Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kasus Penyebar Gas Gila dari Mattoon




Pada tahun 1944 selama 2 minggu lamanya, warga Mattoon, Illinois diteror. Teror tersebut berupa serangan gas misterius yang membuat korbannya pingsan dan tak sadarkan diri. Meskipun tidak ada korban jiwa dalam kasus penyerangan ini, namun kasus ini menyita perhatian khusus karena tak ada satu pun orang yang mampu menangkap dan mengungkap identitas pelaku yang disebut "The Mad Gasser of Mattoon"

The Mad Gasser of Mattoon atau Penyebar Gas Gila dari Mattoon adalah sebutan untuk seorang penyebar gas misterius yang terjadi di Mattoon, Illinois, Amerika pada tahun 1944. Namun sebenarnya pada awal tahun 1930an, terjadi peristiwa serupa di Batetourt, Virginia.

Serangan misterius yang menimpa warga tersebut hampir terjadi di malam hari atau menjelang pagi. Kejadian yang menimpa para korban selalu sama yaitu saat mereka berada di dalam rumah. Tiba-tiba tercium bau manis yang aneh yang menyebabkan para korban meras mual dan pusing. Gejala ini kemudian diikuti dengan lumpuhnya sendi-sendi tubuh yang menyebabkan korban kebanyakan berakhir pingsan dan tak sadarkan diri. Beberapa bahkan mengalami gejala sesak nafas hingga level yang cukup parah.

Korban pertama dari kasus penyerangan di Mattoon ini terjadi pada 31 Agustus 1944. Peristiwa ini terjadi di kediaman Mr. Raef di Grant Ave. Pagi-pagi buta, Mr. Raef terbangun karena mencium bau aneh di rumahnya. Bau tersebut membuatnya mual dan muntah.

Malangnya, istrinya yang juga mencium bau tersebut. Ia yang hendak memeriksa keadaan suaminya, ketika akan bangkit dari tempat tidur menyadari bahwa ia merasakan lemas luar biasa pada tubuhnya dan tiba-tiba pingsan.

Mad Gasser of Mattoon

Uniknya terdapat laporan yang menyatakan bahwa ternyata hal yang sama juga menimpa tetangga sebelah rumah Mr. Raef yang juga mengalami hal serupa. Sementara itu, keesokan harinya pada tanggal 1 September 1944 penyerangan kembali terjadi.

Kali ini menimpa Mrs. Kearney. Pada pukul 11 malam, tiba-tiba dari dalam rumahnya ia mencium bau manis. Awalnya Mrs. Kearney mengira itu adalah bau dari bunga-bunga yang tumbuh di dekat jendela. Namun, tak lama kemudian ia merasakan lemas di kakinya. Hal ini juga menimpa anak perempuannya. Mereka kemudian segera menghubungi kepolisian yang segera datang ke lokasi.

Setelah polisi meninggalkan rumah, suami Mrs Kearney, Bert Kearney, pulang setelah bekerja sebagai supir taksi. Saat itulah ia melihat seseorang tak dikenal menutup jendela rumahnya. Bert Kearney segera melakukan pengejaran. Meskipun tak berhasil menangkap pelaku, namun Bert menggambarkan pelaku penyebar gas tersebut sebagai seorang pria dengan postur tinggi mengenakan pakaian serba hitam dan juga sebuah topi.

Berita Penyebar Gas Gila dari Mattoon di sebuah surat kabar

Beberapa hari kemudian, yaitu pada tanggal 5 September ditemukan sebuah barang bukti. Bukti tersebut adalah sebuah pakaian berwarna putih yang ditemukan oleh Carl dan Beulah Cordes pada pukul 10 malam. Sepotong pakaian tersebut ditemukan tergeletak di beranda rumah mereka. 

Saat mencium pakaian tersebut, mereka mencium bau yang menyebabkan mulut dan tenggorokan mereka terasa terbakar diikuti dengan gejala mual dan muntah. Sama seperti korban lainnya, ia juga mengalami kelumpuhan pada persendian kakinya hingga tak mampu bergerak.

Selama berpuluh-puluh tahun sejak peristiwa penyebar gas gila dari Matton ini terjadi, tidak ada satu pun orang yang mampu mengungkap identitas sang pelaku. Meskipun saat itu, pihak kepolisian setempat bahkan memberikan hadiah berupa uang sebesar US$500 bagi siapa pun juga yang mampu menangkapnya.

Peristiwa misterius ini kemudian menimbulkan teori-teori yang berkembang mengenai siapa sebenarnya pelaku penyebar gas dan apa motif di balik aksinya mengingat tidak adanya korban jiwa ataupun harta benda yang hilang.

Teori pertama dan juga paling terkenal menyatakan bahwa penyebar gas gila dari Matton hanyalah sebuah histeria massa. Mereka menyamakan kasus ini dengan kasus Phantom Barber of Pascagoula yang terjadi di Mississippi pada tahun 1942. Di mana sang pelaku juga tidak pernah dapat tertangkap dan teridentifikasi.

Teori lainnya percaya bahwa peristiwa penyebar gas gila dari Mattoon dilakukan oleh pihak Nazi terkait Perang Dunia II. Mereka percaya serangan tersebut merupakan bagian dari pengujian penggunaan bahan kimia untuk penyerangan terhadap sipil. Entah teori mana yang benar, kasus penyebar gas gila dari Mattoon ini tetap menjadi misteri meskipun telah bertahun-tahun berlalu.

Eya
Eya Mystery and World History Enthusiast

Posting Komentar untuk "Kasus Penyebar Gas Gila dari Mattoon"