Asal Usul Legenda Jersey Devil, Makhluk Nyata Atau Mitos?




Salah satu kisah legenda paling terkenal di New Jersey adalah kisah mengenai Jersey Devil. Selama hampir tiga ratus tahun orang-orang Jersey secara turun menurun menceritakan kisah binatang buas mistis yang meneror penduduk setempat. Ada banyak sekali kisah asal-usul lahirnya makhluk menyerupai kangguru bersayap ini, namun pertanyaan terbesar sejak berabad lalu tentu saja apakah ia makhluk nyata atau tak lebih dari sekedar mitos saja..

Menurut legenda yang beredar di New Jersey, sesosok iblis menghuni hutan di Pine Barrens, sebelah selatan New Jersey. Iblis ini dikenal dengan nama Jersey Devil. Meskipun sosoknya disebut meneror warga selama ratusan tahun, namun anehnya tak pernah sekali pun makhluk ini tertangkap atau berhasil difoto. Meskipun demikian sosoknya telah banyak menginspirasi puluhan buku, film, termasuk acara televisi "The X-Files".

Sebagian besar catatan menunjukkan bahwa Jersey Devil memiliki wajah seperti kuda dengan tanduk yang tumbuh di atas kepalanya. Makhluk ini berjalan dengan dua kaki dan memiliki kuku belah seperti babi. Namun bentuk keseluruhan tubuhnya banyak yang bilang menyerupai kangguru dan juga memiliki sayap seperti kelelawar. Sementara itu beberapa kesaksian mengatakan Jersey Devil memiliki ekor seperti kadal, namun yang lain mengatakan ia tidak memiliki ekor sama sekali.

Monster ini juga disebut-sebut membunuh anjing, ayam, dan binatang peliharaan lainnya, serta meninggalkan jejak kuku berserakan yang seram di salju dan suara jeritannya yang menakutkan dikabarkan kerap terdengar dari dalam kegelapan hutan.


Asal Usul Legenda Jersey Devil

Ada sejumlah kisah mengenai asal-usul Jersey Devil. Namun nyaris semuanya merujuk kepada sebuah keluarga asal Leeds Point yang hidup pada abad ke-18.

Pada tahun 1735, seorang penduduk Pines yang dikenal sebagai Mother Leeds (Leeds adalah nama salah satu pemukim awal di New Jersey) mendapati dirinya tengah hamil. Itu adalah anaknya yang ke-13. Suaminya adalah seorang pemabuk yang jarang menafkahi dirinya dan juga 12 anaknya. Begitu putus asa dan kecewa, wanita ini kemudian mengangkat tangannya ke langit dan berseru, "Biarkan yang ini menjadi iblis!".

Baca juga: Bigfoot, Makhluk Nyata atau Hanya Legenda?

Mother Leeds melahirkan beberapa bulan kemudian di malam badai, di rumahnya di Leeds Point. Anak-anaknya yang lain dan suaminya berada di kamar samping di mana ia melahirkan dengan bantuan bidan setempat. Proses kelahiran berjalan secara normal dan anak ketiga belas Leeds adalah bayi laki-laki yang tampaknya normal.

Namun beberapa menit kemudian, kutukan Nyonya Leeds pada anak itu beberapa bulan sebelumnya tampaknya mulai menjadi kenyataan. Bayi itu perlahan berubah dan bermetamorfosis tepat di depan matanya. Dalam beberapa bayi mungil yang baru lahir itu menjadi makhluk mengerikan yang tidak pernah dilihat sebelumnya.

Ilusrasi Jersey Devil

Tak lama kemudian mulai tumbuh tanduk di atas kepalanya, cakar muncul, dan merobek ujung jari-jarinya. Sayap seperti kelelawar muncul pula dari punggungnya. Rambut serta bulu tumbuh di seluruh tubuh anak itu. Matanya bersinar merah terang dan ia mulai menggeram.

