Misteri Foto Keluarga Cooper Terpecahkan




Sebuah foto misterius menghebohkan jagad internet. Foto itu tampak seperti foto lama dengan latar belakang dua orang wanita tengah memangku dua bocah laki-laki di belakang sebuah meja makan. Tampaknya foto itu diambil di sebuah ruang makan. Namun ada sebuah penampakan misterius di sebelah kiri foto di mana tampak sesuatu berbentuk manusia tengah dalam posisi jatuh menggantung..

Foto ini dikenal juga dengan Foto Keluarga Cooper (Cooper's Family Photo). Foto keluarga Cooper pertama kali tersebar di internet pada 14 November 2009 melalui sebuah website benama Ligotti. Namun di website tersebut tidak disebutkan detail dan keterangan mengenai foto tersebut. Asal muasal foto itu juga tidak diketahui. 

Segera setelah itu foto ini menyebar dengan sangat cepat di forum dan website internet hingga tahun 2013 mulai muncullah kisah di balik foto tersebut. Kisah itu sendiri pertama kali muncul di halaman website AcidCow pada 15 Oktober 2013, di mana keterangan pada foto tersebut berbunyi :

"Saat keluarga Cooper pindah ke sebuah rumah baru di Texas, mereka mengambil sebuah foto keluarga di mana mereka tengah duduk bersama, namun saat foto tersebut diambil, sesosok tubuh tampak tampak jatuh dari atas. Sang fotografer berkata ia tidak yakin itu sungguhan, namun foto itu jelas tampak menakutkan".

Anehnya, di hari yang sama, foto tersebut juga diposting oleh sebuah website Rusia, Playground.ru, dengan sebuah kisah yang agak sedikit berbeda:

"Keluarga Cooper baru saja pindah ke rumah baru mereka di Texas. Untuk merayakan kepindahan itu, mereka memutuskan untuk mengambil beberapa foto keluarga. Saat hasil foto keluar, mereka terkejut melihat ada sesuatu yang aneh pada salah satu foto. Di foto tersebut tampak sesosok tubuh yang tengah menggantung atau jatuh dari atap. Tentu saja saat foto tersebut diambil, tidak ada sosok tersebut terlihat."

Dari kedua kisah di atas, ada sedikit perbedaan latar belakang cerita, namun tentu saja yang sama adalah bahwa keluarga itu bernama Cooper dan mereka baru pindah ke sebuah rumah baru di Texas. Namun kemudian ada tambahan keterangan baru di mana foto itu disebutkan diambil pada tahun 1950an, kemungkinan merupakan asumsi melihat foto yang tampak seperti foto lama. Jadi bukan merupakan keterangan dari sumber terpercaya.

Setelah itu foto tersebut semakin menyebar di website dan blog seluruh dunia, termasuk di Indonesia dengan keterangan kurang lebih seperti disebutkan di atas. 

Berdasarkan website Anomalyinfo, pada Januari 2015, sebuah forum di internet dibentuk untuk melakukan investigasi lebih mendalam tentang asal usul foto keluarga Cooper di website Metabunk oleh Mick West. 

Pada 20 Mei 2015 sebuah akun bernama Robert C. masuk ke dalam forum tersebut. Akun tersebut kemudian memberikan keterangan mengejutkan mengenai foto tersebut.

Menurut Robert C., ia adalah salah satu anak laki-laki yang ada di dalam foto tersebut.

"Kakak laki-lakiku mengirimiku link ini. Kami berdua adalah anak laki-laki yang ada di dalam foto. Foto itu berasal dari tahun 1959. Aku memiliki banyak foto seperti itu, tapi tidak dengan foto itu. Ibuku memiliki kebiasaan membuang foto-foto yang tak ia sukai. Alhasil foto ini salah satu yang dibuangnya. Hal yang mengganggu adalah seseorang telah menggunakan foto keluarga kami dengan cerita palsu di dalamnya. Nama keluarga kami adalah Copper, bukan Cooper. Apakah seseorang tahu siapa yang telah melakukan ini?"

Untuk membuktikan klaimnya, Mr. Copper mengirimkan beberapa foto dirinya dan keluarganya dari tahun yang sama, beberapa foto bahkan diambil di tempat yang sama yaitu meja makan keluarga. Dan rupanya Mr. Copper dan kakaknya memang benar-benar mirip dengan anak laki-laki yang ada di dalam foto keluarga Cooper.



Jadi bisa dikatakan bahwa setelah foto itu dibuang oleh ibu Mr. Copper. Kemudian seseorang telah menyalahgunakan foto tersebut, mengubahnya sedemikian rupa menjadi foto yang menyeramkan, menyebarkannya di internet dan menambahkan cerita palsu ke dalamnya.

Sebuah teori yang tampaknya meyakinkan beredar di forum-forum internet. Teori itu meyakini bahwa figur seseorang yang tampak jatuh atau menggantung itu sebenarnya adalah seorang balerina yang fotonya dibalik lalu dibuat menyeramkan. Itulah mengapa sosok itu tampak seperti mengangkat tangannya. Perhatikan lingkaran merah di foto berikut:



Jika diperhatikan secara seksama, sosok misterius itu sebenarnya tengah memakai sebuah kalung. Jika memang posisinya menggantung atau bahkan terjatuh, seharusnya letak kalung tersebut tidaklah normal seperti orang memakainya saat kepala di atas. Hal ini kemudian menjawab bahwa sosok itu memang sengaja diletakkan secara terbalik dengan sebuah aplikasi foto atau semacamnya, mengingat foto tersebut keluar ke publik tahun 2009.

Lalu sekarang yang menjadi misteri adalah siapa sebenarnya orang yang melakukan hal ini? Apakah ini hanya sekedar iseng saja atau ada maksud tersembunyi di baliknya.

Selain itu juga bagaimana orang yang mengarang kisah di balik foto ini dapat menggunakan nama keluarga Cooper yang nyaris sama dengan nama asli keluarga tersebut yaitu Copper? Sepertinya ada misteri yang lainnya ya. Namun yang pasti, foto keluarga Cooper bukanlah foto berhantu atau semacamnya dan misteri Cooper's Family Photo sekarang telah terpecahkan.

Referensi :

http://anomalyinfo.com/Source/cooper-family-ghost-photo-sources


1 Response to "Misteri Foto Keluarga Cooper Terpecahkan"