Misteri Kematian Natalie Wood




Jasad Natalie Wood ditemukan di perairan Catalina Island, California. Meskipun kematiannya disebabkan karena tenggelam, tubuh aktris Hollywood ini penuh memar dan luka lecet yang diduga didapatkan sebelum dirinya tenggelam. Malam hari sebelum kejadian naas itu, ia tengah berlibur dengan menggunakan yacht bersama suaminya, aktor lawan mainnya, dan seorang kapten kapal. Dugaan pun menyeruak bahwa Wood memang telah dibunuh...

Natalie Wood terlahir dengan nama Natalia Nikolaevna Zakharenko pada 20 Juli 1938 dari pasangan imigran Rusia. Wood memulai karir di Hollywood sejak usia yang masih sangat muda. Debut filmnya "Happy Land" pada saat usianya masih 5 tahun. Perlahan namun pasti, aktris yang sempat dekat dengan Elvis Presley ini mencatatkan namanya sebagai salah satu aktris besar di Hollywood. 

Saat karirnya tengah menanjak, ia diketahui berkencan dengan aktor Robert Wagner yang telah menjadi idolanya sejak lama. Saat itu usia Wood baru 18 tahun, sementara Wagner 26 tahun. Keduanya kemudian menikah setahun kemudian pada 28 Desember 1957. Keluarga Wood, terutama ibunya menentang keras pernikahan tersebut, tetapi Wood tetap pada pendiriannya.

Natalie Wood dan Robert Wagner

Kehidupan rumah tangga yang harmonis antara Natalie Wood dan Robert Wagner rupanya berjalan sangat singkat. Keduanya memutuskan untuk berpisah pada Juni 1961 dan akhirnya resmi bercerai pada April 1962.

Pada 30 Mei 1969, Wood menikah kembali. Ia menikahi seorang produser Inggris bernama Richard Gregson dan dikarunia seorang putri bernama Natasha setahun kemudian. Namun keduanya kemudian memutuskan berpisah pada Agustus 1971 setelah Wood mendapati hubungan antara suaminya dengan sekretarisnya.

Baca juga: Konspirasi di Balik Kematian Marilyn Monroe

Perpisahan ini tak disetujui keluarga Wood, terutama ibunya, Maria dan juga kakaknya Lana Wood. Mereka membujuk Wood untuk tetap bersama Gregson, namun tampaknya keputusan Wood sudah bulat. Keduanya akhirnya resmi bercerai pada April 1972.

Rupanya ditahun tersebut, Wood kembali menjalin hubungan dengan mantan suaminya, Wagner. Keduanya kemudian menikah kembali pada 16 Juli 1972 atau hanya 3 bulan setelah perceraiannya dengan Gregson. Putri mereka, Courtney lahir tahun 1974.


Kecelakaan Naas atau Pembunuhan Berencana?

Hari itu tanggal 28 November 1981. Natalie Wood bersama suaminya, Robert Wagner dan juga lawan mainnya dalam film Brainstorm, Christopher Walken pergi untuk liburan akhir pekan. Mereka bertiga pergi menggunakan yacht milik Wagner bernama Splendour yang dikapteni oleh Dennis Davern. Berempat kemudian mereka berlayar di di sekitar Catalina Island, California.

Splendour, yacht yang dinaiki oleh Natalie Wood

Malam itu dingin menusuk tulang. Setelah mereka minum-minum. Tak diketahui lagi apa yang sebenarnya terjadi malam itu. Hingga pada pagi hari sekitar pukul 8, Natalie Wood ditemukan tak bernyawa. Jasadnya terapung di perairan yang berjarak sekitar 1 mil dari yacht. Menurut Wagner, Wood memang tak ada bersamanya saat ia pergi tidur.

Saat jenazah di angkat dari air, penyidik menemukan bahwa perahu penyelamat yang harusnya ada, menghilang. Sementara itu hasil otopsi menunjukkan bahwa ada memar di tubuh dan lengan Wood, pada pipi kirinya juga terdapat luka lecet. Memar dan luka itu diduga sudah ada sebelum ia tenggelam. Meskipun demikian, ditetapkan penyebab kematian Natalie Wood adalah tenggelam.

Dalam memoirnya tahun 2008, Pieces of My Heart, Wagner mengatakan ia terlibat percekcokan dengan Walken pada malam sebelum Wood menghilang. 

Sementara itu hasil otopsi menemukan kadar alkohol dalam darah Wood sebesar 0,14% dan ditemukan pula adanya jejak pil penghilang sakit dalam darahnya.