Makhluk itu kemudian menyerang ibunya sendiri dan membunuhnya. Tak cukup sampai di sana, makhluk tersebut lalu terbang ke arah beberapa orang lain yang ada di ruangan itu, mencakar, menggigit, dan merobek badan bidan. Ia juga sempat melukai dan membunuh beberapa orang yang ada di sana.

Monster itu kemudian pergi menuju ke kamar sebelah tempat ayah dan saudara kandungnya meringkuk ketakutan. Ia lalu menyerang mereka semua dan membunuh mereka. Orang-orang yang selamat dari peristiwa ini kemudian menyaksikan bagaimana makhluk itu berlari menuju cerobong asap dan terbang.

Sementara itu kisah lainnya menyatakan bahwa seorang wanita istri Daniel Leeds melahirkan anak ke 13 pada malam yang gelap dan badai tengah menerjang. Desas-desus menyatakan bahwa wanita itu sebenarnya adalah penyihir dan melahirkan anak iblis. Tak lama setelah lahir, anak itu berubah bentuk. Sayap tumbuh di punggungnya serta tanduk muncul di atas kepalanya. Makhluk itu terbang ke udara dengan jeritan mengerikan, dan sempat membunuh seorang bidan yang membantu ibunya melahirkan sebelum terbang dan menghilang menuju hutan.

Kisah lainnya menyatakan di suatu tempat di Leeds Point, pada malam badai di tahun 1735, seorang wanita Quaker melahirkan seorang anak. Ruangan berkedip dengan cahaya lilin. Angin menderu. Beberapa percaya wanita itu adalah penyihir. Wanita miskin yang dikenal dengan Mother Leeds, diyakini memiliki 12 orang anak. Ada yang bilang anak itu lahir cacat. Beberapa mengatakan dia mengutuk anak itu karena kesulitan hidupnya.

Catatan lain mengatakan anak itu dilahirkan normal dan kemudian memiliki karakteristik aneh, seperti tubuh memanjang, bahu bersayap, kepala seperti kuda besar, kaki berkerudung, dan ekor tebal. Menurut legenda, anak itu dikurung sampai berhasil keluar dari pintu ruang bawah tanah atau ke atas cerobong asap.

Baca juga: Monster Nessie, Benarkah Ada?

Kisah lainnya mengenai asal usul Jersey Devil ini menyebutkan ada seorang gadis muda dari Leeds Point yang jatuh cinta pada seorang tentara Inggris. Pasukan Inggris datang ke wilayah itu untuk memasok kebutuhan selama perang. Pada tahun 1778, Inggris dan Amerika di Pertempuran Chestnut Neck. Warga menentang perang, namun gadis yang sudah jatuh cinta pada tentara Inggris itu justru menolong sang pujaan hati. Mereka mengutuk gadis itu. Menurut legenda, wanita itu kemudian melahirkan seorang anak, anak itu dikenal sebagai Leeds Devil.

Variasi lainnya dalam kisah tersebut menceritakan tentang seorang wanita muda yang menemui seorang gipsi yang lewat meminta makanan. Wanita itu menolaj membantu wanita gipsi tadi yang kemudian langsung mengutuknya. Bertahun-tahun kemudian pada tahun 1850, ketika gadis itu melahirkan anak pertamanya, laki-laki, ia menjadi iblis dan melarikan diri ke hutan.

Dalam beberapa cerita, wanita yang melahirkan Jersey Devil itu disebut bernama Deborah Leeds, sedangkan suaminya bernama Japhet Leeds. Dalam surat wasiatnya tahun 1736, Japhet menyebutkan 12 anak dalam surat wasiatnya. Pasangan ini diketahui tinggal di Leeds Point, Atlantic County, New Jersey, yang merupakan lokasi untuk asal usul legenda.

Rumah yang disebut tempat lahirnya Jersey Devil

Penjelasan lain tentang asal usul Jersey Devil datang dari sejarawan ilmu pengetahuan, Brian Regal. Menurutnya legenda rakyat Jersey Devil adalah penggabungan berbagai legenda populer lainnya sebelum tahun 1900-an. Ini termasuk "intrik politik era kolonial" yang melibatkan politisi asal New Jersey, Benjamin Franklin, dan penerbit saingannya bernama Daniel Leeds (1651-1720).

