Misteri Buku Codex Seraphinianus




Ada buku aneh yang dipublikasikan pada tahun 1981 di Italia. Buku ini ditulis dalam bahasa yang tak dimengerti dan juga yang paling mencolok adalah gambar-gambar di dalamnya. Gambar-gambar aneh dengan warna terang memenuhi semua halaman buku. Buku yang disebut-sebut sebagai ensiklopedia dunia imajinasi ini bernama Codex Seraphinianus.

Pada tahun 1981, penerbit Franco Mario Ricci menerbitkan buku berjudul Codex Seraphinianus. Buku yang dibagi dalam dua buah volume (jilid I dan jilid II) ini dibuat oleh seorang seniman, desainer, dan juga arsitek asal Italia bernama Luigi Serafini.

Luigi Serafini

Menurutnya, pembuatan buku itu memakan waku hingga 30 bulan lamanya yaitu selama kurun waktu tahun 1976-1978. Manuskrip ini sendiri ditulis dengan tulisan tangan, sementara gambar-gambar ilustrasinya menggunakan warna-warna cerah yang mencolok. Buku ini seringkali disamakan dan dibandingkan dengan Manuskrip Voynich yang pernah dibahas di blog merinding.com ini beberapa waktu yang lalu.

Lalu apa sebenarnya isi dari buku ini sehingga disebut sebagai buku yang misterius dan juga sangat unik? Buku Codex Seraphinianus sebenarnya terbagi dalam dua buku jilid I dan II. Pada jilid yang pertama berisikan tema-tema alam seperti flora dan fauna. Sementara itu pada jilid kedua berisikan tentang kehidupan manusia yang disajikan dalam bentuk semacam parodi dari dunia nyata.

Buku Codex Seraphinianus Jilid I dan II

Beberapa ilustrasi dalam buku ini ada yang jelas dan dapat dengan mudah dikenali seperti ilustrasi gambar manusia, hewan, dan tumbuh-tumbuhan. Sementara itu ada pula ilustrasi dengan gambar-gambar abstrak dan tak dapat dimengerti. Artikel kali ini, selanjutnya kalian akan melihat banyak sekali ilustrasi-ilustrasi aneh dan ganjil.

Codex Seraphinianus terdiri dari 11 bab terpisah (buku Jilid I dan II). Pada bab I berisikan bermacam-macam flora seperti misalnya tanaman dan bunga-bunga aneh. Bab II berisi gambar dan ilustrasi hewan-hewan aneh seperti kuda, burung, rhinoceros, ayam, dan lain-lain dalam bentuk yang sangat ganjil.







Bab III terdapat ilustrasi bangunan seperti kerajaan, sementara itu Bab IV penuh dengan ilustrasi absrak. Bab V berisikan benda-benda seperti mesin dan juga kendaraan-kendaraan aneh. Bab VI memasang ilustrasi-ilusrasi biologi, tubuh manusia, hingga yang mengandung unsur seksualitas. Itulah mengapa buku ini hanya dikhususkan bagi dewasa saja.








Selanjutnya Bab VII berisi semacam sejarah manusia, sementara Bab VIII terdapat sistem penulisan Codex alien. Pada bab IX terdapat ilustrasi-ilustrasi mengenai makanan dan juga pakaian yang sangat aneh. Bab X berisikan game-game serta olahraga yang aneh. Dan bab XI yaitu bab terakhir berisikan ilustrasi arsitektur.






Sejak pertama kali dipublikasikan, buku ini telah menarik minat. Pada awalnya buku ini dicetak dalam jumlah yang sangat terbatas dan sangat mahal. Beberapa buku ini yang terdapat pada koleksi perpustakaan dikabarkan lenyap dicuri orang. Mungkin karena memang banyak yang merasa penasaran dengan isi dari buku ini.

Pada era internet seperti sekarang ini, isi dari Codex Seraphinianus dapat didownload secara bebas, bahkan beberapa ilustrasinya tersebar bebas di dunia maya. Jika kalian tertarik untuk melihat Codex Seraphinianus dan juga ingin mendownloadnya, bisa klik link ini.

Namun menariknya buku ini sampai hari ini tidak pernah berhasil diterjemahkan. Tidak ada seorang pun yang mengerti deretan huruf-huruf aneh yang mengisi halaman demi halaman Codex Seraphinianus. Bahkan beberapa ahli bahasa telah melakukan penelitian, namun hasilnya tetap nihil. Buku ini hanya dimengerti oleh sang penulis sekaligus pengarang berbagai ilustrasi aneh di dalamnya yaitu Luigi Serafini.

Simbol-simbol dalam Codex Seraphinianus

Luigi Serafini sendiri selalu bungkam bila ditanya mengenai apa arti huruf dan simbol-simbol aneh dalam bukunya. Mungkin baginya biarlah Codex Seraphinianus tetap menjadi misteri yang menciptakan interpretasi masing-masing pembacanya.


0 Response to "Misteri Buku Codex Seraphinianus"

Posting Komentar