Teka-Teki Sandi Dorabella




Seorang komponis sekaligus penggila kode dan sandi membuat sebuah sandi yang ditujukan pada seorang gadis. Sandi yenag terdiri dari 87 karakter yang tersebar di dalam 3 baris itu tak dapat dipahami oleh sang gadis bahkan setelah berpuluh-puluh tahun berlalu. Sampai sekarang masih banyak orang yang mencoba menerka teka-teki sandi yang dinamakan Dorabella ini.

Ada banyak sandi dan kode-kode misterius penuh teka-teki yang belum pernah terpecahkan. Blog merinding.com ini juga beberapa waktu lalu pernah membahas mengenai 7 kode dan naskah yang belum terpecahkan. Nah, kali ini kita akan melihat sandi Dorabella yang cukup terkenal.

Sandi Dorabella (Dorabella Cipher) adalah sebuah sandi 3 baris dengan karakter yang nyaris sama yaitu seperti angka 3 atau e dan huruf u. 


Dorabella Cipher

Sandi ini ditulis oleh seorang komposer dan juga penggila kode dan sandi bernama Edward Elgar yang ditujukan pada seorang gadis bernama Dora Penny pada tanggal 14 Juli 1897. Edward Elgar juga dikenal membuat sebuah komposisi musik "Enigma".

Dora Penny (1874-1964) adalah seorang putri seorang pendeta di Wolverhamton bernama Alfred Penny. Ibu Dora meninggal hanya beberapa hari setelah melahirkan dirinya. Alfred Penny kemudian menikah kembali pada tahun 1895. Ibu tiri Dora Penny ini ternyata bersahabat dekat dengan Caroline Alice Elgar, yaitu istri Edward Elgar.

Dora Penny

Pada bulan Juli 1897, Edward dan Alice Elgar mengundang keluarga Penny ke kediaman mereka di Wolverhamton Rectory. Di sana, keluarga Penny menginap selama beberapa hari menghabiskan liburan musim panas.

Pada saat itu Edward Elgar adalah seorang guru musik yang menjadi komposer ternama di kemudian hari. Rupanya Dora Penny yang menyukai musik sangat tertarik pada kemampuan Edward, yang segera membuat keduanya menjadi dekat.

Tanggal 14 Juli 1897, saat keluarga Penny akan kembali ke Great Malvern, Alice Elgar menuliskan sebuah surat ucapan terima kasih kepada keluarga Penny. Pada surat itu, Edward menuliskan sebuah catatan yang diselipkan di surat tersebut yang ditujukan pada Dora Penny. Namun rupanya Dora tak dapat mengerti apa isi catatan yang tertulis dalam sandi-sandi aneh tersebut hingga tersimpan di lacinya selama 40 tahun.

Sandi Dorabella ini kemudian diketahui secara luas setelah Dora Penny menuliskan sebuah memoir tahun 1937 yaitu "Edward Elgar : Memories of a Variation" yang dipublikasikan oleh Methuen Publishing.

Seperti telah disebutkan di atas, sandi Dorabella terdiri dari 3 baris yang memiliki 87 karakter dan menggunakan 24 simbol. Seorang musikologis bernama Eric Sams pada tahun 1970 mencoba untuk menerjemahkan sandi Dorabella. Menurutnya sandi itu berisikan kalimat:

STARTS : LARKS! IT'S CHAOTIC, BUT A CLOAK OBSCURES MY NEW LETTERS, A,B [alpha, beta, 'e Greek letters or alphabet] BELOW : I OWN THE DARK MAKES E.E. SIGN WHEN ARE TOO LONG GONE.

Kemudian muncul pula teori dari Javier Atance yang mengatakan bahwa solusi untuk memecahkan kode sandi ini bukan terletak pada teks tersebut, melainkan ada kaitannya dengan melodi atau nada, mengingat Edward Elgar adalah seorang komponis.

Pada Desember 2011, seorang kriptografer asal Kanada bernama Richard Henderson mengklaim bahwa dirinya telah berhasil memecahkan sandi Dorabella. Menurut Henderson, sandi tersebut berisi kata-kata sebagai berikut:

whY AM I VERY SAD, BELLE. I SAG AS WE SEE ROSES DO. E.E. IS EVER FOND OF U, DORA. I kNOw I PEN ONE I LOVE. All Of My Affection.

Pada tahun 2007 sebelumnya, Elgar Society membuat tantangan memecahkan sandi Dorabella. Organisasi ini bahkan mengiklankan tantangannya sebagai peringatan 150 tahun kelahiran Edward Elgar. Pada kompetisi itu banyak diterima berbagai terjemahan sandi, namun menurut panitia penyelenggara, Elgar Society, tidak ada satu pun dari hasil yang diterima cukup memuaskan.

Atau kalian bisa memecahkan sandi Dorabella ini?!


0 Response to "Teka-Teki Sandi Dorabella"

Posting Komentar