7 Sejarah dan Asal Usul Gerakan Tangan Paling Terkenal di Dunia




Dalam kehidupan sehari-hari terkadang kita melihat atau bahkan melakukan sebuah gerakan tangan atau jari-jari. Gerakan tangan yang disebut juga dengan gesture ini sudah menjadi kebiasaan yang melekat dalam budaya masyarakat di dunia. Mulai dari v-sign yang sering kita lihat saat orang-orang berfoto hingga gesture menunjukkan jari telunjuk dan kelingking yang dilakukan bersamaan yang biasanya dilakukan oleh orang-orang saat konser musik rock.

Rupanya gesture-gesture itu memiliki sejarah dan asal muasalnya. Nah, berikut ini adalah 7 sejarah dan asal usul gesture tangan yang paling sering digunakan oleh masyarakat umum dan paling populer di dunia.


1. V-Sign


Menurut catatan sejarah, simbol V-Sign mulai populer keika masa Perang Dunia II. Simbol V-Sign adalah simbol yang dibuat dengan menunjukkan jari telunjuk dan tengah secara bersamaan. Awal mulainya seorang politikus Belgia mendorong agar orang-orang menunjukkan tanda V dengan jari mereka sebagai simbol kemenangan/Victory (Prancis) atau dapat juga berarti kebebasan/Vrijheid (Belanda).

Gesture tangan V-Sign ini juga pernah dilakukan oleh Winston Churcill seorang perdana menteri Inggris selama Perang Dunia II. Pada tahun 1942. tokoh okultis Inggris yang bernama Aleister Crawley mengklaim bahwa dirinyalah yang menemukan simbol V-Sign ini. Namun tidak ada bukti yang menguatkan klaimnya tersebut.

Dalam era masa kini, simbol ini telah menyebar ke seluruh dunia serta banyak digunakan orang-orang khususnya ketika mereka akan berfoto. Kebiasaan unik ini biasanya banyak sekali ditemukan di wilayah Asia, terutama di Jepang. Di Indonesia sendiri simbol ini juga banyak dipakai ketika akan berfoto.


2. Handshake


Handshake adalah gerakan tangan saling menjabat antara dua orang. Menurut beberapa sumber, gerakan tangan ini berasal dari Yunani kuno. Saat itu, gerakan ini dilakukan oleh para prajurit perang kepada orang-orang yang ditemuinya. Gunanya untuk apa? Tak lain adalah untuk memastikan bahwa orang tersebut tidak menyembunyikan senjata yang dapat membahayakan.

Menjabat tangan seseorang dengan menggenggamnya juga dapat membuktikan bahwa tangan orang yang diajak berjabat itu memang benar-benar kosong. Hal ini seperti dikemukakan oleh arkeolog yang pertama kali mendapatkan lukisan gesture tangan ini dari sebuah lukisan yang diperkirakan berasal dari abad ke 5 SM.

Pada beberapa lukisan pada masa Yunani kuno ditemukan ada banyak lukisan yang menggambarkan para prajurit sedang berjabat tangan. Menurut arkeolog tersebut pula, hal ini dipercaya sebagai sebuah srategi untuk memeriksa orang yang ditemui apakah membawa senjata atau tidak.


3. Horn Sign


Apakah kalian pernah datang ke suatu konser musik rock atau bahkan paling tidak menyaksikannya di televisi? Nah, biasanya saat konser tersebut berlangsung baik penyanyi atau pun penonton biasanya akan menunjukkan sebuah simbol berbentuk tanduk yang dibuat dengan menunjukkan jari telunjuk dan kelingking secara bersamaan.

Ternyata Horn Sign ini pertama kali dipopulerkan oleh vokalis Black Sabbath yang bernama Ronnie James Dio pada tahun 1979. Pada saat itu ia adalah vokalis Black Sabbath yang baru menggantikan Ozzy Osborne. Osborne sebelumnya telah memiliki gesture khasnya sendiri yaitu simbol double peace dalam setiap konsernya.

