Misteri Kematian Aneh Zigmund Adamski




Seorang pria paruh baya pergi meninggalkan rumah untuk sebuah keperluan, tetapi ketika ia tak kunjung kembali, istrinya yang panik segera menghubungi polisi. Pria itu baru ditemukan 5 hari kemudian dalam keadaan sudah tak bernyawa. Bukan kematiannya saja yang menimbulkan misteri, tetapi posisi dan kondisi jasadnya yang sangat aneh saat ditemukan menimbulkan desas-desus liar mengenai kematiannya terutama yang mengaitkannya dengan UFO...

Merrior, apakah kalian ingat tentang misteri tewasnya pemburu UFO yang kasusnya dikenal juga dengan The Lead Masks Case? Bagi yang belum membacanya kalian bisa mengunjungi tautan di bawah ini.


Dalam kasus tersebut, dua pria bernama Manoel Pereira da Cruz dan Miguel Jose Viana ditemukan tak bernyawa di Vintem Hill. Kondisi keduanya saat ditemukan menimbulkan tanda tanya. Tidak ada kekerasan fisik atau bekas perkelahian di TKP, melainkan dua topeng timah dan catatan aneh. Kenyataan bahwa keduanya dikenal sebagai maniak UFO, terang saja membuat banyak yang menduga jika kematian mereka ada hubungannya dengan makhluk ekstraterestrial. Peristiwa ini terjadi pada pertengahan Agustus 1966.

Sekitar 13 tahun kemudian peristiwa yang diduga penyebabnya serupa kembali terjadi. Kali ini menimpa seorang pria paruh baya yang tinggal di Inggris. Begini ceritanya.

Zigmund Jan Adamski yang lahir pada tahun 1923 sebenarnya berasal dari Polandia. Setelah menikahi kekasihnya Leokadia (Lottie) pada tahun 1957, pasangan ini kemudian pindah ke Tingley, yaitu sebuah kota kecil dekat Wakefield di Yorkshire, Inggris.

Zigmund Adamski

Tidak ada yang aneh dengan pasangan ini. Mereka juga dikenal sebagai tetangga dan teman yang baik dan ramah. Tetapi sesuatu yang aneh terjadi pada 6 Juni 1980.

Hari itu sekitar pukul 3:30 sore, Zigmund Adamski berangkat jalan kaki ke toko-toko lokal untuk membeli beberapa bahan makanan. Pria paruh baya itu sempat bertegur sapa dengan beberapa tetangga. Itu adalah terakhir kalinya ia terlihat masih hidup sebelum akhirnya menghilang.

Zigmund yang tidak kunjung kembali membuat istrinya cemas, tidak biasanya ia pergi sampai larut malam. Wanita itu dengan panik segera menghubungi polisi. Beberapa mengatakan kemungkinan Zigmund diculik. Tetapi aneh, bagaimana mungkin seorang pria penambang paruh baya yang bahkan tidak terkenal bisa diculik. Apa motivasi pelakunya. Sedangkan kalau memang kepergian Zigmund atas kemauannya sendiri, hal itu juga tidak kalah aneh. Ia sama sekali tidak punya karakter seperti itu. Bahkan pernikahan keponakan kesayangannya hanya tinggal menunggu hari.

Tetapi lima hari setelah Zigmund menghilang, ketakutan terburuk keluarga dan teman-temannya benar-benar menjadi kenyataan. Pria itu ditemukan sudah tak bernyawa 20 mil jauhnya dari kediamannya yaitu di kota Todmorden. Detail penemuan jenazahlah yang membuat kematian Zigmund menjadi sangat misterius.


Todmorden, Batu Bara Antrasit, dan Cairan Misterius 

Jasad Zigmund Adamski ditemukan pada tanggal 11 Juni 1980 oleh putra pemilik Tomlin's Coal Yard, Trevor Parker sekitar pukul 3:45. Anehnya, lima jam sebelumnya tempat itu masih digunakan untuk aktivitas dan sama sekali tidak ditemukan mayat di sana. Parker yang ada di lokasi hari itu mengkonfirmasi bahwa dari jam 8 pagi hingga 11 siang ia tidak melihat sesuatu yang mencurigakan.

Polisi tiba di TKP sekitar pukul 4 sore. Petugas yang datang saat itu, PC Alan Godfrey segeran memeriksa jasad Zigmund sebaik mungkin meskipun ia bukan petugas medis dan menentukan bahwa penyebab kematiannya adalah serangan jantung.

