Kisah Misterius di Balik Boneka-Boneka Menyeramkan




Boneka-boneka tua biasanya memang identik dengan aura yang agak ganjil. Tatapan mata yang kosong dengan garis senyum yang cukup mengerikan biasanya menjadi ciri khas. Namun ada beberapa boneka di dunia ini yang terkenal dengan kisah-kisah mengerikan di baliknya. Mulai dari teror hingga kematian pada pemiliknya, yang membuat kisah boneka-boneka ini menginspirasi beberapa buku dan film. Annabelle, Robert the Doll, Mandy, Joliet, hingga Okiku dari Jepang adalah beberapa diantaranya...

Robert the Doll

Robert the Doll jika diperhatikan sepintas tak lebih dari boneka kebanyakan lainnya. Boneka Robert adalah boneka berbentuk monyet yang mengenakan pakaian pelaut dengan boneka anjing di pangkuannya.

Namun bila diperhatikan dengan seksama boneka ini memang cukup mengerikan. Berukuran sebesar anak-anak, Robert memiliki beberapa lubang di wajahnya. Matanya bulat hitam nyaris seperti memperhatikan siapa pun yang melihatnya.

Robert the Doll dengan bagian wajah penuh lubang

Boneka Robert yang telah berusia 115 tahun tersebut saat ini berada di display kaca di Fort East Martello Museum setelah pada tahun 1980an didonasikan oleh seorang wanita yang mengklaim bahwa boneka itu telah menerornya. Robert the Doll adalah boneka yang menginspirasi film horor Chucky.

Kisah boneka Robert berawal dari tahun 1904. Menurut cerita yang beredar boneka tersebut dibuat oleh Steiff Company milik Richard Steiff. Perusahaan itu sendiri merupakan perusahaan awal yang membuat boneka legendaris Teddy Bear. Namun Steiff Company mengklaim tak pernah membuat Robert untuk tujuan dijadikan boneka, melainkan sebagai manekin yang dipajang di display toko.

Lalu bagaimana awalnya sampai boneka monyet ini dijual sebagai mainan dan meneror orang sesungguhnya masih menyimpan misteri. Boneka ini awalnya dimiliki oleh seorang anak laki-laki bernama Robert Eugene Otto, yang akrab dipanggil Gene. Bagaimana boneka tersebut sampai pada Robert masih simpang siur dan menjadi perdebatan.

Baca juga: Misteri Lukisan The Hand Resist Him

Salah satu kisah yang terkenal mengatakan bahwa boneka itu diberikan oleh pembantu keluarga Otto yang menyimpan dendam pada keluarga tersebut. Pembantu itu disebut-sebut memiliki ilmu sihir dan kerap kali mempraktekkan voodoo. 

Gene kecil sangat menyukai boneka tersebut. Ia bahkan memakaikannya pakaiannya, sebuah setelah pelaut lengkap dengan topinya. Ke mana pun Gene berada, boneka itu tak jauh darinya. Ia juga sering kali bercakap-cakap dengan boneka tersebut. Keluarga Otto dan para pelayan di rumah itu tak menaruh curiga sama sekali. Mereka mengira boneka itu hanyalah boneka biasa.

Robert Eugene Otto ketika kecil dengan pakaian pelaut
Sumber: Otto Family Collection

Namun sekitar sebulan kemudian hal-hal aneh mulai terjadi di rumah keluarga Otto. Barang-barang banyak yang berpindah, vas-vas pecah, dan beberapa pelayan bersumpah mendengar Gene kecil mengobrol dengan seseorang, padahal di sana hanya ada boneka tersebut. Gene pun mengaku bahwa kerusakan di rumah itu adalah ulah boneka Robert. Gene mulai bersikap tak waras dan sering kali kabur keluar rumah dan berkeliaran entah ke mana.

