Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

This Man, Pria Misterius Dari Dalam Mimpi

Seorang psikiater terkenal kedatangan seorang pasien wanita. Pasien itu mengatakan bahwa dalam mimpinya ada seorang pria yang berulang kali muncul. Padahal ia sama sekali tidak mengenal pria itu di kehidupan nyata. Sketsa wajah pria dari alam mimpi itu pun digambar. Beberapa hari kemudian pasien lain psikiater tersebut datang dan mengenali wajah itu dan mengatakan kalau pria itu juga sering mengunjunginya dalam mimpi!

New York, Januari 2006. Seorang wanita melangkahkan kakinya ke tempat praktek psikiater langganannya. Beberapa hari ini dia mengalami mimpi berulang yang cukup menggangu. Ia pun mengonsultasikan masalahnya pada psikiater itu.

Menurut pengakuannya, pria misterius itu muncul berulang kali dalam mimpinya. Dalam kemunculannya, dia selalu memberinya nasihat tentang kehidupan. Wanita ini merasa aneh karena pria tersebut sama sekali tidak dikenalinya dalam kehidupan nyata. Dia bersumpah sama sekali belum pernah bertemu dengannya seumur hidup. Siapa pria itu sebenarnya?

Sketsa wajah pria itu pun kemudian digambar. Sketsa itu berada di atas meja sang psikiater bersama dengan kertas-kertas lainnya dan mulai terlupakan.

Sampai suatu hari, seorang pria yang juga merupakan pasiennya datang ke ruangannya. Di sela-sela sesi konsultasinya, ia tanpa sengaja melihat sketsa itu di atas meja. Pasien itu segera mengenali wajah yang tergambar di sana dan mengatakan kalau pria itu sering mengunjunginya dalam mimpinya. Sama seperti pasien wanita sebelumnya, ia mengaku sama sekali belum pernah bertemu atau bahkan melihatnya di dunia nyata.


Setelah mendengar cerita yang sangat aneh tersebut, Psikiater itu lalu memutuskan untuk mengirim gambar wajah pria tersebut ke beberapa rekannya yang juga memiliki pasien dengan mimpi berulang. Dalam beberapa bulan, empat pasien mengenali pria itu. Mereka semua mengaku sering didatangi pria itu dalam mimpi.

Setelah itu pria misterius dari alam mimpi ini pun dijuluki dengan sebutan “This Man”.

Pada tahun 2008, seorang pemasar Italia bernama Andrea Natella membuat situs web bernama “Ever Dream This Man?” dengan domain thisman.org. Meskipun telah dibuat sejak tahun 2008, namun baru pada Oktober 2009 situs tersebut mendapat perhatian luas para pengguna internet di seluruh dunia.

Kalian tahu sebenarnya cerita di atas didapat dari situs tersebut. Menurut situs tersebut sketsa wajah This Man ini pertama kali digambar oleh " psikiater terkenal " dari New York yang ada dalam cerita. Tapi sayangnya tidak disebutkan identitas sang psikiater terkenal.

Setidaknya mulai Januari 2006 hingga saat ini, setidaknya lebih dari 2000 orang telah mengklaim bahwa mereka telah melihat pria ini dalam mimpi mereka. Orang-orang tersebut bukan hanya dari New York atau Amerika Serikat, namun dari berbagai kota di seluruh dunia: Los Angeles, Berlin, Sao Paulo, Teheran, Beijing, Roma, Barcelona, Stockholm, Paris, New Delhi, hingga Moscow.



Cerita dari orang-orang yang mengaku melihat This Man ini dalam mimpi mereka ini sungguh beragam. Ada seseorang yang enggan menyebutkan namanya, mengatakan kalau pria dalam mimpi tersebut adalah seorang guru sekolah di Brasil yang memiliki enam jari di tangan kanannya. Ada juga klaim yang mengatakan kalau dia adalah seorang guru India bernama Arud Kannan Ayya.

Selain itu, pengalaman dari orang-orang yang memimpikan tentang pria ini berbeda-beda. Ada yang bermimpi dalam situasi romantis, seksual, menakutkan, mematikan hingga ada juga yang memimpikan terbang bersama pria ini. Namun ada juga yang bermimpi pria ini hanya melihatnya dan tidak melakukan apa pun. Ia juga dilaporkan jarang berbicara dalam mimpi.

Bisa disimpulkan kalau kemunculan pria ini dalam mimpi orang-orang benar-benar tidak memiliki pola tertentu.

Manusia nyata yang terlihat seperti This Man tidak pernah diidentifikasi, begitu juga dengan suaranya. Jauh lebih sulit bagi seseorang untuk mengingat suara dalam mimpi daripada visualnya.

