Teka-Teki Kerangka di Sofa Rumah Kosong di Bandung




Siang hari tanggal 14 Januari 2020, Suherman hendak membersihkan pekarangan sebuah rumah kosong. Rumah yang terlihat tak terawat itu memang tidak pernah ditinggali sang empu sejak pertama kali dibeli beberapa tahun silam. Namun begitu masuk ke pekarangan ia menyadari bahwa salah satu kaca jendela di rumah itu pecah dan pintu samping yang biasa tertutup terlihat terbuka. Ia kemudian memutuskan untuk masuk ke dalam rumah. Saat itulah pria tersebut terkejut bukan main mendapati kerangka manusia di atas sofa!

Pertengahan Januari tahun 2020 ini, warga Margarahayu Bandung dihebohkan dengan penemuan kerangka di sofa sebuah rumah kosong. Rumah tersebut terletak di kompleks Sukamenak Indah Blok I 61 RT 006 RW 004 Desa Sayati, Kecamatan Margarahayu, Bandung, Jawa Barat.

Awal mula penemuan ini adalah dari laporan Suherman, salah seorang warga yang merupakan suruhan pemilik rumah, Johan Rismana. Rumah berlantai dua yang sudah dibeli sejak tahun 2014 itu memang tidak pernah ditempati ataupun direnovasi. Maka wajar bila keadaan rumah dari luar terlihat terbengkalai dan tidak terurus. Namun meskipun demikian, pemilik rumah kerap meminta tolong orang untuk membersihkan pekarangan.

Rumah kosong tempat kerangka ditemukan

Suherman sendiri tidak pernah masuk ke dalam rumah. Ia hanya membersihkan pekarangan saja. Namun pada tanggal 14 Januari 2020 ia mendapati ada sesuatu yang tidak biasa. 

Hari itu sekitar pukul 1 siang, Suherman hendak berangkat ke rumah kosong tersebut untuk membersihkan pekarangan. Ia sebelumnya sudah pernah membersihkan halaman rumah tersebut pada Mei 2019. Jadi ada jeda sekitar 7 bulan setelah ia datang ke rumah itu terakhir kali.

Saat masuk ke pekarangan, Suherman menyadari bahwa ada kejanggalan di sana. Rumput di pekarangan rumah terlihat rapi seolah-olah sudah ada yang memotong. Bukan hanya itu saja, bahkan sudah ada tanaman singkong di sana. Selain itu pula, salah satu jendela kaca pecah dan juga pintu samping terbuka. 



Mendapati keanehan ini, Suherman memutuskan untuk masuk ke dalam rumah. Padahal sebelumnya dirinya tidak pernah masuk ke dalam rumah tersebut. Ia hanya membersihkan bagian halaman saja. Saat masuk ke dalam rumah untuk memeriksa itulah, Suherman dikejutkan dengan pemandangan mengerikan di sofa panjang yang ada di salah satu ruangan. Di atas sofa itu terdapat kerangka dan juga sisa pakaian yang telah hancur.

Suherman segera melaporkan penemuannya pada pemilik rumah, Johan Rismana yang kemudian melaporkan ini kepada Polresta Bandung.

Berdasarkan pemeriksaan polisi, tidak ditemukan adanya kejanggalan di TKP. Polisi juga tidak mendapati adanya bercak darah, yang ditemukan hanya bekas cairan dari kerangka yang sudah mengering tersebut.

Penyidik tengah memeriksa kerangka yang ada di atas sofa, tampak pakaian yang telah hancur

Pada kerangka juga tidak ada lagi daging atau jaringan otot yang menempel, yang masih tersisa yakni rambut sebatas bahu. Sementara pakaian sudah hancur tidak berbentuk dan hanya menyisakan jas hujan yang dikenakan. Polisi juga sama sekali tidak menemukan identitas atau barang mencurigakan yang mungkin tertinggal di sana.

Di dalam rumah di bagian ruang tamu, polisi mendapati bekas bungkus-bungkus kabel yang seperti telah sengaja disisit dan diambil tembaganya.

Jika kalian cermati, kasus ini agak mirip dengan kasus penemuan kerangka yang terjadi di London pada tahun 2006. Joyce Vincent, seorang wanita yang tinggal seorang diri di apartemennya ditemukan telah menjadi kerangka di atas sebuah sofa yang menghadap ke sebuah televisi yang masih menyala.

Joyce Vincent

Di sekeliling tubuh Joyce ditemukan beberapa hadiah natal yang bahkan masih terbungkus rapi dan juga sebuah tas belanjaan. Sementara itu, surat-surat menumpuk di bawah pintu depan.

Wanita itu diperkirakan telah meninggal lebih dari 2 tahun sebelumnya. Joyce diduga meninggal dunia pada akhir Desember 2003. Kalian bisa membaca selengkapnya di bawah ini.

Baca selengkapnya: Kasus Misterius Joyce Vincent

Kembali lagi ke kasus kerangka di Bandung.

Kerangka tersebut kemudian dikirim ke Rumah Sakit Bhayangkara Sartika Asih Bandung untuk dilakukan pemeriksaan. Hasil pemeriksaan dari tim forensik pada tanggal 17 Januari 2020 menyatakan bahwa kerangka tersebut berjenis kelamin laki-laki, dari ras Mongoloid atau orang Asia, dan diperkirakan berusia dewasa atau paruh baya. Pemeriksaan juga mendapati perkiraan kematian yaitu sekitar 6 bulan hingga satu tahun sebelum kerangka ditemukan.

Sementara itu, berdasarkan keterangan dari warga sekitar, mereka tidak mendapati adanya keanehan di rumah tersebut. Selain itu juga mereka mengaku sama sekali tidak mencium bau bangkai yang seharusnya merebak karena jasad mengalami pembusukan. Beberapa warga juga mengklaim kalau mungkin saja bau bangkai tersamar dengan bau selokan yang ada di sekitar rumah.

Siapa sebenarnya orang di balik kerangka misterius tersebut? Apa yang sebenarnya terjadi padanya dan apa dilakukannya di rumah kosong itu? Mungkinkah ia korban pembunuhan yang jasadnya sengaja diletakkan di sana?

Tapi mengapa tidak ada laporan orang hilang dengan ciri-ciri tersebut dan bahkan sampai saat ini tidak ada yang mengklaim sebagai anggota keluarganya? atau Mungkinkah ia (seperti kebanyakan warga menduga) adalah orang gila yang berteduh di sana dan kemudian meninggal? Ada banyak kemungkinan dan teori dan sepertinya kita harus menunggu perkembangan kasus ini selanjutnya.

Referensi:

https://news.detik.com/berita-jawa-barat/d-4865129/sejumlah-misteri-kerangka-manusia-duduk-di-sofa-rumah-kosong
https://regional.kompas.com/read/2020/01/16/15275151/kejanggalan-penemuan-kerangka-manusia-duduk-di-sofa-rumah-kosong-bandung
https://bandung.kompas.com/read/2020/01/21/06130051/5-fakta-baru-kerangka-manusia-ditemukan-duduk-di-sofa-rumah-kosong-di?page=all

0 Response to "Teka-Teki Kerangka di Sofa Rumah Kosong di Bandung"

Post a Comment