Fenomena Misterius di Nuremberg 1561




Hari itu tanggal 4 April 1561, warga Nuremberg beramai-ramai keluar dari rumah mereka. Cahaya-cahaya misterius diiringi dentuman keras terdengar di langit kota. Kepanikan terjadi di mana-mana tatkala berbagai objek terbang misterius yang tak diketahui datang dari arah mana tiba-tiba melakukan pertempuran di atas langit. Jumlahnya tak main-main sampai ratusan dan peristiwa ini disaksikan kerumunan massa.

Insiden atau fenomena misterius yang terjadi di Nuremberg, Jerman, adalah sebuah fenomena di mana ratusah objek terbang melakukan pertempuran di atas langit kota. Fenomena ini, oleh penggemar UFO disebut sebagai salah satu peristiwa penampakan UFO paling penting dalam sejarah. Namun di sisi lain, orang-orang yang skeptis menganggap peristiwa itu hanyalah fenomena "sun dog".

Peristiwa ini pertama kali diketahui dari sebuah surat kabar tertanggal 14 April 1561 yang ditulis dan didokumentasikan oleh Hans Wolff Glaser (1500-1573). Glaser sendiri diketahui sebagai pelukis dan penerbit dari Nuremberg. Ia paling dikenal karena artikel dan gambar dari surat kabar ini yang menggambarkan peristiwa maha dahsyat yang terjadi pada tanggal 4 April di tahun yang sama.

Ilustrasi dan juga artikel peristiwa Nuremberg tahun 1561 yang terdapat dalam surat kabar

Menurut surat kabar tersebut, pada saat fajar (sekitar pukul 4-5 pagi), sebuah pemandangan mengerikan terlihat di atas langit kota Nuremberg. Ratusan orang menyaksikan pemandangan yang sangat tak biasa tersebut. Di mana ratusan objek terbang berbagai bentuk dan warna mulai dari bulat, silinder, dan bentuk-bentuk aneh lainnya mengeluarkan cahaya dan bertempur di atas langit. Peristiwa ini menimbulkan suara kegaduhan dan dentuman yang luar biasa keras.

Baca juga: Fenomena Hujan Binatang (Raining Animals)

Peristiwa misterius tersebut terjadi sekitar satu jam lamanya sampai tiba-tiba objek-objek tersebut menghilang diiringi dengan kepulan asap tebal. Sementara itu beberapa objek ada yang jatuh terhempas di atas tanah.




Beberapa orang mungkin akan menafsirkan objek-objek tersebut sebagai meteor atau komet, namun peristiwa ini dan juga benda terbang tersebut sungguh-sungguh berbeda. Dalam penjelasannya, Hans Glaser mengatakan:

"Pemandangan mengerikan memenuhi langit pagi dalam bentuk-bentuk silinder dan bola dalam warna-warna berbeda mulai dari hitam, merah, kuning, hingga biru-putih yang melesat di atas langit. Pertunjukan mengerikan itu disaksikan banyak orang, pria dan wanita. Tak lama setelah itu sebuah objek berbentuk tombak hitam muncul.."

Sementara itu, menurut penulis Jason Colavito, surat kabar itu sendiri menjadi terkenal sejak dipublikasikan oleh Carl Gustav Jung (1875-1961), seorang psikiater Swiss, dalam bukunya "Flying Saucers: A Modern Myth of Things Seen in the Skies". Menurut beberapa penggemar teori UFO, peristiwa ini disebut juga dengan "UFO Battle Over Nuremberg". Jung sendiri meyakini peristiwa itu tak lebih dari salah satu fenomena alam.

Saat ini tulisan dan dokumen Hans Glaser tersebut disimpan di Zentralbibliothek Zurich di Zurich, Swiss.

Hans Glaser

Beberapa tahun kemudian, yaitu tahun 1566, peristiwa yang nyaris serupa juga terjadi, kali ini di Basel, Swiss. Bedanya pada peristiwa kali ini terdapat juga orbs hitam yang bertempur di atas langit.

Baca juga: Fenomena Makhluk Hidup di Dalam Batu Padat

Peristiwa yang sama kemudian terjadi lagi di Hamburg, Jerman pada tahun 1697. Kerumunan warga Hamburg menjadi saksi mata objek berbentuk roda berkilau berukuran sangat besar ada di atas langit. Sayangnya saat itu belum ada kamera yang dapat mengabadikan peristiwa tersebut. Koran-koran lokal yang mengabarkan peristiwa ini membuat gambar dan lukisan pada artikel beritanya yang menjadi satu-satunya bukti jika peristiwa aneh dan misterius itu memang sungguh pernah terjadi.

Ilustrasi peristiwa misterius di Nuremberg 1561

Chris White pernah mencoba untuk menjelaskan fenomena ini dengan mengatakan bahwa peristiwa itu tak lain adalah Sun Dog. 

Sun Dog atau Parhelion atau Mock Sun (matahari semu) atau Phantom Sun (matahari bayangan) adalah suatu fenomena optis yang menampakkan titik-titik terang di atas langit, kadang kala pada cincin halo di sekitar matahari.

Pada fenomena ini tampak pancaran cahaya di kiri dan kanan matahari berjarak 22 derajat dan pada jarak yang sama pula di atas cakrawala dan juga pada halo es. Parkelion ini dapat disaksikan di mana pun dan pada saat musim apa pun. Namun tak selalu terlihat terang dan bercahaya. Hanya pada saat tertentu saja cahayanya sangat terang yaitu terutama saat matahari rendah, yaitu saat fajar atau terbenamnya matahari.

Sun Dog atau Parhelion yang terjadi di Fargo, Dakota Utara

Mungkinkah peristiwa spektakuler ini "hanyalah" fenomena alam Sun Dog atau memang telah terjadi pertempuran antara objek-objek misterius yang bisa jadi adalah UFO? Entahlah.. Bagaimana menurut kalian?

Referensi:

https://en.wikipedia.org/wiki/1561_celestial_phenomenon_over_Nuremberg
https://www.ancient-origins.net/unexplained-phenomena/mysterious-nuremberg-event-00428
https://id.wikipedia.org/wiki/Parhelion


0 Response to "Fenomena Misterius di Nuremberg 1561"

Post a Comment