Insiden Pembajakan Max Headroom 1987




Pada tahun 1987 terjadi pembajakan yang paling aneh dan misterius dalam sejarah pertelevisian. Saat itu selama 25 detik di tengah siaran berita WGN-TV, layar tiba-tiba berkedip-kedip lalu gelap. Kemudian setelahnya muncul analog dengan gambar seorang pria memakai topeng aneh dan juga kacamata hitam mengangguk-angguk berulang-ulang. Insiden ini bahkan terjadi hingga 2 kali dalam sehari dan sangat menghebohkan Amerika saat itu.


Pada tanggal 22 November 1987, stasiun televisi WGN-TV dibajak oleh orang tak dikenal. Pembajakan ini terjadi di tengah-tengah siaran olahraga, melibatkan sosok mengenakan topeng Max Headroom. Belum reda kebingungan para kru televisi tersebut, beberapa jam kemudian di tengah acara serial, pembajakan kembali terjadi. Kali ini melibatkan dua sosok aneh yang menyajikan tindakan yang lebih aneh dari pembajakan pertama.

Baca juga: Suara Misterius di Lubang Siberia


Kronologi Kejadian

Malam itu tanggal 22 November 1987 stasiun televisi WGN-TV menyajikan acara mereka seperti biasanya, ada acara hiburan, berita, dan juga permainan. 

Pada pukul 21.14 acara tv berjalan normal seperti biasanya. Dan Roan, presenter olahraga di Nine O'Clock News (sekarang dikenal sebagai WGN News at Nine) sedang memberitakan mengenai kemenangan Chicago Bears atas Detroit Lions. Saat itulah tiba-tiba sesuatu yang aneh terjadi di layar televisi. Layar itu berkedip-kedip seperti ada gangguan, lalu kemudian gelap sama sekali.

Sementara itu di ruang kontrol WGN-TV, para teknisi yang tengah bertugas malam itu menatap layar dengan pandangan bingung. Itu dari studio mereka yang terletak di Bradley Place di utara kota, jaringan menyiarkan transmisi gelombang mikro ke antena di bagian atas menara John Hancock 100 lantai, 7 mil jauhnya, baru kemudian siaran diterima oleh pemirsa. Apa yang sebenarnya tengah terjadi?

Keadaan layar gelap itu terjadi kira-kira 15 detik. Lalu tiba-tiba sesosok misterius mengenakan topeng karet mengerikan dengan kacamata hitam muncul di layar televisi. Sosok itu tampak seperti Max Headroom atau perpaduan antara Richard Nixon dan Joker. Tampak jelas ia tengah meniru Max Headroom yang saat itu terkenal sebagai ikon iklan Coca Cola.

Sinyal dengungan yang sangat mengganggu terdengar sebagai latar belakang suara. Lempengan logam bergelombang berputar-putar di belakangnya seolah menghipnotis siapa pun yang menyaksikan. Ini benar-benar bukan bagian dari jadwal siaran malam itu. Mereka telah dibajak!

Baca juga: Kisah Menakjubkan Paul Amadeus Dienach

Pembajakan itu kemudian dihentikan setelah para teknisi di WGN mengganti frekuensi tautan studio mereka ke pemancar John Hancock Center.

Di depan layar ada Roan tengah di meja studio dengan pandangan kebingungan. Ia tampak tersenyum ke arah kamera dengan gugup dan tak mengerti sama sekali apa yang baru saja terjadi.

"Yah, jika Anda bertanya-tanya apa yang terjadi, aku juga," katanya bercanda.

Ia hanya mengatakan bahwa komputer yang menjalankan berita lepas kendali dan menjadi liar. Setelah itu Roan melanjutkan kembali berita tentang kemenangan Chicago Bears.



Pembajakan Kedua

Hanya berselang beberapa jam setelah insiden pembajakan pertama di WGN-TV, stasiun Chicago PBS WTTW mengalami pembajakan. Kali ini durasinya lebih lama dari pembajakan yang pertama. Sekitar pukul 11.15 malam atau dua jam setelah insiden pertama, saat siaran serial Doctor Who, Horror of Fang Rock, stasiun televisi tersebut dibajak oleh orang yang sama yang membajak WGN-TV. Kali ini dengan audio yang terdistorsi dan berderak.

Seseorang yang tak dikenal mengenakan topeng Max Headroom dan kacamata hitam muncul dan mengatakan, "Itu saja. Dia kutu buku yang aneh". Dia lalu menyebut pakar olahraga WGN, Chuck Swirsky "liberal liberal".


Tak hanya sampai di sana, pria misterius bertopeng itu kemudian mulai mengerang, menjerit, dan tertawa. Dia terus tertawa dan mengucapkan berbagai frasa acak termasuk slogan iklan New Coke "Catch the Wave" sambil memegang kaleng Pepsi (Max Headroom adalah ikon iklan Coca Cola saat itu) ia lalu melemparkannya keluar, condong ke arah kamera dan memperlihatkan jari mengenakan ekstensi karet di jari tengahnya, meskipun gerakan itu sebagiannya berada di luar layar.

Pria tersebut terus melanjutkan aksinya dengan mengambil kaleng Pepsi dan menyanyikan "Your Love is Fading", menghapus ekstensi karet, dan kemudian mulai menyenandungkan lagu tema Clutch Cargo, berhenti untuk mengatakan "Aku masih melihat X" (sering salah dengar sebagai "Aku mencuri CBS") yang merujuk pada episode terakhir dari seri tersebut. Setelah itu ia bersenandung kembali.

Tak lama setelah itu, sosok misterius tersebut mulai mengerang seperti kesakitan dan berputar-putar. Kemudian setelahnya tiba-tiba ada sosok pria lain yang juga mengenakan topeng. Namun sosok ini sebagian pantatnya terbuka.




Dalam beberapa jam kemudian, beberapa pejabat federal dipanggil untuk menyelidiki salah satu kejahatan paling aneh dalam sejarah televisi ini.

Menurut penyelidikan, pembajakan tersebut setidaknya melibatkan 2 orang tak dikenal. Mereka berhasil mengganggu 2 stasiun televisi peyiaran dalam waktu 3 jam. Insiden pertama terjadi selama 25 detik yaitu selama siaran olahraga pada berita pukul 21.00 di WGN-TV Channel 9.

Sementara itu pembajakan kedua terjadi 2 jam kemudian yaitu setelah pukul 23.00 pada PBS WTTW Saluran 11 selama sekitar 90 detik, yakni selama siaran dari episode "Doctor Who" serial horror Fang Rock.

Insiden ini kemudian menjadi berita utama nasional di Amerika Serikat. Sementara itu siapa yang bertanggung jawab atas insiden ini tak pernah dapat teridentifikasi.

Referensi:

https://en.wikipedia.org/wiki/Max_Headroom_broadcast_signal_intrusion
https://allthatsinteresting.com/max-headroom-hack

0 Response to "Insiden Pembajakan Max Headroom 1987"

Post a Comment