Misteri Fenomena Phoenix Lights 1997




Ada banyak sekali kasus penampakan UFO yang pernah terjadi di dunia. Namun dari sekian banyak kasus penampakan itu hanya sedikit sekali yang disaksikan oleh banyak orang. Nah, fenomena penampakan UFO yang dikenal sebagai Phoenix Lights yang terjadi di Arizona pada tahun 1997 ini adalah salah satunya.

Dalam blog ini sudah pernah dibahas beberapa kali tentang penampakan alien atau UFO. Tetapi biasanya dalam kasus-kasus itu hanya satu atau beberapa orang saja yang mengklaim telah melihat secara langsung. Apalagi dalam sejumlah kasus bahkan tidak ada bukti yang menguatkan sama sekali. Sehingga menimbulkan keraguan dan skeptis di masyarakat.

Tapi tahukah kalian bahwa pada tahun 1997, penduduk Arizona, Amerika Serikat geger dengan adanya penampakan cahaya aneh di atas langit malam. Penampakan itu disaksikan tidak hanya oleh masyarakat biasa, tetapi juga jurnalis, polisi, personil militer, bahkan hingga gubernur Arizona saat itu Fife Symington (1991-1997). 

Fife Symington

Pemandangan spektakuler ini telah banyak didokumentasikan dan menjadi bahan perdebatan selama bertahun-tahun. 


Phoenix Lights 1997

The Phoenix Lights atau yang diidentifikasi sebagai Lights over Phoenix adalah penampakan UFO yang terjadi di Phoenix, Arizona dan Sonora, Meksiko.

Semuanya dimulai pada hari Kamis, 13 Maret 1997. Sebuah penampakan UFO yang dideskripsikan dan dilaporkan oleh ribuan orang terjadi atara pukul 19:30 dan 22:30 waktu setempat. Penampakan ini terlihat dalam radius sekitar 300 mil dari negara bagian Nevada, melalui Phoenix hingga ke tepi daerah Tucson. 



Seorang saksi menyatakan bahwa dia melihat benda besar berbentuk V dengan ukuran yang sama dengan pesawat terbang dilengkapi enam lampu melintasi langit. Objek ini juga ternyata disaksikan oleh seorang polisi dari Paulden, Arizona sekitar pukul 20:15, yang juga melaporkan hal serupa.

Tak lama kemudian ada penampakan yang sama dilihat oleh banyak saksi. Mereka menggambarkannya sebagai benda padat yang menghalangi bintang-bintang ketika melintas. Mereka juga melaporkan benda terbang itu ukurannya luar biasa besar. Seorang saksi mata bahkan mengatakan kalau penampakan itu berbentuk seperti bumerang.

Lampu-lampu misterius itu juga terlihat di Phoenix sekitar pukul 20:30 malam. Setelah itu lampu-lampu itu sempat melayang di sekitar daerah tersebut selama sekitar dua jam. Pemandangan ini terlihat oleh ribuan orang. 

Selama waktu itu tampaknya ada dua peristiwa terpisah yang terjadi di wilayah tersebut pada saat yang bersamaan. Peristiwa terlihatnya formasi lampu segitiga yang melewati daerah itu dikenal sebagi "The V Event". Sementara itu peristiwa yang kedua adalah serangkaian lampu stasioner yang terlihat melayang di atas kota Phoenix atau dikenal sebagai "The Hovering Event".



Banyak saksi yang mengaku telah mengamati dengan seksama adanya sebuah objek besar berbentuk V dengan formasi lampu segitiga. Bahkan beberapa memperkirakan ukurannya sebesar lapangan sepak bola. Objek tersebut melayang tanpa suara dan berjarak sekitar 1500 meter dari permukaan tanah, dan terus melayang lurus menuju ke tengah sebuah bukit lalu menghilang.

Baca juga: Kejadian Misterius di Allagash 1976

Karena melayang melewati sebuah bukit itulah, maka para saksi mata dapat diperkirakan ukurannya dengan berpatokan pada bukit tersebut. Diperkirakan kalau ukurannya lebarnya sekitar 1542 kaki atau 470 meter.

Dalam sebuah kongres UFO di Scottsdale, para saksi mata yang juga datang ke tempat tersebut menceritakan kesaksian mereka. Namun tampaknya mereka menyadari ada hal yang aneh. Hampir semua saksi mengatakan bahwa mereka memang terkejut dengan munculnnya cahaya-cahaya yang aneh di atas langit, namun entah mengapa setelahnya tidak terjadi apa-apa.



