Merinding.com

Merinding.com

Teka-Teki Cicada 3301




Pada awal Januari 2012, penggemar misteri dan ahli pemecah kode dari seluruh dunia ditantang untuk memecahkan teka-teki paling rumit di internet. Tak tanggung-tanggung, teka-teki tersebut bahkan meliputi kode-kode kriptografi rumit, teori musik klasik, bahkan hingga puisi abad pertengahan. Mereka menamakan diri sebagai "CICADA 3301".

Cicada 3301 adalah nama dari sebuah organisasi yang memasang teka-teki misterius di internet pada awal 2012. Organisasi ini total telah memasang 6 buah teka-teki rumit selama kurun waktu hingga Januari 2016.

Cicada 3301 memiliki lambang hewan Cicada (di Indonesia dikenal dengan Tonggeret) yaitu hewan yang menyerupai jangkrik. Mengapa organisasi misterius ini memasang gambar hewan Cicada sebagai lambangnya? Nama hewan Cicada diambil sebagai lambang bukan tanpa alasan. Ternyata hewan ini memiliki siklus hidup yang unik yaitu 13 atau 17 tahun. Di mana angka 13 dan 17 keduanya adalah bilangan prima.

Sementara itu angka 3301 yang berada di belakang kata Cicada juga merupakan bilangan prima. Ternyata bilangan-bilangan prima memiliki peran penting dalam penyusunan algoritma kriptografi.

Teka-teki Cicada 3301 pertama kali diposting di internet pada 4 Januari 2014. Sebuah pesan ditinggalkan di situs 4chan atas nama anonim. Isi pesannya adalah : "We are looking for highly intelligent individuals. To find them, we have devised a test.." (Kami mencari individu yang sangat cerdas. Untuk menemukan mereka, kami telah merancang sebuah tes.."

Teka-Teki Cicada 3301 (4 Januari 2012)

Sejak keluarnya tantangan teka-teki misterius tersebut, beberapa lampu jalan di negara-negara seperti Spanyol, Belanda, hingga Rusia memasang kode QR teka-teki Cicada 3301. Entah siapa yang memasang poster-poster tersebut di lokasi tidak ada yang mengetahuinya. Namun yang pasti mulai dari pemecah kode amatir, penggemar misteri, hingga detektif tertantang untuk memecahkan kode-kode rumit yang ada di dalamnya.

Poster Cicada 3301 ditempel di tiang lampu jalan ditemukan di berbagai negara
Para pemecah kode yang berusaha memecahkan teka-teki yang disusun oleh organisasi misterius ini dihadapkan pada teka-teki super rumit. Menurut beberapa orang yang mencoba untuk menerima tantangan organisasi ini, Cicada 3301 memberikan kode-kode berpola eklektik rumit. Kisarannya amat luas mulai dari abjad Anglo Saxon, puisi-puisi karangan William Blake dari abad pertengahan, Kabbalah, ajaran agama Budha, ilmu filsafat, hingga teknologi GnuPG Privacy Guard.

Dengan kerumitan kode-kode tersebut, tak heran bila tidak ada yang mampu memecahkan tantangan Cicada 3301. Namun ada satu orang remaja yang juga seorang programmer dari sekolah menengah di San Fransisco Bay mampu memecahkan kode tersebut. Ia menamakan dirinya Tekk.nolagi.

Sementara itu teka-teki yang kedua kemudian muncul satu tahun kemudian tepat pada tanggal 4 Januari 2013. Berikut isi pesan dari Cicada 3301 yang diposting melalui 4Chan.

Tantangan Kedua Cicada 3301 pada Januari 2013

Kemudian muncul lagi tantangan berikutnya pada 4 Januari 2014. Tantangan kali ini disampaikan lewat akun Twitter. Namun karena khawatir pesan tersebut palsu, para pengikut Cicada 3301 mengkonfirmasi melalui indikator tanda tangan digital yang dilindungi oleh program PGP. Setelah dilakukan hal tersebut, terbukti bahwa tantangan ini memang resmi dari Cicada 3301. Berikut isi pesan yang disampaikan organisasi ini di Twitter tepat pada pukul 23.00.

Tantangan teka-teki Cicada 2014
Namun satu tahun kemudian, tepatnya pada 4 Januari 2015, Cicada 3301 tidak merilis teka-teki seperti biasanya yang selalu tepat setiap tahunnya setiap tanggal 4 Januari. Tantangan kemudian kembali muncul di internet setahun kemudian yaitu 4 Januari 2016.

Teka-teki Cicada Januari 2016
Pemecahan kode kembali dimulai. Konon setiap tahunnya teka-teki yang diberikan bertambah sulit. Para pemecah kode bahkan memiliki sebuah forum khusus sendiri yang membahas mengnai hal ini. Sebuah petunjuk datang dari kata "Epiphany". Menurut beberapa sumber, Epiphany mengacu pada hari Epiphany yang ada dalam ajaran agama Kristen yang kebetulan jatuh pada tanggal 6 Januari.

Analisi mendalam pun dilakukan. Ternyata pada kode-kode tersebut tersemat teka-teki dari para penyair dari abad pertengahan seperti William Blake hingga penyair asal Amerika yaitu Ralph Waldo Emerson.

Karya William Blake sendiri ditampilkan melalui kolase-kolase. Karya-karyanya antara lain yaitu The Ancient of Days, Newton, dan Nebuchadnezzer. Sementara itu, ada pula gambar heksagram yang diperkenalkan oleh Aleister Crawley dan sebuah gambar simbol yang dikenal sebagai simbol dari kelompok Freemason.



Dengan begitu rumitnya pola dan teka-teki yang diberikan oleh Cicada 3301, kemudian menimbulkan pertanyaan. Apa sebenarnya tujuan dari organisasi ini? Banyak pihak menduga bahwa organisasi ini tengah melakukan sebuah proses rekrutmen untuk para calon anggotanya dari seluruh dunia. Untuk apa?

Banyak spekulasi berkembang bahwa rekrutmen tersebut dilakukan untuk mencari anggota baru untuk organisasi agen rahasia seperti CIA, MI6, dan NSA. Namun teori lainnya ada yang mengatakan bahwa Cicada 3301 hanyalah buatan dari orang-orang iseng dunia maya yang ingin mencari sensasi. Hingga kini belum diketahui siapa orang atau organisasi di balik Cicada 3301 serta apa maksud dari teka-teki Cicada masih menjadi misteri dunia internet hingga hari ini.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Teka-Teki Cicada 3301"

Posting Komentar