Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Misteri Monolith Utah

 

Pejabat satwa liar negara bagian Utah menggaruk-garuk kepala setelah menemukan pilar aneh setinggi 10 kaki di tengah gurun di Red Rock Country tenggara Utah. Pilar logam persegi panjang perak yang mengilap tersebut ditemukan berada di tengah-tengah ujung buntu jurang batu dangkal di gurun tersebut. Tidak diketahui dengan jelas siapa yang memasangnya dan untuk tujuan apa.

Pertama kali membaca Monolith Utah ini, saya langsung teringat pada Toynbee Tiles. Meskipun perbedaannya Toynbee Tyles dipasang di keramaian, sementara Monolith Utah ditemukan di tengah gurun terpencil. Kalian tahu, salah satu hal yang paling menarik adalah kesamaan kalau keduanya dihubungkan degan film Stanley Kubrick, 2001: A Space Odyssey.


Ditemukan Tak Sengaja

Pada tanggal 18 November 2020, sekelompok peneliti biologi negara bagian dari Divisi Sumber Daya Satwa Liar Utah tengah berada di bagian tenggara Utah untuk melakukan survei terhadap domba bighorn di sebagian tenggara Utah. Mereka melakukan survei itu dengan menumpang helikopter.

Dari atas ketinggian, salah satu dari ahli biologi tersebut melihat pilar logam aneh di tengah gurun. Pilar logam yang mengkilap ditimpa sinar matahari tentu saja akan menjadi pemandangan yang ganjil di tengah-tengah gurun.

Monolith Utah terlihat dari atas udara 

Ahli biologi itu pun segera memberi tahu pilot, Bret Hutchings. Ia ingin memastikan sekali lagi apa yang sebelumnya telah dilihatnya. Maka ia meminta pilot untuk terbang di atas lokasi tersebut sekali lagi. Benar saja apa yang dilihat ahli biologi itu. Sebuah pilar logam mengkilap setinggi 10 kaki tertancap di atas tanah gurun.

Dua hari kemudian atau pada 20 November, Departemen Keamanan Publik (DPS) Utah memposting foto pilar tersebut di Instagram. Dan pada tanggal 23 November, DPS merilis video dan foto dari objek tersebut. Tetapi mereka sama sekali tidak memberitahukan lokasi tepat pilar tersebut ditemukan.

Pada situs web Departemen Keamanan Publik Utah hanya disebutkan: "DPS Aero Bureau Encounters Monolith in Red Rock Country". Mereka khawatir kalau sampai tempat lokasi penemuan itu dibuka ke publik, maka orang-orang akan berbondong-bondong untuk melihat ke sana.


Seperti Apa Monolith Utah Itu?

Monolith Utah adalah sebuah pilar logam setinggi 3 m (9,8 kaki) yang berdiri di atas batu pasir slot canyon di utara San Juan County, Utah.   

Pada monolith tersebut masing-masing sisinya memiliki lebar 58 cm (23 inci). Monolith itu memiliki tiga sisi dan tampaknya terbuat dari baja tahan karat atau lembaran aluminium berukuran 1/8 inci , disambung dengan paku keling, dengan bagian dalam berongga. Meskipun demikian, pilar ini sama sekali tidak bersifat magnet.

Monolith Utah

Selain itu ditemukan ada dempul silikon atau epoksi di sepanjang alasnya. Dan ketika logamnya dipukul maka akan menghasilkan suara lembab yang seakan menunjukkan beberapa jenis isolasi berada di dalamnya.


Siapa Yang Membuat Monolith Utah?

Seperti dikatakan tadi, meskipun Departemen Keamanan Publik Utah mempublikasikan penemuan Monolith ini, namun mereka merahasiakan lokasi tepatnya pilar tersebut berada untuk menghindari orang-orang yang pasti akan banyak berdatanga untuk melihatnya langsung.

Tapi percuma saja tampaknya menahan rasa penasaran orang-orang. Dalam beberapa jam saja setelah pengumuman DPS, orang-orang mulai mencari tahu lokasi monolith. 

Seorang pengguna Reddit, Tim Slane mengidentifikasi objek tersebut di Google Earth. Segera diketahui gambar satelit Google Earth menunjukkan bahwa monolit dipasang antara Agustus 2015 dan Oktober 2016, dan vegetasi semak di sekitarnya telah dibersihkan.


