Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Zodiac Killer




Pada akhir tahun 1960an, warga California Utara dikejutkan dengan kasus pembunuhan berantai. Meskipun telah banyak jatuh korban jiwa, tapi pihak kepolisian tidak mampu mengungkap siapa dalang dari pembunuhan serta motif yang mendasarinya. Bahkan sang pembunuh mencoba bermain teka-teki dengan mengirimkan surat berisi simbol-simbol kryptogram. Ia menyebut dirinya Zodiac Killer.


Kronologi Pembunuhan

Pada tanggal 20 Desember 1968, dua orang siswa sekolah menengah yaitu Betty Lou Jensen dan David Faraday baru saja akan pergi untuk menyaksikan konser natal di Hogan High School yang hanya berjarak 3 blok dari rumah Betty Lou Jensen. Namun di tengah perjalanan, pasangan muda-mudi ini singgah di Lake Herman Road. Malangnya, keesokan paginya mereka ditemukan telah menjadi mayat.

Betty Lou Jensen dan David Faraday ditembak seseorang tak dikenal. Anehnya, tidak ada barang yang hilang ataupun tindakan kriminal lainnya. Pihak kepolisian menduga kejadian penembakan terjadi pada malam hari sekitar pukul 11 malam.

Betty Lou Jensen dan David Farraday dan lokasi pembunuhan di Lake Herman Road

Setelah pembunuhan yang terjadi di Lake Herman Road ini, ternyata pembunuh kembali beraksi di tempat yang berbeda dengan target korban dengan karakteristik yang sama, yaitu pasangan muda-mudi.

Kasus pembunuhan yang kedua terjadi pada 4 Juli 1969 dengan korban Darlene Ferrin dan Michael Mageau di Blue Rock Spring Park di Vallejo yang hanya berjarak 4 mil dari lokasi pembunuhan yang pertama. 

Pada kasus pembunuhan yang kedua ini, sang pembunuh melakukannya dengan cara yang hampir sama dengan kasus yang pertama. Pada saat pasangan muda-mudi ini memarkirkan kendaraannya, kemudian beberapa menit kemudian muncul sebuah mobil yang parkir tak jauh dari mobil korban. Setelah itu sang pembunuh akan turun dari mobil dengan membawa senter dan juga senjata api. Setelah mengarahkan senter ke wajah korban, sang pembunuh langsung menembak para korbannya secara brutal.

Darlene Ferrin meninggal dunia akibat penembakan ini. Sementara itu sang kekasih, Michael Mageau berhasil selamat meskipun mendapat luka tembakan di leher serta bagian dada.

Keesokan harinya tanggal 5 Juli 1969, seorang pria tak dikenal menelepon kepolisian Vallejo dan mengklaim dirinya bertanggung jawab atas penyerangan dan pembunuhan yang terjadi di Blue Rock Spring Park. Ia juga menyatakan bahwa dirinyalah yang telah melakukan pembunuhan di Lake Herman Road yang menyebabkan Betty Lou Jensen dan David Faraday tewas.

Pihak kepolisian langsung melakukan penelusuran terhadap penelepon tersebut. Sambungan telepon pun diperiksa dan dicek dari mana asal sang pembunuh tersebut melakukan kontak pada polisi. Setelah ditelusuri, ternyata sang pembunuh menelepon dari telepon umum yang terdapat di tempat pengisian bensin di wilayah Springs Road yang tak begitu jauh dari kantor polisi Vallejo.


Zodiac Killer dan Surat-Surat Misterius

Tanggal 1 Agustus 1969, tiga buah surat dari Zodiac Killer diterima masing-masing oleh kantor surat kabar setempat yaitu Vallejo Times Herald, The San Fransisco Examiner, dan San Fransisco Chronicle. 

Surat-surat ini berisikan klaim bahwa sang pengirim surat adalah orang yang bertanggung jawab pada peristiwa penembakan dan pembunuhan di Lake Herman Road dan Blue Rock Spring Park. Surat yang ditulis dengan tulisan tangan ini, diawali dengan kalimat : "I am the killer of the two teenagers last Christmas at Lake Herman..".Namun sisanya surat-surat ini ditulis dalam 408 simbol kryptogram yang diklaim oleh sang pengirim merupakan identitas aslinya. 

