Fenomena Aneh Batu Trovant dari Rumania




Di sebuah desa di Rumania terdapat fenomena geologi yang aneh sekaligus mengagumkan. Batu-batu di sana dapat membesar dan berpindah tempat layaknya makhluk hidup. Apa yang sebenarnya terjadi pada batu-batu ini dan adakah penjelasan ilmiah atas salah satu fenomena geologi paling aneh di dunia ini?

Ada beberapa fenomena batu aneh yang ada di dunia ini. Mungkin kalian pernah membaca tentang batu yang bisa berjalan (sailing rock) di Death Valley, California atau fenomena batu bernyanyi (ringing rock) yang ada di Pennsylvania. Nah, ternyata ada pula fenomena batu yang bisa tumbuh (growing rock). Seperti apa?

Batu ini bernama batu Trovant yang diambil dari sinonim dari istilah Jerman yaitu 'sandsteinkonkretionen' yang berarti pasir yang disemen. Batu-batu Trovants terletak di sebuah desa kecil bernama Costesti, Valcea County yang juga kini telah menjadi Museum Cagar Alam Trovants yang dilindungi UNESCO. Meskipun museum, namun museum cagar alam ini merupakan museum terbuka dengan luas 1,1 hektar.



Karakteristik batu Trovants sendiri memiliki bentuk beragam mulai dari bulat, lonjong, hingga menyerupai angka 8 dengan ukuran paling kecil yaitu milimeter hingga bermeter-meter.

Batu Trovants ini berbentuk bola pasir yang bisa tumbuh dan berkembang layaknya makhluk hidup. Proses ini bahkan lebih cepat lagi bila batu-batu itu diguyur hujan deras, maka dalam waktu tak begitu lama batu-batu itu akan berkembang. Batu-batu dengan ukuran milimeter akan menjadi meter. Batu Trovants juga dikabarkan bisa berpindah tempat tanpa bantuan siapa pun.



Uniknya lagi, batu Trovants ini mirip dengan pohon yang jika tumbuh akan memiliki ranting baru, begitu pula dengan batu Trovants. Batu ini akan memiliki cabang baru berupa gumpalan batu pasir di beberapa bagiannya yang kemudian membesar. 



Aneh bukan? Tunggu dulu, ternyata ketika dilakukan pembelahan pada tubuh batu ini, didapati lingkaran berwarna/pola kambium yang biasa ditemui pada batang pohon dikotil. Hal inilah yang kemudian membuat batuan ini dikatakan bisa bertumbuh.



Menurut hasil penelitian terhadap batuan Trovants, pada bagian tempurung batu-batu tersebut ada semacam kandungan mineral yang cukup tinggi. Jadi saat permukaannya basah terutama saat tersiram air hujan, maka kandungan mineral tadi akan menyebar ke seluruh permukaan batu sehingga pasir-pasir yang ada pada batuan itu akan berkembang dengan sendirinya.

Masih menurut para ilmuwan yang meneliti batuan ini, Trovants sejatinya adalah bola pasir semen yang muncul akibat dari aktivitas seismik bumi yang kuat yaitu gempa bumi yang terjadi pada zaman lampau. Bahkan diperkirakan Trovants yang pertama telah muncul sekiar 6 juta tahun yang lalu. 

Namun meskipun batu-batuan ini memiliki ciri khas yang unik dan tidak biasa, tetapi pada kenyataannya masyarakat yang tinggal di sekitar desa Costesti tidak pernah mengistimewakan batu-batu ini. Mereka bahkan terkadang menjadikan batu-batu ini sebagai bahan untuk membuat nisan atau dijadikan sebagai bahan bangunan.


0 Response to "Fenomena Aneh Batu Trovant dari Rumania"

Posting Komentar