Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Jiwa Manusia Memiliki Berat? Teori 21 Gram




Pada 10 April 1901, sebuah eksperimen aneh dilakukan di Dorchester, Massachusetts. Seorang dokter bernama Duncan MacDougall ingin membuktikan pada dunia bahwa jiwa manusia memiliki massa atau berat dan dapat dihitung.

Doktor Duncan MacDougall mengadakan sebuah eksperimen aneh terhadap pasiennya yang sedang meregang nyawa. Eksperimen ini dilakukan pada 6 orang pasiennya dengan meletakkan mereka pada sebuah timbangan yang dirancang khusus. Mereka diletakkan saat masih hidup namun mendekati kematian mereka atau saat para pasien sekarat.

Pasien-pasien terpilih berdasarkan dekatnya waktu kematian mereka yang telah diperkirakan oleh sang dokter. Dua orang pasien menderita tuberkulosis, lima orang pria dan satu orang wanita. 

Timbangan yang digunakan untuk menimbang berat jiwa manusia

Doktor Duncan MacDougall kemudian mulai menimbang pasiennya yang sedang sekarat. Pasien pertama tersebut tak lama kemudian meninggal dunia. Saat pasien yang pertama tersebut meninggal, hal aneh dan menarik pun terjadi. 

Ketika pasien diletakkan pada balok tersebut dan mereka meninggal dunia, berat badan pasien tersebut dipastikan telah berkurang 3/4 dari 100 gramnya yaitu sekitar 21 gram. Eksperimen pun berlanjut pada pasien-pasien berikutnya dan hasilnya ternyata sama. Inilah yang kemudian dikenal dengan teori 21 gram.

Berdasarkan pada hasil eksperimen dan diskusi dengan dokter lainnya akhirnya disimpulkan bahwa orang yang meninggal telah kehilangan berat badannya sebesar 3/4 dari 100 gram atau 21 gram. Dr. Duncan MacDougall pun akhirnya sampai pada sebuah kesimpulan bahwa berat atau massa dari jiwa manusia adalah 21 gram.

Tak puas sampai di sana, Dr.MacDougall juga melakukan eksperimen yang sama pada 15 ekor anjing. Namun yang terjadi justru hewan ini tidak kehilangan massa tubuhnya saat mati. Sebuah eksperimen yang sama pun dilakukan pada tikus oleh H. LaV Twining seorang guru di Los Angeles Polytechnic High School yang menghasilkan kesimpulan bahwa tikus juga tidak memiliki berat yang berkurang saat mati.

Dr. Duncan MacDoughall mengakui bahwa masih diperlukan eksperimen mendalam mengenai hal ini. Ia pun memutuskan untuk melakukan percobaan selanjutnya untuk membuktikan teori 21 gramnya tersebut. Namun sebelum sempat melakukan eksperimen yang tergolong tidak etis di masa sekarang ini, Dr. Duncan MacDoughall meninggal dunia pada tahun 1920.

Eya
Eya Mystery and World History Enthusiast

Posting Komentar untuk "Apakah Jiwa Manusia Memiliki Berat? Teori 21 Gram"