Kisah Aneh Rudolph Fentz




Pada tahun 1950, seorang pria tak dikenal tiba-tiba muncul di Times Square. Sejurus kemudian, sebuah mobil menabraknya. Pria itu meninggal di tempat. Namun kisahnya tak berhenti sampai di sana. Polisi kemudian memeriksa pakaian dan barang bawaan pria ini yang anehnya semuanya berasal dari puluhan tahun yang lalu...

Hari itu seperti hari biasanya di Times Square. Lalu lintas ramai dan orang-orang lalu lalang memadati jalan. Namun tiba-tiba seorang pria muncul entah dari mana. Pria itu mengenakan pakaian model lama, tampaknya pakaian pada era Victoria. 

Selain itu pula gaya rambutnya juga seperti orang-orang pada masa 1800an dengan model cambang. Tak ada orang yang berpenampilan aneh seperti itu, sehingga menjadikan pria ini agak mencolok dan sangat berbeda dari orang kebanyakan.

Pria misterius itu tampak bingung dan kikuk. Ia terlihat menoleh kesana kemari entah apa yang dicarinya. Tiba-tiba sebuah mobil datang dari arah berlawanan dan menghantam tubuhnya. Kecelakaan tak dapat dielakkan. Pria itu menderita luka yang serius dan tak sempat tertolong lagi. Ia meninggal di tempat.

Petugas yang datang kemudian membawanya ke rumah sakit. Namun setelah berhari-hari tak ada seorang pun yang mengklaim jenazahnya. Anehnya tak ada seorang pun yang mencari pria ini, tak ada pengumuman orang hilang seperti ciri-cirinya. Dan yang lebih anehnya lagi sidik jari pria ini tidak tercatat di mana pun. Seolah-olah ia tak pernah ada sebelumnya.

Pihak berwenang yang memeriksa jasadnya menemukan beberapa barang aneh dari saku pria ini. Barang-barang itu antara lain tembaga bir senilai 5 sen yang memuat nama sebuah salon yang berada di wilayah itu, namun salon itu tak pernah diketahui. 

Ada pula sebuah kertas tagihan untuk perawatan kuda dan wagon beralamat di Lexington Avenue yang sama sekali tak ada dalam daftar alamat. Ada juga ditemukan catatan bank dengan simpanan sebesar 70 dolar. 

Selain itu ditemukan sebuah beberapa kartu nama atas nama Dr. Rudolph Fentz yang beralamat di Fifth Avenue dan sebuah surat tertanggal Juni 1876 yang dikirimkan ke alamat tersebut berasal dari Philadelphia.



Anehnya benda-benda yang ditemukan dari dalam saku pria tersebut sama sekali tak menampakkan bahwa itu merupakan barang-barang lama yang sudah usang. Malahan beberapa benda tampak masih baru.

Kapten Hubert V. Rihm dari Departement Orang Hilang di New York Police Departement mencoba menggunakan benda-benda itu untuk menemukan identitas pria misterius ini. Ia menemukan bahwa pria bernama Rudolph Fentz ini tinggal di Fifth Avenue. Sementara itu nama Rudolph Fentz sendiri tak berhasil ditemukan di daftar alamat mana pun. Sidik jarinya juga tak tercatat. Tak ada seorang pun yang melaporkannya sebagai orang hilang.

Rihm kemudian melanjutkan investigasinya. Akhirnya ia menemukan sebuah nama di buku telepon yang berasal dari tahun 1939. Di sana tertera nama Rudolph Fentz Jr. 

Rihm kemudian mewawancarai orang-orang yang tinggal di sekitar alamat Rudolph Fentz Jr. tersebut. Dari pengakuan para tetangganya, Fentz Jr. digambarkan sebagai pria berusia 60 tahun yang bekerja tak jauh dari tempat tinggalnya itu. Setelah pensiun, ia lalu pindah tahun 1940.

Rihm kemudian menghubungi bank yang tertera atas nama Fentz Jr. dan menemukan fakta bahwa pria itu telah meninggal dunia lima tahun sebelumnya atau sekitar tahun 1945. Tetapi istrinya masih hidup dan tinggal di Florida.

Rihm kemudian menghubungi janda Fenz Jr. dan dari sanalah kisah sebenarnya terungkap. Menurut wanita tua itu, ayah mertuanya yang tak lain adalah Rudolph Fentz menghilang secara misterius pada tahun 1876. Saat itu usianya 29 tahun. Ia terakhir kali terlihat meninggalkan rumah untuk jalan-jalan sore dan tak pernah kembali lagi. Apakah ia melakukan penjelajahan waktu?

Baca juga : Apakah Penjelajah Waktu Benar-Benar Ada?


Hoax

Kisah Rudolph Fentz ini sebenarnya adalah cerita yang dipublikasikan dan cukup terkenal pada era tahun 70-80an hingga pada tahun 2000 sebuah majalah Spanyol "Mas Alla" mempublikasikan sebuah artikel. 

Seorang peneliti kisah mitos dan legenda, Chris Aubeck, menginvestigasi kisah ini untuk menemukan kebenarannya. Investigasinya menyimpulkan bahwa kisah ini beserta dengan pelakunya adalah fiktif alias rekaan. Namun Aubeck sendiri tak berhasil menemukan sumber asli dari mana cerita Rudoplh Fentz ini berasal.

Pastur George Murphy pada tahun 2002 lalu mengklaim bahwa sumber asli kisah ini berasal dari kisah sains fiksi karya Robert Heinlein tahun 1952 yang terbit pada majalah The Stars atau The Collier tertanggal 15 September 1951. Penulis aslinya bernama Jack Finney dan episode Rudolph Fentz berasal dari kisah pendek dalam "I'm Scared" yang terbit di majalah The Collier. Ini artinya karakter fiksi dan juga dari mana kisah itu berasal telah terpecahkan.

I'm Scared by Jack Finney


Kisah yang Asli?

Pada tahun 2007 seorang peneliti bekerja untuk Berlin News Archieve menemukan sebuah kisah di surat kabar tertanggal April 1951. Dalam surat kabar itu dikisahkan cerita yang nyaris sama dengan Rudolph Fentz yang ada dalam karangan Jack Finney. Artinya kisah dari koran ini muncul 5 bulan lebih awal dari pada sumber asli kisah Rudolph Fentz dari "I'm Scared". 

Anehnya lagi dalam cerita Rudolph Fentz versi Berlin News Archieve beberapa peneliti mengkonfirmasi bahwa cerita itu asli dan mereka berhasil menemukan Rudolph Fentz yang asli dan juga bukti ia menghilang tahun 1876 di usia 29 tahun.


0 Response to "Kisah Aneh Rudolph Fentz"

Post a Comment