Maksudnya mereka tidak terus menerus menceritakan hal itu (karena tentu saja hal itu adalah suatu peristiwa fenomenal). Bahkan beberapa dari mereka mengatakan setelah cahaya tersebut pergi, mereka kembali ke rumah dan melanjutkan kembali aktivitas seperti biasa seperti tidak pernah terjadi apa pun.

Namun seperti biasanya pemerintah dan Angkatan Udara Amerika Serikat selalau membantah dan menyatakan bahwa cahaya aneh tersebut hanyalah iring-iringan pesawat A-10 Warthog yang sedang melakukan latihan terbang di Arizona. Padahal objek itu sama sekali tidak mengeluarkan suara. 

Selain itu mereka juga mengidentifikasi bahwa kelompok lampu kedua sebagai flare. Flare adalah bunga api yang dilontarkan pesawat tempur. Bunga api ini biasanya digunakan sebagai umpan jika pesawat sedang ditembak oleh misil. Flare-flare itulah yang dilontarkan oleh pesawat A-10 Thunderbolt II Warthog yang sedang latihan di Barry Goldwater Range, barat daya Arizona.

Flare atau bunga api yang dilontarkan pesawat Thunderbolt

Benarkah bunga api inilah yang sebenarnya yang dilihat oleh para saksi? Dan sama sekali bukan sebuah objek terbang dengan lampu misterius?

Gubernur Fife Symington yang merupakan gubernur Arizona (1991-1997) pada saat itu adalah salah satu saksi mata yang melihat kejadian fenomenal ini. Sebenarnya dirinya sempat diejek karena keterangannya yang mengatakan kalau benda asing itu berasal dari alien. Pernyataannya tersebut akhirnya menuai kritik.



Beberapa tahun kemudian, Symington menyebut lampu-lampu yang ia lihat di Phoenix Arizona tak lain adalah bukti kalau "dunia lain" itu memang ada. Pernyataan itu dikatakannya setelah dia akhirnya melihat beberapa fenomena penampakan yang sama UFO pada tahun-tahun setelah itu.


Phoenix Lights Kembali Lagi di Tahun 2015

Pada tanggal 2 Februari 2015 atau setelah 18 tahun berlalu saat fenomena misterius ini terjadi pertama kalinya, sebuah fenomena penampakan cahaya misterius kembali terjadi di Phoenix, Arizona.

Penampakan ini disaksikan oleh tiga orang pemuda yang sedang berada di Sunnyslope, Phoenix, Arizona. Pada saat itu mereka sedang berjalan menuju ke rumah seorang teman di daerah Goodyear, Phoenix. Saat itu malam hari dan langit cerah berbintang. Tiba-tiba mereka melihat lampu-lampu aneh berkedip-kedip di atas langit.



Melihat ada sesuatu yang tidak wajar dari pancaran lampu yang dikeluarkan oleh objek melayang itu, mereka kemudian segera merekam penampakan objek terbang aneh tersebut.

Dalam keterangannya pada rekaman video itu, penampakan UFO tersebut diambil di daerah Sunnyslope Area, Phoenix, pada tanggal 2 Februari 2015. Video rekaman itu kemudian diunggah ke Youtube pada 5 Februari 2015 menggunakan akun bernama Jc Lerma.


Ternyata tidak hanya akun Jc Lerma yang mengunggah video penempakan cahaya aneh itu. Hanya berselang satu hari atau tepatnya pada tanggal 3 Februari, akun bernama Green Grey juga memposting sebuah rekaman video penampakan cahaya misterius tersebut namun lokasinya di dekat Goodyear, Phoenix.

Dalam keterangannya, Green Grey menjelaskan bahwa video itu diambil sekitar pukul 22:15 malam, saat ia tengah berkendara. Ia juga mengatakan bahwa ia melihat benda itu bergerak ke arah selatan melintas sepanjang Estrella Mountains. 

"Apa yang tidak terlihat dalam video tersebut adalah bentuk dari UFO yang memiliki ukuran yang besar. Setelah mulai menghilang, kami mencoba mengejarnya ke arah di mana dia melintas, tapi akhirnya UFO itu telah menghilang di balik gunung.

Referensi:

https://indocropcircles.wordpress.com/2015/06/20/ufo-phoenix-lights-1997/
https://www.azfamily.com/the-phoenix-lights-the-mystery-remains/article_0ece00d4-a6e1-5291-98b6-d3a5bf5ff2a3.html

2 Responses to "Misteri Fenomena Phoenix Lights 1997"

  1. Kenapa penampakan selalu di Phoenix dengan jenis ufo yg sama, apa yg dicari para alien disitu? dan kenapa yg kedua kalinya mereka tidak langsung menginvasi? wkwkkwkw

    ReplyDelete
  2. di mata alien bumi ini hanya amerika yang lain nya lautan

    ReplyDelete