Si pembuat situs, Natella, mengklaim kalau dirinya telah menerima ribuan surat dan email yang berbagi pengalaman tentang mimpi mereka bertemu dengan This Man. Selain itu Natella juga menerima banyak foto orang-orang yang dianggap mirip dengan This Man.

Tak hanya itu saja, banyak pula yang membandingkan penampilan This Man dengan tokoh-tokoh terkenal di kehidupan nyata yang dianggap mirip seperti Abdel Fattah el-Sisi dan Andrew Lloyd Webber. Selain itu ada pula karakter fiksi seperti dalam The Man from Another Place dan The Dummy yang dianggap memiliki kemiripan.

Abdel Fattah el-Sisi


Tak lama setelah kisah This Man ini mulai menyebar dan menjadi terkenal, banyak kecurigaan muncul. Mereka curiga kalau kisah ini hanya karangan dengan suatu tujuan.

Kecurigaan datang dari pengguna situs terkenal 4chan, blog ASSME dan io9 yang menduga bahwa kisah This Man ini sebenarnya adalah aksi pemasaran gerilya. Pasalnya mereka menemukan situs ThisMan.org di-host oleh perusahaan yang sama yang juga menjadi tuan rumah situs bernama guerrigliamarketing. Situs itu merupakan biro iklan palsu yang merancang tipuan subversif dan menciptakan proyek seni aneh yang mengeksplorasi pornografi, politik, dan periklanan.

Sebuah makalah yang diterbitkan pada tahun 2012 berjudul "Viral 'K' Marketing" akhirnya mengkonfirmasi bahwa kisah This Man tidak nyata, melainkan hanya sebuah taktik pemasaran.

Namun, meskipun akhirnya Natella mengakui ThisMan.org hanyalah taktik pemasaran, dia tidak pernah mengungkapkan apa yang dipromosikan. Meurut beberapa sumber, termasuk The Kernel, menduga kalau sebenarnya situs tersebut dimaksudkan untuk mempromosikan film dengan nama yang sama oleh Bryan Bertino , penulis dan sutradara The Strangers (2008).

Pada Mei 2010, Ghost House Pictures membeli ThisMan.org, yang mengumumkan bahwa mereka menulis dan menyutradarai film tentang This Man ini, dengan Bertino bertindak sebagai penulis dan sutradara. Tidak ada pengumuman lebih lanjut tentang film tersebut sejak saat itu.

Sebuah artikel tahun 2014 dari Mysterious Universe meyakini bahwa beberapa orang mengalami mimpi yang sama itu mungkin terjadi. Mereka mengutip dari teori pola dasar Jung dan juga Ervin László Teori Bidang Akashic, energi misterius dari Bidang Titik Nol. Apalagi setelah gambar This Man bertebaran di mana-mana, bukan sesuatu yang mustahil sosok pria itu benar-benar masuk ke alam bawah sadar seseorang hingga memimpikannya berulang kali.

Jika memang This Man ditujukan untuk pemasaran, maka benar apa kata Annalee Newitz dari io9 bahwa This adalah karya terbesar Andrea Natella, yang meskipun murahan dan sedikit menakutkan, namun itu sungguh menakutkan dan berpengaruh. Tak salah karena setelah kisah This Man terkenal, pengguna internet memposting meme tentang This Man disandingkan dengan wajah tokoh-tokoh terkenal seperti Karl Marx hingga Barrack Obama.

Selain itu, This Man juga muncul sebentar dalam film Korea Selatan 2017 Lucid Dream dan juga salah satu episode tayangan The X-Files " Plus One”.

Tak hanya muncul di meme dan film, This Man juga menjadikan sosok ini  manga pada Majalah Weekly Shonen tahun 2018. Dan baru-baru ini sebuah video game The Somnium Files menyertakan penampilan This Man dalam dua segmen puzzle-nya.

Referensi:

https://www.thisman.org/
https://en.wikipedia.org/wiki/This_Man

Kasih komentar yaa.. Tanpa kalian apalah arti aku menulis. Kalian adalah penyemangat setiap kalimat demi kalimat yang kutulis, setiap artikel yang kuposting.. ;)

Perhatian: Mohon hargai penulis dengan tidak mengambil atau copy paste artikel di blog ini untuk dijadikan postingan blog/website ataupun konten Youtube. Terima kasih.. ^^

Eya
Eya Mystery and World History Enthusiast

2 comments for "This Man, Pria Misterius Dari Dalam Mimpi"

  1. Alhamdulillah,ane blom pernah mimpiin dia.
    BTW,ane bacanya siang² kok masih merinding yak :v?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau gitu mungkin malam ini, Tsubasaki. Hati-hati ya hehehe... :)

      Delete