Tetangga di sekitar rumah keluarga Otto juga melaporkan mereka kerap melihat dari jendela bagaimana boneka tersebut berpindah saat tak ada seseorang pun di rumah.

Namun Gene tak memperdulikan betapa orang-orang menganggap aneh boneka kesayangannya. Ia bahkan membuat ruangan tersendiri di atap khusus untuk Robert lengkap dengan mainan lainnya dan beberapa furniture.

Kisah lainnya mengatakan bahwa boneka Robert sebenarnya adalah pemberian dari kakek Gene yang membelinya di Jerman dan menghadiahkannya pada cucu kesayangannya tersebut. 

Tahun-tahun berlalu, Gene beranjak dewasa. Ia menempuh pendidikan di Academy of Fine Arts di Chicago dan Art Students League di New York. Begitu menyelesaikan pendidikan akhirya di Parisian Sorbonne, Gene lalu kembali ke rumah masa kecilya di 534 Eaton Street di Key West yang kemudian disebutnya The Artist House.

The Artist House

Boneka Robert masih ada di rumah tersebut, diletakkan di salah satu kamar lantai atas. Boneka itu didudukkan di atas sebuah kursi yang menghadap ke jendela di mana ia bisa dilihat oleh orang-orang yang lalu lalang di bawah.

Suatu ketika tukang ledeng yang tengah bekerja di rumah itu mengklaim mendengar tawa anak-anak padahal saat itu tak ada seorang pun di rumah. Ia juga bersumpah melihat boneka itu berpindah dengan sendirinya.

Orang-orang yang lewat biasanya akan menghindari lewat di depan rumah tersebut. Beberapa mengklaim melihat boneka itu menatap tajam pada mereka, lalu tiba-tiba hilang. Tak hanya orang-orang yang lewat di depan rumah itu saja, beberapa pengunjung The Artist House juga mengaku sering kali mendengar suara langkah kaki dari atap dan benda-benda berpindah dengan sendirinya.

Robert Eugene Otto

Setelah Gene meninggal dunia pada tahun 1974, seorang wanita bernama Myrtle Reuter membeli The Artist House beserta dengan barang-barang yang ada di dalamnya termasuk boneka Robert. Selama bertahun-tahun ia bersama dengan boneka tersebut hingga pada suatu hari wanita tersebut mendatangi Fort East Martello Museum untuk mendonasikan Robert. Alasannya boneka tersebut telah menerornya.

Robert the Doll yang saat ini berada di Fort East Martello Museum

Para staff museum kemudian meletakkannya di sebuah kotak kaca dan sejak saat itu banyak pengunjung yang ingin melihat boneka tersebut dari dekat. Menurut legenda, seseorang yang ingin mengambil foto boneka tersebut harus meminta izin. Beberapa pengunjung mengklaim mereka merasa boneka tersebut menatap dan mengikuti gerak-gerik mereka.


Annabelle

Selain boneka Robert, Annabelle adalah salah satu boneka terseram paling populer di dunia. Boneka ini dikenal saat menjadi kasus Ed dan Lorraine Warren, pasangan paranormal investigator yang dikenal menginvestigasi kasus-kasus horo seperti rumah Amityville yang berhantu. Setelah menyelesaikan kasusnya, Ed dan Lorraine akan meletakkan benda-benda memorabilia dari kasus yang mereka tangani di The Warrens Occult Museum. Salah satu koleksinya adalah boneka Annabelle.

Menurut kisah yang beredar, pada sekitar tahun 1970an seorang ibu bernama Donna menghadiahi putrinya yang berulang tahun dengan boneka tersebut. Dari situlah kisah-kisah horor dimulai. Annabelle diklaim telah mengganngu orang-orang.

Boneka Annabelle

Dua orang mahasiswi yang tinggal di apartemen mereka memiliki kisah menyeramkan tentang boneka ini. Mereka melihat boneka Annabelle berubah posisi dan berjalan di apartemen saat mereka tak memperhatikan. Lalu mereka mulai menemukan kertas-kertas bertuliskan "Help me". Padahal tak ada siapa pun di apartemen tersebut.

