Misteri Hantu-Hantu di Gedung Putih (White House)




Sudah menjadi rahasia umum, istana kepresidenan Amerika Serikat yang dikenal dengan sebutan White House (Gedung Putih) memiliki sejumlah kisah-kisah misterius. Sejak ditempati pertama kali ratusan tahun silam banyak kesaksian tentang adanya suara-suara aneh yang datangnya entah dari mana bahkan sampai pada penampakan sosok hantu. Pengalaman-pengalaman misterius ini diungkapkan oleh para presiden Amerika yang pernah tinggal di sana, ibu negara, hingga staf dan pelayan kepresidenan...

White House (Gedung Putih) terletak di 1600 Pennsylvania Ave NW, Washington D.C 20500, Amerika Serikat. Gedung yang merupakan istana kepresidenan ini juga merupakan kediaman resmi bagi presiden dan keluarganya selama menjabat. Salah satu ruangan yang paling ikonik adalah Kantor Oval yang merupakan ruang kerja utama presiden.

Menurut sejarahnya, Gedung Putih dahulunya merupakan tanah milik seorang pria bernama David Burnes yang menjualnya pada tahun 1792. Pembangunan Gedung Putih memakan waktu hingga 8 tahun yaitu 1792-1800. Rancangan gedung ini dipercayakan kepada seorang arsitek Irlandia bernama James Hoban.

Gedung Putih sebenarnya dibangun pada masa presiden Amerika yang pertama yaitu George Washington, namun ia sendiri tidak pernah tinggal di dalamnya. Presiden yang pertama kali menempati Gedung Putih adalah presiden kedua yaitu John Adams (1797-1801) beserta istrinya Abigail Adams.

Abigail Adams

Presiden John Adams sebelumnya berkantor di ibu kota Amerika sebelum Washington D.C yaitu Philadelphia. Saat itu Washington D.C hanyalah sebuah kota kecil yang memiliki banyak tanah berawa di tepi Sungai Potomac.

Saat pindah ke Gedung Putih, pembangunan masih dilakukan. Selama berada di Gedung Putih, Abigail memiliki kebiasaan menjemur cuciannya di Ruang Timur (East Room). Beberapa tahun kemudian setelah presiden Amerika telah berganti, dan tahun-tahun berlalu, maka muncullah cerita itu.

Anggota staf dan pelayan kepresidenan Presiden William Howard Taft (1909-1913) melaporkan melihat hantu Nyonya Adams dengan pakaian khasnya yaitu topi berendanya berjalan menuju Ruang Timur. Pada lengannya ia membawa binatu cucian, persis seperti saat ia masih hidup. Ruangan dilewatinya akan tercium wangi lavender.

Lilian Rogers Park, seorang pekerja yang pernah berkarir di Gedung Putih selama lebih dari 30 tahun dalam memoirnya yang terbit tahun 1961 menuliskan Presiden Franklin D. Roosevelt (1933-1945) pernah mengatakan dirinya mendengar sebuah suara di Ruang Yellow Oval (Yellow Oval Room) yang mengatakan "I'm Mr. Burns". Apakah Burns yang dimaksud di sini adalah David Burns, pemilik tanah Gedung Putih sebelumnya?

Yellow Oval Room

Suara yang sama juga rupanya sempat didengar di Yellow Oval Room oleh seorang penjaga gedung masa Harry S. Truman menjabat (1945-1953). Tadinya ia mengira itu adalah suara sekretaris presiden yang bernama James Byrnes. Ia lalu mencari Byrnes, namun dirinya kemudian menyadari bahwa Byrnes hari itu tak berada di Gedung Putih.

Selain di Yellow Oval Room, rupanya ada lagi ruangan yang juga menyeramkan di Gedung Putih. Namanya Rose Room. Ruangan ini bahkan disebut-sebut sebagai ruangan yang paling menyeramkan di seluruh Gedung Putih. 

Pada masa kepresidenan Abraham Lincoln (1861-1865), istri Lincoln yang bernama Mary Todd melaporkan telah mendengar suara presiden ke 7 Andrew Jackson berteriak dan memaki di dalam kamar lamanya, Ruang Rose. Beberapa pengunjung juga melaporkan mendengar suara tawa dari ruangan tersebut.

