7 Manusia dalam Sejarah yang Dikisahkan Hidup Abadi




Sepanjang sejarah ada beberapa orang yang dikisahkan menjalani kehidupan abadi. Dalam legenda-legenda yang dikisahkan turun-temurun disebutkan manusia-manusia ini berasal dari ribuan tahun yang lalu dan sampai hari ini diyakini masih hidup, hanya saja mereka tak menampakkan diri. Itulah sebabnya kita tak pernah menbaca berita ada manusia berusia ribuan tahun.

Manusia-manusia yang dikisahkan hidup abadi ini beberapa di antaranya berasal dari beberapa agama dan mitologi yang ada di dunia, sementara sisanya merupakan para alkemis yang dipercaya telah berhasil menemuan ramuan awet muda dan hidup abadi.

Berikut ini adalah 7 manusia dalam sejarah yang dikisahkan dan dilegendakan memiliki kehidupan abadi.


1. Nabi Khidir



Dalam agama Islam ada seorang nabi yang bernama Nabi Khidir. Meskipun tak termasuk dalam 25 nabi-nabi, namun Khidir serta kisahnya (terutama bersama Nabi Musa) sangatlah dikenal oleh umat muslim.

Nabi Khidir dikisahkan memiliki kehidupan abadi, sebenarnya ada 3 orang nabi lainnya yang juga memiliki kisah keabadian yang sama, yang sampai saat ini dipercaya masih hidup. Mereka adalah Nabi Idris, Nabi Ilyas, dan Nabi Isa.

Nabi Khidir sendiri dikenal sebagai sosok misterius yang melakukan perjalanan mengitari dunia. Keberadaannya tak dijelaskan secara gamblang. Hanya saja Khidir selalu digambarkan sebagai sosok yang hebat dengan ilmu yang mumpuni.

Selain itu pula dikisahkan bahwa Nabi Khidir pernah menjumpai Nabi Musa dan mengajarkannya ilmu padanya. Khidir juga pernah bertemu dengan Nabi Muhammad. Bila kita lihat rentang waktu dari zaman nabi Musa ke masa Rasulullah saja sudah demikian jauh. Nabi Khidir saat ini dipercaya masih hidup dan kelak akan muncul di akhir zaman untuk melawan Dajjal.


2. Tithonus



Tithonus dikenal dalam mitologi Yunani sebagai kekasih Eos, Dewi Fajar. Tithonus adalah putra Troy, anak Raja Laomedon. Mitologi ini dikisahkan pada abad ke 5 oleh seorang pelukis.

Menurut mitos, Eos mengambil Tithonus dari kerajaan Troy untuk dijadikan sebagai kekasihnya. Dalam Homeric Hymn, Eos meminta Zeus untuk menjadikan Tithonus hidup abadi, namun ia lupa meminta agar kekasih hatinya itu dibuat awet muda. Tithonus kemudian menjalani hidup abadi, namun sebagai belalang.


3. Count St. Germain



Sejak awal kemunculannya pada awal tahun 1700an, tak ada yang mengetahui identitas asli dari Count St. Germain, dari mana ia berasal, siapa keluarganya, dan di mana ia tinggal.

Count St. Germain disebut terlibat dalam Revolusi Jacobite. Ia juga tercatat pernah menemui Raja Prusia, Frederick The Great dan Raja Louis XV di istananya di Perancis tahun 1758. Voltaire, seorang filsuf dan juga sastrawan terkemuka yang pernah bertemu dengan Count mengatakan bahwa pria itu tahu segalanya dan tak pernah mati.

Sepanjang tahun 1700an, Count St. Germain dikabarkan berpindah-pindah negara. Ia pernah melakukan perjalanan ke India, berangkat ke Hague dalam misi perjanjian damai antara Perancis dan Inggris, ia juga pernah turut serta dalam Perang Rosso Turkish dengan pangkat jenderal Imperian Russian Army tahun 1774.

Setelah itu Count St. Germain menghilang dan muncul kembali di Belgia tahun 1761 di sana ia membeli sebidang tanah dan hidup dengan nama Surmont. 