Cerita tentang boneka Annabelle ini begitu menghebohkan sampai-sampai dilakukan investigasi oleh pihak gereja kala itu. Menurut rumor yang beredar, boneka tersebut dirasuki oleh hantu anak perempuan yang dibunuh dan dikubur di bawah apartemen.


Mandy

Sama seperti boneka Robert, Mandy juga boneka yang berusia sangat tua, sudah lebih dari 100 tahun. Boneka yang saat ini berada di Quesnel Museum, Old Cariboo Gold Rush Trail, British Columbia ini didonasikan ke museum tersebut pada tahun 1991, saat itu diperkirakan usia boneka ini sudah 90 tahunan. Saat diterima oleh pihak museum, pakaian yang melekat di tubuh boneka tersebut sudah sangat usang dan kotor, ditambah lagi badan dan kepalanya penuh dengan kerusakan dan keretakan.

Mandy the Doll

Mandy sesungguhnya adalah boneka porselen yang diproduksi di Inggris dan Jerman anatara tahun 1910-1920. Mandy disumbangkan oleh pemiliknya, Mereanda pada tahun 1991 setelah pemiliknya tersebut mengeluh seringkali mendengar suara bayi menangis pada tengah malam.

Ketika boneka tersebut ditempatkan di museum, kisah mengerikan mulai terjadi di museum. Beberapa staf museum mengklaim barang-barang mereka hilang atau berpindah tempat secara misterius. Boneka ini juga disebut sering menatap aneh kepada pengunjung. Ia juga sering berulah dengan pengunjung yang mengambil fotonya dengan mengikuti ke mana arah kamera diarahkan.


Joliet, Peggy, dan Okiku

Joliet dikenal sebagai boneka terkutuk yang tinggal selama beberapa generasi dalam sebuah keluarga. Menurut legenda yang beredar, boneka ini mengutuk semua perempuan dalam keluarga pemiliknya. Setiap wanita dalam keluarga tersebut akan kehilangan anak laki-laki mereka tak lama setelah dilahirkan. Anak laki-laki itu akan meninggal secara misterius.

Joliet

Sementara itu boneka yang dikenal dengan nama Peggy dipercaya mampu meneror orang-orang melalui digital. Seorang paranormal pernah mengambil foto boneka ini dan memasangnya di sejumlah media sosial. 

Hasilnya, puluhan orang melaporkan terkena kecemasan dan serangan sakit kepala mendadak. Tak hanya itu seorang wanita bahkan mengaku mengalami serangan jantung setelah melihat foto boneka Peggy.

Peggy the Doll

Boneka yang tak kalah menyeramkan lainnya adalah Okiku. Sebuah boneka dari Jepang yang memiliki rupa seperti gadis kecil Jepang yang memakai pakaian kimono. Boneka itu memiliki rambut hitam lurus.

Menurut cerita, Okiku dibeli di Sapporo tahun 1918 oleh seseorang bernama Eikichi Suzuki. Suzuki menghadiahkan boneka ini kepada adik perempuannya yang bernama Okiku. Namun tak lama setelah menerima pemberian hadiah dari kakaknya tersebut, anak perempuan itu menderita demam tinggi dan akhirnya meninggal dunia.

Boneka Okiku

Menurut kepercayaan setempat, seharusnya boneka tersebut dikuburkan bersama dengan anak itu. Namun rupanya keluarga lupa melakukannya. Boneka itu dikatakan dirasuki arwah gadis kecil berusia 10 tahun yang membahayakan banyak orang sehingga harus dipindahkan ke kuil. Anehnya rambut boneka Okiku terus memanjang secara misterius dan harus dipotong secara berkala.


0 Response to "Kisah Misterius di Balik Boneka-Boneka Menyeramkan "

Post a Comment