Apa yang Sebenarnya Terjadi Pada Madeleine McCann?




Kate dan Gerry McCann mungkin tidak pernah menyangka bahwa liburan mereka ke sebuah resor di Praira da Luz, Portugal pada tahun 2007 akan menjadi saat terakhir bersama dengan Madeleine, sebelum akhirnya putri kecil mereka itu menghilang. Ada banyak sekali teori dan dugaan bahkan salah satunya mengatakan bahwa orang tuanya sendiri terlibat dalam hilangnya pada gadis kecil itu. Tetapi apa yang sebenarnya terjadi pada Madeleine terus meninggalkan misteri hingga hari ini...

Madeleine McCann yang lahir pada 12 Mei 2003 adalah putri pasangan Kate dan Gerry McCann. Kate Marie McCann adalah sarjana kedokteran dari University of Dundee. Dia mengambil spesialis kebidanan dan ginekologi, kemudian anestesi, dan akhirnya praktik umum. Sementara itu Gerard Patrick McCann atau Gerry adalah konsultan ahli jantung di Rumah Sakit Glenfield, Leicester. Keduanya bertemu di Glasgow pada tahun 1993 dan akhirnya menikah pada tahun 1998. Madeleine lahir tahun 2003 dan si kembar, laki-laki dan perempuan lahir pada 2005.

Pada akhir April 2007 keluarga McCann yaitu Gerry, Kate, Madeleine, dan dua adik kembar Madeleine yang berusia 2 tahun pergi berlibur ke Portugas. Keluarga asal Inggris ini memilih untuk menginap di apartemen liburan di sebuah resor di Praia da Luz, di wilayah Algarve, Portugal.

Keluarga McCann

Bersama-sama dengan keluarga ini juga ada teman keluarga dan juga anak-anak mereka yang juga menginap di tempat yang sama. Mereka adalah Fiona dan David Payne, keduanya dokter bersama dua anak mereka serta ibu Fiona yang bernama Dianne Webster. Keluarga McCann sudah mengenal keluarga Payne selama bertahun-tahun. Kate bertemu dengan Fiona tahun 2000 ketika keduanya bekerja di unit perawatan intensif Leicester General Hospital.

Selain itu ada juga Jane Tanner, seorang manajer pemasaran, dan pasangannya Russell O'Brien, seorang dokter yang sedang berlibur dengan dua anak mereka. Kemudian ada Matthew Oldfield, dokter juga, yang bersama istrinya Rachel Oldfield, seorang pengacara, dan putri mereka. Gerry, Russell, dan Matthew ketiganya adalah dokter dan telah bekerja bersama selama bertahun-tahun. Jadi bisa dikatakan bahwa liburan ini adalah liburan antar keluarga.


Kronologi Hilangnya Madeleine

Madeleine yang lahir di Leicester digambarkan sebagai gadis kecil berambut pirang dengan mata biru kehijuan. Gadis cantik itu memiliki ciri fisik khusus yaitu bintik coklat kecil di betis kirinya dan juga garis hitam khas di iris mata kanannya.

Madeleine McCann

Keluarga McCann tiba pada hari Sabtu, 28 April 2007, untuk liburan musim semi selama 7 malam di Praia da Luz, sebuah tempat dengan populasi 1000 orang yang dikenal juga sebagai "Inggris kecil" karena banyak pemilik properti dan juga wisatawan Inggris yang berkunjung ke sana.

Keluarga McCann memesan tempat liburan mereka melalui perusahaan liburan Inggris bernama Mark Warner Ltd. Keluarga ini ditempatkan di 5A Rua Dr Agostinho da Silva, yaitu sebuah apartemen yang dimiliki oleh seorang pensiunan guru dari Liverpool, salah satu dari beberapa properti milik pribadi yang disewa oleh perusahaan.

Baca juga: Hilang Misterius di Kereta, Misteri Terbesar Bapak Sinematografi Louis Le Prince

5A adalah apartemen dua kamar tidur di lantai dasar di blok kelima dari sekelompok apartemen yang dikenal sebagai Waterside Village, yang terletak di pinggiran bagian resor Ocean Club Mark Warner. Sementara itu, Matthew dan Rachel Oldfield berada di sebelahnya 5B, sedangkan Jane Tanner dan Russell O'Brien berada di 5D. Keluarga Payne dan Dianne Webster berada di lantai pertama.