Ketiga surat Zodiac Killer yang dikirimkan ke tiga kantor surat kabar 

Zodiac Killer meminta agar surat-suratnya tersebut dimuat pada halaman utama pada ketiga surat kabar tersebut. Jika hal tersebut tak dipenuhi, maka ia mengancam akan melakukan pembunuhan berikutnya. 

Beberapa hari kemudian tepatnya tanggal 7 Agustus 1969, sebuah surat sampai di kantor The San Fransisco Examiner. Pada bagian awal surat tersebut, pembunuh berantai ini menyapa dengan : "Dear Editor, This is Zodiac speaking". Ini adalah pertama kalinya ia mengenalkan dirinya sebagai Zodiac yang kemudian menjadi nama yang dikenal untuk sang pembunuh berantai.

Surat Zodiac Killer

Pada suratnya kali ini, Zodiac Killer mengonfirmasi bahwa dirinyalah pembunuh dari Betty Lou Jensen, David Faraday, dan Darlene Ferrin yang sebelumnya sempat diragukan oleh Kepala Polisi Vallejo, Jack E. Stiltz. Zodiac Killer membuktikan dengan mengungkap detail pembunuhan yang dilakukannya.

Keesokan harinya, tanggal 8 Agustus 1969, surat pertama Zodiac Killer yang berisikan simbol-simbol Kryptogram berhasil dipecahkan oleh guru sekolah bernama Donald dan dan istrinya Betty Harden. Pada suratnya ini tidak ditemukan adanya identitas, beberapa kata berisikan huruf-huruf salah eja.

Surat Zodiac Killer yang berhasil dipecahkan oleh Donald dan Betty Harden


Zodiac Killer Kembali Beraksi

Malam hari tanggal 27 September 1969 Zodiac Killer kembali melancarkan aksi pembunuhan. Kali ini pasangan muda-mudi Cecilia Shepherd dan Bryan Hartnell yang tengah bersantai di Lake Berryessa, Napa County, menjadi target sasaran pembunuhan Zodiac Killer.

Sketsa Zodiac Killer menggunakan penutup kepala dan baju berlambang circle-cross

Dengan menggunakan penutup kepala dan pakaian dengan simbol circle-cross, Zodiac Killer mengikat kedua orang ini dan dengan brutal mulai menikam mereka satu per satu. Sebelum pergi, ia meninggalkan tulisan berisi pesan yang ditujukan pada polisi di pintu mobil korban. Tak lupa ia juga menelepon Napa Police Department dan mengklaim perbuatannya, sama persis seperti kasus pembunuhan sebelumnya.

Kedua korban sempat dilarikan ke rumah sakit setempat, namun sayang nyawa Cecilia Shepherd tak dapat diselamatkan. Sementara itu, Bryan Hartnell berhasil lolos dari maut dan menceritakan kronologi kejadian dan ciri-ciri Zodiac Killer.

Dua minggu kemudian, terjadi penembakan pada seorang supir taksi bernama Paul Stine di San Fransisco. Awalnya polisi menganggap itu hanyalah sebuah perampokan dan sama sekali bukan aksi dari Zodiac Killer mengingat pola pembunuhan dan korban yang sama sekali berbeda dari kasus-kasus sebelumnya.

Para korban Zodiac Killer (Paul Stine, Cecilia Shepherd, dan Bryan Hartnell)

Namun dugaan polisi meleset. Tiga hari setelah kejadian penembakan tersebut, sebuah surat mendatangi kantor berita The San Fransisco Chronicle. Surat ini menyatakan bahwa dialah pembunuh Paul Stine. Ditulis dengan tulisan yang sama dengan surat yang dikirimkan Zodiac Killer sebelumnya. Surat tersebut dikirim beserta dengan sebuah pakaian milik Stine dengan bekas noda darah.

Di akhir suratnya tersebut, Zodiac Killer menyatakan niatnya untuk melakukan pembunuhan di sebuah bus sekolah yang dipenuhi anak-anak.


Upaya Mengungkap Identitas Zodiac Killer

Pihak kepolisian sedang menganalis surat-surat Zodiac Killer

Pada kasus pembunuhan Paul Stine, ternyata terdapat beberapa saksi mata yang melihat langsung kejadian pembunuhan tersebut. Berbekal keterangan dari para saksi, polisi pun akhirnya membuat sketsa wajah Zodiac Killer dan menyebarkannya.

