Harold Holt, Perdana Menteri Australia yang Hilang Misterius




Pada pertengahan Desember 1967, Harold Holt bersama dengan sahabat-sahabatnya mengunjungi Pantai Cheviot, Melbourne. Perdana Menteri berusia 59 tahun itu tanpa pikir panjang masuk ke dalam air dan berenang. Padahal saat itu menurut beberapa orang arus laut sedang kuat. Dari kejauhan tampak Holt tengah berenang di tengah laut, namun tak berapa lama kemudian ia tiba-tiba menghilang. Itu adalah terakhir kalinya sang perdana menteri terlihat dan tak pernah ditemukan...

Harold Edward Holt lahir di Sydney, 5 Agustus 1908. Ia adalah perdana menteri Australia ke-17 yang menjabat dari tahun 1966-1967. Jabatan sebagai perdana menteri tak sampai 2 tahun dijalaninya karena pria yang dilantik pada Januari 1966 itu menghilang secara misterius saat tengah berenang di Pantai Cheviot, dekat Resort Portsea. Jasadnya tak pernah ditemukan sampai sekarang.


Kronologi Kejadian

Harold Holt

Hari itu tanggal 17 Desember 1967 pantai Cheviot, dekat Portsea, Victoria, angin kencang bertiup, namun matahari yang hangat menyinari pantai berombak besar itu. Harolt Holt dan beberapa sahabatnya sore itu terlihat mengunjungi pantai sambil membawa peralatan berenang. Mereka memang berencana untuk menyelam hari itu.

Baca juga: Misteri Kasus Taman Shud (The Somerton Man)

Holt telah lama dikenal sebagai sosok yang eksentrik. Ia suka berpetualang dan dekat dengan banyak wanita. Holt sebenarnya sudah punya istri bernama Zara Dickens, seorang pebisnis sukses yang merupakan temannya saat keduanya sama-sama menimba ilmu di University of Melbourne. 

Namun kedekatan Holt dengan banyak wanita cantik tak ayal membuat reputasinya sebagai politisi banyak disorot. Salah satunya ia diduga berselingkuh dengan seorang wanita bernama Marjorie Gillespie. Selain itu selama menjabat, ia memang banyak melakukan sejumlah kontroversi yang memalukan.

Harold Holt dikenal dekat dengan banyak wanita

Hari itu Holt selain pergi bersama sahabat-sahabatnya, ia juga diketahui mengajak Gillespie dan putrinya bernama Vyner. Keduanya terlihat mengenakan bikini dan duduk di pasir pantai. Sementara itu Holt mengganti pakaiannya dan muncul dengan sepasang celana renang biru. Holt memang sangat ingin berenag hari itu.

Beberapa sahabat Holt juga terlihat mulai masuk ke dalam air, namun salah satu di antara mereka, Alan Stewart menyadari bahwa arus bawah air sore itu sangat kuat. Bahkan setelah melihat gelombang pasang dan air laut yang mulai keruh, ia mengurungkan niatnya untuk berenang. Begitu juga dengan yang lainnya. Tapi tidak dengan Holt. Pria itu tanpa pikir panjang masuk ke dalam air.

Gillespie mengawasi pria itu dari kejauhan berada di tengah laut pasang yang berombak sore itu. Holt terlihat semakin menjauh, sampai ia melihat seolah-olah air di sekitarnya menggelegak. Setelah itu Holt tak lagi terlihat, ia menghilang.

Baca juga: 7 Tokoh Terkenal yang Hilang Misterius

Sahabat-sahabat Holt memanjat tebing berbatu, berharap pria setengah baya itu bisa terlihat. Tapi mereka tak menemukan apa pun. Mereka mulai panik. Stewart segera bergegas mencari bantuan dan beberapa menit kemudian ia muncul bersama dengan 3 orang penyelam. Para penyelam profesional itu segera masuk ke dalam air. Namun karena arus terlalu kuat membuat air di sekitarnya keruh sehingga sulit untuk melihat ke dalam air.

