Misteri Hilangnya Anak-Anak Beaumont



Tiga orang anak keluarga Beaumont pada suatu pagi meminta izin untuk pergi ke pantai tak jauh dari rumah mereka. Mereka pergi dengan menggunakan bus, dan diperkirakan akan kembali ke rumah pada siang harinya. Namun hingga sore hari ketiganya tak juga kembali. Misteri hilangnya anak-anak ini menjadi salah satu misteri tak terpecahkan di Australia dan kasusnya masih dibuka hingga hari ini...


Hilangnya Anak-Anak Beaumont

Jane Nartare Beaumont (9 tahun), Arnna Kathleen Beaumont (7 tahun), Grant Ellis Beaumont (4 tahun) adalah kakak beradik dari pasangan Jim dan Nancy Beaumont. Mereka tinggal di 109 Harding Street, Somerton Park, Adelaide. Rumah mereka berjarak cukup dekat dengan Pantai Glenelg. 

Jane, Grant, dan Arnna bersama ayah mereka Jim Beaumont

Hari itu Rabu, tanggal 26 Januari 1966, bertepatan dengan perayaan Australia Day, anak-anak ini meminta izin untuk pergi ke Pantai Glenelg yang hanya berjarak 3 km dari rumah mereka. Mereka memang sudah cukup sering pergi bertiga ke pantai itu. Jadi orang tua mereka tidak khawatir melepas 3 anak itu pergi. 

Jane, Arnna, dan Grant berangkat pukul 8.45 dan diperkirakan sudah akan tiba di rumah pukul 12 siang, seperti biasanya. Mereka pergi dengan menggunakan bus.

Namun anehnya, ketiga anak ini tak juga kembali hingga pukul 3 sore. Ibu mereka, Nancy Beaumont sangat khawatir menantikan anaknya di rumah. Tak lama setelah itu sang suami, Jim Beaumont pulang dari bekerja. Mengetahui ketiga anaknya tak juga kembali, ia segera menghidupkan mesin mobil dan pergi mencari anak-anak itu ke Pantai Glenelg.

Jim dan Nancy Beaumont

Tak lama kemudian Jim kembali lagi ke rumah dan mengatakan pada istrinya bahwa ia tidak menemukan Jane, Arnne, dan Grant di sana. Mereka berdua pun kemudian mencari bersama ke jalan-jalan yang menuju Glenelg hingga rumah-rumah teman mereka kalau-kalau anak-anak ini bermain di sana. Namun pencarian mereka tak membuahkan hasil sama sekali. Sekitar pukul 5 sore mereka menghubungi Glenelg Police Station.


Investigasi Kepolisian

Polisi wilayah Glenelg segera melakukan pencarian di lokasi hilangnya anak-anak Beaumont. Area-area yang dikhususkan mulai dari rumah, halte bus, dan area sekitar Pantai Glenelg. Sama seperti pada kasus-kasus yang pernah ditulis di blog merinding.com ini, polisi kemudian diperluas hingga bandara, stasiun kereta, pelabuhan dan jalan-jalan khawatir anak-anak ini diculik dan dibawa pergi ke tempat yang lebih jauh.

Hanya dalam waktu 24 jam, berita tentang anak-anak yang hilang ini menyebar luas dan menjadi perhatian seluruh Australia. Surat kabar harian Sunday Mail memuat berita hilangnya anak-anak Beaumont menjadi headline beritanya dengan judul "Sex Crime Now Feared" pada tanggal 29 Januari 1966. Mereka juga menawarkan imbalan  250. Polisi juga kemudian menyebarkan informasi barang-barang yang dibawa anak-anak itu terakhir kalinya, antara lain pakaian, handuk, dan tas.

Headline berita dari koran The News tentang hilangnya anak-anak Beaumont

Pada tanggal 29 Januari 1966, polisi mendapatkan sebuah laporan dari seorang wanita. Wanita ini mengaku beberapa hari sebelumnya berbicara dengan anak-anak dengan ciri-ciri yang sama seperti anak-anak Beaumont yang hilang. Menurut pengakuannya, ketiga anak ini naik ke kapal Patawalonga Boat Haven tanggal 26 Januari sekitar pukul 7 malam. Namun setelah diselidiki polisi tak menemukan apa pun di lokasi yang ditunjuk wanita itu.

