Misteri Kematian Bruce Lee




Tahun 1973, dunia terhenyak dengan kabar kematian seorang legenda bela diri dunia, Bruce Lee. Pakar seni bela diri yang juga aktor terkenal ini ditemukan meninggal dunia tak lama setelah sebelumnya melakukan pertemuan dengan produser film dan seorang aktris. Meskipun bertahun-tahun setelahnya dirilis penyebab kematiannya, namun tetap saja kematian aktor asal Hong Kong ini tertutup misteri...

Bruce Lee adalah seorang seniman bela diri dan aktor asal Hong Kong. Ia lahir pada tanggal 27 November 1940 di San Francisco, California dan kemudian tumbuh besar di Hong Kong. Bruce Lee dikenal sebagai pakar bela diri Wing Chun, ia adalah murid dari Master Wing Chun, Ip Man. Selain itu pula, Lee adalah pencipta seni bela diri Jet Kun Do.

Hari itu tanggal 20 Juli 1973, Lee sedang berada di Hong Kong. Rencananya ia akan makam malam bersama dengan aktor James Bond bernama George Lazenby. Menurut keterangan istrinya, Linda, sebelum pergi untuk makan malam, Lee bertemu dengan produser Golden Harvest bernama Raymond Chow sekitar pukul 2 siang untuk membicarakan film Lee "Game of Death" hingga pukul 4 sore.

Bruce Lee dan Raymond Chow

Setelah pembicaraan 2 jam itu, mereka kemudian pergi ke apartemen aktris Taiwan bernama Betty Ting Pei di 67 Beacon Hill Road, Kowloon Tong, Hong Kong. Di sana mereka berdiskusi mengenai naskah film yang telah dibicarakan oleh Lee dan Chow sebelumnya.

Tak lama setelah itu, Lee mengeluhkan kepalanya yang sakit. Ting kemudian berinisiatif memberinya tablet Equagesic, obat semacam aspirin dengan dosis tinggi, yang memang biasa dikonsumsi Ting. Lee kemudian pergi tidur setelah meminum tablet itu. 

Pukul 19.30 Betty Ting dan Raymond Chow membangunkan Lee karena ia ada pertemuan makan malam dengan George Lazenby malam itu. Namun Lee yang telah dibangunkan selama 10 menit tak juga sadarkan diri segera membuat kedua temannya itu panik. Mereka lalu segera menghubungi ambulans yang membawanya ke Queen Elizabeth Hospital. Namun malangnya tak lama setelah itu, Bruce Lee dinyatakan telah meninggal dunia. Bruce Lee baru berusia 32 tahun saat itu.

Proses autopsi pun dilakukan pada jasad Lee untuk mengetahui apa yang menjadi penyebab kematiannya, mengingat tak ditemukan sedikit pun luka luar atau pun riwayat penyakit mematikan pada diri Lee. Hasil autopsi kemudian membuktikan bahwa otak Lee mengalami pembengkakan dari ukuran normal 1400 gram menjadi 1575 gram.

Selain itu pula, pada tubuhnya ditemukan senyawa analgesic Equagesic yang sebelumnya diberikan Betty Ting padanya, dan juga yang mengejutkan ditemukan ganja.

Berita kematian Bruce Lee

Seorang koroner asal Hong Kong menyimpulkan bahwa penyebab dari kematian Bruce Lee tak lain karena adanya reaksi terhadap obat Equagesic yang dikonsumsinya. Hipersensitivitas pada Equagesic tersebutlah yang menyebabkan terjadinya pembengkakan pada otak yang berujung kematian. Ia juga mengemukakan bahwa jejak ganja yang juga ditemukan pada tubuh Lee tidak mungkin menjadi penyebab kematiannya.

Bruce Lee dimakamkan di 15th Ave E, Seattle, Amerika Serikat. Di sebelah makamnya juga terdapat makam putranya, Brandon Lee. 

Makam Bruce Lee dan Brandon Lee

Brandon Lee yang juga seorang aktor meninggal dunia pada 31 Maret 1993 di usia 28 tahun. Brandon meninggal dunia saat syuting film The Crow akibat kesalahan pada saat adegan tembak jarak dekat yang menggunakan peluru hampa yang ternyata masih terdapat selongsong peluru di dalamnya. Peluru itu menembus abdomen Brandon dan menyebabkannya tewas.

Brandon Lee

Akibat kematian muda Brandon Lee ini banyak yang mengaitkan kematiannya dengan sang ayah (sama-sama mati di usia muda) yang banyak disebut-sebut sebagai kutukan. Aneurisma otak akibat banyaknya pukulan yang diterimanya dari waktu ke waktu juga disebut menjadi penyebab tewasnya Bruce Lee.

Selain itu pula tak sedikit yang menyebutkan adanya konspirasi di balik kematian sang legenda. Hingga rumor pemakaian obat kuat dan hubungan gelapnya dengan Betty Ting Pei yang berhembus kencang. 


0 Response to "Misteri Kematian Bruce Lee"

Post a Comment