Selain dikenal akan kehidupannya yang abadi, Count St. Germain juga konon mampu mengubah logam biasa menjadi emas. Setidaknya itulah kesaksian dari menteri Karl Cobenz yang menyaksikan bagaimana pria itu mengubah logam menjadi emas. Tahun 1790, Count St. Germain kembali menghilang. Menurut cerita yang beredar, ia pergi menyepi ke Himalaya.

Tahun 1821 ia kembali muncul. Comtess d'Adhemar mengisahkan pertemuanya dengan Count St. Germain. Dalam kesaksiannya, ia begitu takjub, bagaimana pria itu tak menua sedikit pun dan masih terlihat sama seperti saat ia bertemu dengannya ketika masih kanak-kanak.



4. Melkisedek


Melkisedek dikenal dalam ajaran agama Kristen. Ia merupakan sosok yang dianggap keturunan dari Nabi Nuh yang dipercaya dalam ajaran Islam.

Dikisahkan dalam kitab suci, Melkisedek hidup dalam era waktu yang berbeda-beda. Ia hidup pada zaman Ibrani, Musa, hingga zaman Yesus. Ia juga dianggap tokoh penting, hingga namanya disebutkan beberapa kali dalam Alkitab.


5. Babaji Nagaraj


Babaji Nagaraj adalah sosok manusia suci dalam ajaran Hindu. Ia juga dikenal dengan nama Mahavatar Babaji. Dikisahkan ia lahir ratusan tahun yang lalu di Tamil Nadu, India dan dipercaya masih hidup hingga saat ini.

Sosok yang dikenal sebagai Deathless Guru ini konon memiliki ilmu yang sangat tinggi dan seringkali melakukan perjalanan yang sangat jauh guna menyebarkan kebajikan. Dalam beberapa tahun terakhir ini terdapat beberapa laporan mengenai orang-orang yang mengaku bertemu dengan Babaji Nagaraj.


6. Nicolas Flamel



Nicolas Flamel adalah seorang ahli kimia dari Perancis yang hidup sekitar tahun 1330-1417. Sosok Nicolas Flamel baru dikenal setelah kematiannya sebagai alkemis yang mampu mengubah logam menjadi emas serta memiliki ramuan elixir life yang mampu membuat seseorang hidup abadi.

Meskipun dinyatakan telah meninggal dunia tahun 1417, lima tahun setelah kematian istrinya, Parenelle. Tujuh tahun sebelum kematiannya, Flamel telah merancang sendiri batu nisannya dan memesannya.

Sepeninggal Flamel, para pemburu harta mulai menggeledah rumahnya bahkan hingga membongkar makam Flamel dan istrinya. Anehnya kedua jasad suami istri itu tak ada di sana. Itulah sebabnya rumor pun berkembang bahwa sang alkemis telah berhasil membuat ramuan hidup abadi. Bahkan bertahun-tahun setelah kematiannya beberapa orang melaporkan melihat Flamel di berbagai tempat di dunia dalam kurun waktu berbeda-beda.

Baca selengkapnya: Legenda Nicolas Flamel, Alkemis yang Hidup Abadi


7. Henokh


Henokh dikenal dalam ajaran Kristen dan Yahudi. Henokh dianggap merupakan keturunan ketujuh Adam sekaligus kakek dari Noah. Pada masanya ia menghilang mendadak begitu saja sehingga dianggap telah meninggal dunia. Sosok ini juga dikisahkan memiliki kehidupan abadi dan kelak akan terus ada hingga hari kiamat.

Dalam beberapa kisah, Henokh dinyatakan memiliki umur 365 tahun, namun dari beberapa sumber lainnya ia dianggap akan terus hidup sampai tiba hari pembalasan.

Referensi :

https://en.wikipedia.org/wiki/List_of_people_claimed_to_be_immortal_in_myth_and_legend
https://www.boombastis.com/manusia-abadi/77828

0 Response to "7 Manusia dalam Sejarah yang Dikisahkan Hidup Abadi"

Post a Comment