Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fenomena Suara Misterius The Hum




Pada tahun 1990an, warga yang tinggal di dekat Taos, New Mexico mulai mengeluhkan mengenai suara misterius yang mereka dengar. Suara ini dapat terdengar oleh sebagian orang dengan keadaan tempat dan kesunyian tertentu. Namun ternyata sekitar tahun 1970an dan 1980an laporan serupa juga didapati dari belahan bumi lain mengenai suara misterius ini. Suara ini dikenal juga dengan The Hum atau The Taos Hum.

The Hum atau The Taos Hum adalah suatu fenomena misterius di mana terdengar suara dengan frekuensi tertentu sehingga hanya dapat didengar saat keadaan sunyi dan juga tempat tertentu. Frekuensi suara yang dihasilkan "the hum" ini memiliki frekuensi amat rendah sehingga tidak semua orang dapat menangkap suaranya.

Disebut The Taos Hum karena fenomena suara misterius tersebut terjadi di Taos, New Mexico. Sedangkan ada pula yang terjadi di Bristol sehingga penyebutannya menjadi The Bristol Hum. Namun sebutan universalnya adalah The Hum.

The Hum sendiri mulai menarik perhatian dunia pada saat banyaknya laporan masuk oleh warga yang tinggal di sekitar Taos, New Mexico. Warga di sana mengeluhkan adanya suara misterius yang terdengar seperti berasal dari perut bumi yang terus menerus terdengar. Mulai saat itulah suara misterius ini dikenal dengan nama The Taos Hum.

Fenomena alam misterius ini sebenarnya telah lebih dulu dirasakan oleh masyarakat di Britania Raya dan Selandia Baru pada tahun 1970an-1980an. Suara The Hum sendiri dideskripsikan mirip suara dengkuran atau dengungan dan termasuk dalam jenis suara infrasonik. Dengan frekuensi hanya sekitar 10 Hertz sedangkan pendengaran manusia normal ada di batas minimal 20 Hertz. Jadi untuk dapat mendengarkannya pun, seseorang harus berada di lingkungan yang amat sunyi.



Telah banyak sekali laporan mengenai fenomena The Hum. Di Inggris, misalnya telah ada ribuan laporan yang masuk mengenai fenomena suara misterius ini. Bahkan fenomena ini telah membuat seorang warganya memutuskan untuk bunuh diri karena begitu terganggu dengan suara The Hum.

Meskipun telah ditemukan bertahun-tahun yang lalu, namun belum ada yang dapat memastikan suara apakah sebenarnya The Hum. Dari mana asal muasalnya. Penelitian terhadap fenomena ini telah menghasilkan beberapa teori dan kemungkinan yang menjelaskan mengenai asal muasal The Hum. 

Teori pertama yaitu pergeseran kutub bumi (pole shift). Menurut teori ini, suara the hum merupakan efek dari pergeseran medan magnet bumi. Pergeseran ini kemudian menghasilkan suara sub-sonik ganjil dari dasar kerak bumi. Namun suara tersebut tak dapat terdengar dengan jelas, sehingga hanya sebagian orang dan keadaan tertentu saja yang dapat menangkap bunyinya.

Pole Shift

Teori kedua yaitu suara alat berat. Menurut teori ini, penggunaan alat-alat berat oleh industri telah menimbulkan suara di sekitarnya. Contohnya saja peristiwa Bristol Hum yaitu suara dengungan yang terjadi di Bristol. Suara the hum diyakini berasal dari pabrik besar bernama Avonmouth yang terletak tak jauh dari suara dengungan terdengar. Sebagian besar suara the hum memang berasal dari kota-kota industri yang memiliki pabrik.

Teori ketiga yaitu Tinnitus yaitu telinga yang berdenging atau berdesir yang berasal dari dalam telinga atau kepala. Teori ini meyakini bahwa sebenarnya suara The Hum berasal dari telinga individu yang mendengarnya. Jadi tidak ada sangkut pautnya dengan lingkungan luar. Meskipun penyakit ini bukanlah suatu penyakit serius namun cukup banyak orang di dunia yang menderita Tinnitus. Di Amerika saja ada 36 juta masyarakatnya yang menderita Tinnitus.

Gejala Tinnitus

Teori keempat yaitu UFO. Benda terbang tak dikenal yang dikenal sebagai UFO juga kemungkinan dapat menyebabkan timbulnya suara the hum. Beberapa peneliti UFO meyakini banyak orang yang mendengar suara-suara aneh di telingan dan kepala mereka. Berdengung tak berhenti. Meskipun tampaknya teori ini sangat lemah.

Eya
Eya Mystery and World History Enthusiast

Posting Komentar untuk "Fenomena Suara Misterius The Hum"