Kasus Misterius Ada Constance Kent




Seorang aktris yang tinggal seorang diri menghilang. Polisi dan temannya yang melakukan pencarian wanita ini selama bertahun-tahun gagal menemukannya. Hingga 10 tahun kemudian ketika rekening bank wanita tersebut terdapat transaksi besar yang mencurigakan, polisi menemukan kerangka di rumahnya.

Ada Constance Kent adalah aktris Inggris pada era tahun 1930an. Ia bermain dalam berbagai drama dan film. Setelah beberapa waktu menapaki karirnya, Ada kemudian pindah ke wilayah pedesaan di Inggris. Di sana ia tinggal di sebuah rumah pondok kecil yang indah di Fingringhoe, Essex. Ada yang tinggal seorang diri memang tak menikah dan diketahui jarang bergaul dengan tetangganya.

Ada terakhir kali terlihat pada 6 Mei 1939 saat dirinya pergi ke sebuah bar untuk membeli sebungkus rokok Woodbine. Namun setelah itu ia tak pernah lagi terlihat.

Seorang temannya kemudian menyadari wanita itu tak pernah muncul selama berbulan-bulan. Ia bahkan terakhir kali bertemu dengannya 3 bulan sebelumnya. Merasa khawatir, ia kemudian mencari Ada di rumahnya tetapi wanita itu tak ada di sana. Ia kemudian segera menghubungi polisi.

Fingringhoe, Essex 1930an

Petugas polisi lokal wilayah Kent bernama Bernard Constable kemudian datang ke rumah Ada dan melakukan pemeriksaan. Benar saja, tak ada siapa pun di sana. Polisi yang melakukan pencarian ke semua tempat tak menemukan apa pun bahkan jejak atau tanda ke mana Ada pergi. Aktris Inggris tersebut menghilang.

Koran lokal yang memberitakan kasus hilangnya Ada Constance Kent menuliskan:

Pintu pondok ditemukan dalam kondisi tak terkunci, sebuah nampan berisi bekas sisa makanan berada di atas meja makan, lembaran drama Romeo & Juliet ditemukan dlaam keadaan terbuka di atas kursi dekat perapian, dan mantelnya masih menggantung.



Tahun 1942 atau 3 tahun setelah hilangnya Ada, seorang teman dekatnya bernama George Wynkoll, mengunjungi rumah wanita itu untuk mencari jejak hilangnya Ada. Ia mengatakan ia mencari di lantai atas dan bawah, juga mencarinya di 3 ruangan di dalam rumah itu, namun tak ada siapa pun di sana.

Baca juga: Kasus Misterius Joyce Vincent

Sama seperti pencarian polisi sebelumnya, Wynkoll tak menemukan apa pun. Ia hanya menemukan nampan makanan dan juga lembaran naskah seperti di atas kursi dekat perapian, sama seperti yang ditemukan polisi 3 tahun sebelumnya. Namun rumah itu tampak sangat berdebu karena ditinggalkan penghuninya.


Uang Misterius di Rekening Bank

Pada tahun 1949, sebuah bank lokal menghubungi kepolisian perihal rekening bank milik Ada Kent. Bank mengatakan mereka telah mencoba menghubungi Ada lewat nomor telepon dalam arsip wanita itu, namun gagal. Rupanya pada September 1948 ada sebuah transaksi aneh dalam jumlah sangat besar yang masuk ke rekeningnya.

Polisi kemudian kembali lagi ke kediaman Ada dan kali ini mereka mendapatkan penemuan yang mengejutkan. Di dalam kamar wanita itu, persis di samping ranjang, ada sesosok kerangka dengan pakaian lengkap yang masih melekat. Di samping mayat itu tergeletak sebuah botol bertuliskan "Poison".

Ada Constance Kent muda (awal 1900an)

Namun lagi-lagi anehnya bagaimana bisa ada kerangka itu di sana sementara 10 tahun yang lalu polisi tak menemukan apa pun. Teman Ada, Wynkoll yang mencari ke sana 7 tahun sebelumnya juga tak mendapati apa pun. 

Selain itu rumah itu terlihat sangat kotor, benar-benar sebagaimana rumah yang telah ditinggalkan lama. Tak ada pula tanda-tanda pencuri yang masuk karena polisi masih menemukan perhiasan dan barang berharga milik Ada tak tersentuh. Nampan makanan yang ditemukan polisi sebelumnya juga masih ada, namun lembaran Romeo & Juliet itu hilang!

British Newspaper tertanggal 8 Juli 1949 menuliskan: Mr. Joseph Glover mengatakan pada deputi koroner wilayah timur laut Essex, Mr. F.E.M Puxon bahwa meskipun ia dan rekannya setuju bahwa kerangka itu adalah kerangka aktris Ada Kent, 69 tahun, namun mereka tak dapat memastikan penyebab kematiannya.


Kerangka yang Aneh di Rumah Ada Constance Kent

Sebelum polisi melakukan pemeriksaan di kediaman Ada Contance Kent pada tahun 1939 untuk menyelidiki hilangnya aktris itu, rupanya beberapa anak-anak dahulunya pernah bermain dan keluar masuk rumah itu. Menurut penuturan beberapa anak-anak itu, mereka pernah melihat kerangka di dalam kamar. 

Seorang anak yang dahulunya pernah melihat kerangka itu di sana, Derek Edward Allen mengatakan ia dan temannya pernah memanjat jendela kamar dan melihat kerangka di samping bawah tempat tidur, tapi mereka tak berpikir itu kerangka manusia. Mereka menyangka itu hanyalah tulang hewan.

Rumah pondok Ada Constance Kent

Petugas forensik The Scotland Yard melaporkan bahwa kerangka itu sepertinya bukan milik Ada Constance Kent karena struktur rangka yang besar. Kerangka itu lebih mirip milik seorang pria.

Dr. Francis E. Camps, seorang patologis mengatakan bahwa ia tak ditemukan kerusakan pada tulang tersebut. Tidak juga ditemukan bekas penganiayaan, luka cekikan, atau pun tanda keracunan.

Pemilik lahan Whalebone public-house, Alfred J. Hasler mengatakan ia terakhir kali melihat Ada pada 6 Maret 1939. Wanita itu memang terlihat dalam kondisi tak sehat. Ia menderita batuk yang cukup parah.

Malam hari sebelum Ada dinyatakan hilang, Reuben G. Winkle, tukang kebun di Church Green mengklaim melihat lampu menyala di kamar tidur Ada. Enam bulan kemudian ia dan P.C Constable pernah melihat dari balik jendela ke dalam pondok rumah Ada. Tapi mereka tak melihat apa pun, termasuk kerangka dan tulang yang pernah dilihat anak-anak. Selain itu mereka juga tak mencium bau busuk menyengat dari dalam rumah itu. Semuanya terlihat normal, tak ada yang aneh.

Sampai saat ini tak ada yang mengetahui apa yang sebenarnya terjadi pada Ada Constance Kent. Kasusnya masih tak terjawab dan menyisakan misteri yang tak terungkap.

Referensi :

https://coolinterestingstuff.com/the-unexplained-mystery-of-ada-constance-kent-the-skeleton-in-the-bedroom

0 Response to "Kasus Misterius Ada Constance Kent"

Post a Comment