Persaingan yang sengit antar keluarga ini kemudian menimbulkan rumor aneh yang sepertinya sengaja dibuat. Keluarga Leeds digambarkan sebagai "monster politik dan agama", dan konon, Daniel Leeds digambarkan sebagai "iblis dari Leeds" atau Leeds Devil yang kemudian memicu munculnya legenda populer yang melahirkan makhluk misterius tersebut.


Penampakan Jersey Devil

Meskipun sejumlah orang mengklaim kalau Jersey Devil tak lebi dari makhluk mitos, namun pada abad ke 18 dan 19 Jersey Devil terlihat secara sporadis di seluruh wilayah Pine Barrens. Makhluk ini disebut-sebut menakuti dan menyerang penduduk lokal atau siapa pun yang berani untuk melintasi bentangan hutan luas di wilayah selatan New Jersey.

Suara-suara geraman dan lolongan yang aneh sering dilaporkan berasal dari hutan yang gelap dan rawa-rawa di wilayah itu. Bukan hanya itu saja, sejumlah kasus misterius pembantaian hewan peliharaan di sekitar Pine Barrens sering dikaitkan dengan Jersey Devil. Selama bertahun-tahun legenda iblis Leeds ini tumbuh, kadang-kadang bahkan melampaui batas-batas pedesaan Pine Barrens ke kota-kota lainnya.

Dari berbagai insiden penampakan Jersey Devil, yang paling terkenal terjadi selama seminggu yaitu mulai dari tanggal 16 hingga 23 Januari tahun 1909.

Laporan penampakan makhluk ini mulai muncul dari seluruh Delaware Valley. Para saksi mata melaporkan bahwa mereka menemukan jejak aneh di atas salju. Jejak kaki misterius itu melewati pagar hingga halaman belakang rumah penduduk serta juga melintasi bagian atap rumah. Para saksi mata yang melaporkan bahkan berasal kota-kota besar lain seperti Camden dan Philadelphia. Panik segera menyebar.

Ketakutan semakin bertambah besar ketika dilaporkan bahwa anjing-anjing pelacak bahkan ketakutan dan menolak untuk mengikuti jejak makhluk tak dikenal itu di Hammonton. Reaksi masyarakat saat itu sungguh luar baisa. Sekolah-sekolah ditutup, bahkan jika tak diliburkan pun jumlah siswa yang hadir sangat sedikit. Ini terjadi di seluruh New Jersey dan Philadelphia.

Bahkan sebuah pabrik di Pine Barrens terpaksa ditutup dikarenakan para pekerja menolak untuk meninggalkan rumah mereka dan melakukan perjalanan melalui hutan untuk pergi ke pabrik. Mereka takut kalau-kalau bertemu Jersey Devil di tengah jalan.

Hutan di Pine Barrens dilihat dari ketinggian

Saksi mata melihat binatang itu di Camden, Bristol, Pennsylvania. Polisi menembak apa pun makhluk mencurigakan yang terbang di langit, tetapi mereka tidak berhasil menjatuhkannya. Beberapa hari kemudian disebutkan makhluk itu muncul kembali di Camden, dan menyerang sebuah klub sosil yang sedang melangsungkan pertemuan. Setelah serangan yang cepat itu, makhluk tersebut terbang dan menghilang secepat kilat.

Beberapa hari sebelumnya ternyata makhluk ini juga dilaporkan muncul di Haddon Heights. Ia meneror sebuah mobil troli penuh penumpang sebelum akhirnya terbang pergi. Saksi mata mengklaim bahwamakhluk itu berbentuk seperti kangguru terbang raksasa. Mobil troli lain yang penuh dengan orang-orang melihatnya juga di Burlington.