Beberapa pengguna Reddit lainnya juga telah melakukan upaya untuk mencoba menemukan dari mana monolith ini berasal. Pengguna Reddit mampu mengisolasi perkiraan lokasi monolith, melacak jalur penerbangan helikopter, ke area di dekat Taman Nasional Canyonlands dan Sungai Colorado.

Data pencitraan dengan Google Earth juga menunjukkan bahwa monolith itu sudag ada di sana antara Agustus tahun 2015 dan sebelum Oktober 2016. Menariknya, rupanya disekitar waktu tersebut, sebuah drama fiksi ilmiah, “Westworld” sedang melakukan syuting di lokasi terdekat. Apakah monolith itu sebenarnya adalah properti syuting?


Hanya dalam waktu 48 jam setelah pengumuman DPS, orang-orang telah berhasil mencapai tempat monolith tersebut. Dan dengan euphoria mereka juga mengunggah foto dan video ke berbagai media sosial.

Media sosial dan situs berita dipenuhi dengan gambar orag-orang berpose dengan monolit ini. Semetara itu masih tak ada yang tahu pasti siapa yang membuat objek tersebut dan apa tujuanya. Namun beberapa membandingkannya dengan karya seniman John McCracken yang meinggal tahun 2011.

McCracken tinggal di gurun barat daya dan percaya pada keberadaan makhluk luar angkasa. Di hari-hari terakhir hidupnya sang seniman menyatakan minatnya untuk meninggalkan karya seni di gurun. Selain itu pilar tersebut dikatakan menyerupai monolith logam yang dibuat McCracken dan digambarkan sebagai "hampir identik" dengan McCracken's Fair (2011) oleh galeri foto New York David Zwirner (yang memamerkan karya tersebut).

Perbandingan monolith yang ditemukan di gurun Utah dengan monolith McCracken

Namun pernyataan ini kemudian ditarik kembali oleh juru bicara Zwirner, yang mengatakan bahwa monolith tersebut mungkin dibuat oleh seniman lain sebagai bentuk penghormatan kepada McCracken.

Selain diduga sebagai hasil pekerjaa McCracken, monolith Utah juga diduga adalah karya Petecia Le Fawnhawk. Ia memang telah memasang patung di lokasi gurun dan tinggal di Utah. Namun Fawnhawk sendiri telah menyatakan bahwa monolith itu sama sekali bukan karyanya.

Seorang pembuat monolit serupa, Derek DeSpain, yang juga tinggal di Utah dekat tempat monolit itu ditemukan juga diduga sebagai pembuatnya, berdasarkan tangkapan layar gambar Instagram oleh fotografer Eliot Lee Hazel.

Sementara itu, Bret Hutchings berspekulasi bahwa monolith tersebut mungkin telah dipasang oleh seniman atau oleh fans dari film 2001 : A Space Odyssey. Alasannya karena monolith serupa terlihat dalam salah satu adegan dalam film tersebut.

Monolit dalam film 2001: A Space of Odyssey

Jadi salah satu teorinya adalah seorang kru tidak berkemas dengan benar sehingga monolith tertinggal di sana. Atau teori lainnya seseorang menggunakan monolith tersebut sebagai lelucon yang terinspirasi dari film Kubrick. Komisi Film Utah mengatakan bahwa setahu mereka monolit itu bukan bagian dari produksi film.


Monolith Utah Ilegal?

DPS merilis pernyataan yang mengutip peraturan Biro Pengelolaan Lahan bahwa memasang objek atau bangunan (termasuk seni) di tanah publik tanpa izin adalah ilegal. Departemen Warisan & Seni Utah mengatakan dalam sebuah pernyataan di Twitter feed mereka bahwa monolit adalah salah satu tindakan vandalisme, dan mereka prihatin tentang kerusakan pada karya seni kuno dan artefak arkeologi di wilayah tersebut.

Selain itu mereka juga tidak menyarankan untuk mengunjungi monolit. Selain masalah keamanan, peningkatan kerumunan mengancam sumber daya arkeologi di daerah tersebut. DPS juga mengingatkan kalau pun masih memilih untuk berkunjung,  jangan merusak seni cadas apapun dan jangan mengumpulkan benda-benda arkeologi.

