Kisah Kutukan Berlian Black Orlov Hanya Hoax?!




Berlian Black Orlov yang begitu indah dan tentunya sangat mahal diklaim memiliki kisah kelam yang dipenuhi dengan kutukan kematian. Tak tanggung-tanggung, tiga orang termasuk di antaranya seorang putri Rusia menjadi salah satu korban kutukan berlian tersebut. Kisah ini bertebaran di berbagai website dan blog. Tetapi benarkah kutukan yang menyebabkan kematian itu benar adanya? Atau hanya sebuah kisah rekaan..


Kisah Kutukan Berlian Black Orlov

Cerita mengenai kutukan Black Orlov diawali dari sebuah kuil di wilayah Pondicherry, India. Disebutkan bahwa di tempat itu ada sebuah kuil yang di dalamnya terdapat patung dewa Brahma. Pada salah satu mata patung tersebut terdapat sebuah batu permata indah yang tak lain adalah Black Orlov. Oleh karena itu, berlian ini juga dikenal dengan nama the Eye of Brahma.

Pada suatu hari penjaga kuil tersebut mencuri batu permata tersebut dari patung Brahma itu. Entah mengapa sang penjaga kuil melakukannya, tetapi kemungkinan besar motivasinya adalah uang. Sejak dicuri itulah, rumornya patung tersebut mengutuk berlian itu.

Berlian yang sangat indah dengan batu permata besar itu kemudian segera berpindah tangan ke seorang kolektor permata bernama J.W. Paris pada tahun 1932. Sang kolektor berhasil menjual berlian itu dengan harga fantastis. Pasalnya berlian itu rupanya adalah salah satu berlian yang sangat langka di dunia.

Black Orlov Diamond

Kebahagiaan sang kolektor rupanya tak berlangsung lama. Entah apa yang merasuki kepalanya, tak lama setelah transaksi besar itu, ia justru bunuh diri dengan cara melompat dari atas gedung pencakar langit di Manhattan, Amerika (beberapa versi mengatakan di New York).


Kolektor permata itu dipercaya sebagai korban pertama kutukan Black Orlov. Setelah itu beberapa tahun kemudian, berlian itu berada di tangan dua orang putri Rusia yaitu Leonilla Galitsine-Bariatinsky dan Nadia Vygin Orlov (dari nama inilah nama berlian tersebut diambil). 

Singkat cerita keduanya memakai berlian itu bergantian, yang tentu saja sangat elegan dan cocok dikenakan kedua putri bangsawan yang cantik tersebut. Namun entah bagaimana ceritanya, keduanya dikisahkan mengakhiri hidup mereka dengan bunuh diri terjun bebas dari ketinggian.

Wanita yang disebut sebagai Putri Rusia bernama Nadia Vygin Orlov

Berlian Black Orlov kemudian jatuh ke tangan seorang kolektor Charles F. Winson. Tak seperti ketiga korban kutukan berlian ini sebelumnya, Winson sudah mengetahui bahwa berlian ini bukan berlian biasa. Ia memiliki kutukan. Maka untuk menghancurkan kutukan itu ia kemudian memecah berlian tersebut menjadi 3 bagian. 

Berlian yang dipecah itu kemudian dibuat menjadi perhiasan yang dilengkapi ornamen-ornamen. Segera setelah itu kisah kutukan itu menghilang. Tak ada lagi kematian setelah itu. Namun benarkah demikian?


Kisah Kutukan Black Orlov Hanya Hoax?

Tak seperti kisah kutukan lainnya yang biasanya bisa dicari pelaku-pelakunya, kisah kutukan Black Orlov Diamond ini sungguh tak dapat ditelusuri sumber aslinya. Hanya ada kisah-kisah yang sama yang bertebaran di internet.

Pertama, tokoh bernama J.W. Paris yang disebut sebagai kolektor berlian. Saya sama sekali tak bisa mendapatkan rekam jejak orang yang bernama tersebut. Apalagi menemukan kisah bunuh dirinya, nihil. Jika kalian mengetikkan namanya di mesin telusur Google, maka kalian hanya akan mendapati kisahnya bersama Black Orlov Diamond yang nyaris sama di seluruh website dan blog. Tak ada referensi dari sumber terpercaya.

Kedua, yaitu dua orang putri Rusia, Leonilla Galitsine-Bariatinsky dan juga Nadia Vygin Orlov yang namanya katanya dipakai untuk nama berlian ini juga tak ditemukan sama sekali profilnya. Jika keduanya memang putri Rusia, seharusnya biografi mereka ada dalam susunan anggota keluarga kerajaan atau bangsawan. 

Foto seorang wanita yang disebut-sebut sebagai Nadia Vygin Orlov juga tidak diketahui siapa sebenarnya. Saya sama sekali tak mendapatkan keterangan mengenai putri Rusia bernama Nadia Orlov. Seolah-olah tokoh ini hanya fiktif saja.


Sementara itu nama Leonilla Galitsine-Bariatinsky ketika saya mencoba mencarinya yang keluar adalah profil seorang aristokrat Rusia istri dari Ludwig, seorang Pangeran Sayn-Wittgenstein-Sayn. Wanita ini lahir di Moscow, Rusia pada 9 Mei 1816 dan meninggal dunia di usia 101 tahun pada 1 Februari 1918. Jadi tentu saja kematiannya bukan bunuh diri.

Leonilla yang lainnya yaitu Leonilla Galitzine. Tapi wanita ini adalah wanita Ukraina yang meninggal pada 1947 di Italia pada usia 85 tahun. Tentu saja ia tidak bunuh diri dan juga bukan seorang putri.

Jadi siapa sebenarnya kedua putri Rusia tersebut? Apakah keduanya memang ada atau hanya tokoh fiktif?

Sebuah laman quora menarik perhatian saya. Di sana seseorang menanyakan mengenai di mana ia dapat memperoleh informasi mengenai Puri Rusia bernama Nadia Vygin Orlov (seperti yang saya katakan sebelumnya memang tak ditemukan catatan atau dokumen apa pun mengenai sosok ini).

Pertanyaan ini kemudian ditanggapi oleh seorang manager konsultan pariwisata di India bernama Anil Bakshi. Ia mengatakan jika Putri Rusia yang dimaksud adalah putri yang namanya berkaitan dengan berlian Black Orlov, maka sesungguhnya itu hanyalah "cerita". "These stories are just stories", katanya.

Tidak ada catatan atau pun dokumen di archieve sejarah Rusia mengenai putri bernama Nadia Vygin Orlov. Itu semua hanyalah tambahan untuk kisah legenda kutukan berlian Black Orlov.

Hal yang sama juga tidak ditemukan di India. Tak ada catatan maupun dokumen atau berita lama tentang hilangnya sebuah berlian dari sebuah kuil di India. Seharusnya kasus pencurian sebesar itu dimuat di surat-surat kabar lokal dan masih ada arsipnya. Tapi kenyataannya tidak ditemukan sama sekali.

Jadi sepertinya kita bisa menyimpulkan sendiri kan kisah kutukan berlian Black Orlov ini asli atau rekaan. Seperti kata Anil Bakshi : "These stories are just stories..".

Referensi:

https://en.wikipedia.org/wiki/Black_Orlov
https://www.boombastis.com/berlian-black-orlov/83655
https://www.quora.com/Where-can-I-find-more-information-about-the-Russian-princess-Nadia-Vygin-Orlov

0 Response to "Kisah Kutukan Berlian Black Orlov Hanya Hoax?!"

Post a Comment