Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Legenda Banshee, Sang Penanda Kematian



Sesosok makhluk menyerupai wanita dengan rambut panjang tergerai terdengar menangis. Di balik jubah abu-abunya tangisannya terdengar amat memilukan. Beberapa hari kemudian salah seorang anggota keluarga di desa tersebut tewas. Inilah Banshee, salah satu makhluk mitos dari Irlandia yang dikenal sebagai penanda kematian.

Dalam kepercayaan masyarakat, ada sejumlah peristiwa atau makhluk yang dipercaya sebagai pertanda kematian. Di sejumlah kebudayaan di dunia, burung gagak hitam atau kucing hitam lazim diyakini membawa pertanda buruk hingga kematian. 

Nah, dalam mitologi dan cerita rakyat Irlandia, ada makhluk legendaris yang dipercaya membawa pesan kematian. Namanya Banshee. 

Banshee adalah roh wanita dalam cerita rakyat Irlandia yang menjadi pertanda kematian dan malapetaka anggota keluarga. Biasanya ia akan meratap, menjerit, atau menangisn sebelum kematian itu datang.
 
Kata "banshee" berasal dari bahasa Irlandia yaitu "bean si" (diucapkan ban-shee) yang diterjemahkan sebagai wanita peri gundukan/kuburan. Di Irlandia Banshee juga dikenal dengan banyak nama: Hag of the Mist, Little Washerwoman, dan Hag of the Black Head. 



Tangisan atau jeritan Banshee juga disebut "caoine" yang berarti "tertarik" dan merupakan peringatan bahwa akan ada kematian dalam waktu dekat dalam sebuah keluarga. 

Menariknya, dipercaya bahwa setiap keluarga sebenarnya memiliki Banshee sendiri-sendiri. Selain itu pula banyak orang meyakini bahwa Banshee ini hanya muncul untuk sejumlah keluarga Irlandia yaitu mereka yang memiliki nama keluarga: O'Neills, O'Connors, O'Briens, O'Gradys dan Kavanaghs. 


Asal Usul Banshee

Catatan awal tentang makhluk ini diduga berasal dari tahun 1380 dan penyebutan nama "banshee" bahkan dapat ditemukan dalam beberapa literatur Norman kala itu. 

Di abad pertengahan, bila ada upacara pemakaman maka seorang atau beberapa wanita akan mengambil peran untuk menyanyikan lagu-lagu sedih yang disebut "caoineadh" yang berarti "menangis". Wanita tersebut akan menangis di sisi kuburan. Lama kelamaan ini menjadi bisnis dan keluarga akan membayar mahal orang yang bisa menangis hebat dalam pemakaman anggota keluarganya.


Biasanya hal ini terjadi pada orang-orang terkenal atau kaya. Dipercaya bahwa semakin banyak orang yang berkabung dalam sebuah pemakaman, maka artinya semakin berpengaruh pula lah orang yang meninggal itu. Ungkapan Irlandia tersebut seiring berjalannya waktu berubah menjadi Banshee dan cerita yang mengelilinginya pun berubah menjadi seperti apa yang dikenal banyak orang sekarang. 



Catatan tertulis pertama yang diketahui dari cerita Banshee adalah "Cathreim Thoirdhealbhaigh" dari Sean MacCraith atau "Triumph of Turlough".

Kisah mitologi Irlandia lainnya yang berkaitan dengan Banshee mengatakan bahwa dia adalah hantu gadis muda yang mengalami kematian tragis dan rohnya memperingatkan anggota keluarga bahwa kematian yang kejam akan segera terjadi. 


Penampilan dan Deskripsi Fisik

Banshee sebenarnya lebih sering digambarkan sebagai wanita tua dengan wajah mengerikan. Namun ada pula versi lain yang menyebutkan bahwa makhluk ini terkadang muncul dalam rupa wanita muda yang cantik. Ada pula versi lainnya yang mengatakan bahwa Banshee juga muncul dalam sosok wanita ibu rumah tangga biasa.

Disebutkan bahwa banshee merupakan hantu wanita yang tewas terbunuh atau wanita yang meninggal saat melahirkan. Tiga penyamaran Banshee itu mungkin merupakan perwakilan dari  sosok tiga dewi perang dan kematian bangsa Celtic yaitu: Badhbh, Macha, dan Mor-Rioghain.

