Misteri di Rosslyn Chapel




Bila ada salah satu bangunan paling misterius di dunia, Rosslyn Chapel pasti adalah salah satu di antaranya. Dibangun pada abad ke 15, kapel ini telah menuai kontroversi dan teori-teori liar yang berkembang mengenai sejarah dan misteri yang menyelimuti kapel bernuansa gotik ini. Mulai dari ordo Knights Templar, Cawan Suci, Freemasonry, hingga harta karun Templar diduga berada di bangunan ini. Belum lagi ruang bawah tanah yang telah ditutup sejak tahun 1690 seolah menyimpan rapat-rapat rahasia apa yang sebenarnya berada di Rosslyn Chapel?

Rosslyn Chapel atau Kapel Rosslyn dikenal juga sebagai Kapel Collegiate of St Matthew terletak di Desa Roslin, Midlohian, Skotlandia atau 6 mil sebelah selatan Edinburgh. Kapel yang berdiri di atas sebuah bukit kecil ini telah menjadi salah satu tempat paling misterius dan membuat penasaran dunia bahkan sejak pertama kali dibangun ratusan tahun yang lalu.


Sejarah dan Legenda Rosslyn Chapel

Rosslyn Chapel didirikan oleh William Sinclair, Earl 1 Caithness dari keluarga Scoto-Norman Sinclair. Pembangunan kapel dimulai pada 20 September 1456 (seringkali dicatat sebagai tahun 1446). Sejarah pembangunan Kapel Rosslyn tak lepas dari legenda yang berkaitan dengan Knights Templar.

Sir William Sinclair, Earl I Caithness

Ksatria Templar (Knights Templar) adalah ordo perang salib yang didirikan pada tahun 1118 oleh dua ksatria Perancis Hugues de Payens dan Godfrey de Saint-Omer. Kelompok ini berjanji untuk melindungi peziarah Kristen yang bepergian ke Timur.

Seiring berjalannya waktu orang-orang mulai memberikan kepercayaan mereka pada kelompok ini dan para bangsawan dan orang-orang kaya seringkali memberikan uang hingga tanah mereka pada para Templar. Tak butuh waktu lama kelompok ini kemudian berubah menjadi sangat kaya dan berkuasa. Begitu kaya dan berpengaruhnya, hingga membuat takut para raja.

Para Templar ini menduduki posisi-posisi penting dalam pemerintahan. Hidup dengan bergelimang harta dan jabatan membuat mereka kemudian bersikap sewenang-wenang. Para pemimpin dan raja di Eropa dibuat berang oleh sikap para Templar, tak terkecuali Paus Clement V.

Hingga akhirnya Raja Prancis Philip IV memberikan mandat untuk melakukan penangkapan besar-besaran kepada para Templar. Hingga datanglah hari bersejarah itu.

Friday 13th

Pada hari Jumat dini hari, tanggal 13 Oktober 1307 (yang kemudian dikenal sebagai Friday 13th), para Templar ditangkap dan dieksekusi. Tak kurang dari 5000 Templar diadili. Namun saat itu ada sekitar 20 orang Templar yang berhasil melarikan diri.

Baca selengkapnya: Sejarah Ksatria Templar (Cikal Bakal Freemasonry)

Menurut legenda, para templar tersebut melarikan diri ke Skotlandia dan menetap di sana dengan berpura-pura menjadi tukang batu (Mason). Mengapa mereka memilih Skotlandia? Rupanya raja Skotlandia saat itu, Robert de Bruce telah membunuh salah satu saingannya di sebuah gereja yang mengakibatkan dirinya dikucilkan. Karena itulah Skotlandia adalah salah satu dari sedikit tempat di mana surat perintah kepausan tidak dijalankan.

Desa Roslin, di mana Kapel Rosslyn kemudian berdiri
Sumber: Susan Roebuck

Salah satu pendiri Ordo Templar, Hugo de Payens menikahi seorang wanita di Desa Roslin yang bernama Catherine de St Clair. Dari pernikahan ini kemudian ordo templar memiliki koneksi historis di Skotlandia.

Seorang keturunan keluarga St. Clair adalah Grand Master Ordo Freemasonry pertama di Skotlandia. Hal ini memunculkan kepercayaan bahwa Freemasonry sebenarnya berakar pada tradisi Templar.

Para Templar dahulunya disebut-sebut mengumpulkan ilmu gaib dan mistik yang didapatkan dari Timur. Hal inilah yang kemudian menginspirasi konstruksi Kapel Rosslyn. Dan bahkan menurut legenda, mereka juga menguburkan harta karun di bawah kapel tersebut.

