Apa yang Terjadi Pada Keluarga Jamison?




Pada musim gugur tahun 2009, keluarga Jamison hilang misterius. Keluarga ini dilaporkan tengah berencana membeli tanah di dekat Red Oak. Empat tahun kemudian jasad mereka ditemukan dalam kondisi telah menjadi tulang belulang. Tidak diketahui apa penyebab kematian mereka serta mengapa mereka menghilang begitu saja pada tahun 2009. Apa yang terjadi pada keluarga ini semakin misterius kala seorang pendeta mengaku pernah didatangi keluarga itu yang menceritakan bahwa ada sosok hantu di atap rumah mereka...

Bobby Dale Jamison, istrinya Sherilynn, dan putri mereka yang berusia 6 tahun, Madyson, menjalani kehidupan yang tampak normal seperti keluarga lainnya. Mereka tinggal di sebuah rumah di kawasan Eufaula, Oklahoma.

Madyson, Sherilynn, dan Bobby Dale Jamison

Hari itu, kamis tanggal 8 Oktober 2009, keluarga ini tengah bersiap untuk pergi ke sebuah tempat di Red Oak yang berjarak sekitar 30 mil dari Eufaula. Rencananya mereka akan melihat sebidang lahan seluas 40 acre yang rencananya akan dibeli. Mereka bertiga berangkat menggunakan mobil pickup bersama dengan seekor anjing peliharaan keluarga.

Begitu sampai di sana, Bobby memarkirkan mobilnya tak jauh dari jalan raya. Mereka kemudian masuk ke dalam hutan. Setidaknya begitulah yang dituturkan oleh beberapa saksi mata. Anjing mereka ditinggalkan di bak belakang mobil. Setelah itu tiga orang anggota keluarga ini tak pernah kembali lagi.

Madyson dan anjing peliharaannya

Pencarian Keluarga Jamison

Orang tua Jamison melaporkan kehilangan anaknya yang segera ditanggapi pihak kepolisian. Setelah dilakukan pencarian, mereka menemukan mobil truk pickup milik keluarga tersebut. Mobil itu ditemukan terparkir di Latimer County, Oklahoma, yang berjarak sekitar satu jam dari kediaman keluarga Jamison. 

Pada truk pickup yang terparkir tersebut, didapati seekor anjing yang terkurung di bagian belakang mobil. Anjing itu dalam kondisi kelaparan dan sangat kurus, karena telah ditinggalkan berhari-hari Polisi yang memeriksa bagian dalam mobil kemudian menemukan barang-barang milik keluarga Jamison yang masih utuh seperti sengaja ditinggalkan, antara lain kartu identitas dan dompet Bobby dan Sherilynn dan juga dua buah ponsel milik mereka. Penemuan ini menguatkan dugaan bahwa keduanya tak berencana untuk pergi jauh saat meninggalkan mobil.

Mobil keluarga Jamison yang ditinggalkan begitu saja

Selain itu juga ditemukan uang tunai sebesar $32.000. Entah apa yang mereka ingin lakukan dengan membawa uang tunai sebanyak itu juga tak dimengerti. 

Tim pencarian kemudian segera dibentuk. Para penyelidik dan tim pencari menelusuri hutan dan daerah di sekitarnya untuk mencari keberadaan keluarga Jamison. Para saksi yang mengaku melihat mereka bertiga masuk ke dalam hutan pun ditanyai. Namun setelah segala upaya dikerahkan berhari-hari, tampaknya pencarian itu sia-sia saja. Jejak keberadaan Bobby, Sherilynn, dan Madyson tak ditemukan.

Baca juga: Misteri Hilangnya Awak Kapal Sarah Joe


Penemuan yang Mengejutkan

Hari itu tanggal 15 November 2013 beberapa orang pemburu melaporkan penemuan beberapa kerangka manusia di dalam hutan Red Oak. Penemuan itu tak jauh dari lokasi di mana mobil keluarga Jamison terparkir tahun 2009 hanya sekitar 3 mil. Kerangka itu terdiri dari 3 orang yang merupakan 2 orang dewasa dan satu anak-anak. Penemuan kerangka itu diduga adalah milik 3 anggota keluarga Jamison yang hilang tahun 2009.

Rumah sakit medis Oklahoma kemudian melakukan uji forensik patologis untuk mengidentifikasi identias kerangka tersebut. Pada 3 Juli 2014, secara resmi mereka mengkonfirmasi bahwa kerangka itu memang milik Bobby, Sherilynn, dan Madyson Jamison. Namun karena kondisi kerangka yang telah mengalami dekomposisi parah, penyebab kematian ketiganya tak dapat ditentukan.

Baca juga: Misteri Hilangnya Anak-Anak Keluarga Sodder

Polisi yang menyelidiki kasus ini rupanya sempat menemukan video keamanan CCTV yang terpasang di luar rumah keluarga Jamison. Pada rekaman CCTV yang diambil pada malam hari sebelum mereka menghilang, terlihat pasangan itu sibuk bolak-balik dari rumah ke mobil mereka yang terparkir di luar, tampaknya mereka tengah mengemasi barang-barang.


Rekaman CCTV aktivitas keluarga Jamison sebelum menghilang

Menurut sebuah desas-desus yang beredar, pada video itu terlihat seperti ada seseorang yang tengah mengawasi mereka.