Polisi juga melakukan investigasi pada para saksi yang melihat anak-anak Beaumont pada tanggal 26 Januari di Colley Reserve dekat panati Glenelg. Menurut keterangan beberapa saksi mereka melihat seorang pria berpostur tinggi, pirang, dan berwajah kurus, dan berkulit coklat berjalan bersama anak-anak ini. Pria itu diperkirakan berusia sekitar 30an tahun dan mengenakan pakaian renang.

Anak-anak itu terlihat bermain dengan pria ini dan tak lama setelah itu mereka bersama pergi meninggalkan pantai sekitar pukul 12.15. Namun menurut Jim dan Nancy anak-anak mereka adalah anak-anak yang pemalu, tidak mungkin mereka bisa mengobrol akrab dengan orang yang baru mereka kenal. 

Hal ini kemudian menimbulkan sebuah teori bahwa kemungkinan besar anak-anak ini telah mengenal pria itu sebelumnya. Mengingat anak-anak ini memang beberapa kali mengunjungi pantai. Bisa jadi saat itulah mereka mengenal pria misterius ini.

Kawasan Pantai Glenelg, tempat anak-anak Beaumont terakhir terlihat

Seorang penjaga toko di Wenzel's Bakery menceritakan bahwa Jane Beaumont hari itu membeli pasties dan pie daging seharga  1. Menurut keterangan sang penjaga toko, ia mengenali anak-anak itu terutama Jane karena sudah sering mampir ke toko. Mereka juga tidak pernah membeli pie daging. 

Selain itu ibu mereka hanya memberikan uang sebesar 6 shillings untuk ketiganya, yang hanya cukup untuk ongkos bus dan memberi makanan ringan. Hal ini kemudian menimbulkan dugaan bahwa memang ada seseorang bersama mereka dan memberikan uang  1 untuk dibelanjakan.

Kesaksian lainnya datang dari seorang tukang pos. Ia bercerita bahwa sekitar pukul 3 sore hari di mana anak-anak itu hilang ia melihat mereka berjalan di Jetty Road. Menurut kesaksiannya, anak-anak itu terlihat saling bergandengan tangan dan tertawa sepanjang jalan. 

Sementara itu beberapa bulan setelah kasus ini dipublikasikan, seorang wanita melaporkan telah melihat seorang pria bersama 2 anak perempuan dan seorang anak laki-laki kecil masuk ke dalam sebuah rumah kosong pada malam hari. Namun ketika akan dilihat keesokan harinya, rumah itu sudah kosong.

Sketsa wajah pria yang diduga telah menculik anak-anak Beaumont

Selama bertahun-tahun kemudian banyak saksi mata yang melaporkan bahwa mereka telah melihat ketiga anak ini. Namun sebagian besar laporan itu tidak dapat dibuktikan.

Sementara itu. pada tanggal 8 November 1966, seorang parapsikologis dan cenayang dari Belanda bernama Gerard Croiset datang ke Australia khusus untuk kasus ini. Menurut penglihatannya, ia melihat sebuah tempat yang tak jauh dari rumah anak-anak itu, di sekitar Paringa Park Primary School. Ia juga percaya anak-anak itu telah tewas dibunuh dan jasadnya dikuburkan di suatu tempat yang memiliki bangunan besar. Pada tahun 1996 bangunan yang dikatakan Croiset diperiksa oleh polisi. Namun tak ditemukan apa pun di sana.

Pada tahun 1968, Jim dan Nancy Beaumont menerima dua buah surat yang berasal dari Dandenong, Victoria. Dua surat itu terlihat seperti berasal dari Jane dan satunya lagi berasal dari pria yang mengaku telah merawat ketiga anak itu. Dalam surat itu, pria itu menyebut dirinya "Guardian" bagi anak-anak itu dan berkeinginan untuk mengembalikan mereka segera. Di surat itu juga tertulis tempat di mana ia akan menyerahkan ketiga anak itu.

Jim dan Nancy kemudian mendatangi tempat itu pada waktu yang ditentukan. Detektif juga ikut bersama dengan mereka. Namun pria itu tak kunjung muncul. Dalam surat berikutnya ia mengatakan bahwa Jim dan Nancy telah melanggar aturan dengan membawa penyelidik bersama mereka. Maka ia membatalkan niatnya mengembalikan ketiga anak itu. Namun pada tahun 1992, surat itu dinyatakan hoax.