Hilang Setelah 10 Hari Ditemukan

Reporter dari The Salt Lake Tribune mendaki ke tempat itu pada hari Sabtu dan memastikan bahwa monolit itu telah hilang.

Spencer Owen dari Salt Lake City mengatakan dia melihat monolit pada Jumat sore dan berkemah di kawasan itu semalaman. Tetapi keesokan harinya ketika dia mendaki ke daerah itu lagi orang-orang yang melewatinya di jalan setapak mengatakan padanya bahwa monolit itu telah hilang.

Dari foto-foto yang diposting oleh pengunjung menunjukkan bahwa yang tersisa hanyalah potongan logam segitiga. Sejumlah saksi juga melaporkan melihat sebuah truk pickup pergi dari lokasi tersebut, membawa sebuah benda, ketika mereka mendekat.

Monolith Utah hilang

Biro Pengelolaan Tanah mengatakan tidak akan menyelidiki penghilangan tersebut, alasannya karena: "kejahatan yang melibatkan properti pribadi" dikelola oleh kantor sheriff setempat.

Tak lama setelah monolit itu dinyatakan menghilang, Divisi Utah dari Biro Pengelolaan Lahan mengatakan kalau mereka menerima laporan yang dapat dipercaya bahwa monolit tersebut telah dipindahkan pada malam 27 November 2020, oleh pihak yang tidak dikenal.

Beberapa fotografer petualangan memposting detail dan gambar tentang pembongkaran dan pemindahan monolit. Seorang saksi melaporkan bahwa empat pria telah membongkar monolit tanpa alat, sebelum memecahnya dan membawa potongan-potongan itu dengan kereta sorong.

Polisi di Utah mengklarifikasi bahwa mereka tidak akan membuka penyelidikan atas pemindahan tersebut. Namun pada tanggal 30 November 2020, pihak berwenang membatalkan keputusan awal mereka dan merencanakan penyelidikan bersama dengan Biro Pengelolaan Lahan.


Pengakuan Sylvan Christensen

Melalui postingan di media sosial pada hari selasa, Sylvan Christensen mengklaim sebagai salah satu pelaku di balik hilangnya monolith.

Christensen adalah penduduk Utah yang tinggal di dekat monolith tersebut ditemukan. Ia dan temanya, Andy Lewis bahkan memposting video online berjudul "We Removed the Utah monolith". Dalam video tersebut terlihat empat orang pria yang diklaim sebagai Christensen dan Lewis serta dua orang pria lainnya sedang mengangkut sisa-sisa monolit Utah dengan gerobak dorong.

Proses pencabutan monolith

Sylvan Christensen juga memposting video yang sama ke TikTok dan juga Instagram. Dalam video-video itu, ia bukan hanya merekam bagaimana mereka membongkar objek tersebut tetapi juga menyoroti kerusakan yang terjadi di sana oleh sejumlah besar wisatawan yang tiba di daerah tanpa fasilitas parkir atau toilet.

Dalam unggahan videonya ia memberi keterangan :"Jangan meninggalkan properti pribadi anda di tanah publik jika anda tidak ingin (properti) itu diambil."

Christensen mengatakan kalau dirinya telah menerima komentar-kometar bernada kebencian dan juga ancaman cedera fisik sampai ancaman pembunuhan sebagai akibat dari video yang diungggahnya tersebut.

Sylvan Christensen

Namun tampaknya Christensen tidak menyesali keputusannya. Ia mengatakan kalau dia dan teman-temannya melakukan itu karena wilayah tersebut terus dibanjiri oleh wisatawan dan turis yang terus berdatangan. Dia khawatir bahwa situs tersebut akan dirusak oleh begitu banyak orang yang datang dengan mobil, bus, sepeda motor, kereta api, helikopter.

Mereka semua berbondong-bondong menyerbu tempat itu. Kepada Daily Mail, Christensen mengatakan kalau tempat itu bahkan tidak memiliki lahan parkir. Mereka juga membuang sampah sembarangan. Beberapa orang bahkan "buang air besar di gurun".

Ross Bernards juga mengungkapkan kesaksiannya. Fotografer itu mengaku berada di situs monolith tersebut ketika Christensen dan kelompoknya memindahkan monolith tersebut di malam hari.