Di hampir semua kasus Banshee biasanya mengenakan jubah berkerudung abu-abu atau putih. Matanya merah karena selalu menangis dan ia disebut memiliki rambut berwarna perak yang panjang dan kadang-kadang terlihat disisir. Inilah alasan mengapa beberapa orang percaya jika mengambil sisir yang tergeletak di tanah maka mereka akan dibawa pergi oleh Banshee. 

Lady Wilde dalam Ancient Legends of Ireland memberikan deskripsi tentang sosok makhluk misterius ini:

"Ukuran banshee memiliki fitur fisik yang amat berbeda. Meskipun beberapa catatan tentang makhluk ini disebutkan ia memiliki tinggi yang tidak wajar, sebagian besar cerita yang menggambarkan tinggi badannya sebagai pendek, antara satu kaki atau empat kaki. Ukuran tubuhnya ini sering kali sejalan dengan deskripsi lainnya sebagai wanita tua, meskipun mungkin juga dimaksudkan untuk menekankan keadaannya sebagai makhluk peri".

Biasanya Banshee terlihat pada malam hari sebagai wanita berkerudung, berjongkok di bawah pepohonan, meratap dengan wajah berkerudung, atau terbang melewati sinar bulan sambil menangis dengan pilu terkadang diiringi dengan jeritan atau teriakan dalam kesunyian malam. 



Mengenai teriakannya ini tampaknya dilaporkan berbeda di beberapa tempat. Di Leinster, dikatakan sangat melengking sehingga dapat menghancurkan kaca. Sementara lebih jauh ke utara di Tyrone, dia terdegar lebih seperti dua papan yang dipukul bersama, sedangkan di Kerry disebutkan nyanyiannya rendah dan menyenangkan. 


Apapun suaranya, semua orang setuju bahwa dia dapat didengar dari jarak yang sangat jauh. Beberapa melaporka mendengar dia menangis selama beberapa malam berturut-turut sebelum kematian terjadi, sementara yang lain mengatakan mereka mendegarnya hanya sekali yaitu pada malam kematian. 

Awalnya Banshee menampakkan diri kepada orang-orang yang akan mengalami kematian yang kejam dan menyakitkan, seperti misalnya pembunuhan. Dalam cerita-cerita selanjutnya dia meratap di luar pintu mereka pada malam hari (biasanya di sekitar daerah berhutan di dekatnya). Ketika beberapa banshee muncul sekaligus, itu menandakan kematian seseorang yang agung atau suci. 


Banshee, Sang Penanda Kematian

Tidak ada yang tahu dari mana Banshee mendapatkan pengetahuan mereka tentang kematian seseorang. Satu teori menyatakan bahwa setiap anggota keluarga memiliki pengamat pribadinya sendiri yang mengikutinya berkeliling dan melapor kembali kepada Banshee. Namun, ini adalah keyakinan yang perlahan-lahan meghilang seperti kisah Banshee yang sekarang diaggap tidak lebih dari cerita pengantar tidur yang menyeramkan.

Konon pernah suatu ketika Banshee menangisi seseorang yang saat itu masih dalam keadaan sehat, tetapi ditemukan tewas seminggu kemudian karena kecelakaan aneh. 

Banshee disebut-sebut sebenarnya tidak berbahaya. Terlepas dari rasa takut yang dirasakan orang saat mendengarnya menagis. Barangkali salah satu hal yang menakutkan adalah jika bertemu dengan sosok meyeramkannya atau saat mendengar ketukan pintu atau jendela. 



Menurut beberapa cerita, ada Banshee jahat yang memperoleh kesenangan dari mengambil nyawa dan mereka secara aktif mencari korbannya dan meratap kepada mereka sampai orang tersebut melakukan bunuh diri atau menjadi gila. 

Bahkan ada Banshee yang dapat mencabik-cabik orang dan penampakan mengerikan inilah yang sering ditampilkan dalam film-film horor modern. Penting dicatat bahwa Banshee tidak membawa kematian, mereka memperingatkannya dan memberikan waktu kepada keluarga untuk bersiap menghadapinya.

