Fenomena Aneh Koin-Koin yang Jatuh dari Langit




Pada tahun 1982, uang koin berjatuhan entah dari mana di halaman sebuah gereja di Inggris. Uang-uang itu dipunguti oleh anak-anak yang kemudian membelanjakannya ke toko permen. Ketika ditanyakan dari mana uang itu berasal, anak-anak itu mengatakan bahwa koin-koin itu jatuh dari langit bak hujan.

Salah satu fenomena alam misterius yang pernah terjadi dalam sejarah adalah hujan aneh. Hujan-hujan ini bukannya menurunkan air sebagaimana biasanya, namun yang jatuh justru hewan hingga benda-benda tak lazim.

Pada beberapa waktu yang lalu saya pernah menulis fenomena hujan darah di Kerala, di mana di salah satu provinsi di India ini turun hujan dengan air berwarna merah darah pada awal tahun 2000an. Hujan yang aneh lainnya adalah hujan binatang (raining animals).


Menurut beberapa laporan yang terdokumentasikan, pernah ada beberapa hujan hewan yang terjadi dalam sejarah dunia. Contohnya saja apa yang disaksikan oleh prajurit Perancis di tahun 1794. Mereka menyaksikan ribuan katak jatuh dari langit. Sementara itu pada tahun 1861 di Singapura ikan dalam jumlah besar turun dari langit.



Selain katak dan ikan, hujan hewan lainnya juga pernah menurunkan ubur-ubur, ular, cacing, kelelawar, burung, angsa, bahkan kucing dan anjing. Ya, kalian tak salah baca., kucing dan anjing. 

Nah, selain fenomena hujan hewan, ada pula fenomena hujan aneh lainnya yang tak kalah membingungkan, yaitu hujan uang koin. Fenomena ini merupakan salah satu fenomena alam misterius di mana uang-uang dalam bentuk koin berjatuhan dari langit. Koin-koin itu jatuh secara misterius di halaman rumah atau jalanan.

Pada tanggal 28 Mei 1982, seorang gadis kecil sedang berjalan-jalan di halaman gereja St. Elisabeth di Redding, sebuah kota kecil dekat Manchester, Inggris. Saat itu ia melihat koin 50 pence jatuh entah dari mana. Selama berhari-hari, anak-anak lainnya juga menemukan uang koin yang sama di halaman gereja itu. 

Rupanya anak-anak itu membelanjakan koin yang mereka temukan di sebuah toko permen lokal. Sang pemilik toko kemudian curiga kalau-kalau anak-anak ini telah mencuri dari kotak di gereja. Ia lalu menghubungi pihak gereja yang mengatakan bahwa tidak ada sama sekali uang yang hilang di sana. Ketika ditanyakan pada anak-anak itu dari mana mereka mendapatkan koin-koin tersebut, anak-anak itu bersumpah koin-koin itu jatuh dari langit.

Ilustrasi koin-koin jatuh dari langit

Kejadian tadi bukan satu-satunya di mana fenomena ini terjadi. Rupanya pada Desember 1968, juga pernah terjadi peristiwa yang nyaris sama. Seorang pria di Ramsgate, Kent, baru saja keluar dari tempat perbelanjaan. Ia sedang berada di parkiran ketika tiba-tiba ia mendengar suara koin terjatuh entah dari mana. 

Seorang saksi mata bernama Jean Clements berkata pada London Daily Mirror, "ada sekitar 40-50 koin jatuh bertaburan selama 15 menit, kamu tak bisa melihatnya jatuh entah dari mana, yang terdengar hanya gemerincing di aspal."

Anehnya kondisi fisik dari koin-koin itu tampak penyok seolah-olah telah jatuh dari tempat yang sangat tinggi. Namun anehnya saat itu tidak ada bangunan tinggi di sekitar sana, dan juga tidak ada pesawat yang melintas saat itu.

Kisah lainnya datang dari seorang pria bernama Brian B. Ia tengah makan siang di sebuah restoran suatu siang di bulan September. Saat tengah berjalan pulang di area parkir, tiba-tiba ia mendengar suara gemerincing. Ia lalu melihat dua koin 1 sen tergeletak dia atas aspal. Brian lalu melihat ke sekililingnya barangkali ada yang melemparnya. Namun tak ada seorang pun di sana. Tak lama kemudian beberapa koin lainnya jatuh hingga ada 6-7 koin. Koin-koin itu adalah koin keluaran tahun 2000 dan dalam kondisi baru. 

Kisah yang nyaris sama dialami seorang wanita bernama Ellie dari Australia. Ia tengah menjemur pakaian di halaman belakang rumahnya. Saat itu angin bertiup agak kencang dan membawa daun kering dan juga debu. Ia tiba-tiba melihat sesuatu yang biru dari kejauhan, rupanya itu adalah uang $1. Beberapa hari kemudian ia juga menemukan $20 di atas rumput. Rupanya itu bukan yang terakhir. Beberapa hari kemudian ia kembali menemukan pecahan $5 dan $20.

Beberapa fenomena hujan uang juga dilaporkan terjadi di Meshchera, Rusia tahun 1940. Kemudian di Bristol, Inggris tahun 1956. Terjadi pula di Bourges, Perancis tahun 1957 di mana uang pecahan 1000 franc jatuh di antara keramaian. Pada tahun 1956, peristiwa yang nyaris serupa juga terjadi tahun 1956. Uang pecahan 1 sen dan setengah sen jatuh di antara kerumunan anak-anak di Hanham, Inggris, saat mereka pulang sekolah.

Belum ada yang mengetahui dengan pasti bagaimana fenomena aneh ini dapat terjadi. Namun jika berbicara mengenai teori ilmiah, mungkin sama seperti beberapa fenomena hujan hewan di mana badai atau angin membawa uang-uang itu dari suatu tempat. Mungkin...

Referensi :

https://www.thoughtco.com/money-from-heaven-2593136


0 Response to "Fenomena Aneh Koin-Koin yang Jatuh dari Langit"

Post a Comment