Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Area 51




Sebuah pangkalan militer dibangun di selatan Nevada, Amerika Serikat. Pangkalan militer yang digunakan untuk percobaan pesawat tempur dan pusat pembangunan rahasia ini sangat terisolasi. Sebuah isu beredar bahwa tempat ini merupakan pusat penyelidikan makhluk ekstra terestrial dan UFO. Tempat ini dikenal dengan Area 51.

Area 51 terletak di Nevada Selatan, Amerika Serikat dengan luas wilayah 390 kilometer persegi mengelilingi danau Groom. Nama Area 51 sendiri diambil dari sebuah dokumen CIA dalam perang Vietnam.

Wilayah ini sendiri lebih dikenal dengan nama US Air Force Flight Test Center atau Detachment 3. Namun terdapat beberapa nama samaran yang juga merujuk pada Area 51, antara lain Dreamland, Watertown Strip, Paradise Ranch, Groom Lake, The Farm, The Box, Home Base, Homey Airport, serta Directorate for Development Plans Area.

Lokasi Area 51 Yang Terletak di Dekat Groom Lake (Google Earth)

Area 51 didirikan pada tahun 1955. Saat awal berdiri, area ini ditujukan untuk pengujian dan pengembangan pesawat mata-mata Amerika Serikat yang baru diciptakan saat itu yaitu pesawat seri U2. Setelah itu dilakukan percobaan-percobaan pesawat rahasia yang lainnya yang dikenal dengan Black Project (Proyek Hitam) yang menguji coba pesawat seri Blackbird, Stealth Fighter, dan Stealth Boomber.

Aktivitas yang terjadi di Area 51 tampak seperti wilayah pangkalan militer dan percobaan pesawat yang normal. Hingga kemudian terjadi banyak kejanggalan dan keanehan yang membuat banyak orang berspekulasi mengenai wilayah yang super terisolasi ini.

Pada tahun 1958, Angkatan Udara Amerika membeli 155 kilometer persegi tanah yang berada di sekitar wilayah tersebut. Pada tahun 1984, area 51 bahkan diperluas dengan dibelinya tanah di sekitar area tersebut hingga 360 kilometer.

Hal ini membuat masyarakat sipil benar-benar tidak bisa mendekat ke wilayah tersebut, bahkan pesawat sipil pun dilarang untuk terbang di atas area itu. Bukan hanya itu saja, ditemukan beberapa fenomena aneh yang terlihat di atas langit Area 51 seperti cahaya-cahaya aneh serta pesawat-pesawat asing mendarat di wilayah tersebut.

Sebuah insiden pun turut membuat kecurigaan akan aktivitas yang dilakukan di Area 51, insiden itu adalah Insiden Roswell. Insiden Roswell adalah peristiwa jatuhnya pesawat mirip piring terbang yang dicurigai sebagai UFO di sebuah tanah dekat peternakan milik warga di Roswell, New Mexivo pada tahun 1947. 

Namun yang membuat orang-orang semakin mencurigai wilayah ini adalah sikap pemerintah Amerika Serikat sendiri yang bahkan tidak mengakui adanya keberadaan tempat tersebut. Pihak pemerintah bahkan menyatakan bahwa Area 51 tidak ada dalam anggaran belanja pemerintah, tidak ada dalam laporan keuangan resmi pemerintah Amerika. Padahal Area 51 sudah menjadi rahasia publik dan semua orang tahu bahwa Area 51 benar-benar ada.

Area 51 memiliki sistem keamanan yang sangat ketat. Mulai dari petugas yang berpatroli di sekitar area, kamera pengawas, papan peringatan, menara pengawas, sensor tubuh, hingga sebuah radar raksasa yang dapat mendeteksi segala aktivitas.



Hangar 18

Salah satu dari bagian kemisteriusan Area 51 adalah Hangar 18. Hangar 18 biasanya digunakan untuk menyimpan pesawat-pesawat. Namun Hangar 18 di Area 51, justru sangat tertutup dan terisolasi. Bahkan tidak ditemukan adanya aktivitas di sana.

