Merinding.com

Merinding.com

Legenda Kraken, Sang Monster Lautan




Ada seekor monster yang sejak zaman dahulu dipercaya menghuni lautan terdalam. Monster ini telah lama menjadi momok menakutkan bagi para pelaut. Kisahnya yang begitu melegenda mempercayai makhluk berukuran raksasa ini dapat membalikkan kapal dengan mudah dan membuat banyak insiden kapal beserta awaknya menghilang di tengah lautan. Monster laut ini dikenal dengan nama Kraken.

Lautan yang luas dan dalam memang menyimpan banyak misteri. Salah satu dari misteri itu adalah adanya makhluk raksasa menyerupai gurita atau cumi-cumi yang berdiam di bawah lautan. Beberapa legenda bahkan menyebutkan tubuhnya seukuran pulau. 

Ilustrasi Monster Laut Kraken

Nama Kraken sebenarnya berasal dari Bahasa Skandinavia yaitu kata "krake" yang berarti hewan yang aneh atau tidak sehat. Sebutan ini kemudian dikenal luas sebagai gurita atau cumi raksasa sang monster lautan. Kisahnya pun banyak dipercaya dan melegenda baik dalam bentuk cerita turun temurun maupun dalam bentuk lukisan. 

Salah satu lukisan yang terkenal yang menggambarkan monster Kraken ini adalah lukisan yang datang dari abad ke 18 Masehi karya Pierre Denys de Montfort.

Lukisan Kraken karya Pierre Denys de Montfort 

Sebenarnya kisah mengenai keberadaan sosok monster laut telah disinggung sejak masa Yunani Kuno. Hal ini dapat dilihat dalam salah satu legenda terkenalnya di mana diceritakan terjadi suatu pertarungan antara Perseus dengan seekor monster laut raksasa yang memiliki tentakel sangat panjang dan kuat. Makhluk ini ternyata dikirim oleh Poseidon, sang dewa laut. Inilah yang menjadi inspirasi bagi Hollywood untuk membuat film bertajuk "Clash of The Titans".

Sementara itu, pada sekitar tahun 1669 seorang penulis bernama Plinius menulis sebuah buku berjudul Naturalis Historia menceritakan tentang Polyp. Dalam bukunya tersebut, ia menggambarkan Polyp sebagai makhluk raksasa bertentakel yang tinggal di lautan dengan ciri-ciri sama persis dengan Kraken.


Peristiwa Penampakan Kraken

Banyak yang mengira bahwa monster laut ini hanyalah cerita legenda. Beberapa meyakini bahwa makhluk ini hanyalah desas-desus yang menyebar di antara para pelaut saja. Namun ternyata ada beberapa kisah para pelaut yang benar-benar pernah bertemu dengan monster lautan yang legendaris ini.

Pada tanggal 30 November 1861, para awak kapal Alencton, Perancis berhasil menangkap hewan raksasa yang bertentakel di tengah lautan di Kepulauan Canary. Namun sayangnya ketika hendak diangkat ke atas kapal, yang berhasil diangkat hanya tentakelnya saja. Tentakel tersebut kemudian diteliti. Para peneliti memperkirakan itu adalah tentakel cumi-cumi raksasa berukuran panjang paling tidak 8 meter.

Tahun 1875, Frank T. Bullen melihat seekor cumi-cumi raksasa dan paus sedang bertarung di lautan Selat Malaka. Bullen kemudian menulis sebuah buku dari pengalamannya tersebut yang berjudul "The Cruise of The Chacalot".

Tahun 1930an, kapal Angkatan Laut Norwegia bernama Brunswick tiba-tiba diserang oleh cumi-cumi raksasa. Para awak kapal yang begitu panik tak dapat berbuat banyak karena cumi-cumi itu berhasil mengombang-ambingkan kapal dan hampir menenggelamkannya. Beruntung tentakel cumi-cumi itu tersangkut di baling-baling kapal yang menyebabkan hewan itu tewas.

Kasus kemunculan cumi-cumi raksasa yang terdampar baru-baru ini terjadi pada 1 Maret 2015. Seekor cumi-cumi ukuran raksasa terdampar tewasdi pantai Punakaiki, Selandia Baru. Tak ayal cumi-cumi raksasa berukuran 50 kaki ini kemudian menjadi tontonan. Bahkan beberapa videonya beredar di Youtube.

Cumi-Cumi Raksasa Terdampar di Pantai Punakaiki, Selandia Baru

Marilah sekarang kita berandai-andai. Seandainya cumi raksasa yang ditemukan di Pantai Punakaiki tadi hanyalah anak cumi-cumi raksasa, bagaimana ukuran ibu cumi-cumi itu? Selain itu pula tidak mungkin hanya ada satu atau dua cumi-cumi seperti ini di lautan. Bisa jadi jumlah mereka ada banyak. Dan bila ukuran cumi-cumi raksasa bisa lebih besar lagi, maka suatu hal yang tidak mungkin jika hewan ini mampu membalikkan sebuah kapal. Apalagi hanya perahu kecil. 

Jadi dapat dikatakan bahwa Kraken bukan hanya sebuah isapan jempol belaka. Bisa jadi keberadaan monster laut yang melegenda ini sungguh-sungguh nyata!


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Legenda Kraken, Sang Monster Lautan"

Posting Komentar