Teori-Teori Hilangnya Keluarga Jamison

Sejak menghilangnya keluarga ini yang membuat heboh wilayah Oklahoma khususnya, berbagai teori menghilangnya keluarga ini terus diungkapkan. Bahkan setelah jasad mereka yang telah menjadi kerangka ditemukan, berbagai teori dari yang wajar hingga tak masuk akal dikemukakan untuk menjawab misteri hilangnya keluarga ini dan kematian misterius yang menimpa mereka.

1. Bunuh Diri

Pihak kepolisian sendiri melihat adanya kemungkinan keluarga Jamison telah melakukan bunuh diri. Terduganya adalah dua orang. Bobby atau Sherilynn. Alasannya sederhana. Saat dilakukan pemeriksaan di rumah keluarga tersebut, polisi menemukan surat yang berisi kemarahan yang ditulis Sherilynn kepada Bobby yang panjangnya bahkan sampai 11 halaman.

Sherilynn atau Bobby disebut-sebut sangat mungkin melakukan aksi bunuh diri. Bobby Dale atau Sherilynn telah mendorong seluruh keluarganya ke hutan, kemudian membunuh pasangannya dan juga putri mereka, dan kemudian terakhir melakukan bunuh diri. Namun teori tak dapat dibuktikan.


2. Terlibat Dengan Sekte Setan

Beberapa hari sebelum dikabarkan menghilang, Bobby Dale diketahui menemui seorang pendeta. Menurut keterangan pendeta tersebut, Bobby Dale yang sempat menemuinya menceritakan bahwa rumah keluarga mereka berhantu. "Ada dua hingga empat hantu di atap", begitu kata pendeta tersebut meniru apa yang disampaikan Bobby.

Seperti memperkuat kesaksian dari pendeta tersebut, di halaman belakang rumah Jamison didapati sebuah kitab setan. Sherilynn diketahui telah membeli kitab Setan tersebut, yang awalnya diduga hanya sebagai lelucon. Namun Bobby Dale mengaku ia telah membacanya. Tapi apa tujuan mereka membeli kitab semacam itu?





Ibu Sherilynn, Connie Kokotan, mengatakan putrinya dan suaminya telah terjerat dengan sekte setan dan melakukan pembunuhan. Namun tak ada bukti yang dapat memperkuat pernyataan tersebut.

Baca juga: Misteri Hilangnya 3 Penjaga Mercusuar di Kepualauan Flannan


3. Terlibat dalam Transaksi Jual Beli Narkoba

Penyelidik kasus ini mencurigai bahwa mungkin Bob dan Sherilynn terlibat dalam penjualan obat-obatan terlarang. Itulah mengapa mereka membawa serta uang tunai dalam jumlah yang sangat banyak. Mungkin saja uang sebanyak itu akan digunakan untuk membeli narkoba atau merupakan hasil menjual narkoba tersebut.

Namun anehnya bila memang teori itu memang benar, mengapa mereka harus bersusah payah membawa putri kecil mereka, apalagi sampai membawa pula anjing di bak belakang mobil. Tampaknya tak masuk akal.


4. Keterlibatan Ayah Bobby Dale


Bob Dean Jamison

Teori lainnya menyangkut menghilangnya keluarga ini yang berakhir dengan kematian adalah bahwa ayah Bobby Dale, Bob Dean Jamison, telah merencanakan sesuatu yang jahat pada mereka. Bobby Dale telah mengajukan perintah perlindungan mengenai hal ini. Dirinya mengklaim bahwa Bob Dean telah mengancam akan membunuhnya dan keluarganya. Bobby mengatakan bahwa ayahnya pernah menabraknya dengan mobil pada 1 November 2008.

Namun Bob Dean Jamison meninggal hanya dua bulan setelah keluarga Jamison menghilang. Kesehatannya memburuk setelah itu. Saudaranya, Jack Jamison mengklaim bahwa Bob tengah dalam kondisi sakit dan tidak mungkin melakukan atau telibat dalam pembunuhan. Polisi sendiri tak percaya bahwa Bob Dean terlibat.

Bobby Dale sendiri beberapa bulan sebelum menghilangnya keluarga ini sempat mengeluarkan putrinya, Madyson dari sekolahnya. Tak diketahui apa latar belakang pria kelahiran 1965 itu melakukan hal tersebut. Ia memutuskan untuk mengeluarkan putrinya dari sekolah dengan terburu-buru dan tanpa alasan yang jelas.

Selain teori-teori tersebut ada pula yang menduga bahwa keluarga ini sengaja memalsukan kematian mereka sendiri, dibunuh, atau mereka bergabung dengan kelompok bunuh diri.

Setelah bertahun-tahun berlalu, apa yang terjadi pada keluarga Jamison masih belum terpecahkan dan meninggalkan tanda tanya. Kasus ini masih belum terpecahkan hingga hari ini.



Referensi :

https://en.wikipedia.org/wiki/Jamison_family_deaths
https://allthatsinteresting.com/jamison-family
Youtube Buzzfeed Unsolved Crime https://www.youtube.com/watch?v=4Q1FzhMY8FQ

0 Response to "Apa yang Terjadi Pada Keluarga Jamison?"

Post a Comment