7 Secret Societies Paling Berpengaruh di Dunia




Di dunia ini terdapat banyak secret societies yang keberadaan serta anggotanya menjalankan kegiatan secara sembunyi-sembunyi. Secret societies sendiri adalah kelompok rahasia yang menjalankan aktivitasnya dengan tujuan terselubung guna mendominasi segala kehidupan masyarakat. Pergerakan mereka biasanya tak terlihat dan sangat rahasia sampai-sampai tanpa disadari berbagai aspek dalam kehidupan kita ternyata tak lepas dari campur tangannya.

Berikut ini adalah 7 secret societis yang paling terkenal sekaligus berpengaruh yang ada di dunia:


1. Illuminati



Organisasi ini seringkali digambarkan dengan mata satu. Kata Illuminati berasal dari bahasa Latin Illuminatus yang berari tercerahkan. Organisasi ini didirikan pada 17 Mei 1776 oleh Adam Weishaupt. 

Organisasi ini banyak digunakan untuk menunjukkan suatu organisasi persekongkolan yang menjadi dalang dari berbagai peristiwa besar di dunia yang melibatkan pemerintahan dan aspek ekonomi. Tujuan dari organisasi ini ak lain adalah untuk menciptakan tatanan dunia baru (new world order). Saat ini simbol mata satu sering ditemui pada berbagai logo bisnis dan instansi besar, bahkan beberapa kali muncul secara jelas dalam dunia hiburan.


2. Rosicrucians



Ordo Rosicrucian memiliki lambang mawar dan salib yang melambangkan tantangan hidup dan juga pengalaman akan kebijaksanaan. Para anggota kelompok ini melakukan tradisi pergerakan Rosicrucian melakukan tradisi pergerakan dari masa purba hingga zaman modern saat ini. Anggota kelompok pertama dari masa kuno dipilih untuk meyelidiki misteri hidup dan belajar rahasia kebijaksanaan yang tersembunyi.

Para anggotanya belajar di sebuah sekolah esoterik khusus pertama pada masa Firaun Thutmose III sekitar 1500-1447 SM. Organisasi ini lalu menyebar ke Eropa dan melahirkan sejumlah nama-nama terkemuka di dunia dalam berbagai bidang. 

Tokoh-tokoh yang disebut-sebut sebagai anggota kelompok ini antara lain Leonardo da Vinci, Francis Bacon, Blaise Pascal, Isaac Newton, Benjamin Franklin, Michael Faraday, hingga Thomas Jefferson.


3. The Priory of Sion

\


The Priory of Sion atau Biarawan Sion adalah adalah sebuah secret sociey yang memiliki sejarah yang kurang jelas. Beberapa sumber menyatakan bahwa kelompok rahasia ini hanyalah hoax yang diciptakan oleh Pierre Plantard asal Prancis pada tahun 1956.

Plantard lalu membuat sejarah dan kisah mengenai kelompok ini yang ditemukan oleh Godfrey of Bauillon di Mount Zion di Yerusalem pada tahun 1099. Biarawan sion dikatakan memiliki kaitan era dengan sejarah hubungan darah dari Dinasti Merovingian dari Eropa. Mitos ini kemudian populer pada tahun 1982 melalui buku The Holy Blood and The Holy Grail dan kemudian muncul dalam novel Dan Brown, The Da Vinci Code.


4. Freemasonry



Secret Society ini termasuk dalam salah satu kelompok rahasia paling terkenal sekaligus berpengaruh di dunia. Meskipun demikian sejarah pembentukannya tidaklah begitu jelas kapan, di mana, serta siapa tokoh yang memprakarsainya. Berdasarkan salah satu sejarah, disebutkan bahwa cikal bakal kelompok ini adalah kelompok The Knights Templar.

Namun salah satu sumber menyebutkan bahwa organisasi ini mulai terbentuk pada sekitar abad 16 hingga 17 masehi. Saat ini diketahui anggota kelompok ini telah berjumlah 6 juta orang dengan anggota terbanyak berada di Amerika Serikat (sekitar 2 juta anggota).

Organisasi ini dikenal sangat tertutup dan proses penerimaan anggota dilakukan dengan sangat rahasia. Tujuan kelompok ini adalah membangun persaudaraan yang memiliki kebebasan berpikir degan standar moral yang tinggi.


5. Skull and Bones




Perkumpulan rahasia Skull and Bones adalah sebuah perkumpulan rahasia yang didirikan pada tahun 1903 di Yale University. William Russel dan Alphonso Thaft adalah dua nama yang menjadi sosok pelopor dari organisasi elit ini. 

Para anggotanya saat ini yang disebut dengan bones duduk di jajaran jabatan-jabatan strategis di pemerintahan Amerika Serikat. Beberapa nama terkenal yang merupakan anggotanya antara lain, George W. Bush, John Kerry, hingga George Walker III. Organisasi berlambang tengkorak dan angka 322 ini memiliki tradisi pengangkatan dan rekrutmen anggota yang sangat unik sekaligus mengerikan. Baca selengkapnya di sini.


6. Hermetic Order of The Golden Dawn




Hermetic Order of The Golden Dawn adalah sebuah organisasi yang mengajarkan praktik ilmu sihir, paranormal, metafisik, dan paganis pada para anggotanya. Organisasi ini berdiri sekitar abad ke 19-20. 

Uniknya empat orang pendirinya semuanya dalah anggota Freemason yaitu William Robert Woodman, Samuel Lidell MacGregor Mathers, William Robert Woodman, dan Aleister Crowley. Jika kalian ingat nama yang terakhir adalah orang yang dirumorkan mempengaruhi lagu dengan lirik misterius karya Led Zeppelin, Stairway to Heaven.


7. The Knights Templar 




Secret societies yang terakhir ini adalah cikal bakal dari Freemasonry. Kelompok ini mengawali sejarahnya sebagai ksatria templar yang hadir sejak masa perang salib meletus. Awal mula kelompok ini adalah kegiatan dari penggalian di kuil Sulaiman. Di sana mereka mendapatkan naskah-naskah kuno yang berisikan ajaran dan praktik penyembahan berhala dan segala aktivitas paganis. Naskah kuno itu adalah Kabbalah.

Memiliki sejarah yang amat panjang dari mulai pembinasaan pada ajaran hingga para anggotanya, kelompok ini mampu bertahan dan berkembang dengan amat pesat hingga hari ini. Baca selengkapnya tentang Sejarah Ksatria Templar.


0 Response to "7 Secret Societies Paling Berpengaruh di Dunia"

Posting Komentar