya sebelum polisi datang, karena mereka tidak mendapat jawaban apa pun dari wanita itu saat ditanyai apa yang telah terjadi padanya. Mereka bahkan tidak mendapatkan respon apapun dari wanita ini. Staf rumah sakit dan perawat juga merasa sangat tidak nyaman setiap kali melihat wanita itu dari dekat.

Tapi saat perawat mencoba membiusnya, wanita itu tiba-tiba melawan dengan kekuatan yang sangat ekstrim. Bahkan dua orang perawat harus menahannya tubuhnya saat mencoba untuk memberontak. Namun sekali lagi, anehnya meskipun ia memberontak, wajahnya tetap saja datar tanpa ekspresi.

Wanita "The Expressionless" tampak tengah dipegangi dua perawat

Lalu di tengah usaha pemberontakan tersebut, wanita itu tiba-tiba mengalihkan pandangannya ke arah dokter yang ada di sana dan melakukan sesuatu yang tidak biasa. Wanita itu tersenyum. 

Dokter yang melihat itu menjerit ketakutan karena dilihatnya di dalam mulut wanita itu tidak ada gigi manusia, melainkan paku panjang dan tajam.

Dia kemudian mematahkan lehernya sendiri hingga ke bahunya, masih dalam ekspresi tersenyum yang mengerikan. Di luar kamar, petugas keamanan telah disiagakan untuk berjaga-jaga. Wanita itu tiba-tiba saja melesat ke arah dokter dan menancapkan giginya dengan kuat ke lehernya, memutuskan leher itu.

Pihak berwenang lalu masuk ke dalam kamar dan mencoba untuk mengamankan wanita itu, tetapi wanita misterius itu akhirnya membantai semua yang mencoba melawannya. Setelah itu ia menghilang dan tak pernah terlihat lagi. 

Seorang perawat yang selamat dari serangan itu menamai wanita tak dikenal itu sebagai "The Expressionless" atau “Si Tanpa Ekspresi”.

Wajah wanita yang disebut "The Expressionless" dilihat dari dekat

Seperti itulah kira-kira kisah yang beredar di internet dan dipercaya sebagai kisah nyata mengerikan. Tapi tunggu dulu, apakah benar demikian?

Rupanya cerita ini hanyalah kisah fiktif yang mendapatkan perhatian luas di Internet setelah muncul pertama kali di Creepypasta (sebuah situs cerita seram yang dirancang untuk membingungkan sekaligus mengejutkan pembacanya). Cerita ini sendiri muncul di situs tersebut pada bulan Juni 2012.

Tidak ada juga cerita yang tidak menyenangkan di balik foto tersebut. Meskipun foto ini menjadi salah satu foto vintage paling menyeramkan di abad ke-20.

Foto itu sendiri rupanya merupakan foto yang diambil oleh fotografer Antony Armstrong-Jones pada tahun 1968 untuk bukunya yang bertajuk “Assignments”. 

Wanita itu sebenarnya hanyalah boneka lilin tanpa ekspresi yang diapit oleh dua siswa perawat dalam sebuah pelatihan yang berhasil ditangkap kamera oleh sang fotografer.

Antony Armstrong-Jones

Armstrong-Jones sendiri merupakan fotografer sukses. Foto-foto hasil jepretannya berhasil menangkap imajinasi jutaan orang di dunia. 


Dan tampaknya bukan hanya itu, dirinya juga berhasil menangkap hati Putri Margaret yang merupakan adik kandung Ratu Elizabeth I. Ya, dia adalah suami Putri Margaret dan menjadi Earl of Snowdon pertama setelah mereka menikah pada tahun 1960.

Antony Armstrong-Jones dan Princess Margaret

Jadi sudah jelas ya, tidak ada cerita menyeramkan kok di balik foto wanita tanpa ekspresi yang selama ini ramai di internet. 

Referensi:

https://www.snopes.com/fact-check/the-expressionless/
https://villains.fandom.com/wiki/The_Expressionless
https://en.wikipedia.org/wiki/Antony_Armstrong-Jones,_1st_Earl_of_Snowdon


Kasih komentar yaa.. Tanpa kalian apalah arti aku menulis. Kalian adalah penyemangat setiap kalimat demi kalimat yang kutulis, setiap artikel yang kuposting.. ;)

Perhatian: Mohon hargai penulis dengan tidak mengambil atau copy paste artikel di blog ini untuk dijadikan postingan blog/website ataupun konten Youtube. Terima kasih.. ^^

Eya
Eya Mystery and World History Enthusiast

5 comments for "Misteri "The Expressionless""

  1. Ah,ternyata Creepypasta toh :v
    Buat takut saja :v

    ReplyDelete
  2. Foto tahun 1968 viral tahun 2012, rentang waktu yang cukup lama juga ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Foto ini memang sudah vintage dan seram, kemudian ada yang memasukkannya ke Creepypasta dan ditambahkan cerita horor. Lalu jadi viral. Hampir sama seperti kasus foto keluarga Cooper (walaupun sudah mengalami editan) dan bukan di post di Creepypasta.

      Delete