Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fenomena Misterius Bunuh Diri Anjing di Overtoun Bridge




Overtoun Bridge (Jembatan Overtoun) mulai menarik perhatian dunia tatkala peristiwa misterius dan ganjil terus menerus terjadi di jembatan ini. Sejak beberapa dekade yang lalu, dilaporkan sebanyak 600 ekor anjing telah mencoba bunuh diri dengan cara terjun dari atas jembatan ini, pada sisi jembatan yang sama, dan juga situasi yang sama...

Jembatan Overtoun merupakan sebuah jembatan kuno yang terletak di Dumbarton, West Dunbartonshire, Skotlandia. Jembatan ini dirancang oleh H.E Milner dan selesai pada Juni 1895. Jembatan Overtoun berada di atas Sungai Clyde serta di daerah perbukitan dekat Desa Milton. Jembatan kuno ini memiliki ketinggian 50 kaki atau sekitar 15 meter.

Overtoun Bridge masih berada dalam area yang sama dengan Overtoun House, yaitu sebuah rumah berbentuk kastil yang juga dimiliki oleh John Campbell White (Lord Overtoun). Dengan luas area lebih dari 360 hektar, tempat ini dulunya juga digunakan untuk tempat berlindung prajurit Skotlandia saat Perang Dunia.

Overtoun House

Misteri Jembatan Overtoun

Sejak sekitar tahun 1950an atau 1960an dilaporkan telah terjadi beberapa peristiwa aneh di Jembatan Overtoun. Dilaporkan telah terjadi sekitar 600 peristiwa percobaan bunuh diri di jembatan ini. Bukan bunuh diri pada manusia, namun pada anjing.

Anjing-anjing malang tersebut entah dengan alasan apa tiba-tiba melompat dari jembatan. Anehnya, semua kasus bunuh diri anjing-anjing tersebut dilakukan di bagian sisi sebelah kanan jembatan. Hal misterius yang lainnya adalah peristiwa bunuh diri tersebut selalu terjadi pada saat cuaca cerah dan juga hanya menimpa anjing-anjing jenis tertentu saja, yaitu Collie, Retriever, dan Labrador yang semuanya memiliki ciri khas moncong panjang. 

Tanda Peringatan di Overtoun Bridge

Selain itu pula, anehnya beberapa anjing yang selamat dari aksi bunuh diri tersebut, dikabarkan kembali mengulangi aksi serupa melompati jembatan di sisi yang sama saat dibawa ke atas jembatan.

Fenomena aneh dan misterius ini kemudian dihubungkan dengan adanya pintu gerbang ke dunia lain yang berada di sisi jembatan, yang kemudian menimbulkan aura negatif dan banyaknya aksi bunuh diri pada anjing-anjing tersebut. Namun benarkah demikian?


Menguak Misteri Overtoun Bridge

Cuaca Cerah di Overtoun Bridge

Peristiwa dan fenomena aneh percobaan bunuh diri pada anjing-anjing ini kemudian menarik minat beberapa peneliti untuk mencoba menguak misteri Overtoun Bridge, salah satunya adalah Dr. David Sands seorang ahli perilaku hewan.

Dalam penelitiannya, Dr. David Sands melakukan pemeriksaan dan pengujian pada anjing-anjing dari sisi penglihatan serta penciuman. Namun akhirnya penelitian berfokus pada penciuman anjing karena dari segi penglihatan, anjing-anjing tersebut dianggap mustahil melihat sesuatu yang aneh di bawah jembatan mengingat adanya tembok yang membatasi penglihatan anjing-anjing tersebut.

Setelah dilakukan serangkaian uji coba dan penelitian mendalam, nampaknya Dr. David Sands telah menguak misteri yang menyebabkan anjing-anjing melompati jembatan Overtoun. Teori yang didapat ternyata sangatlah sederhana.

Diduga fenomena aksi bunuh diri anjing-anjing di Overtoun Bridge terjadi karena dipicu oleh penciuman yang mencium adanya aroma cerpelai. Cerpelai adalah mamalia kecil mirip musang yang bertubuh panjang dengan kaki yang ramping. 

Diduga terdapat peningkatan jumlah cerpelai di sekitar Overtoun Bridge yang kemudian aromanya membuat banyak anjing-anjing melompati jembatan tersebut.

Cerpelai

Diketahui bahwa ditemukan habitat cerpelai di pepohonan di sekitar jembatan sekitar 50 tahun yang lalu atau persis ketika peristiwa anjing bunuh diri pertama kali dilaporkan. Bahkan sebuah pengujian dilakukan dengan melibatkan 10 ekor anjing. Ketika diberikan aroma cerpelai sebanyak 8 ekor anjing langsung melompati sisi jembatan yang ada aroma cerpelai, sementara itu 2 ekor anjing yang lainnya sama sekali tak merespon. 

Dr. David Sands akhirnya menyimpulkan bahwa urine cerpelai jantan yang berada di sisi jembatan Overtoun telah memikat indera penciuman anjing sehingga anjing-anjing yang berada di atas jembatan tersebut langsung melompati jembatan.

Meskipun teori ini adalah teori yang paling masuk akal dan dapat diterima, namun terdapat bantahan mengenai teori cerpelai ini. Seorang pemburu lokal bernama John Joyce yang telah tinggal di daerah dekat Overtoun Bridge selama hampir 50 tahun menegaskan bahwa ia sama sekali belum pernah bertemu dengan hewan cerpelai di sekitar jembatan.

Eya
Eya Mystery and World History Enthusiast

Posting Komentar untuk "Fenomena Misterius Bunuh Diri Anjing di Overtoun Bridge"