Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Misteri Philadelphia Experiment




Pada masa Perang Dunia II tahun 1943, sebuah kapal perang angkatan laut Amerika Serikat dikabarkan mengalami teleportasi misterius. Teleportasi yang merupakan hasil eksperimen pemerintah Amerika tersebut menyebabkan kapal perang yang berada di pelabuhan Philadelphia menghilang beberapa saat dan berpindah ke Norfolk, Virginia yang berjarak 200 mil. Kisah mengenai teleportasi ini dikenal dengan Philadelphia Experiment.

Menurut kisah yang beredar pada musim gugur tahun 1943 yang bertepatan dengan meletusnya perang dunia II, pemerintah Amerika Serikat yang saat itu juga bergabung sebagai salah satu negara yang ikut andl dalam perang dunia melakukan sebuah percobaan aneh. Percobaan ini adalah bagaimana menghilangkan sebuah objek dari pandangan mata dan radar. 

Pada masa perang, tentu saja negara-negara berlomba-lomba untuk memiliki kapal perang dan peralatan super canggih tak lain untuk memenangkan peperangan. Begitu pula dengan Amerika Serikat saat itu.

Maka dimulailah sebuah percobaan untuk membuat suatu objek menjadi tak terlihat atau kasat mata dengan menggunakan medan listrik. Ide ini terinspirasi dari teori yang dikemukakan Albert Einstein yaitu Unified Field Theory. Teori ini menyatakan bahwa elektromagnetik dan gravitasi sesungguhnya memiliki hubungan dan bila diaplikasikan dapat membuat suatu objek menjadi tidak tampak (invisible).


Latar Belakang Philadelphia Experiment

Morris K. Jesssup dan bukunya "The Case for the UFO"

Kisah mengenai Philadelphia Experiment berawal dari Morris K. Jessup. Jessup adalah seorang penulis buku "The Case for the UFO". Buku tersebut diterbitkan tahun 1955 membahas mengenai piring terbang, teknologi anti gravitasi, dan tentu saja UFO. 

Setahun setelah buku tersebut diterbitkan, Morris K. Jessup menerima beberapa surat yang jumlahnya mencapai 50 buah surat yang berasal dari seorang pria bernama Carlos Allende. Dalam suratnya tersebut, Allende mengkrtik pemikiran Jessup mengenai teori unified field theory yang ia bahas dalam bukunya tersebut. Allende bahkan menawarkan diri untuk membuktikan teori tersebut dengan menceritakan mengenai pengalaman pribadinya yang berhubungan dengan teleportasi.

Carlos Allende atau Carl M. Allen

Carlos Allende yang belakangan diketahi bernama Carl M. Allen mengaku saat ia berada di atas kapal Andrew Furuseth yang berada di pelabuhan Philadelphia Naval Yard, ia menyaksikan kapal USS Eldridge yang berada tidak jauh dari sana tiba-tiba menghilang. Ia mempercayai bahwa angkatan laut Amerika telah mengadakan sebuah percobaan rahasia. Kejadian tersebut menurut kesaksiannya terjadi pada musim semi di tahun 1943.

Morris K. Jessup yang mendengar kesaksian ini kemudian memulai penyelidikan dan lantas menanyai Allende mengenai bukti yang dapat memperkuat kesaksiannya. Namun sayangnya, Allende tak dapat membuktikan kisahnya tersebut. Pada tahun 1957, setahun setelah Jessup menerima kesaksian Allende, dua orang petugas dari Office of Naval Research (ONR) mendatanginya.

Meskipun saat itu, Jessup tidak mempercayai mengenai kisah yang belakangan dinamakan Philadelphia Experimnet tersebut, namun ternyata Allende tetap menyebarkan kisah tersebut dengan cara membuat catatan kaki pada buku Jessup, mencetaknya ulang, dan menyebarkannya. 

Hal ini kemudian menjadi sangat ramai diberitakan dan dibicarakan publik. Tak tanggung-tanggung, pihak angkatan laut Amerika Serikat bahkan merasa perlu untuk membuat klarifikasi mengenai eksperimen tersebut dan mengundang Jessup untuk menglarifikasi bukunya tersebut pada tahun 1957.


Kronologi Philadelphia Experiment 

Ilustrasi Peristiwa Philadelphia Experiment

Tahun 1943 merupakan tahun kedua Amerika Serikat turut serta dalam perang dunia ke II. Pada saat itu, perang antara Amerika Serikat dengan Nazi tak dapat dihindarkan. Nazi yang memiliki kapal selam super canggih saat itu yaitu U-Boat berhadapan dengan kapal perusak Destroyer USS Eldridge. Kapal perang USS Eldridge.

Kapal perang USS Eldridge yang saat itu berada di Philadelphia Naval Shipyard, disebut-sebut memiliki generator yang terbuat dari medan magnet jenis terbaru yang dapat membuatnya tak terlihat oleh radar musuh begitu sebuah tombol diaktifkan.

Maka pada 22 Juli 1943 sebuah percobaan rahasia pun dilakukan. Pada percobaan pertama ini, konon kapal USS Eldridge dikabarkan hampir menghilang. Tidak hanya itu saja, efek dari percobaan tersebut ternyata menimpa para awak kapal. Para awak kapal dikabarkan mengalami pusing dan mual.