Baca juga: Sekte Keluarga Manson dan Pembunuhan Sharon Tate

Koroner Los Angeles County, Thomas Noguchi menetapkan kematian Wood karena tenggelam dan hipotermia. Menurut Noguchi, Wood yang malam itu minum diduga tanpa sengaja tergelincir dan jatuh. Namun kakak Natalie Wood, Lana, meragukan hal tersebut. Menurutnya, Wood tak bisa berenang dan punya ketakutan atau phobia air sepanjang hidupnya. Ia tak mungkin meninggalkan yacht seorang diri dan naik perahu kecil.

Dua orang saksi mata yang kebetulan pada malam itu juga tengah berlayar dan berada tak jauh dari yacht Wagner mengatakan bahwa mereka sempat mendengar teriakan seorang wanita minta tolong.

Natalie Wood dimakamkan di Westwood Village Memorial Park Cemetery di Los Angeles. Awak media, reporter, serta fotografer yang hendak meliput upacara pemakaman itu hanya dapat meliput dari luar saja. Beberapa selebriti tampak hadir seperti Frank Sinatra, Fred Astaire, dan Elizabeth Taylor.

Suasana pemakaman Natalie Wood

Kasus kematian Natalie Wood yang menjadi salah satu kasus kematian selebriti Hollywood paling misterius ini dibuka kembali pada November 2011 setelah Davern, kapten kapal pada malam naas itu secara publim menyebutkan bahwa ia telah berbohong selama investigasi kasus dulu.

Menurut kesaksiannya, Natalie Wood dan suaminya itu cekcok hebat malam itu. Pertengkaran pasangan ini diduga lantaran Wood menggoda Walken yang kemudian membuat Wagner cemburu dan marah besar.

Baca juga: Misteri Kematian Bruce Lee

Setelah mengetahui bahwa Wood hilang malam itu, Wagner malah melarang Davern untuk menyalakan lampu untuk melakukan pencarian. Tak hanya itu saja, ia juga dilarang menghubungi pihak berwajib setelah hilangnya Wood. Davern menduga bahwa Wagner bertanggung jawab atas kematian Wood.

Christopher Walken dan Natalie Wood dalam "The Brainstorm"

Sheriff Los Angeles County, Letnan John Corina menyatakan pada program TV 48 Hours CBC, bahwa mereka meyakini Wagner adalah orang terakhir yang bersama Wood sebelum wanita itu menghilang. Corina juga menyatakan bahwa keterangan Wagner sendiri tentang kejadian malam itu seringkali berubah-ubah selama bertahun-tahun.

Pada tahun 2012, Kepala Koroner Los Angeles County Lakshmanan Sathyavagiswaran mengubah sertifikat kematian Wood tentang penyebab kematiannya. Awalnya pada sertifikat itu tertera  penyebab kematian yang awalnya tenggelam karena kecelakaan menjadi "tenggelam dan fakta-fakta lain yang belum dapat dipastikan".

Perubahan dokumen tersebut termasuk di dalamnya pernyataan bahwa keadaan tidak jelas bagaimana sampai akhirnya Wood bisa berakhir masuk ke dalam air dan tenggelam. Para detektif menginstruksikan pada kantor koroner untuk tidak mengomentari lebih jauh tentang kasus ini.

Pada 14 Januari 2013, kantor koroner Los Angeles County menyertakan 10 halaman lampiran laporan otopsi Natalie Wood. Laporan tersebut menyatakan bahwa Wood sudah mendapatkan memar dan luka goresan sebelum tewas tenggelam, tetapi tak dapat dipastikan apa penyebabnya.

Sementara itu, meskipun banyak spekulasi mengarah pada Robert Wagner, Natasha, putri Wood bersama Gregson mengaku tak percaya bahwa Wagner terlibat atas kematian ibunya. Putri tiri Wagner itu bahkan menyebutkan bahwa setelah kematian sang ibu ia diasuh dengan penuh kasih sayang oleh Wagner bersama dengan saudara tirinya yang merupakan putri Wagner dan Wood, Courtney.

Referensi :

https://en.wikipedia.org/wiki/Natalie_Wood
https://www.bbc.com/indonesia/majalah/2013/01/130115_nataliewood_hiburan
https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20160507074528-234-129023/kematian-tragis-natalie-wood-dalam-ingatan-keluarga
https://www.voaindonesia.com/a/robert-wagner-dicurigai-terlibat-kasus-meninggalnya-natalie-wood/4238176.html

0 Response to "Misteri Kematian Natalie Wood"

Post a Comment