Ronnie kemudian memiliki ide untuk membuat gesture khasnya sendiri. Ia lalu ingat pernah mempelajari sebuah gesture tangan dari neneknya di Italia yaitu Horn Sign. Gesture tangan ini sampai saat ini kerap dipakai dalam setiap konser musik rock dan menjadi semacam ciri khas.

Namun ada pula versi lainnya yang mengatakan bahwa gesture tangan ini pertama kali digunakan oleh band Coven tahun 1969. Band ini terinspirasi dari Anton LaVey yaitu seorang okultis, pendiri gereja setan, serta penulis The Satanic Bible. Gesture itu disebut sebagai  simbol yang mewakili setan.


4. High Five


High Five adalah sebuah gerakan yang dilakukan dengan saling mengadu telapak tangan antara dua orang. Di Indonesia mungkin gerakan ini dikenal juga dengan istilah "Tos". 

Menurut beberapa sumber, gerakan tangan ini pertama kali menjadi populer ketika dilakukan oleh para pemain baseball di Dodger Stadium tanggal 2 Oktober 1977. Saat itu Dusty Baker dari LA Dodger melakukan home run yang ke 30. Glenn Burke, salah seorang pemain kemudian menyapa pemain lainnya di ruang istirahat sambil mengangkat tangannya. Baker yang tak tahu harus bagaimana kemudian bereaksi dengan memukul tangan temannya tersebut.

Versi lainnya mengatakan bahwa gerakan ini bermula saat perang Vietnam. Hal ini diungkapkan seorang pria bernama Lamont Sleets. Menurutnya, saat ayah nya wajib militer ke Vietnam, unit batalionnya memiliki nama The Five karena mereka selalu melakukan gerakan tersebut. Namun ada pula yang bilang kalau kisah ini hanya rekaan.


5. Thumbs-Up


Thumbs Up adalah sebuah gerakan mengacungkan jari telunjuk ke arah atas. Gesture ini juga bisa jadi merupakan salah satu yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Kita bahkan dapat menemukannya di facebook saat menyukai suatu postingan.

Gesture ini rupanya berasal dari Romawi kuno. Gerakan tangan ini dipakai oleh para penonton pertarungan gladiator. Jadi pada saat salah seorang petarung menang, ia akan melihat ke arah bangku penonton. Jika para penonton mengacungkan jempolnya, itu artinya petarung yang kalah wajib dihabisi.


6. The Fist Bump


The Fist Bump, mungkin namanya agak terdengar asing ya. Namun gerakan tangan ini banyak kita lihat terutama dalam pertarungan tinju. Dan memang gesture ini berasal dari cabang olahraga tersebut.

Jadi pada sekitar akhir tahun 1800an dan awal 1900an, para petinju profesional yang akan bertarung diwajibkan untuk menyapa lawannya. Tetapi hal ini tentu saja sulit dilakukan karena tangan mereka dibungkus oleh sarung tangan yang tebal. Oleh karena itu petarung tinju tersebut kemudian mengepalkan tangannya kemudian mengadunya.

Meskipun demikian, gesture tangan ini saat ini telah menjadi hal lumrah dalam pergaulan, jadi tidak lagi hanya sebatas pada olahraga tinju saja.


7. Crossing Finger



Crossing Finger adalah gerakan tangan yang dilakukan dengan menyilangkan jari telunjuk dan tengah. Orang-orang masa kini biasanya melakukannya saat sedang menunggu kabar baik atau berharap ada suatu kabar baik untuknya. Intinya sebagai simbol berharap. Terkadang juga gesture ini dilakukan dengan menyembunyikannya di belakang tubuh saat bersumpah. 

Tahukah kalian rupanya gesture tangan ini merupakan salah satu bagian dari upacara ritual kuno yang dilakukan pada masa sebelum masehi. Pada masa itu akan ada dua orang yang melakukannya untuk sebuah prosesi ritual yang dipercaya dapat menjaga ritual tersebu dan menjauhkannya dari bahaya atau semacamnya.

Referensi : unbelievable-facs.com


0 Response to "7 Sejarah dan Asal Usul Gerakan Tangan Paling Terkenal di Dunia"

Post a Comment