Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Misteri Di Balik Lagu Gloomy Sunday




Konon ada sebuah lagu yang bila diputar, maka akan membuat orang yang mendengarkannya ingin bunuh diri. Lagu tersebut adalah "Gloomy Sunday" atau yang berarti "Minggu Yang Suram". Pemerintah Hungaria bahkan sampai menerbitkan larangan pemutaran lagu ini di muka umum. Benarkah lagu ini memang benar-benar dapat membuat orang ingin mengakhiri hidupnya?

Lagu Gloomy Sunday merupakan sebuah lagu karangan seorang penyair asal Hungaria, Laszlo Javor pada tahun 1935. Kemudian karangan syair yang dibuat oleh Laszlo Javor tersebut digubah dan dijadikan irama musik oleh Rezsoe Seress.

Setelah dilakukan gubahan itulah, lagu Gloomy Sunday meledak di pasaran dan disukai oleh banyak orang. Namun hanya selang beberapa hari sejak peluncuran perdana lagu tersebut, sebuah peristiwa memilukan terjadi.

Lagu Gloomy Sunday yang awalnya dibuat oleh Laszlo Javor untuk kekasih hatinya tersebut, justru membuat sang wanita bunuh diri. Sebelum mengakhiri hidupnya, kekasih Laszlo Javor tersebut menuliskan sebuah surat terakhir yang berisi niatannya untuk mengakhiri hidup yang berbunyi Gloomy Sunday. Peristiwa ini membuat Lazlo Javor sangat terpukul. 


Namun rupanya orang yang memilih mengakhiri hidupnya setelah mendengar lagu ini bukan hanya kekasih Lazlo Javor. Konon ada seorang pegawai negeri yang juga melakukan bunuh diri setelah mendengar lagu Gloomy Sunday. Orang tersebut bunuh diri dengan cara menembak dirinya sendiri dan ditemukan dengan secangkir kopi dan lirik lagu Gloomy Sunday di dekatnya.

Lembar Asli Lagu Gloomy Sunday

Kasus bunuh diri akibat lagu ini pun semakin banyak. Seorang wanita nekat minum racun setelah mendengarkan lagu ini. Ada juga seorang pria yang menembak dirinya sendiri di sebuah restoran di kawasan Budapest tepat setelah sebuah band membawakan lagu Gloomy Sunday di restoran tersebut.

Banyaknya korban berjatuhan akibat diputarnya lagu ini membuat pemerintah Hungaria melakukan pelarangan pemutaran lagu ini di tempat-tempat umum. Bukan hanya di Hungaria saja ternyata, lagu Gloomy Sunday juga dilarang diputar di negara Inggris dan Amerika yang ternyata juga telah memakan korban di negara tersebut. Tidak tanggung-tanggung bahkan telah ada sekitar 200 laporan percobaan bunuh diri akibat lagu ini.

Seorang wanita asal New York yang berprofesi sebagai sekretaris ditemukan tak bernyawa setelah mendengar lagu ini. Ia memutuskan untuk bunuh diri dan meninggalkan surat wasiat agar lagu Gloomy Sunday diputar di pemakamannya. Warga New York lainnya yang telah berusia 82 tahun juga ditemukan meninggal dunia setelah melompat dari jendela apartemennya di lantai tujuh. Sebelum kejadian, ia terlihat memainkan lagu Gloomy Sunday dengan pianonya.

Berita memilukan juga ternyata menghampiri sang penggubah lagu Gloomy Sunday, Rezsoe Seress. Seress ditemukan telah tak bernyawa setelah melakukan bunuh diri dengan melompat dari sebuah bangunan di lantai 8.

Sejak itu lagu Gloomy Sunday hampir tidak pernah lagi terdengar hingga pada era 90an seorang penyanyi jazz wanita ternama, Billie Holiday menyanyikan kembali lagu tersebut. Tanpa diduga lagu tersebut meledak dan menjadi hits serta diputar di radio-radio di seluruh dunia. Entah mengapa tingkat bunuh diri menjadi sangat tinggi ketika lagu ini diputar. Apakah lagu ini memang dikutuk atau kasus bunuh diri yang terjadi hanya kebetulan semata? Entahlah...



Berikut ini adalah lirik lagu Gloomy Sunday tersebut:

Lirik Lagu Gloomy Sunday



Eya
Eya Mystery and World History Enthusiast

2 komentar untuk "Misteri Di Balik Lagu Gloomy Sunday"

  1. Maaf tapi kok yg dinyanyikan Billie Holiday kok liriknya beda ya? Saya beberapa kali mendengarkan lagu ini tapi ada perbedaan diliriknya kurang lebih begini (azlyrics) :

    Sunday is gloomy
    My hours are slumberless
    Dearest the shadows
    I live with are numberless
    Little white flowers will
    Never awaken you
    Not where the black coach
    Of sorrow has taken you
    Angels have no thought of
    Ever returning you
    Would they be angry
    If I thought of joining you
    Gloomy Sunday

    Gloomy is sunday
    With shadows I spend it all
    My heart and I have
    Decided to end it all
    Soon there'll be candles
    And prayers that are sad
    I know, let them not weep
    Let them know
    That I'm glad to go

    Death is no dream
    For in death I'm caressing you
    With the last breath of my
    Soul I'll be blessing you

    Gloomy Sunday
    Dreaming
    I was only dreaming
    I wake and I find you
    Asleep in the deep of
    My heart
    Dear

    Darling I hope that my dream
    Never haunted you
    My heart is telling you
    How much I wanted you
    Gloomy Sunday

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beda versi saja.. Kalau yg di artikel itu ditulis oleh Laszlo Javor (1927) dan digubah oleh Rezso Seress. Sedangkan kalau yg dinyanyikan artis2 spt Billie Holiday, Louis Amstrong, dll itu versi bahasa inggrisnya yg memang sudah direkam dalam lebih 100 bahasa di dunia.

      Hapus