Baca juga: Legenda Blair Witch

Di West Collingswood ia juga muncul di atap rumah dan digambarkan sebagai makhluk mirip burung unta. Petugas pemadam mengarahkan selang mereka ke atas langit berniat untuk menjatuhkan makhluk itu, tetapi makhluk tersebut justru menyerang mereka dan kemudian kembali terbang. Sepanjang minggu itu orang-orang melaporkan bahwa ternak mereka terutama ayam telah disembelih secara misterius (cattle mutilation). Di Camden, seorang wanita lokal bahkan mendapati makhluk itu mencoba memakan anjingnya. Dia lalu mencoba memukulnya dengan sapu. Makhluk itu kemudian terbang dan menghilang.

Saksi mata penampakan makhluk ini ternyata bukan hanya berasal dari warga biasa, namun beberapa tokoh terkenal juga disebut pernah melihatnya.

Commodore Stephen Decatur, pahlawan Angkatan Laut Amerika pada awal abad ke 19 mungkin adalah salah satunya. Menurut legenda, ia mengunjungi Hanover Mill Works untuk memeriksa bola meriamnya. Saat itulah ia melihat makhluk terbang mengepakkan sayapnya. Decatur kemudian menembakkan bola meriam langsung ke atasnya. Namun makhluk itu tampak tidak terpengaruh dnegan tembakan tadi, lalu terbang dan menghilang.

Selain itu, Joseph Bonaparte yang merupakan saudara laki-laki Napoleon Bonaparte juga dilaporkan telah melihat Jersey Devil. Insiden itu terjadi di Bordentown, New Jersey ketika dia sedang berburu di hutan terdekat.

Kapten Kidd yang terkenal akan harta karunnya di Teluk Barnegat juga dikaitkan dengan kemunculan Jersey Devil. Legenda mengatakan dia memenggal kepala salah satu pasukannya untuk menjaga selamanya harta yang ia kuburkan. Beberapa orang mengklaim telah melihat bajak laut tanpa kepala dan juga Jersey Devil menjadi teman dan terlihat di malam hari melewati rawa-rawa.

Penampakan Jersey Devil telah mencakup jarak geografis yang luas, dari Bridgeton ke Haddonfield pada 1859, ke perbatasan New York pada tahun 1899; dan dari kota Gloucester ke Trenton pada tahun 1909. Hingga saat ini kisah iblis ini telah disebarkan dari mulut ke mulut.

Namun laporan kepolisian dan juga surat kabar yang diterbitkan selama seminggu yang terkenal di bulan Januari 1909 membawa kisah iblis dari kepercayaan rakyat ke legenda rakyat yang otentik. Sebanyak 30 penampakan berbeda dalam satu minggu menceritakan iblis ini berlayar melintasi Sungai Delaware ke Maryland, Pennsylvania, dan Delaware. Artikel surat kabar itu menimbulkan kepanikan di wilayah tersebut.

Jersey Devil digambarkan dalam surat kabar tahun 1909

Setelah kejadian tahun 1909 itu, komunitas ilmiah diminta untuk memberikan penjelasan dan teorinya. Dilaporkan, profesor sains dari Philadelphia dan pakar dari Smithsonian Institution mengira kalau Jersey Devil ini sebenarnya adalah makhluk prasejarah dari periode Jurassic. Namun, akademi ilmu pengetahuan alam di Philadelphia tidak dapat menemukan catatan hidup spesies yang menyerupai Jersey Devil.

Inspektur Robert D. Carson dari kebun binatang Phialdelphia menawarkan hadian sebesar $10.000 untuk menangkapnya. Tetapi tetap tidak ada yang mampu menangkapnya sampai sekarang. Meskipun demikian sejumlah penampakan  Jersey Devil terus dilaporkan hingga hari ini.