Kaun sinis dan realis mengklaim bahwa cerita Banshee tak lebih dari kisah yang dilebih-lebihkan. Mereka percaya bahwa suara mengerikan itu sebenarnya berasal dari suara burung hantu atau vixens di malam hari karena suaranya yang sangat mirip dengan jeritan wanita. 


Sementara itu, banyak buku dongeng Irlandia mengatakan bahwa Banshee secara khusus dikaitkan dengan keluarga yang pada awalnya bernama O atau Mac. Di sisi lain, beberapa legenda mengklaim bahwa dia hanya bisa menangis untuk lima keluarga yaitu O'Neills, O'Briens, O'Connors, O'Gradys, dan Kavanaghs.

Keluarga O'Brien disebut-sebut sering dikunjungi oleh Banshee dengan nama "Eeevul" yang memerintah 25 Banshee lain yang mengikutinya ke mana pun dia pergi. Hal ini menimbulkan keyakinan bahwa jika beberapa banshee terdengar sekaligus, itu berarti kematian seseorang yang sangat hebat atau berpengaruh akan segera terjadi.



Selain Banshee keluarga O'Brien, ada pula Banshee keluarga O'Donnell yang tampaknya tinggal di atas batu yang menghadap ke laut di Kastil Dunluce. Konon makhluk itu menangis tidak hanya untuk satu kematian, tetapi untuk semua kamalangan yang pernah dan akan dialami keluarga itu. 

Semetara itu Banshee keluarga O'Neills akan berteriak dari Coile Ultagh (Ulster Wood) dan dapat didengar sari sisi lain Lough Neagh, tempat kastil mereka berdiri. Namanya Maeveen. Konon Banshee ini bahkan memiliki kamar khusus yang diperuntukkan baginya di kastil tersebut.

Mengapa banshee-banshee tersebut mengikuti keluarga-keluarga itu? Beberapa percaya bahwa dia melakukannya murni untuk membawa kesengsaraan pada mereka dengan ratapannya yag tiada henti, sementara yang lain percaya bahwa banshee itu sebenarnya adalah teman keluarga yang sangat putus asa karena mereka kehilangan orang yang mereka cintai.

Selain memperingatkan keluarga tentang kematian yang akan datang, Banshee juga konon suka menangis saat penobatan raja. Satu kasus yang dilaporkan tentang kejadian ini terjadi pada penobatan raja legendaris Brian Boru yang menggulingkan O'Neills dan memulai dinasti O'Brien. 

Mungkin satu-satunya contoh penampilan Banshee manusia adalah pada tahun 1437, ketika seorang wanita yang mengaku sebagai peramal mendekati Raja James I dari Skotlandia dan dengan sangat tepat memperkirakan pembunuhannya atas dorongan Earl of Atholl.

Kisah lainnya menceritakan pada tahun 1801 Banshee mengunjungi panglima tertinggi pasukan Inggris di Irlandia, Rossmore. Sang panglima merayakan pesta di Kastil Dublin dan mengundang beberapa tamu ke rumahnya di Mount Kennedy, Wicklow. 

Pada malam harinya, pasangan Sir Jonah Barrington dan istrinya terbagun pukul 2.30 pagi karena mendengar suara tangisan dari luar jendela.  Pembantu di rumah itu juga terbangun oleh suara tangisan tersebut. Namun lama kelamaa suara itu kemudian berubah menjadi nama "Rossmore" yang dipekik sebanyak tiga kali. 

Keesokan paginya, mereka diberitahu bahwa setelah mendengar suara aneh pada pukul 2.30 pagi tersebut, seorang pelayan masuk ke kamar Rossmore dan menemukan ia telah sekarat. 

Referensi:

https://en.wikipedia.org/wiki/Banshee
https://www.celtic-weddingrings.com/celtic-mythology/legend-of-the-banshee 
https://www.irishpost.com/life-style/exploring-irish-mythology-banshee-170287 
https://www.claddaghdesign.com/history/irelands-best-known-spirit-the-banshee/ 

4 comments for "Legenda Banshee, Sang Penanda Kematian"

  1. Mantap informatif, baru tau ada legenda banshee, update lagi cerita lain min...

    ReplyDelete
  2. Update lagi Dong min, cerita misteri atau pembunuhan, seruuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Panggil Eya aja ya.. Wah, banyak yang suka misteri pembunuhan nih sepertinya :)

      Delete