Terletak di sudut Rua Dr Agostinho da Silva dan Rua Dr Francisco Gentil Martins, apartemen 5A dapat diakses oleh publik dari 2 sisi. Pintu teras kaca yang digeser di ruang tamu di belakang menghadap kolam renang Ocean Club, lapangan tenis, restoran dan bar tapas. Pintu teras dapat diakses melalui jalan umum, Rua Dr Francisco Gentil Martins, di mana sebuah gerbang kecil dan serangkaian tangga mengarah ke balkon dan ruang tamu 5A. Pintu depan 5A berada di seberang blok dari Ocean Club, di Rua Dr Agostinho da Silva.



Anak-anak keluarga McCann tidur di kamar sebelah pintu depan, tempat keluarga McCann tetap terkunci. Kamar tidur itu memiliki satu jendela setinggi pinggang dengan tirai dan rana eksterior logam, yang terakhir dikendalikan oleh kabel di dalam jendela; Keluarga McCann menutup tirai dan rana sepanjang liburan. Jendela itu menghadap ke jalan setapak sempit dan parkir mobil penghuni, yang dipisahkan dari jalan oleh tembok rendah. Madeleine tidur di satu temoat tidur di sebelah pintu kamar tidur, di seberang kamar dari jendela, sementara di kembar berada di dipan di tengah ruangan. Ada satu tempat tidur tunggal di bawah jendela.

Pada hari terakhir liburan itu, nak-anak menghabiskan hari mereka di Kid's Club yang berada di resor. Pada siang hari mereka makan siang di apartemen sebelum menuju kolam renang.

Kate sempat mengambil foto Madeleine pada pukul 2:29 siang itu,. Gadis kecil itu tengah duduk di tepi kolam di sebelah ayahnya dan saudara perempuanya yang berusia 2 tahun. Foto ini menjadi foto terakhir Madeleine.

Foto terakhir Madeleine McCann

Pada pukul 18:00 Kate membawa mereka kembali ke 5A, sementara ayah mereka mengikuti kelas tenis. Kate menidurkan anak-anak sekitar pukul 19:00. Madeleine tertidur dengan piyama Marks dan Eeyore lengan pendek berwarna pink dan putih merek Spencer. Di samping selimutnya ada mainan kesayangannya Cuddle Cat.

Pada pukul 20:30 orang tua meninggalkan apartemen 5A untuk makan bersama teman-teman di restoran tapas terbuka Ocean Club, yang terletak di sisi lain kolam renang. Apartemen 5A terletak sekitar 55 meter dari restoran yang terlihat berjalan di sepanjang jalan umum untuk mencapai pintu resor Ocean Club. Bagian atas apartemen terlihat dari restoran tapas, tetapi bukan pintu. Pintu-pintu teras hanya bisa dikunci dari dalam, jadi keluarga McCann membiarkannya tertutup tetapi tidak dikunci, dengan tirai tertutup, sehingga mereka bisa keluar masuk untuk memeriksa anak-anak. 

Staf resor telah meninggalkan catatan di buku pesan di area penerimaan kolam renang. Isi catatan itu mengatakan anak-anak mereka tertidur di apartemen. Keluarga McCann dan teman-teman mereka meninggalkan restoran kira-kira setiap setengah jam untuk memeriksa anak-anak mereka. Jadi mereka secara bergantian memeriksa.

Ayah Madeleine memeriksa apartemen 5A sekitar pukul 21:05. Saat itu anak-anak sudah tertidur dan semuanya tampak baik-baik saja. Tetapi ia meninggalkan pintu kamar anak-anak sedikit terbuka sebelum kembali ke restoran.

Apartemen tempat hilangnya Madeleine McCann

Pada pukul 21.30, Ibu Madeleine berniat memeriksa anak-anak, tetapi Matthew Oldfield menawarkan diri untuk melakukannya. Ia juga hendak memeriksa anaknya. Oldfield memperhatikan bahwa pintu kamar anak-anak terbuka lebar, tetapi karena tidak mendengarkan suara apa-apa dan tidak menaruh curiga, dia meninggalkan 5A tanpa melihat lagi ke dalam. Dia tidak ingat apakah jendela kamar dan penutup luar terbuka pada saat itu. Pada awal penyelidikan, polisi Portugal menuduh Oldfield terlibat karena secara sukarela melakukan pemeriksaan. Bisa saja pria itu telah menyerahkan Madeleine kepada seseorang melalui jendela kamar tidur.

Kate lalu pergi memeriksa sendiri sekitar pukul 22:00. Kate memasuki apartemen melalui pintu teras yang tidak terkunci di belakang, dan memperhatikan bahwa pintu kamar anak-anak terbuka lebar. Ketika dia melihat ke dalam, Cuddle Cat milik Madeleine dan juga selimut pink masih ada di tempat tidur, tetapi Madeleine tidak ada. Kate sempat mencari sebentar di apartemen. Ketika menyadari bahwa putrinya memang tak ada di sana, ia segera berlari kembali ke restoran, dan berteriak, "Madeleine hilang! Seseorang mengambilnya!".