Jersey Devil, Makhluk Nyata Atau Mitos? Teori-Teori

Banyak yang percaya bahwa Jersey Devil adalah makhluk yang sangat nyata dan berbahaya. Seperti telah disebutkan di atas, telah banyak laporan selama bertahun-tahun yang mengklaim pertemuan dengan makhluk ini. Yang paling sering orang-orang melaporkan telah menemukan jejak aneh dan tidak dapat diidentifikasi di tanah berpasir di daerah terpencil di Pine Barrens.

Beberapa laporan mengklaim bahwa jejak itu adalah jejak kaki burung yang aneh. Bahkan ada sejumlah laporan yang menggambarkan jejak kaki terbelah. Meskipun jarang, namun ada sesekali laporan orang yang mengaku berhasil melihat makhluk ini dan digambarkan memiliki tubuh serupa seekor kangguru. Sementara itu, beberapa warga New Jersey sendiri mempercayai makhluk ini tak lebih dari sekedar mitos.

Gordon Stein dalam Encyclopedia of Hoaxes (1993) mencatat bahwa kemunculan jejak kaki Jersey Devil selama tahun 1909 yang menyerupai kuku kuda hanyalah buatan. Menurut Stein, seorang pria kemudian mengakui bahwa dia telah sengaja memalsukan beberapa jejak kaki ini selama periode waktu tersebut.

Baca juga: Penipuan Manusia Piltdown

Sementara itu, Geoff Tibballs telah mengklaim bahwa pria bernama Norman Jeffries terlibat dalam tipuan Jersey Devil. Selama tahun 1909, Jeffries bersama temannya Jacob Hope, seorang pelatih binatang, membeli kanguru dari sirkus dan menempelkan cakar buatan dan juga sayap kelelawar ke atasnya dengan lem. Mereka menyatakan kepada publik bahwa mereka telah menangkap iblis dan itu ditampilkan di museum. Dua puluh tahun kemudian, Jeffries mengakui kebohongannya.

Sebuah poster pertunjukan yang menampilkan Jersey Devil yang berhasil ditangkap, padahal palsu

Selain beberapa kesaksian orang-orang yang telah sengaja memalsukan Jersey Devil. sebenarnya kita bisa menelaah kalau sangat kecil kemungkinan makhluk itu benar-benar nyata.

Fisik Jersey Devil yang paling banyak dilaporkan oleh saksi mata adalah makhluk besar seperti kangguru dengan sayap dan tanduk. Ciri ini sebenarnya tidak masuk akal secara biologis. Dibutuhkan struktur muskuloskeletal yang jauh lebih besar untuk mengangkat berat tubuh hewan di udara.

Burung dan kelelawar bisa terbang karena tubuh mereka relatif ringan. Sementara Jersey Devil digambarkan sebagai makhluk dengan otot-otot besar dan tebal, sedangkan sayapnya kecil. Itu sama saja seperti menempatkan sayap kupu-kupu di atas badak. Sangat tidak masuk akal untuk bisa terbang. Apalagi banyak dari laporan penampakan itu adalah bohong, meskipun setidaknya beberapa saksi mata benar-benar percaya bahwa mereka melihat sesuatu.

Selain itu, bisa saja kalau banyaknya laporan penampakan makhluk ini tak lebih dari histeria massa. yang didukung oleh imajinasi saksi mata. Proses yang sama juga terjadi di tempat-tempat seperti Loch Ness Skotlandia, di mana kayu apung atau ikan besar yang mungkin dianggap biasa-biasa saja di danau lain, justru dilaporkan sebagai monster Loch Ness yang terlihat hanya karena monster Loch Ness yang begitu terkenal dikatakan hidup di danau tersebut.

Bagaimana menurut kalian, Merrior?

Referensi:

https://en.wikipedia.org/wiki/Jersey_Devil
https://weirdnj.com/stories/jersey-devil/
https://www.livescience.com/28167-jersey-devil.html
https://www.ancient-origins.net/myths-legends/devil-walks-among-us-myth-jersey-devil-007400

0 Response to "Asal Usul Legenda Jersey Devil, Makhluk Nyata Atau Mitos?"

Post a Comment