Kasus hilangnya anak-anak Beaumont ini juga sering dikaitkan dengan kasus Joanne Ratcliffe dan Kirse Gordon yang hilang tahun 1973. Ratcliffe dan Gordon dilaporkan menghilang di Adelaide Oval selama pertandingan sepak bola. Menurut keterangan para saksi, kedua gadis ini meminta izin ke toilet. Namun keduanya tidak kembali bahkan setelah pertandingan usai.

Joanne Ratcliffe dan Kirse Gordon

Banyak dugaan bahwa keduanya telah diculik kemudian dibunuh. Apalagi beberapa saksi mata melihat seorang pria yang mirip dengan sketsa pria yang bersama dengan anak-anak Beaumont sebelum menghilang. Sama seperti anak-anak Beaumont, Ratcliffe dan Gordon tak pernah ditemukan. Sama seperti kasus Beaumont, kasus kedua anak ini juga masih dibuka sampai hari ini.


Beberapa Orang Yang  Diduga Tersangka

Selama penyelidikan kasus, terdapat beberapa nama yang diduga sebagai tersangka kasus hilangnya anak-anak Beaumont. Mereka antara lain adalah Bevan Spencer von Einem, Arthur Stanley Brown, James Ryan O'Neill, Derek Ernest Percy, Alan Anthony Munro, dan Harry Phipps.

Bevan Spencer von Einem dipenjara pada tahun 1984 atas pembunuhan seorang remaja bernama Richard Kelvin. Ia dijatuhi hukuman selama 15 tahun penjara. Namun Einem menolak dirinya terlibat pada kasus pembunuhan lainnya.

Bevan Spencer von Einem

Nama lainnya yang juga diduga merupakan tersangka adalah Arthur Stanley Brown. Brow dipenjara atas kasus pembunuhan dua orang anak yaitu Judith Mackay (7) dan Susan Mackay (5) di Townsville, Queensland. Mereka dilaporkan menghilang pada 26 Agustus 1970 setelah pulang dari sekolah. Beberapa hari kemudian jasad keduanya ditemukan. Menurut pemeriksaan keduanya tewas dicekik. Brown kemudian menjalani hukuman penjara dan meninggal dunia tahun 2002.

Arthur Stanley Brown

Kedua orang ini adalah tersangka yang paling diduga kuat adalah dalang dari hilangnya anak-anak Beaumont selain tentunya nama lainnya seperti misalnya James Ryan O'Neill yang dipenjara tahun 1975 atas kasus pembunuhan seorang anak laki-laki berusia 7 tahun dari Tasmania.

James Ryan O'Neill

Sementara itu pada tahun 2013 yang lalu, kasus ini mengalami perkembangan. Channel 7, mewartakan seorang pria pengusaha bernama Harry Phipps diduga sebagai tersangka potensial. Hal ini menyusul keterangan dari putranya yang bernama Haydn Phipps kepada mantan detektif Bill Hayes.

Menurut penuturan Haydn yang saat kejadian berusia 15 tahun, ia melihat anak-anak Beaumont di rumahnya dan menerima perlakuan kasar dari sang ayah. Dua orang pria juga mengatakan bahwa mereka telah diperintahkan untuk menggali sebuah lubang di area pabrik milik Phipps. Lubang ini diduga digunakan untuk mengubur jasad anak-anak itu. Phipps sendiri telah meninggal dunia tahun 2004.

Harry Phipps

Pada 22 Januari 2018 yang lalu, kepolisian Australia Selatan mengumumkan akan melakukan penelitian di sebuah area di Flinders University berdasarkan hasil investigasi Channel 7. Mereka mencoba menemukan apakah ada tulang-tulang manusia atau bekas tanah yang telah digali di wilayah itu.

Sementara itu, meskipun kasus anak-anak Beaumont yang hilang ini telah terjadi 52 tahun yang lalu, namun kedua orang tua mereka yang ternyata masih hidup Jim (92 tahun) dan Nancy (90) masih menaruh harapan suatu hari anak-anak mereka bisa pulang kembali. Meskipun sepertinya kemungkinan itu sangat kecil.


0 Response to "Misteri Hilangnya Anak-Anak Beaumont"

Post a Comment