Baca juga: Misteri Hilangnya Anak-Anak Beaumont

Sekitar pukul 22:10 ayah Madeleine meminta Matthew Oldfield untuk pergi ke meja resepsionis resor untuk menghubungi polisi dan pada pukul 22:30 resor mengaktifkan protokol pencarian anak hilang.

Dua petugas dari Garda Nacional Republicana (GNR) tiba di resor pada pukul 23:10 dari Lagos. Kate McCann mengatakan petugas kriminal tiba tepat setelah pukul 01:00. Pada pukul 02:00 dua anjing patroli dibawa ke resor dan pada pukul 08:00 dikerahkan lagi empat anjing pencari. Enam puluh staf dan tamu melakukan pencarian sampai pukul 04:30.  Petugas juga kemudian mulai mencari di saluran air, sumur, hingga selokan.


Keterangan Tanner

Salah satu dari rekan McCann yaitu Jane Tanner melaporkan telah melihat seorang laki-laki menggendong seorang anak malam itu. Laporan ini menjadi bagian penting dari penyelidikan awal. Jane memang meninggalkan restoran tepat pada pukul 21:00 untuk memeriksa putrinya sendiri. Dia lalu berhenti untuk mengobrol dengan seorang wisatawan Inggris. Tetapi menurut keterangan beberapa orang, mereka tidak ingat melihat Tanner malam itu. Ini membingungkan polisi Portugal dan sempat membuat mereka menuduh Tanner.

Tanner mengatakan pada polisi bahwa sekitar pukul 21:15 dia melihat seorang pria yang membawa seorang anak kecil berjalan melintasi persimpangan Rua Dr Francisco Gentil Martins dan Rua Dr Agostinho da Silva tepat di depannya. Dia tidak jauh dari kamar tidur Madeleine.

Pada hari-hari awal penyelidikan, hal ini dianggap penting karena orang tersebut diketahui menuju ke tempat pria bernama Robert Murat, pria Inggris-Portugal berusia 33 tahun yang tinggal dekat apartemen 5A dan sekaligus menjadi tersangka pertama kasus ini.

Menurut keterangan Tanner, anak dalam pelukan pria itu mengenakan piyama merah muda dengan pola bunga mirip dengan Madeleine. Tanner menggambarkan pria itu berkulit putih, berambut gelap, tinggi 5 kaki 7 inci, berparas Eropa, berusia 35-40 tahun, dan mengenakan celana panjang emas atau warna krem serta jaket gelap. Ia juga mengatakan bahwa pria itu sama sekali tidak melihat seperti turis.

Tanner memberi tahu polisi Portugal, tetapi mereka tidak meneruskan deskripsi tersebut pada media sampai 25 Mei. Madeleine's Fund merekrut seniman forensik untuk membuat gambar orang itu yang dirilis pada Oktober 2007.

Ilustrasi pria yang membawa Madeleine

Pada Oktober 2013, mereka mengatakan bahwa turis Inggris telah diidentifikasi sebagai orang yang dilihat Tanner; dia telah kembali ke apartemennya setelah menjemput putrinya ke klub malam Ocean  Club. Scotland Yard mengambil foto pria yang mengenakan pakaian yang sama atau mirip dengan yang ia kenakan pada malam hari, dan berdiri pada posisi yang mirip dengan yang dilaporkan Tanner. Piyama yang dikenakan putrinya juga cocok dengan yang dilaporkan Tanner. Detektif utama Operation Grange, DCI Andy Redwood mengatakan mereka hampir yakin bahwa pria itu bukan penculiknya.


Keterangan Martin dan Mary Smith

Laporan Tanner yang ternyata salah dianggap sebagai hal penting karena memungkinkan penyelidik untuk fokus pada laporan lain tentang seorang pria yang membawa anak malam itu. Laporan lainnya yaitu dilaporkan ke polisi Portugal pada tanggal 26 Mei 2007 oleh Martin dan Mary Smith asal Irlandia yang juga berada di Praia da Luz untuk berlibur. Scotland Yard menyimpulkan pada tahun 2013 bahwa laporan Smith dapat memperkirakan waktu penculikan Madeleine.

Pasangan Smith ini mengaku melihat seorang pria sekitar pukul 22:00 di Rua da Escola Priamria, 460 meter dari apartemen McCann, berjalan menuju Rua 25 de Abril dan pantai. Dia menggendong seorang gadis berusia 3-4 tahun, memiliki rambut pirang dan kulit pucat, mengenakan piyama berwarna terang, dan bertelanjang kaki.

