Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tahanan

 


“Kalian awasi wanita itu. Kalau sampai dia melarikan diri, kalian berdua akan mati,” kata kepala penjaga.

“Siap Pak!”

Seorang wanita ditahan di sebuah pulau terpencil dengan penjagaan yang sangat ketat. Dia berontak ketika dibawa ke pulau itu. Bertahun-tahun sudah wanita itu diburu. Dia kerap berpindah-pindah tempat tinggal, berganti-ganti pekerjaan, dan mengubah identitas untuk mengelabui orang.

Penyelidik Granger Sullivan mengintip melalui jendela ke kamar di mana wanita itu ditempatkan. Wanita tersebut terbaring di sana seorang diri di atas sebuah ranjang. Matanya menatap kosong ke langit-langit.

“Aku tidak menduga kalau dia akan kembali melakukan perbuatannya. Terakhir kali dilepaskan, dia berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya..,” kata penyelidik Sullivan pada kepala penjaga yang berdiri di sampingnya.

“Ya, dia kembali lagi ke pekerjaan lamanya. Kau ingat saat dia pertama kali dibawa ke sini? Dia mengatakan betapa dia diperlakukan sangat tidak adil. Dia mengatakan dia seperti kelinci percobaan,” timpal kepala penjaga.

“Dan ditambah lagi argumen dari staf ahli Marlon Rosseau dan Charles Higgins mengatakan kalau hukumannya terlalu keras dan mengada-ada. Padahal dia sudah menyebabkan kematian putri  tunggal Louis Alton,” ingat Sullivan.

“Aku tidak tahu apakah harus bersimpati atau mengutuknya. Sudah banyak jatuh korban. Ya, terakhir memang Danielle Alton, tapi itu yang kita ketahui. Kita tidak mengetahui berapa jumlah pasti korbannya.” ujar kepala penjaga.

“Sepertinya kau akan mendekam selamanya di pulau ini, Miss Anderson,” ujar penyelidik Sullivan lirih sambil terus menatap ke jendela.

Annie Anderson, 40 tahunan usianya. Berpostur tinggi tegap. Ia seorang imigran yang datang ke Amerika saat remaja. Orang tuanya sudah meninggal. Di Amerika ia tinggal bersama paman dan bibinya dan bekerja sebagai pembatu di rumah orang-orang kaya.

Kematian beberapa anggota keluarga di rumah majikannya awalnya tidak dicurigai. Lalu lama kelamaan, beberapa orang mulai memperhatikan bahwa ada yang aneh dengan wanita tersebut. Itulah yang membuatnya diburu. Tapi dengan cerdik, Anderson berganti pekerjaan dan juga identitas. Dia berpindah-pindah ke berbagai negara bagian di Amerika.

Namun Anderson akhirnya berhasil ditangkap. Ia lalu ditempatkan di pulau terpencil karena dianggap sangat membahayakan. Tapi penahanannya itu mulai membuatnya perlahan-lahan mengalami beberapa gangguan kesehatan mulai dari pembengkakan kelopak mata sampai gangguan saraf setelah beberapa lama ditahan di pulau tersebut.

Anderson sempat mengajukan penuntutan pada departemen kesehatan setempat, namun ditolak, bahkan kasusnya ditutup. Setelah 3 tahun ditahan dan diasingkan di pulau tersebut, ia akhirnya dibebaskan.

Tapi lagi-lagi Anderson membuat ulah. Ia kembali lagi ke pekerjaan lamanya dan membuat korban berjatuhan. Dia mengelak, mengancam, bahkan sampai mencoba melarikan diri, tapi bukti ada di mana-mana.

Penyidik Granger Sullivan yang awalnya kewalahan mencari Anderson, akhirnya menemukan wanita tersebut. Benar saja, Anderson mengelabui orang-orang dengan berganti identitas dan mulai bekerja di berbagai tempat mulai dari hotel, restoran, binatu, sampai rumah sakit. Biasanya ia hanya bekerja sebentar di suatu tempat, lalu pindah lagi ke tempat lain atau pekerjaan lain.

Sekarang di sinilah Annie Anderson berada. Di sebuah pulau terpencil yang sepi. Wanita itu menghabiskan sisa umurnya di sana. Banyak orang yang mengatakan kalau mengurungnya di pulau tersebut adalah keputusan terbaik, namun tak sedikit pula yang menyayangkan. Hukuman itu seperti sangat berlebihan, tapi jika tidak entah berapa banyak lagi korbannya. Seperti kata kepala penjaga, entah harus bersimpati atau mengutuknya. Tapi inilah hidup Anne Anderson.