Ilustrasi ketika jasad Zigmund Adamski ditemukan (sumber: bbc)

Nah, mari kita lihat detail kondisi Zigmund Adamski ketika ditemukan. Tubuh Zigmund terbaring di atas tumpukan batu bara setinggi 12 kaki. Dia mengenakan jas, tetapi kemeja, arloji, dan dompetnya hilang entah ke mana. Di belakang kepala, leher, serta bahu pria berusia 56 tahun ini ditemukan luka bakar misterius yang telah diolesi cairan berwarna hijau yang tidak dapat diidentifikasi.

Baca juga: Kejadian Misterius di Allagash (1976)

Sekarang mari kita telaah. Tubuhnya terbaring di atas tumpukan batu bara antresit yang tingginya 12 kaki atau sekitar 3 meter. Perlu diketahui sama sekali tidak ada jejak bekas seseorang naik atau turun ke atas tumpukan batu bara tersebut. Batu bara itu tetap seperti keadaan semula. Mungkinkah seseorang meletakkan jasadnya dengan sebuah alat. Forklif mungkin?

Lalu meskipun ditemukan dengan memakai jas, kemeja Zigmund hilang. Tampaknya seseorang telah mencoba mengenakan pakaiannya tetapi anehnya kemeja itu dikenakan dengan asal-asalan. Begitu juga dengan celana dan juga sepatunya. Tali sepatu pria ini diikat dengan serampangan, seolah-olah orang yang mengikatnya tidak pernah tahu bagaimana cara mengikat tali sepatu.

Tetapi ada pula teori yang mengatakan kemungkinan bahwa Zigmund telah membuka pakaiannya lalu berpakaian lagi dengan tergesa-gesa karena celana panjang dan juga tali sepatunya diikat dengan tidak benar.

Arloji dan dompet Zigmund juga hilang, mungkinkah pertanda bahwa ia telah mengalami pencurian, atau hilangnya benda-benda itu sengaja ingin mengaburkan motif yang sebenarnya.

Selain penampilan luar, luka bakar yang diidentifikasi telah ada 2 hari sebelumnya yang ditemukan di leher, belakang kepala, dan juga bahu juga sangat menarik perhatian. Apalagi di atas luka bakar itu diolesi dengan semacam cairan atau gel berwarna hijau yang sama sekali tidak dapat diidentifikasi. Keanehan tidak berhenti sampai di sana, meskipun telah menghilang selama 5 hari, tetapi pertumbuhan janggut Zigmund diidentifikasi hanya satu hari saja.

Dengan semua detail yang sangat membingungkan ini tak heran jika James Turnbull, koroner yang menangani kasus ini mengatakan bahwa kematian Zigmund adalah misteri terbesar dalam karirnya. Salah satu hal menarik lainnya adalah Todmorden. Ya, nama daerah di mana Zigmund ditemukan tersebut, dalam bahasa Jerman berarti pembunuhan/kematian.

Alan Edwards, ahli patologi konsultasi di Royal Halifax Infirmary, melakukan pemeriksaan post-mortem pada jasad Zigmund di Bridge Hebden tepat setelah jam 9 malam tanggal 11 Juni. Menurut hasil pemerikasaan, Dr. Edwards menyimpulkan waktu kematian antara pukul 11 pagi hingga 1 siang pada hari ketika Adamski ditemukan. Sementara itu luka bakar yang berada di beberapa anggota tubuhnya berusia 2 hari. Penyebab pasti kematian tidak diketahui. Namun setelah perdebatan panjang akhirnya disepakati bahwa penyebab kematiannya sebagai serangan jantung.

Sementara itu, menurut keterangan keluarga, Zigmund sama sekali tidak memiliki riwayat penyakit berat. Dia tergolong sehat  di usia 50an, sehingga cukup aneh sebenarnya ketika penyebab kematiannya dikatakan sebagai serangan jantung. 


Penemuan Aneh PC Alan Goddard

Beberapa bulan setelah kematian Zigmund, PC Godfrey mengaku telah mengalami semacam aktivitas UFO. Peristiwa itu dialaminya ketika menangani kasus aneh sapi-sapi yang hilang dari perkebunan lokal.

Pada tanggal 28 November 1980 PC Godfrey berkeliling Todmorden sekitar jam 5 pagi. Saat berada di Burnley Road, ia melihat sesuatu yang aneh yang awalnya dia pikir adalah sebuah bus. Dia melihat benda itu datang ke arahnya dengan sorot lampu depan. Namun, ketika dia melaju lebih dekat dia menyadari bahwa apa yang dianggap bus itu melayang kira-kira 5 kaki di atas tanah. Dia mencoba menghubungi dengan walkie talkie dan radio mobil tapi keduanya tidak berfungsi. 