Ross Bernards

Menurut Ross, Christensen dan kelompoknya "muncul entah dari mana" tepat setelah pukul 20:40 dan mengatakan kepadanya "sebaiknya kamu mendapatkan gambar” sebelum proses mendorong monolith tersebut."

Ross menjelaskan bagaimana kelompok itu memindahkan monolith tersebut yang membutuhkan waktu 10 hingga 15 menit. Mereka mendorong monolith dengan keras berulang kali sampai monolith itu miring ke tanah. Mereka kemudian mendorong lagi monolith ke arah yang berlawanan. Monolith akhirnya jatuh dengan benturan keras. Mereka lalu dengan cepat membongkarnya, sebelum akhirnya membawanya dengan gerobak dorong.

Postingan Ross Bernards di Instagram pribadinya

Ross tidak memotret kelompok tersebut karena takut berkonfrontasi dengan mereka, khawatir mereka mungkin bersenjata. Tetapi kemudian seorang temanya, James Newlands yang menemaninya selama perjalanan, secara diam-diam mengambil foto kelompok tersebut lewat ponselnya. 

Dalam salah sattu foto, memperlihatkan bagian dalam monolith yang terbuka, yang tampaknya merupakan struktur berlubang yang terbuat dari kayu lapis (tripleks).

Terlihat bagian dalam monolith

Sheriff San Juan County, Jason Torgerson, mengonfirmasi bahwa departemen sedang menyelidiki insiden tersebut dengan Bureau Land Management.

"Jika pemilik datang dan mengatakan bahwa (monolith) itu milik saya, maka (Christensen dan kelompoknya) sedang menghadapi tuntutan pencurian properti. Tapi, kami tidak memiliki korban saat ini, jadi tidak ada dakwaan."

Beberapa hari setelah penemuan pilar Utah, banyak tiang logam serupa yang mulai muncul di tempat lain di seluruh dunia, termasuk di Amerika Utara dan Amerika Selatan serta berbagai negara di Eropa. Banyak yang dibangun oleh seniman lokal sebagai tiruan yang disengaja dari pilar Utah.

Monolith yang ditemukan di California

Sekarang monolith Utah memang telah hilang, tetapi masih menjadi misteri siapa yang pertama kali memasang monolith itu di sana. Mungkinkah itu hanya properti film yang tertinggal atau sengaja tertinggal? Dan selain itu tentu saja apa motivasi monolith itu didirikan di sana.

Akhirnya saya ingin menutup artikel ini dengan kutipan dari The New York Times: “asalnya yang tidak diketahui justru memberikan sensasi ketidakpastian yang menyenangkan, jika kita tahu siapa yang membuatnya, mungkin malah akan menghilangkan daya tariknya”. Seperti itulah misteri, ya kan?!

Referensi:

https://en.wikipedia.org/wiki/Utah_monolit
http://www.blogmisteritesla.com/2020/11/monolith-ditemukan-di-gurun-utah.html
hhttps://www.livescience.com/mysterious-monolith-in-utah-desert.html
https://www.washingtonpost.com/nation/2020/11/29/utah-desert-monolith-gone/
https://www.bbc.com/news/world-us-canada-55056570
https://www.oregonlive.com/nation/2020/11/mysterious-metal-monolith-disappears-from-remote-utah-desert.html
https://www.unmyst3.com/2020/11/mystery-of-utah-silver-monolith.html
https://www.nytimes.com/2020/11/28/us/monolith-utah-disappeared.html

Kasih komentar yaa.. Tanpa kalian apalah arti aku menulis. Kalian adalah penyemangat setiap kalimat demi kalimat yang kutulis, setiap artikel yang kuposting.. ;)

Perhatian: Mohon hargai penulis dengan tidak mengambil atau copy paste artikel di blog ini untuk dijadikan postingan blog/website ataupun konten Youtube. Terima kasih.. ^^

Eya
Eya Mystery and World History Enthusiast

2 comments for "Misteri Monolith Utah"

  1. Hmmm,mungkin itu akan menjadi misteri yg tak terpecahkan :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sudah terpecahkan, jadinya tidak menarik lagi hehe.. ^^

      Delete