Ironisnya, dengan sekian banyak bukti dan saksi, pihak kepolisian tetap tidak mampu membuka identitas Zodiac Killer. Bahkan pembunuhan-pembunuhan lain yang diduga dilakukan oleh Zodiac masih terus berlanjut dan membuat frustasi para penegak hukum. Bahkan setidaknya telah ada 5 kasus pembunuhan yang berkaitan dengan Zodiac Killer hingga tahun 1966 yang menewaskan seorang mahasiswi bernama Cheri Jo Bates di Riverside, California.


Orang Yang Diduga Kuat Sebagai Zodiac Killer

Meskipun identitas asli Zodiac Killer tidak pernah terungkap, namun beberapa nama pernah dicurigai sebagai orang di balik sang pembunuh berantai. Namun ada sebuah nama yang diduga kuat sebagai Zodiac Killer dan bertanggung jawab atas berbagai kasus penyerangan dan pembunuhan pada akhir 1960an hingga awal 1970an.

Arthur Leigh Allen

Arthur Leigh Allen dan sketsa wajah yang mirip dengannya

Robert Graysmith dalam bukunya yang bertajuk Zodiac mengemukakan bahwa sosok di balik Zodiac Killer adalah seorang pria bernama Arthur Leigh Allen. Dugaan ini didasarkan pada bukti surat yang ditulis oleh Zodiac. Pada surat yang ditulisnya digunakan jenis Royal typewriter dengan tipe Elite. 

Pada tahun 1991, jenis tulisan ini ditemukan di kediaman Arthur Leigh Allen. Allen bahkan kedapatan memakai jam tangan yang memiliki brand Zodiac. Allen sendiri tinggal di Vallejo dan bekerja hanya beberapa blok tak jauh dari kediaman Ferrin, korbannya. 

Wajah dari Arthur Leigh Allen juga memiliki kemiripan dengan sketsa wajah yang dibuat oleh pihak kepolisian berdasarkan keterangan para saksi.

Eya
Eya Mystery and World History Enthusiast

5 komentar untuk "Zodiac Killer"

  1. Update :
    Berdasarkan identifikasi Mike Megau terhadap Arthur Leigh Allen, pihak berwajib menjadwalkan sidang untuk menentukan hukuman. Allen terkena serangan jantung sebelum sidang dilaksanakan.Tahun 2002, potongan DNA yang tidak cocok dengan DNA Allen ditemukan dari amplop Zodiac yang sudah berumur 33 tahun. Investigator San Fransisco dan Vallejo menolak Allen sebagai tersangka berdasarkan hasil tes ini. Tahun 2004, Kepolisian San Fransisco menghentikan investigasi Zodiac. Saat ini, kasusnya masih diselidiki di Napa, Solano, dan Vallejo di mana tersangka utama dan satu-satunya adalah Arthur Leigh Allen. Inspektur David Toschi pensiun dari Kepolisian San Fransisco tahun 1989. dia dibebaskan dari tuduhan surat Zodiac tahun 1978. Paul Aver meninggal di usia 66 pada 10 Desember 2000 karena penyakit paru-paru. Abunya disebarkan oleh keluarganya di San Fransisco Bay. Robert Graysmith tinggal di San Fransisco dan berbahagia bersama anak-anaknya. dia mengaku tidak lagi menerima telepon gelap sejak kematian Allen.

    Sumber : film Zodiac(2007)

    BalasHapus
  2. Iya setuju, Allen pasti pelakunya, kan semenjak itu sdh tidak ada lagi pembunuhan berantai

    BalasHapus
  3. Update, min untuk kedua kalinya sandi Zodiac berhasil dipecahkan loh, mereka dari tim pemecah kode dari Amerika Serikat, Australia, dan Belgia, oleh David Oranchak dkk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, thanks infonya Harllie! Ya ampun artikel ini aja udah dari Januari 2017, komentar belum pada dimoderasi waktu itu jadi gak tau kalau ada komentar di sini wkwk.. Gila ya udah lebih setengah abad sandi Zodiac ini. Si pelaku benar-benar smart dan gila!

      Hapus