Legenda Kapal Hantu Lady Lovibond




Ada banyak legenda tentang kapal misterius berhantu yang kisahnya telah terdengar bahkan sejak ratusan tahun yang lalu. Salah satu dari kapal-kapal legendaris itu adalah sebuah kapal besar bernama Lady Lovibond. Kapal asal Inggris ini menyimpan kisah tentang percintaan, kecemburuan, hingga balas dendam. Hal yang paling menarik adalah rumor yang menyebutkan bahwa kapal ini akan selalu menampakkan dirinya setiap 50 tahun sekali!

Sepanjang sejarah dunia, ada beberapa kapal yang terkenal memiliki reputasi misterius dan berhantu. Sebut saja misalnya The Flying Dutchman, SS Ourang Medan, hingga kapal Joyita semuanya memiliki kisahnya masing-masing. Beberapa terkonfirmasi sebagai kapal yang benar-benar pernah ada, sementara sebagian lainnya dipercaya hanyalah cerita legenda. Salah satu dari kapal legendaris itu adalah Lady Lovibond.

Lady Lovibond adalah kapal Inggris yang terkenal akan kisah tragedinya yang dramatis dan terpaksa karam di salah satu wilayah yang terkenal sebagai kuburan kapal terbesar di dunia, Goodwin Sands. Bagaimana kisahnya?

Legenda ini bermula pada tanggal 13 Februari 1748. Saat itu seorang kapten kapal bernama Simon Peel (beberapa menyebutnya Simon Reed) baru saja menikah dan ia berencana akan menggelar pesta perayaan pernikahannya itu di kapal Lady Lovibond. Padahal kapal tersebut dipercaya menyimpan kutukan yang menyebutkan bila ada wanita yang naik ke kapal tersebut, maka kapal tersebut akan tertimpa bencana. Namun tampaknya Simon tak mengindahkan hal tersebut.

Pasangan pengantin baru Simon Reed bersama dengan istrinya yang bernama Annetta kemudian menyewa kapal tersebut untuk perayaan pernikahan mereka dan berlayar dari London menuju ke Oporto, Portugal. Istri Reed yang berwajah rupawan rupanya adalah mantan kekasih salah satu kru kapal bernama John Rivers yang saat itu juga bertugas di kapal tersebut. 

Terbakar emosi dan juga kecemburuan John Rivers kemudian mengambil alih kemudi kapal dan membawanya menuju Goodwin Sands. Tempat ini adalah area pasir hisap paling berbahaya di Inggris. Terletak pada jarak 6 mil dari pantai Deal, East Kent, area yang membentang sepanjang 10 mil ini terkenal sebagai tempat karamnya kapal-kapal besar. Sudah ribuan kapal yang karam di tempat itu selama ratusan tahun terakhir.

Lokasi Goodwin Sands dan kapal-kapal yang tenggelam di sana

Goodwin Sands ketika air surut

Kapal Lady Lovibond akhirnya benar-benar karam di tempat itu. Menewaskan seluruh penumpangnya. Dikabarkan tak ada seorang pun yang selamat dari tragedi itu. Meskipun pada malam di mana kapal tersebut karam, dilaporkan cuaca sedang baik dan tidak ada sama sekali badai atau ombak besar, namun insiden ini tetap dikategorikan sebagai kecelakaan dengan penyebab yang tidak begitu jelas.

Tepat 50 tahun kemudian yaitu 13 Februari 1798, kapal Lady Lovibond dilaporkan terlihat oleh kapten kapal Edenbridge, James Westlake. Menurut kesaksiannya, ia hampir saja bertabrakan dengan kapal itu sebelum akhirnya ia mampu memutar kemudi kapal hingga dapat menghindari tabrakan tersebut. Namun kapal legendaris itu dikabarkan tiba-tiba hilang secara misterius.

Lima puluh tahun selanjutnya terjadi kembali penampakan yang sama. Tahun 1848, kapal kru penyelamat dari Deal pergi menyelamatkan kapal yang terlihat karam dari kejauhan. Namun anehnya saat didekati kapal tersebut menghilang.

Selama beberapa abad telah banyak laporan penampakan kapal Lady Lovibond. Para saksi mata yang melihat kapal legedaris tersebut biasanya bersaksi hampir sama yaitu mereka seperti melihat ada sebuah kapal besar yang ramai penumpangserta terdengar pula suara riuh dan gelak tawa yang berasal dari kapal itu seperti suasana sedang berpesta. Namun begitu didekati kapal tersebut menghilang.

Pada tahun 1898 serta 1948 kapal itu dikabarkan muncul kembali. Di tahun 1948 itu, seorang kapten kapal bernama Bull Prestwick mengaku melihat Lady Lovibond dengan sangat jelas. Kapal itu menurut keterangannya disinari dengan cahaya hijau. Sementara itu menurut nelayan setempat, kapal Lady Lovibond terakhir kali terlihat pada tahun 1998. Dan diperkirakan akan kembali terlihat pada tahun 2048.

Referensi :

https://juraganmumut.com/kapal-hantu-lady-lovibond/
https://today.line.me/id/pc/article/Goodwin+Sands+Inilah+Pasir+Hisap+Paling+Berbahaya+di+Inggris+Sudah+Telan+1000+Kapal-5edfb481634593ee3d6797056197ac9b50f1a94c6e1bf9763550279b505134ad
https://www.historicmysteries.com/lady-lovibond/


0 Response to "Legenda Kapal Hantu Lady Lovibond"

Post a Comment