Dalam waktu singkat, ratusan personil gabungan dari Angkatan Laut, Angkatan Darat, dan Penjaga Pantai tiba di lokasi.Sementara itu helikopter melayang-layang di atas pantai. Itu merupakan salah satu pencarian terbesar dalam sejarah Australia. Namun hingga matahari terbenam, usaha mereka tak membuahkan hasil. Tubuh Holt tetap tak ditemukan.

Proses Pencarian Harold Holt

Televisi dan surat kabar Australia dipenuhi dengan berita tak terduga. Perdana Menteri mereka menghilang saat tengah berenang!

Dua hari kemudian, Harold Holt dinyatakan secara resmi telah meninggal dunia. Pemimpin partai negara John McEwen kemudian dilantik sebagai perdana menteri yang baru. Tanggal 22 Desember, sebuah upacara peringatan diadakan. Upacara tersebut dihadiri oleh pejabat-pejabat tinggi negara lain, termasuk Presiden Amerika yang saat itu menggantikan John F. Kennedy, Lyndon Johnson, ada pula Pangeran Charles dari Inggris, dan Presiden Korea Selatan.

Peringatan Penghormatan Pada Harold Holt


Teori-Teori Hilangnya Harold Holt

Sekitar 15 tahun setelah kematian Holt, Ronald Titcombe, seorang mantan perwira Angkatan Laut Australia mengatakan sebuah teori aneh tentang hilangnya Harold Holt. Titcombe menghubungi novelis Inggris, Anthony Gray dan mengatakan bahwa Holt sebenarnya telah bekerja sebagai mata-mata pemerintah Cina.

Menurut Titcombe, Holt telah diyakinkan bahwa Australia Secret Intelligence Service mendukungnya. Sang perdana menteri itu hanya perlu berenang ke laut lalu kapal selam Cina akan menjemputnya.

Baca juga: Perjalanan Misterius Keluarga Tromp

Teori ini disambut banyak cemoohan. Bahkan istri Holt, Zara Dickens mengatakan sambil berseloroh bahwa Holt bahkan tak suka masakan Cina.

Selain itu ada teori lainnya yang mengatakan bahwa Holt diduga telah memikirkan kembali komitmennya terhadap Perang Vietnam. CIA kemudian menangkapnya sebelum pria itu punya kesempatan untuk menarik dukungannya pada Perang Vietnam tersebut.

Teori lainnya mengatakan bahwa pria berusia 59 tahun itu bunuh diri atau paling tidak memalsukan kematiannya sendiri. Ia diduga dibawa oleh pengawal pribadinya dengan perahu lalu pergi ke Swiss untuk hidup di sana bersama dengan kekasihnya. Seperti kita ketahui Holt memang dikenal dekat dengan banyak wanita. Namun teori ini cukup lemah.

Harold Holt, Perdana Menteri yang eksentrik yang suka berpetualang

Pada tahun 2005, koroner wilayah Victoria kembai membuka penyelidikan terkait kasus hilangnya Holt ini. Pemeriksa mayat bernama Graeme Johnstone menduga bahwa Holt telah tenggelam di Pantai Cheviot dan tubuhnya telah tersapu ombak dan dibawa oleh hiu. Pantai Cheviot memang telah lama dikenal sebagai kawasan berbahaya.

Baca juga: Misteri Hilangnya Anak-Anak Beaumont

Teori ini adalah salah satu teori yang paling diyakini menjadi penyebab menghilangnya Harold Holt. Wilayah Pantai Cheviot sendiri sebenarnya telah ditutup sebagai zona militer. Namun Holt dan beberapa temannya diberi izin khusus untuk masuk ke pantai tersebut secara pribadi.

Rupanya sebuah fakta diketahui bahwa Holt mengonsumsi obat cedera bahu. Enam bulan sebelumnya, ia sudah pernah hampir tenggelam di lokasi yang sama saat tengah menyelam bersama teman-temannya. Namun sepertinya kali ini ia benar-benar tenggelam dan menghilang.

Referensi:

https://id.wikipedia.org/wiki/Harold_Holt
https://en.wikipedia.org/wiki/Harold_Holt
https://en.wikipedia.org/wiki/Disappearance_of_Harold_Holt
https://allthatsinteresting.com/harold-holt

0 Response to "Harold Holt, Perdana Menteri Australia yang Hilang Misterius "

Post a Comment