Kisah Penampakan Hantu Kecelakaan Flight 401




Beberapa orang kru pesawat dan penumpang mengaku melihat pilot dan penumpang pesawat Eastern Airlines Flight 401 yang mengalami kecelakaan maut pada tahun 1972. Telah ada sedikitnya 20 laporan lebih mengenai penampakan hantu dari kru pesawat yang terjadi beberapa waktu setelah insiden fatal tersebut. Pihak perusahaan bahkan mengancam karyawannya agar tak lagi menyebarkan cerita pengalaman mereka melihat penampakan-penampakan tersebut. Inilah kisah misterius dan aneh dari Flight 401...

Malam hari tanggal 29 Desember 1972, Eastern Air Lines Flight 401 seperti biasanya melakukan penerbangan rutin dengan rute bandara internasional John F. Kennedy, New York menuju bandara Miami, Florida.

Pesawat berjenis Lockheed L-1011-1-Tristar itu akan dipiloti oleh Kapten Robert "Bob" Albin Loft, dibantu oleh co pilot Albert John Stockhill, dan seorang ahli mesin Donald Louis Repo. Penerbangan kali itu mengangkut total 176 orang dengan rincian 163 penumpang dan 13 orang kru pesawat. Pesawat lepas landas pukul 9.20 malam.

Kapten Robert "Bob" Albin Loft, pilot Albert John Stockhill, dan ahli mesin Donald Louis Repo
(Dari kiri ke kanan)

Penerbangan tak mengalami kendala berarti hingga saat akan mendarat sang pilot menyadari ada sesuatu yang tak beres. Roda pendaratan mendadak tak berfungsi. Roda pendaratan yang berupa bola lampu berwarna hijau itu terbakar. Pilot telah berupaya menurunkan roda secara manual, tapi sia-sia. 

Kecelakaan tak dapat dihindari. Pesawat terhempas sejauh kurang lebih 30 km dari landasan Miami membentur daratan Everglades dengan kecepatan 200 mph.

Akibatnya sungguh fatal. Sebanyak 101 orang tewas, termasuk di antaranya pilot dan copilot. Kapten Bob Loft sempat selamat namun luka yang dideritanya terlampau parah. Ia menghembuskan nafas terakhirnya tak lama setelah ditemukan. Sementara itu Don Repo sempat dilarikan ke rumah sakit, namun juga tak selamat. Insiden ini menjadi salah satu kecelakaan pesawat terbesar dalam sejarah Amerika.

Beberapa kru pesawat Eastern Air Lines Flight 401

Namun kisahnya tak sampai di sana saja. Ini barulah awal dari kisah penerbangan berhantu yang amat terkenal dari Flight 401.

Baca juga: Misteri Kemunculan Pesawat Flight 513 Setelah Menghilang 35 Tahun

Rupanya setelah kecelakaan maut tersebut, perusahaan masih menggunakan beberapa bagian pesawat yang masih layak digunakan untuk menggantikan komponen pesawat lain, masih dalam penerbangan yang sama. Nah, di pesawat yang lain yang dipasangi oleh komponen bekas pesawat maut 401 itulah berbagai kejadian aneh terjadi.

Foto-foto dari insiden kecelakaan maut Eastern Airlines Flight 401
Sumber: Federal Aviaton Administration (FAA)

Seorang penumpang wanita histeris saat mengaku melihat sosok laki-laki duduk di sampingnya. Laki-laki itu berseragam pilot, namun sama sekali tak bersuara, dan wajahnya pucat. Sosok itu kemudian menghilang tiba-tiba. Menurut pengakuan wanita tersebut, sosok yang dilihatnya mirip dengan Kapten Loft.

Pada penerbangan tahun 1974, atau 2 tahun setelah insiden kecelakaan, seorang pilot yang tengah terbang menuju Newark sempat melihat penampakan sosok Kapten Loft yang mengatakan padanya bahwa ia tak akan membiarkan terjadinya kecelakaan lagi.

Kisah penampakan Kapten Loft yang disebut-sebut menyelamatkan penumpang memang pernah sungguh terjadi. Jadi ceritanya, sebelum pesawat lepas landas, sosok bayangan Loft muncul di hadapan pilot pesawat dan memperingatkan adanya api di atas pesawat. Pilot yang ketakutan itu kemudian melakukan pengecekan dan benar saja memang ada masalah pada pesawat itu. Penerbangan itu akhirnya dibatalkan.



Dalam beberapa kasus penampakan sosok Kapten Loft di hadapan beberapa kru pesawat awalnya mereka tak menyadari atau lupa bahwa kapten Bob Loft sebenarnya telah meninggal dunia. Segera setelah mereka menyadari kenyataan itu, sosok misterius itu pun menghilang.

Penampakan hantu kecelakaan Eastern Airlines Flight 401 bukan hanya pilot Bob Loft, namun beberapa orang mengaku melihat penampakan sosok mekanik pesawat Donald Repo. Sementara beberapa pengakuan yang lainnya melihat penumpang pesawat naas yang telah meninggal dunia.

Frank Borman, CEO Eastern Airlines saat itu menepis segala laporan mengenai penampakan roh hantu kecelakaan pesawat 401 dan menanggapinya hanya sebagai isu. Ia bahkan memperingatkan karyawannya untuk berhenti menyebarkan kisah itu kepada publik.

Meskipun begitu, tampaknya pihak maskapai menyadari sesuatu yang tak beres dengan pesawat yang dipasangi komponen bekas Flight 401. Kabarnya mereka mulai mencopoti semua komponen itu dan menggantinya dengan yang baru. Sejak saat itu tak pernah lagi ada laporan penampakan hantu kecelakaan Eastern Airlines.

Pengakuan-pengakuan penampakan hantu itu sendiri kemudian dimasukkan ke dalam laporan penerbangan US Flight Safety Foundation tahun 1974. Sementara itu pengakuan-pengakuan dari saksi mata yang mengaku melihat penampakan-penampakan hantu pesawat 401 tersebut juga terangkum di dalam buku "The Ghost of Flight 401" yang ditulis oleh John G. Fuller yang juga kemudian diangkat ke layar lebar.

Referensi :

https://en.wikipedia.org/wiki/Eastern_Air_Lines_Flight_401
https://www.historicmysteries.com/flight-401-ghosts-eastern-air-lines/
https://www.liputan6.com/global/read/2354035/kisah-penampakan-hantu-kecelakaan-pesawat-eastern-airlines-401

0 Response to "Kisah Penampakan Hantu Kecelakaan Flight 401"

Post a Comment