Percobaan kedua pun kemudian dilakukan. Percobaan kali ini dilakukan pada tanggal 28 Oktober 1943. Menurut kabar, percobaan ini disaksikan oleh banyak orang. Konon saat percobaan dilakukan, muncul kabut berwana kehijauan di sekitar objek. Begitu sebuah tombol dinyalakan, kapal tersebut seketika lenyap dari pandangan. Tak tanggung-tanggung, kapal tersebut menghilang selama 4 jam setelah kemudian kembali lagi ke tempatnya semula.

Lalu ke mana kapal tersebut pergi selama 4 jam tersebut dan apa yang terjadi pada kapal dan seluruh awak yang berada di dalamnya?

Menurut beberapa saksi mata kapal USS Eldridge tersebut terlihat di Norfolk, Virginia yang berjarak 200 mil dari Philadelphia. Namun konon sesuatu yang misterius dan mengerikan menimpa seluruh awak kapal tersebut selama eksperimen berlangsung.

Tidak seperti eksperimen pada percobaan pertama, di mana seluruh awak kapal mengalami pusing dan mual, pada percobaan kedua, seluruh awak kapal mengalami nasib yang memilukan. Walaupun beberapa ditemukan dalam keadaan sakit, tidak sedikit yang ditemukan dalam keadaan telah menjadi mayat. Beberapa awak kapal menderita luka bakar serius dan sisanya dikabarkan tiba-tiba mengalami gangguan kejiwaan parah.


Philadelphia Experiment Hoax?

Tidak hanya sampai di situ saja, beberapa awak kapal bahkan dinyatakan menghilang dan tidak pernah ditemukan.

Kisah mengenai Philadelphia Experiment yang berasal dari kesaksian Carlos Allende atau Carl M. Allen disebut-sebut hanyalah kisah fiktif atau hanya Hoax belaka. Hal ini diperkuat dengan tidak adanya bukti konkret mengenai peristiwa tersebut. Pernyataan hanya datang dari Allende saja.

Sementara itu, pihak angkatan laut Amerika Serikat sendiri telah mengkonfirmasi bahwa Philadelphia Experiment tidak pernah ada. Mereka bahkan menunjukkan bahwa catatan perjalanan kapal USS Eldridge menunjukkan bahwa pada saat peristiwa eksperimen tersebut dilakukan, kapal USS Eldridge tidak berada di Philadelphia melainkan di New York. Seorang petugas veteran kapal Eldridge bahkan pada tahun 1999 mengkonfirmasi bahwa kapal tersebut tak pernah sekalipun berlabuh di Philadelphia.

Sementara itu The Office of Naval Research (ONR) baru tebentuk pada tahun 1946. Jadi pada saat eksperimen tersebut dilakukan badan ini belum terbentu sama sekali seperti yang diceritakan oleh Allende.

Jika itu tadi beberapa hal yang sepertinya ingin membuktikan bahwa Philadelphia Experiment hanyalah Hoax, maka ada pula beberapa fakta yang justru seolah ingin membuktikan bahwa Philadelphia Experiment sesungguhnya memang benar-benar pernah dilakukan dan sengaja ditutup-tutupi oleh pemerintah Amerika Serikat. Apa sajakah itu?


Morris M. Jessup sang penulis buku ditemukan meninggal dunia tak lama setelah buku tersebut diterbitkan dan ramai dibicarakan. Ia meninggal dunia pada 20 April 1959 yang disebut-sebut kematiannya masih menyimpan tanda tanya. Mayatnya yang ditemukan di dalam mobil terkunci dengan gas karbon monoksida yang mengalir ke dalamnya diduga sebagai pembunuhan berencana yang sengaja diperlihatkan seperti kasus bunuh diri biasa.

Selain itu juga, pihak angkatan laut Amerika Serikat yang hanya berselang beberapa waktu setelah buku Jessup terbit, meminta Jessup untuk mengkonfirmasi bahwa Philadelphia Experiment hanyalah karangan semata. Padahal bila memang phak angkatan laut menganggapnya hanyalah kisah fiksi tak perlu sampai repot-repot mengundang Jessup untuk mengklarifikasi bukunya pada tahun 1957.

Nikola Tesla

Selain itu pula, muncul dugaan bahwa pemerintah Amerika memang telah berhasil mewujudkan teleportasi tersebut. Hal ini diperkuat oleh peristiwa sesaat setelah kematian Nikola Tesla pada tahun 1943. Tesla diduga telah berhasil memecahkan misteri Unified Field Theory.

Pada hari kematiannya tanggal 7 Januari 1943 di Wyndham New Yorker Hotel, pihak berwenang Amerika Serikat langsung menyita seluruh dokumen penting hasil penelitian Tesla di kamar hotelnya tersebut. Salah satu dari dokumen rahasia tersebut diduga rahasia Unified Field Theory. Baca di sini Jurnal-Jurnal Nikola Tesla yang hilang.

Eya
Eya Mystery and World History Enthusiast

Posting Komentar untuk "Misteri Philadelphia Experiment"