Perhatian: Ini adalah cerita teka-teki. Saya ingin kalian menebak kasus apa ini sebenarnya dan apa yang terjadi pada Annie Anderson. Clue: Kasus ini benar-benar pernah terjadi di awal abad ke-20. Hanya saja saya sengaja menyembunyikan identitas para tokohnya supaya kalian tidak bisa googling HaHa.. :D

Seperti biasa jumlah komentar minimal 13, satu orang hanya dihitung satu komentar (nama "Unknown" hanya dihitung satu orang). Batas terakhir tanggal 27 Januari 2021 pukul 21.00. Jika batas minimal terpenuhi, maka saya akan mengungkap kasus apakah itu sebenarnya di hari Kamis, 28 Januari 2021. Gunakan kemampuan analisis kalian..^^ Selamat menebak!!

Perhatian: Mohon hargai penulis dengan tidak mengambil atau copy paste tulisan di blog ini untuk dijadikan postingan blog/website ataupun konten Youtube. Terima kasih.. ^^

Eya
Eya Mystery and World History Enthusiast

39 comments for "Tahanan"

  1. Kata kunci : pulau terpencil, seperti kelinci percobaan, bekerja sebagai pembantu, berganti pekerjaan dan juga identitas, 3 tahun ditahan.

    Saya menebak ini kasus "Typhoid Mary" atau Mary Mallon yang sering disebut "super-spreader" atau “carrier”. πŸ˜ƒπŸ‘

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bingo!! Kata kunci sudah tersebar di seluruh cerita ya, Harllie. Betul sekali ini adalah kasus Typhoid Mary. Tepuk tangan buat buat Harllie.. Hebat-hebat..^^

      Delete
    2. Saya baca kisah ini di Februari 2020 di blog ini
      http://mengakubackpacker.blogspot.com/2020/02/harbinger-of-death-kisah-typhoid-mary.html
      Blog yang bagus juga loh πŸ‘πŸ‘πŸ‘

      Soal kata kunci ingat abstrak pada skripsi πŸ˜›πŸ˜πŸ€£

      Delete
    3. Iya blognya Bang Dave ya.. Senior blogger itu mah lebih lama dari saya hehe..
      Loh, jadi teringat skripsi :D

      Delete
  2. Segmen teka-teki yang menarik. Saya cuba ya. Pendapat saya, pembunuhan dalam kes ini berkaitan dengan sejenis penyakit/jangkitan. Rasanya, si Annie Anderson juga ada jolokan nama yang khusus dengan penyakit ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sejenis penyakitnya sudah betul, Nur Effa.. :) Terima kasih sudah mencoba menjawab yah ^^

      Delete
  3. Emm..pembunuhan orang2 kaya yg pernah mempekerjakannya. Atau penculikan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, pasti banyak yang menebak pembunuhan nih bahkan sampai penculikan ya. Padahal bukan hehe.. Terima kasih sudah menjawab yaa.. ^^

      Delete
  4. Kyknya si Anne ini membunuh anak dari seorang bangsawan. Soalnya dia bisa memanfaatkan paman dan bibinya yg kerja di rumah-rumah orang kaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan membunuh anak bangsawan ternyata kasusnya, Nuraini. Agak menjebak ya hehe.. Terima kasih sudah mencoba menebak. Next cerita selanjutnya ikut nebak lagi ya... :)

      Delete
  5. pasti Annie Anderson membunuh seseorang mknya dia masuk penjara, nah pas dibebasin ternyata dia melakukan pembunuhan lagi. Mungkin aja dia membunuh seseorang yang punya jabatan/orang kaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow, dugaannya pembunuh berantai gitu ya.. Banyak juga yang menyangka ini pembunuhan berantai. Besok kasusnya dibahas ya Ezra. Terima kasih sudah menebak. Sering-sering mampir yah ^^

      Delete
  6. Annie di penjara karna annie ni kyak sumanto, suka makan daging manusia
    May be wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kanibal?! Wow, terkejut saya hehe.. Bukan kok ini kasus tentang penyebaran wabah penyakit Aliya. Btw terima kasih banyak komentarnya ya :))

      Delete
  7. abu haidar#
    q kasih nama biasanya kalo komen jadi nda muncul namanya,
    menurutq itu kasus pembunuhan dr pembantu yang meracuni majikannya mungkin juga untuk mengelabui klaim asuransi,
    dan yang menjadi misteri kenapa miss anderson hanya diasingkan sedangkan kadang terjadi kasus yang notabene bukti tidak kuat malah dihukum mati.buat admin semangat yah...q juga rutin nyimak blog ini😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haidar, terima kasih sudah ditandai namanya yaa..^^ Biasanya harus login dulu di blogger baru keluar nama penggunanya hehe..
      Dugaannya ke pembunuhan dengan racun sampai ke klaim asuransi, mantap juga. Tapi ternyata bukan kok. Ini kasus Typhoid Mary. Besok keluar artikelnya. Terima kasih banyak sudah menebak dan juga rutin membaca blog ini. Sering-sering mampir ya Haidar.. ^^