Legenda lainnya menyatakan bahwa Sir Henry Sinclair, kakek Sir William St Clair yang tak lain adalah pendiri Kapel Rosslyn dahulu telah berlayar dari Orkney ke Amerika dan Kanada pada tahun 1398. Bahkan hampir 100 tahun sebelum kedatangan Columbus ke benua itu. Tujuan dari pelayaran Sir Henry Sinclair tak lain adalah untuk mengambil harta karun Templar dan menguburkannya di suatu tempat rahasia.

Maka tak heran banyak yang menduga harta karun tersebut telah dikuburkan di sebuah pulau terpencil. Salah satu teori yang paling terkenal adalah bahwa harta karun itu berada di Oak Island yang populer dengan julukan Money Pit alias lubang uang. Saya sudah membahas mengenai lubang uang ini sebelumnya. Bisa kalian baca selengkapnya pada link di bawah ini.

Baca selengkapnya: Misteri Lubang Uang di Oak Island

Misteri Lubang Uang (Oak Pit) di Oak Island, Nova Scotia

Rahasia di Bangunan Rosslyn Chapel

Kapel Rosslyn saat ini merupakan milik pribadi dan pemiliknya tak lain adalah Earl of Rosslyn yang ke-7 yang bernama Peter St Clair-Erskine.

Kapel Rosslyn memiliki arsitektur yang unik, agak menyeramkan, dan sangat gotik. Kapel ini berdiri di atas 14 buah pilar yang membentuk arcade dengan 12 buah lengkungan runcing di 3 sisinya. Pada pilar-pilar itu banyak sekali ukiran berbentuk aneh dan menonjol. Banyak yang menduga pola-pola rumit itu memiliki makna tertentu.

Pada tanggal 30 April 2007, surat kabar Skotlandia, The Scotsman, menerbitkan artikel pendek berjudul "Musical Secret Uncovered in Chapel Carvings". Adalah ayah dan anak dari musisi Edinburgh yang bernama Tommy dan Stuart Mitchell mengklaim telah menemukan potongan rahasia musik yang tersembunyi di ukiran Kapel Rosslyn.

Sementara itu, salah satu pilar yang menarik perhatian adalah Apprentice Pillar. Pilar ini memiliki ukiran indah yang berbentuk lilitan dari atas hingga ke bawah pilar. Ukiran itu dikenal juga dengan Pohon Kehidupan (Tree of Life).

Interior Kapel Rosslyn (kanan) dan Apprentice Pillar (kanan)

Menurut Christopher Knight dan Robert Lomas dalam buku mereka The Hiram Key (1996), pada pilar tersebut tersimpan gulungan kuno yang berisi ritual masonik yang didapatkan pada penggalian di bawah Kuil Solomon (Haikal Sulaiman).

Baca selengkapnya: Misteri Haikal Sulaiman (Kuil Sulaiman)

Sementara itu, di bagian bawah kapel terdapat ruang bawah tanah yang sangat luas. Namun sayangnya ruangan itu telah ditutup ratusan tahun yang lalu tepatnya pada tahun 1690 dan tak pernah dibuka lagi sejak itu. Hal ini terang saja menimbulkan spekulasi apa yang terdapat di dalamnya.

Namun beberapa sejarawan membantah klaim bahwa ada hubungan antara Templar dengan Rosslyn Chapel. Menurut mereka Sir William St Clair sama sekali bukanlah anggota Templar seperti yang banyak dirumorkan.

Salah satu sudut interior Kapel Rosslyn

Namun hal ini tak menyurutkan teori-teori konspirasi yang berkembang. Bahkan beberapa pihak meminta agar ruangan bawah tanah dibuka untuk melihat apa isi di dalamnya. Tak hanya itu, mereka juga meminta Apprentice Pillar dibuka.

Namun tampaknya hal itu cukup mustahil. Historic Scotland, lembaga yang melindungi bangunan bersejarah di Skotlandia, barang tentu tidak akan pernah memberikan izin untuk melakukan hal tersebut. Dan sampai kapan pun tampaknya Kapel Rosslyn tetap akan menyimpan misteri yang tak terungkap.

Referensi :

https://en.wikipedia.org/wiki/Rosslyn_Chapel
https://www.scotsman.com/lifestyle-2-15039/the-many-mysteries-of-rosslyn-chapel-1-465088
https://coolinterestingstuff.com/the-legends-of-rosslyn-chapel
http://www.mythomorph.com/wp/secrets-of-rosslyn-chapel/


0 Response to "Misteri di Rosslyn Chapel"

Post a Comment