Desas desus yang beredar konon di Hangar 18 ini Angkatan Udara Amerika Serikat menyimpan alien dan bangkai pesawat yang diduga adalah UFO di dalam Hangar ini sebagai bagian dari penelitian. UFO dan alien ini merupakan hasil dari Insiden Roswell yang terjadi tahun 1947 yang lampau. Hal ini makin menguat setelah sebuah foto beredar yang diduga merupakan foto aktivitas Hangar 18.




Foto yang Diduga Merupakan Aktivitas di Hangar 18 Area 51

Pegawai Area 51

Seperti kebanyakan pusat pengembangan dan penelitian pesawat yang lainnya, di Area 51 juga terdapat banyak pegawai. Di antaranya terdiri dari pilot, teknisi, dan tentu saja para ahli yang dipekerjakan di sana.


Namun tidak seperti tempat bekerja pada umumnya, Area 51 memilih pegawainya dari kalangan warga biasa namun dengan proses seleksi yang amat ketat. Bila seseorang telah menjadi karyawan dan bekerja di sana, maka ia akan dijemput dengan sebuah pesawat Boeing pada Senin pagi dan kembali pada hari Jumat malam. Selain itu, mereka juga harus menandatangani perjanjian yang melarang mereka menceritakan aktivitas yang mereka kerjakan di sana kepada siapa pun juga.

Mereka bekerja 5 hari dalam seminggu dengan gaji yang sangat cukup memadai. Total jumlah seluruh karyawan yang bekerja di area tersebut adalah 1.850 orang.


Benarkah Area 51 Menyimpan UFO dan Alien?

Setelah banyaknya desas-desus yang beredar mengenai Area 51, pertanyaan besarnya adalah:


"Benarkah Area 51 memang menyimpan UFO dan Alien?"

Lima orang mantan karyawan yang pernah bekerja di area 51 akhirnya memberikan kesaksiannya seperti yang telah dilaporkan New York Times. Mereka adalah Harry Martin (77) seorang mantan insinyur proyek di area 51, Kolonel Hugh Slater (87) mantan komandan markas area 51 di tahun 1960an, Edward Lovick (90) seorang mantan penguji radar pesawat salah satunya yaitu pesawat U2, Kenneth Collins (80) seorang pilot pesawat, Thornton Barnes (72) mantan insinyur proyek.


Namun sepertinya pengakuan kelima mantan karyawan Area 51 akan mengecewakan para penggemar UFO dan teori konspirasi. Menurut para mantan karyawan tadi, tidak ada sama sekali pesawat UFO maupun alien di Area 51.

Bahkan sebuah pernyataan dilontarkan oleh Thornton Barnes, "Kami memang melakukan banyak pembangunan ulang pada teknolog luar, termasuk pesawat tempur jet Soviet MiG. Pesawat itu jelas-jelas tidak mirip UFO". Lalu ia juga menjelaskan bahwa bentuk pesawat yang dibuat pipih seperti UFO memang didesain untuk dapat membawa bahan bakar dalam jumlah besar. Ia juga menegaskan bahwa badan pesawat yang dibuat dari bahan titanium itu juga akan memancarkan cahaya bila terkena sinar matahari, itulah yang banyak disangka orang sebagai UFO.

Thornton Barnes, Mantan Karyawan di Area 51

Mantan karyawan Area 51 yang lainnya yaitu Harry Martin bahkan berujar dengan nada bercanda ketika ditanyai mengenai adanya alien dan UFO di Area 51, "Orang-orang memiliki imajinasinya sendiri, kami hanya menertawakannya".


Harry A. Martin, Mantan Insinyur Proyek Area 51

Entah apakah pernyataan-pernyataan para mantan karyawan Area 51 itu memang benar adanya bahwa tidak pernah ada alien, UFO, ataupun penelitian tentang makhluk ekstraterestrial di sana atau pernyataan-pernyataan itu memang dibuat untuk tetap menyembunyikan fakta sebenarnya yang mereka bawa hingga ke alam kubur.

Entahlah.

Eya
Eya Mystery and World History Enthusiast

Posting Komentar untuk "Area 51"