Alih-alih pergi dari sana, ia memutuskan untuk menggambar apa yang ia lihat. Dalam sketsa yang dibuatnya, terlihat sebuah objek melayang berbentuk berlian yang menghalangi jalan. Entah apa yang terjadi, setengah jam kemudian ia menemukan dirinya sudah berada di mobil patroli. Sepatu botnya terbelah di sepanjang sol seolah-olah ia telah diseret paksa di sepanjang jalan. 

PC Godfrey menggambar apa yang dilihatnya di Burnley Road

Godfrey sebenarnya merahasiakan apa yang sebelumnya ia lihat, khawatir jika itu hanya kesalahannya saja, tetapi dia kemudian mendengar bahwa empat polisi di kota terdekat Halifax juga melaporkan hal yang sama seperti apa yang dia lihat.

Baca juga: Misteri Kedatangan UFO dan Alien di Ariel School Zimbabwe

Sementara itu, kawanan sapi ditemukan di sebuah lapangan di belakang gerbang yang terkunci. Entah bagaimana pula sapi-sapi itu bisa berada di sana, pasalnya sama sekali tidak ada jejak kaki di tanah yang berlumpur itu. Seharusnya dengan kondisi tanah seperti itu sangat mudah membuat jejak kaki. Hal ini seolah-olah menunjukkan bahwa sapi-sapi itu tidak masuk melalui gerbang. Lalu dari mana mereka masuk?


Apa yang Sebenarnya Terjadi pada PC Godfrey? Apa Kaitannya dengan Kematian Zigmund Adamski?

Pertanyaan tentang kematian aneh Zigmund dan keadaan tubuhnya saat ditemukan mulai menimbulkan desas-desus. Beberapa percaya bahwa kematian Zigmund terkait dengan penampakan UFO yang terjadi beberapa waktu kemudian.

Peneliti UFO yang mendengar mengenai kisah penampakan UFO kemudian menghubungi PC Goddard dan percaya bahwa pria itu telah hilang selama 15 menit. Goddard akhirnya disarankan untuk menjalani proses hipnosis untuk melihat apakah ada kenangan di alam bawah sadarnya.

Hipnosis PC Godfrey

Seorang jurnalis John Sherard menonton video hipnosis dan menuliskannya di dalam edisi Sunday Mirror yang diterbitkan pada 27 September 1981. Dalam artikelnya, ia menuliskan kata-kata aneh Goddard yang dikatakannya saat proses hipnosis tersebut.

"Mereka sangat mengerikan... kecil.. tiga sampai empat kaki, seperti pemuda berusia lima tahun! Mereka ada delapan. Dia menyentuhku.. Dia merasakan pakaianku. Mereka memiliki tangan dan kepala seperti lampu. Mereka terus menyentuh saya.. mereka membuat suara.. Joseph, saya kenal dia sebagai Joseph. Dia mengatakan kepada saya untuk tidak takut. Mereka adalah robot! Mereka bukan manusia! Mereka robot! Itu miliknya! Mereka adalah robot Joseph! Ada anjing yang berdarah.. itu mengerikan! Ukuran seorang Alsatian!"


Sebagai catatan Alsatian itu jika kita googling maka akan keluar hasil (1) nama jenis anjing atau; (2) seseorang dari Alsace. Jadi apakah kasus kematian Zigmund Adamski ini hanyalah kasus orang hilang biasa yang akhirnya ditemukan dalam keadaan meninggal atau ada campur tangan makhluk alien?

Baca juga: Zanfretta, Kisah Pria yang Diculik Alien

Peneliti UFO mewawancarai anggota keluarga Adamski pada tahun 2005 dan mereka mengatakan bahwa kasus Zigmund hanyalah kasus penculikan. Mereka mengetahui bahwa Zigmund Adamski berada di tengah perselisihan keluarga dengan seorang anggota keluarga yang tengah mengalami masalah perkawinan yang cukup serius. Istri anggota keluarga itulah yang kemungkinan memerintahkan penculikan terhadapnya.

Mereka percaya Adamski mungkin telah diculik dan kemudian ditahan di sebuah gudang di suatu tempat rahasia dan selama waktu tersebut Adamski mengalami serangan jantung.

Mungkinkah kematian Zigmund Adamski hanya kasus kriminal atau sebenarnya ada sangkut pautnya dengan UFO yang diklaim terlihat oleh PC Godfrey? Bagaimana menurut kalian?

Referensi:

https://www.astonishinglegends.com/astonishing-legends/2019/10/5/zigmund-adamski
https://www.darkhistories.com/zigmund-adamski-alan-godfrey-a-tale-of-two-halves/
https://www.historicmysteries.com/zigmund-adamski/

0 Response to "Misteri Kematian Aneh Zigmund Adamski"

Post a comment