Presiden Amerika ke 33, Harry S. Truman baru saja 2 bulan pindah ke Gedung Putih setelah pelantikannya. Ia lalu menuliskan sebuah surat pada istrinya, Bess. Dalam suratnya itu ia mengatakan betapa mengerikannya di Gedung Putih. Ia menceritakan dirinya beberapa kali mendengar suara langkah dan juga suara orang bercakap-cakap. Ia sampai membayangkan bahwa suara itu berasal dari Andy (Andrew Jackson) dan Teddy (Theodore Roosevelt).

Andrew Jackson

Beda lagi dengan pengalaman yang dirasakan Edith Wilson, istri presiden Amerika ke 28 Woodrow Wilson (1913-1921). Ia berencana membongkar kebun yang ada di Gedung Putih. Kebun itu penuh dengan mawar putih yang rupanya dulunya merupakan tanaman mendiang Dolley Madison, ibu negara istri dari James Madison (1809-1817). Menurut rumor yang beredar penampakan hantu Dolley muncul dan sangat marah pada rencana pembongkaran kebun itu. Akhirnya pembongkaran dihentikan.

Dolley Madison dan taman bunga mawar putihnya

Dari semua kisah misteri dan penampakan hantu di Gedung Putih, mungkin yang paling terkenal adalah kisah penampakan Abraham Lincoln, Presiden Amerika ke 16. Presiden yang tewas setelah ditembak di Teater Ford pada April 1865 ini dilaporkan sering menampakkan diri di Gedung Putih.


Grace Coolidge, istri presiden Calvin Coolidge (1923-1929) adalah orang pertama yang melihat penampakan hantu Lincoln. Ia melaporkan melihat penampakan sosok Lincoln di luar jendela Kantor Oval (Oval Office).

Lady Bird Johnson, istri Lyndon Johnson (1963-1969) menceritakan bahwa dirinya tengah menonton  TV sampai larut malam ketika dirinya tiba-tiba merasakan kehadiran Abraham Lincoln di dekatnya. Kebetulan yang saat itu ditontonnya pada layar TV adalah acara tentang kematian Lincoln.

Ratu Wilhelmina dari Belanda suatu ketika mengunjungi dan menginap di Gedung Putih. Selama kunjungannya tersebut ia mendengar pintu kamarnya diketuk pada malam hari. Kemudian ia mengatakan melihat penampakan Abraham Lincoln.

Abraham Lincoln

Penampakan Abraham Lincoln juga pernah dilihat oleh Perdana Menteri Inggris, Winston Churchill. Pada masa Perang Dunia II meletus, Churchill beberapa kali mengunjungi White House. Pada suatu malam saat selesai mandi, ia melihat sosok hantu Abraham Lincoln tengah duduk di dekat perapian. Maka tak heran Churchill selalu menolak masuk ke dalam kamar yang dahulunya merupakan kamar Lincoln.

Penampakan hantu Lincoln juga pernah dilaporkan sejumlah staf kepresidenan masa Ulysses S. Grant. Seorang penjaga bernama Jeremiah Jerry Smith mengaku melihat sosok sang presiden. Tak hanya itu, pada masa tersebut tahun 1870an, beberapa orang staf juga mengaku melihat penampakan seorang anak laki-laki berjalan di dalam gedung. Disebut-sebut anak itu tak lain adalah Willie Lincoln, putra Lincoln yang meninggal tahun 1862 di usia 12 tahun.

William Wallace Lincoln (Willie Lincoln)

Sementara itu, William Henry Harrison disebut juga menghantui loteng gedung White House. Ia merupakan presiden pertama yang meninggal dunia di Gedung Putih.

Referensi :

https://id.wikipedia.org/wiki/Gedung_Putih
https://www.history.com/topics/halloween/ghosts-in-the-white-house
https://www.whitehousehistory.org/press-room/press-fact-sheets/white-house-ghost-stories
https://en.wikipedia.org/wiki/List_of_Presidents_of_the_United_States


0 Response to "Misteri Hantu-Hantu di Gedung Putih (White House)"

Post a Comment