      Delete
  8. Pembunuhan berantai kah...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan Momo, ceritanya menjebak ya? hehe.. Ini kasus yang terkait dengan penyebaran wabah penyakit di awal abad ke-20. Terima kasih ya sudah mencoba menebak :)

      Delete
  9. Pertama wanita itu berkata tidak akan melakukannya lagi dan hanya dipenjara 3 tahun (Serius?), berarti wanita itu yang membunuh para anggota keluarga saat pertama kali. Setelah dibebaskan wanita itu bilang bukan dia yang melakukannya? Seperti dia dijebak, tidak terima karena bukan dia yang melakukannya lalu melarikan diri mungkin untuk mencari bukti? Tapi ada juga yang menyayangkan wanita itu dipenjara? Kenapa menyayangkan kalau dia pembunuh? Menurutku kasus ini ada yang janggalπŸ€”

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hey, Alice! Wah, sampai dianalisis yah hehe.. Sebenarnya di cerita sudah disebarkan petunjuk-petunjuknya kok. Hanya saja memang yang belum pernah baca kasus ini pasti merasa aneh dengan seseorang dipenjara kemudian dikeluarkan lagi setelah 3 tahun. Padahal kalau pembunuhan pasti tidak seperti itu ya. Ditambah lagi banyak yang menyayangkan dia sampai di penjara. Besok saya akan keluarkan artikelnya. Terima kasih banyak sudah memberikan komentarnya ya Alice ^^

      Delete
  10. Pulau terpencil, Alcatraz? *masih mikir*

    ReplyDelete
  11. Pulau terpencil kayanya alcatraz. Tapi kasusnya apaan yaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, bingung kan:D Bukan Alcatraz kok, Anunnaki. Besok dibahas kasusnya ya. Terima kasih sudah mampir dan memberi komentar :)

      Delete
  12. Semua komentar masih saya tahan dan akan dimoderasi serentak besok malam. Salah satu dari kalian sudah berhasil menebak dengan benar. Untuk yang lainnya, saya tunggu yaa.. masih ada satu hari lagi untuk menjawab kasus di atas dan ikut menebak di kolom komentar. Selamat mencoba dan terima kasih banyak sudah membaca...^^

    ReplyDelete
  13. Kak bahas misteri2 kayak ENIGMA dong
    Jangan malah Novel kaya gini

    Jadi ga misterius malah pusing bacanya

    ReplyDelete
  14. Si Anne ini membunuh dengan cara melakukannya kayak di film Texas Chainsaw Masacre. Korban di siksa dulu, dikulitin hidup2, bahkan dikasih cairan kimia di badannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Woww, serem juga itu saya sampai merinding loh. Jadi kayak di film-film genre gore ya. Ternyata bukan kok Catra. Ini kasus tentang seorang wanita yang diduga menyebarkan wabah typhoid pada awal abad ke 20 di Amerika.. ^^

      Delete
    2. Soal film The Texas Chainsaw Massacre saya demen ni apalagi yg versi pertamanya 1974 lawas abis πŸ‘

      Delete
    3. Saya serem deh mau nonton film begitu. Gak kuat mental wkwk..

      Delete
  15. Kasus: pembunuhan
    Annie anderson: gila

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha.. Kagata bisa aja ya :) Singkat, padat, tapi meleset nih hehe.. Terima kasih sudah memberi komentar ya. Besok coba lagi ^^

      Delete
  16. Ikut nyoba jawab ya..
    Ini kasusnya Margareth Brown atau yang dikenal dengan julukan "Old Mother Hubbard". Dia dipenjara di pulau bernama "Deer Island". Ia adalah pencuri wanita paling terkenal di Amerika Serikat dari abad pertengahan hingga akhir abad 19. Ia merupakan bagian inti dari para penjahat wanita terkenal di zaman itu yg di sebut "Marm Mandelbaum's".

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eges, saya baru tau loh ada kasus ini. Saya sudah cari ternyata dia dijuluki juga Queen of Thief ya. Menarik! Tapi kasusnya terjadi di akhir abad ke 19, dan kasus ini di awal abad ke 20. Besok dibahas lengkapnya yah. Terima kasih sudah menjawab dan juga info kasus Marm Mandelbaum-nya. Jadi nambah pengetahuan :)

      Delete
  17. Komentar ditutup. Terima kasih sudah membaca dan mencoba menebak kasus kali ini. Terima kasih juga karena sebagian besar dari kalian sudah aktif memberikan teori masing-masing untuk kasus yang dibahas (saya senang sekali..!!^^) Kasus ini akan saya bahas lengkapnya besok ya..

    ReplyDelete
  18. Penyakit yg bernama Typhoid Mary?
    Ini ane yg kudet atau penyakit ini emng ada tapi gk pernah masuk berita?
    BTW,sorry,Min.Ane kemaren lupa mau baca,lg UAS soalnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kasusnya sudah lama, Tsubasaki. Awal abad 20 loh.. Nanti dibahas kok. Good luck ya UAS nya ^^

      Delete