Pria itu digambarkan berusia pertengahan 30an, dengan tinggi sekitar 175-180 cm, tubuh ramping atau normal, dengan rambut coklat pendek dan mengenakan celana berwarna krem. Pria itu tidak terlihat seperti turis. Menurut pasangan ini pula pria itu tampaknya tidak nyaman menggendong anak tersebut. Perkiraan wajah pelaku dirilis oleh Scotland Yard pada tahun 2013.

Perkiraan wajah pelaku menurut kesaksian pasangan Smith, dirilis oleh Scotland Yard tahun 2013


Kesalahan Saat Pemeriksaan

Diakui secara luas bahwa ada beberapa kesalahan yang dilakukan setelah Madeleine menghilang. Misalnya saja polisi perbatasan maupun laut tidak diberikan deskripsi Madeleine selama berjam-jam, padahal bisa saja pelaku melintas di jalanan dengan menggunakan kendaraan. Petugas juga tidak melakukan pencarian dari rumah ke rumah. Selain itu, polisi juga tidak meminta gambar pengintaian jalan raya antara Lagos dan Vila Real de Santo Antonio di perbatasan Spanyol.

Selain itu pula tidak semua orang di resor pada saat itu diwawancarai. Bahkan sejumlah turis yang mengikuti kasus ini kemudian menghubungi polisi dan mengatakan kalau tidak ada yang meminta keterangan atau kesaksian pada mereka. Lokasi kejahatan juga tidak diamankan. Polisi mengambil sampel dari kamar tidur Madelaine yang dikirim ke tiga laboratorium forensik di Portugal, tetapi itu dilakukan setelah sekitar 20 orang secara bebas keluar masuk apartemen 5A sebelum benar-benar ditutup.

Baca juga: Misteri Hilangnya Anak-Anak Keluarga Sodder

Ibu Madeleine juga mengatakan seorang petugas menempelkan selotip di ambang pintu kamar anak-anak, tetapi pergi pada pukul 03:00 tanpa mengamankan apartemen. Seorang petugas juga membersihkan bagian luar jendela kamar tidur untuk sidik jari tanpa mengenakan sarung tangan atau pakaian pelindung lainnya.

Pada tahun 2009, orang tua Madeleine juga merilis foto perkiraan wajah putri mereka itu saat berusia 9 tahun pada tahun 2012.



Orang tua Madeleine kemudian melanjutkan peneyelidikan dengan menggunakan jasa detektif swasta hingga Scotland Yard membuka penyelidikan sendiri, Operation Grange, pada tahun 2011. Petugas investigasi senior mengumumkan bahwa dia memperlakukan penghilangan tersebut sebagai "tindakan kriminal oleh orang asing", kemungkinan besar penculikan yang direncanakan.

Pada tahun 2013, Scotland Yard merilis gambar pria yang ingin mereka lacak, termasuk seorang pria yang terlihat membawa anak ke pantai malam itu. Operation Grange diperkecil pada tahun 2015, tetapi para detektif yang tersisa terus melanjutkan sejumlah kecil penyelidikan.

Kasus hilangnya Madeleine McCann menarik perhatian internasional bahkan cakupannya mengingatkan pada kematian Lady Diana pada tahun 1997. Orang tua Madeleine sempat menjadi sasaran tuduhan tidak mendasar keterlibatan dalam kasus ini, khususnya di berbagai surat kabar dan akun Twitter.



Tuduhan itu mengatakan Madeleine telah meninggal dalam kecelakaan di apartemen dan bahwa kedua orang tuanya telah menutupinya dengan sengaja. Seorang petugas kriminal mengakui pada 2010 bahwa polisi Portugal telah mencurigai McCann sejak awal karena pengaruh media. Kate dan Gerry McCann bahkan sempat diberi status tersangka pada September 2007, yang kemudian dicabut jaksa agung Portugal pada Juli 2008 karena kurangnya bukti.

Pada tahun 2008, mereka menerima ganti rugi dan permintaan maaf dari sejumlah surat kabar dan pada tahun 2011 McCann bersaksi di hadapan Leveson Inquiry tentang kesalahan pers Inggris.

Kate dan Gerry McCanns mendirikan Madeleine's Fund: Leaving No Stone Unturned Ltd sejak 15 Mei 2007 dan berharap suatu hari nanti putri kesayangan mereka itu bisa ditemukan.


1 Response to "Apa yang Sebenarnya Terjadi Pada Madeleine McCann?"